Carisinyal / PS2 / 10 Rekomendasi Game Petualangan PS2 yang Paling Seru

10 Rekomendasi Game Petualangan PS2 yang Paling Seru

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sejak kemunculannya untuk pertama kali di tahun 2000, PlayStation 2 (PS2) terus berkembang hingga berevolusi menjadi seri ke-5 yang direncanakan untuk dirilis tahun 2020. Jika mengingat kembali akan kejayaan PS2, genre game petualangan tentunya menjadi salah satu yang paling banyak tersedia dan sering dimainkan di konsol berwarna hitam pekat ini.

Perubahan grafik dari pendahulunya PS1 menuju PS2 tentunya menunjang game petualangan menjadi lebih seru dan nyaman untuk dipandang. Beberapa game petualangan yang rilis di PS2 sangat diminati oleh para gamer, seperti Final Fantasy, God of War, Devil May Cry, Resident Evil dan masih banyak lagi.

Semuanya menawarkan sensasi mekanisme gameplay yang menantang dengan alur cerita menarik untuk diikuti. Di bawah ini, Carisinyal akan mengajakmu untuk sedikit bernostalgia dengan membahas game-game petualangan PS2 yang populer. Mungkin saja di antaranya ada game yang sudah kamu tamatkan, atau bahkan belum dimainkan sama sekali. Berikut adalah daftarnya.

1. God of War II (2007)

God of War II

* sumber: vgboxart.com

Sebelum menjadi salah satu game terbaik di PS4, God of War sendiri pertama kali muncul di PlayStation 2 dengan menawarkan jalan cerita pada mitologi Yunani. Edisi klasik ini tetap menawarkan mekanisme gameplay hack and slash dengan sudut pandang permainan orang ketiga.

Game kedua dari God of War ini menceritakan masa-masa awal Kratos menjadi Dewa Perang setelah mengalahkan Ares. Selepas mendapatkan gelar tersebut, ia berusaha menguasai dunia dengan pasukan Sparta yang dimilikinya. Namun, para dewa-dewi dari Athena tidak suka akan hal itu. Maka dari itu, perang antara Kratos dengan mereka pun sudah tidak bisa terhindarkan lagi.

Untuk menghadapi lawan-lawannya, Kratos dalam game ini dibekali berbagai senjata, seperti Athena’s Blade, Barbarian Hammer, dan Spear of Destiny. Selain itu, ia pun bisa mengeluarkan sihir yang dapat digunakan saat berada dalam pertempuran, yakni Typhon’s Bane, Cronos’ Rage, Head of Euryale dan Atlas Quake.

2. Final Fantasy X (2001)

Final Fantasy X

* sumber: www.deviantart.com

Saat pertama kali diluncurkan pada tahun 2001, Final Fantasy X langsung masuk dalam daftar 20 game paling laris sepanjang masa yang terjual lebih dari 7,75 juta unit di seluruh dunia. Game ini sendiri mengambil latar di sebuah dunia bernama Spira dengan Tidus sebagai karakter utamanya.

Diceritakan bahwa Tidus bergabung bersama Kimahri, Rikku, Auron, Lulu dan Wakka untuk melindungi seorang summoner bernama Yuna. Mereka kemudian berpetualang menjelajahi Spira dalam sebuah perjalanan spiritual untuk mendapatkan makhluk-makhluk yang disebut Aeon dan mengalahkan kekuatan jahat bernama Sin.

Seri lawas dari Final Fantasy ini tetap memperkenalkan sistem summoning dengan memanggil Aeon untuk digunakan saat menghadapi boss battle yang sulit untuk dikalahkan. Mereka pun memiliki statistik, perintah, serangan spesial, mantra, dan overdrive yang bisa dimaksimalkan agar kekuatannya semakin kuat sehingga dapat digunakan ketika terdesak.

3. Resident Evil 4 (2005)

Resident Evil 4

* sumber: vgboxart.com

Game ini menawarkan perubahan mekanisme permainan dari seri Resident Evil yang ada di PS1. Jika edisi terdahulunya sangat kental akan survival horror, maka Resident Evil: 4 mengenyampingkan hal tersebut dan menambahkan unsur aksi tembak menembak yang begitu intens. Meski begitu, game ini sukses dengan mendapatkan penghargaan Game of the Year dari Spike Video Game Awards pada tahun 2005.

Di game ini, pemain mengendalikan karakter Leon Kennedy yang berubah menjadi agen federal Amerika Serikat. Ia ditugaskan untuk menyelamatkan putri presiden bernama Ashley Graham yang diculik oleh kelompok misterius di sebuah desa terpencil di Spanyol. Di sepanjang permainan, kamu akan melawan warga desa tersebut yang berubah menjadi sosok mengerikan setelah terinfeksi parasit Las Plagas.

4. Shadow of Colossus (2005)

Shadow of Colossus

* sumber: www.optionated.com

Alur dalam permainan game ini berfokus pada seorang pria bernama Wander yang memasuki wilayah terlarang. Ia harus menjelajahi tempat tersebut dengan menunggangi seekor kuda untuk mengalahkan 16 monster raksasa yang disebut sebagai Colossi. Karena hanya dengan mengalahkan mereka, maka dirinya bisa memulihkan kehidupan seorang gadis bernama Mono.

Konsep game ini cukup menarik dan berbeda dari yang lainnya karena tidak adanya musuh yang harus dilawan selain para Colossi. Makhluk raksasa tersebut akan menjadi lawan utama yang akan kamu temui di sepanjang game ini.

Setiap Colossi mempunyai titik lemahnya masing-masing. Maka dari itu, mengetahui kelemahannya adalah cara efektif untuk mengalahkan monster tersebut. Menyerang makhluk tersebut tanpa strategi hanya akan mengakibatkan karakter yang dimainkan mati sia-sia.

5. Mortal Kombat: Shaolin Monk (2005)

Mortal Kombat Shaolin Monk

* sumber: psx-scene.com

Mortal Kombat terkenal dengan sistem pertarungannya yang brutal dan liar. Tak heran, jika di setiap arena pertandingan banyak sekali darah bercucuran dengan organ tubuh yang terkoyak-koyak.

Sensasi gore tersebut nampaknya masih mewarnai dalam Mortal Kombat: Shaolin Monk. Jika kamu cukup berani dan bernyali besar untuk memainkannya, maka tak usah ragu untuk mencoba game fighting yang paling digemari ini.

Alur permainan single player di game ini berfokus pada dua tokoh, yakni Liu Kang dan Kung Lao. Kamu bisa memilih diantara keduanya sebagai karakter yang akan dimainkan.


Nantinya, para pemain akan melakukan suatu perjalanan ke dunia realm. Di tempat tersebut, pemain harus mengalahkan para musuh dan mesti menggagalkan rencana Shang Tsung yang ingin menguasai seluruh wilayah Earthrealm.

6. Prince of Persia: The Sands of Time (2003)

Prince of Persia

* sumber: www.gametdb.com

Dalam game ini, para pemain akan mengendalikan seorang pangeran dari Kerajaan Persia. Di suatu pertempuran, ia memperoleh artefak yang disebut Dagger of Time dan Hourglass.

Karena kelicikan dari seorang pengkhianat bernama Vizier, sang pangeran melepaskan pasir ajaib dari Hourglass dan malah merubah penduduk kota menjadi monster buas.

Untuk memperbaiki kesalahannnya, pangeran kemudian bekerjasama dengan putri dari Maharaja, Farah, guna mengembalikan semua pasir ke dalam Hourglass. Rencana keduanya tentu tidak mudah.

Di sepanjang permainan mereka akan menghadapi warga kota yang telah menjadi monster. Gameplay dari permainan ini cukup seru. Para pemain dapat menggunakan Dagger of Time untuk mengendalikan waktu serta dipakai sebagai senjata utama dalam membunuh para monster.

Selama permainan, pangeran akan dibantu oleh Farah yang mempunyai keahlian dalam memanah. Guna memulihkan stamina, pemain bisa meminum air dari kolam atau air mancur yang tersedia di game ini.

7. Resident Evil: Code Veronica (2000)

Resident Evil

* sumber: www.pinterest.com

Setelah gagal menemukan kakak kandungnya, Chris Redfield, di Raccoon City pada kejadian game Resident Evil 2. Claire kemudian mencari keberadaannya di fasilitas Umbrella Corporation yang ada di Paris. Namun, ia berhasil ditangkap oleh pasukan militer Umbrella dan dipenjarakan di sebuah pulau bernama Rockfort.

Claire lalu terbangun dengan wabah T-Virus yang sudah menyebar di pulau tersebut, dan membuat semua penghuninya berubah menjadi zombie. Sembari menemukan kakak kandungnya, ia pun menyelidiki misteri yang meliputi Pulau Rockfort dengan dibantu oleh seorang narapidana bernama Steve Burnside.

Resident Evil: Code Veronica menampilkan gameplay survival horror yang mirip dengan game Resident Evil sebelumnya. Di sepanjang permainan, para pemain akan dihadapkan dengan puzzle yang cukup rumit, sumber daya peluru dan item health yang cukup terbatas. Selain itu, pemain mesti melawan zombie serta monster mengerikan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

8. Devil May Cry (2001)

Devil May Cry

* sumber: vgboxart.com

Devil May Cry menawarkan mekanisme permainan hack & slash dengan mengusung genre action adventure. Plot game ini bercerita tentang Dante yang bekerja sebagai seorang pemburu iblis karena ia ingin membalas dendam kepada mereka setelah ibu dan saudara laki-lakinya meninggal.

Dante lalu bertemu dengan Trish yang ikut membantunya berpetualang untuk membunuh raja iblis Mundus. Ciri permainan dari Devil May Cry ini bersifat mission gameplay, di mana para pemain mesti mengikuti setiap urutan mission/perintah untuk melawan musuh dan memecahkan puzzle.

Jika perintah tersebut dapat terselesaikan, maka gameplay dapat dimainkan kembali. Pemain dapat menggunakan kekuatan super Dante yang bernama Devil Trigger. Jurus tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu terbatas, dan bisa memberikan kekuatan tambahan dari jenis kecepatan, ketahanan, kombo dan serangan.

9. Tomb Raider: Anniversary (2007)

Tomb Raider

* sumber: psxdatacenter.com

Tomb Raider: Anniversary merupakan sebuah remake dari game Tomb Raider pertama yang dirilis pada tahun 1996. Dalam game ini, para pemain akan tetap mengontrol Lara Croft sebagai karakter utamanya. Selama permainan, Lara Croft akan berpetualang untuk menemukan artefak bernama Scion of Atlantis.

Harta karun tersebut berada di sebuah kota yang hilang di Vilcabamba, dan terkubur di makam penguasa Atlantik bernama Qualopec. Untuk mendapatkannya, para pemain tentunya akan menghadapi situasi tempat yang rumit. Namun, Lara memiliki kemampuan yang menunjang untuk berada dalam kondisi sesulit apapun.

Pemain dapat mengendalikan Lara untuk memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitarnya. Ia dapat mengayunkan tali untuk berayun dari satu tempat ke tempat lain, memanjat, dan merangkak melalui ruang-ruang kecil. Selain itu, game ini memiliki fitur puzzle yang harus dipecahkan jika ingin meneruskan alur permainan ke level selanjutnya.

10. Ultimate Spiderman (2005)

Ultimate Spiderman

* sumber: www.videogamex.com

Ini adalah salah satu seri game Spiderman dari PlayStation 2 yang seru jika ingin dimainkan kembali. Game ini menawarkan aksi petualangan dengan konsep open world, sehingga di dalamnya para pemain dapat secara leluasa menjelajahi Kota Manhattan dan Queens. Di sini, pemain juga bisa bermain menggunakan Venom yang tentunya akan saling crossover dengan Spiderman.

Alur cerita di game ini mengambil sudut pandang dari komik Marvel Ultimate Spider-Man yang menggambarkan konflik di antara sang manusia laba-laba dengan Venom. Keduanya tentunya memiliki serangkain misi berbeda yang harus diselesaikan oleh para pemain.

Namun, semua misi tersebut nantinya akan menuju benang merah yang sama. Keduanya akan berupaya untuk mengungkap rahasia di balik perusahaan milik Bolivar Trask yang terlibat dalam penciptaan symbiote Venom.

Walaupun terbilang game jadul, namun daftar pilihan di atas tentunya mempunyai kenangannya masing-masing bagi para gamer. Untuk yang belum pernah memainkan dari salah satu game petualangan tersebut, tidak ada salahnya juga untuk mencobanya kembali.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *