Carisinyal / Game PC / 10 Pilihan Game Steam yang Bisa Dimainkan Secara Gratis

10 Pilihan Game Steam yang Bisa Dimainkan Secara Gratis

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Maret 2020

Steam merupakan sebuah platform digital market yang menawarkan banyak video game dari banyak developer atau pengembang. Steam sendiri dibuat oleh Valve Corporation yang di dalamnya berisikan ribuan games dengan berbagai macam genre.

Hadirnya layanan Steam memudahkan para gamer dalam mengakses game-game yang mereka sukai. Untuk dapat memainkan permainan di Steam, pengguna harus merogoh kocek yang tidak sedikit.

Hampir semua game yang ada di Steam menggunakan sistem berbayar. Walaupun harganya cukup menguras isi kantong, namun semua game yang tersedia dijamin orisinil dan bukan bajakan.

Namun, Steam juga memanjakan para gamer dengan menawarkan game gratis. Untuk urusan kualitas visual dan playthrough pun tidak kalah menarik dengan game yang berbayar. Berikut adalah beberapa pilihan game Steam terbaik yang gratis dimainkan.

1. Paladins

Paladins

* sumber: www.forbes.com

Sekelompok pahlawan bernama Paladins berhasil membawa kedamaian di seluruh dunia. Mereka kemudian menyerahkan kerajaan kepada Magistrate yang terdiri dari mantan Paladins dan penyihir.

Sebuah kristal sihir yang disalahgunakan oleh Magistrate membuat suasana tenang menjadi kacau kembali. Kini, para jagoan tersebut harus kembali berperang untuk menghentikan kekuatan kristal sihir itu.

Game Paladins sendiri menawarkan konsep first person shooter (FPS), dan mengusung visual tiga dimensi dengan grafis gambar animasi. Karakter dalam game ini terbagi dalam empat kelas yang berbeda, seperti kelas damage, frontline, support dan flank.

Selain itu juga, terdapat empat pilihan item yang dapat digunakan saat berada di arena pertempuran, yakni Attack, Defense, Healing dan Utility.

2. Warframe

Warframe

* sumber: www.pinterest.com

Dalam game ini kamu akan mengendalikan salah satu prajurit ninja dari klan Tenno. Selama permainan, kamu harus berperang melawan sebuah musuh dari ras Grineer.

Lawanmu itu adalah seorang humanoid yang memiliki kemampuan bertarung yang kuat. Kamu juga bakal dihadapkan dengan bermacam villain lainnya, seperti pasukan robot dan para infested yang merupakan korban virus technocyte.

Warframe menawarkan mekanisme gameplay third-person shooter (TPS). Selain senjata sejenis pistol dan yang lainnya, selama pertempuran kamu juga dibekali dengan sebilah pedang ninja.

Senjata tersebut dapat kamu gunakan untuk menebas para musuh yang menghalangi setiap misi yang dijalankan. Layaknya sebuah game bergenre action battle, game satu ini sangat seru dan layak untuk bisa kamu mainkan.

3. Team Fortress 2

Team Fortress 2

* sumber: www.x-gamex.com

Team Fortress 2 dapat kamu mainkan secara online. Untuk memainkan game yang satu ini, kamu diharuskan memilih salah satu dari sembilan karakter yang tersedia.

Protagonist yang kamu pilih nantinya terbagi dalam tiga tipe karakter berbeda sesuai dengan kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Mereka mempunyai personality berbeda, seperti karakter penyerang, pertahanan dan support.

Game ini memiliki beragam mode battle yang sangat seru untuk dimainkan. Dalam mode Capture The Flag misalnya, kamu bersama tim harus berperang melawan kelompok musuh dan merebut tiga bendera yang dimiliki oleh lawanmu itu, lalu membawanya ke markas untuk memenangkan pertandingan.

Untuk mode pertempuran King of The Hill, masing-masing kelompok tim harus memperebutkan poin untuk memenangkan battle. Setelah mendapatkannya, kamu dengan segala cara harus mempertahankan poin tersebut sampai waktu yang ditentukan telah habis.

4. Unturned

Unturned

* sumber: store.steampowered.com

Mengusung grafis yang sama dengan game Minecraft, Unturned menawarkan sebuah game lewat konsep bergenre survival. Kamu diharuskan bertahan hidup dengan cara apapun dari serangan zombie.

Agar mendapatkan experience point, kamu harus membunuh para zombie untuk meningkatkan kemampuan karaktermu. Nantinya skill tersebut akan dibagi ke dalam tiga opsi yakni, offense, defense dan support.

Dalam mengalahkan para zombie, kamu dapat mengkustomisasi senjata yang dimiliki, seperti scope, grip, muzzle dan lain-lain. Hal tersebut memungkinkan bisa memberikan efek damage yang kuat agar bisa membunuh zombie dengan cepat.

Jika kamu cukup veteran dalam memainkan game-game survival, pilihan difficulty hardcore sangat cocok untukmu yang ingin brutal melawan para zombie.

5. Heroes & Generals

Heroes & Generals

* sumber: store.steampowered.com

Heroes and Generals adalah sebuah game tembak menembak yang mempunyai konflik pada Perang Dunia II. Sudut peperangan dalam game ini diambil dari tiga negara, yakni Uni Soviet, Amerika Serikat dan Jeman.

Jika kamu sering memainkan game-game seperti Battlefield dan Call of Duty, mungkin kamu tidak akan terlalu kaku saat memainkannya. Game yang satu ini mengusung konsep gameplay first-person shooter (FPS).

Layaknya sebuah game perang, saat berada dalam medan pertempuran kamu harus membidik dengan cermat ketika bertemu musuh. Bidiklah tepat di kepala musuh jika ingin mendapat instant kill.

Hal itu akan lebih mudah daripada menembak asal-asalan dan membuang-buang peluru. Dalam game ini juga, kamu dapat mengendarai beberapa kendaraan, seperti mobil, tank, pesawat bahkan sepeda sekalipun.

6. Warface

Warface

* sumber: variety.com

Warface adalah sebuah game perang yang menawarkan pertempuran bergaya modern. Terdapat empat kelas karakter berbeda yang dapat dimainkan. Mereka adalah rifleman, engineer, sniper dan medic.

Keempat karakter tersebut mempunyai dua jenis senjata yang dapat digunakan ketika berperang. Sama halnya dengan game perang lainnya, Warface mengusung mekanisme gameplay first-person shooter (FPS).

Sebelum memainkannya, pastikan kamu sudah memilih dari keempat kelas karakter yang tersedia. Sniper akan cocok buatmu yang jago membidik dan melumpuhkan lawan tepat sasaran.

Jika kamu seorang yang senang membuat jebakan, memilih engineer adalah langkah yang tepat. Ia akan selalu membawa item peledak seperti C4 untuk diletakkan di bawah tanah sebagai jebakan.

Rifleman akan selalu membawa senjata berat seperti manchine gun dan ammo tambahan. Selain ikut berperang di arena pertempuran, karakter medic mempunyai healing item untuk menyembuhkan luka yang mendera kelompokmu sendiri.

7. Tiger Knight

Tiger Knight

*

Dalam game Tiger Knight ini, kamu akan mengendalikan seorang jenderal yang bisa mengatur pasukan untuk memenangkan peperangan. Maka untuk bertempur secara baik, menyusun strategi adalah langkah pertama yang harus dilakukan.

Kamu dapat memanfaatkan bukit atau lokasi tinggi yang berada di medan pertempuran untuk menempatkan pasukan-pasukan pemanah untuk menyerang bala tentara musuh.

Selain menggunakan rencana seperti itu, kamu pun dapat mengendalikan pasukan berkuda serta prajurit infanteri untuk segera masuk ke dalam medan pertempuran.

Sistem battle yang seru lainnya adalah, kamu dapat berperang layaknya seorang ksatria dengan menggunakan sebilah pedang dan sebuah tameng. The Tiger Knight adalah sebuah game yang mengusung mode permainan massively multiplayer online (MMO).

8. Destiny 2

Destiny 2

* sumber: dailysocial.id

Jalan cerita dalam game Destiny 2 ini masih mengambil premis yang sama dari seri pertamanya. Kamu masih akan berperan sebagai Guardian yang memiliki misi utama menjaga kedamaian di muka Bumi.

Kali ini, Bumi tengah diserang oleh ras alien jahat yang bernama Cabal. Namun sebelum masuk dalam permainan, kamu akan dibawa terlebih dulu dalam mode tutorial sebagai bentuk pengenalan gameplay.

Terdapat tiga kelas karakter yang dapat kamu mainkan. Mereka di antaranya terdiri dari warlock, hunter dan titan yang semuanya memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing.

Game ini mengusung permainan shooter dengan nuansa RPG di dalamnya. Kamu dapat menggunakan serangan ultimate jika pada saat pertempuran menemukan lawan-lawan dengan kekuatan yang jauh lebih kuat.

9. War Thunder

War Thunder

* sumber: warthunder.com

War Thunder merupakan game yang mengambil latar belakang dari negara-negara yang bertempur dalam Perang Dunia II. Selain bergaya klasik, peperangan pun dapat terjadi di era yang lebih modern.

Sistem battle dalam game ini menggunakan kendaraan tempur yang berasal dari masing-masing negara tersebut. Kendaraan yang dapat digunakan terbagi di tiga medan pertempuran, yakni darat, udara, dan laut.

Ingin merasakan adrenalin pertempuran yang nyata? Game ini menawarkan mode permainan simulasi yang akan membawamu langsung terjun ke medan perang.

Jika memilih sebagai seorang pilot pesawat perang, kamu harus memiliki penglihatan yang akurat untuk melihat lokasi musuh. Kamu pun mesti menghitung penggunaan amunisi dan bensin jika tidak ingin pesawatmu jatuh begitu saja.

10. Brawlhalla

Brawlhalla

* sumber: www.brawlhalla.com

Brawlhalla menjadi salah satu game free to play yang sangat seru untuk dimainkan. Game ini mengusung konsep fighting yang hampir mirip dengan permainan super smash bros.

Dalam arena battle, kamu akan bertarung dengan beberapa player dan harus saling mengalahkan. Untuk memenangkan pertandingan, kamu mesti melempar lawanmu-lawanmu tersebut keluar dari arena pertempuran.

Karakter legenda yang kamu pilih saat bertempur, nantinya akan dibekali oleh senjata pilihan. Kamu dapat menggunakan pedang, kapak, tombak, roket, palu atau senjata lainnya yang memiliki damage kuat.

Jika senjatamu tepat, maka kemenangan yang kamu cari berada di depan mata. Sebagai sebuah game fighting online, Brawhalla akan terasa menyenangkan jika dimainkan bersama dengan teman-temanmu.

Walaupun judul 10 game di atas gratis untuk dimainkan, namun keseruannya tidak berkurang sama sekali. Bahkan beberapa game menawarkan sensasi peperangan yang cukup menantang.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *