Carisinyal / Games / 10 Game Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Bangkrut

10 Game Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Bangkrut

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 November 2018

Untuk game di Android, memang banyak yang bisa didownload secara gratis. Namun, untuk game PC dan game konsol justru dijual dengan harga yang cukup mahal, bahkan ada juga yang tergolong sangat mahal. Pada kesempatan kali ini, Carisinyal mau bahas beberapa game termahal di dunia dan bukan game modern yang baru lho.

Kalau kamu pecinta game, terutama game konsol, maka harus tahu nih game yang dibanderol dengan harga fantastis. Bukan hanya karena keseruan gamenya melainkan kelangkaan game inilah yang membuat 10 game ini dijual sangat mahal. Kira-kira, kamu pernah main gamenya nggak?

10 Game Termahal di Dunia

1. Stadium Events

game termahal di dunia Stadium Events

Game konsol tahun 1987 ini adalah buatan Bandai yang cukup populer di masanya. Kamu hanya bisa memainkan game ini di konsol Nintendo. Meski jadul, namun ada yang pernah menjual game ini dengan harga yang sangat tinggi di eBay dengan harga 37 juta hingga 596 juta rupiah lho!

Bukan hanya gamenya saja yang mahal, bahkan hanya membeli box gamenya saja bisa dibanderol dengan harga $10.000 atau setara dengan 144 juta! Tentu saja harga yang ditawarkan bisa membeli sebuah mobil, ya? Namun, karena langka dan sangat sulit ditemukan, maka tak heran jika game Stadium Events ini begitu mahal. Tertarik membelinya?

2. Air Raid

Air Raid

Selain game Nintendo, ada juga game Atari tahun 1982 yang dihargai sangat tinggi. Berdasarkan penuturan dari moneyinc.com, Air Raid ini laku terjual dengan harga 456 juta di tahun 2010 silam. Bukan harga yang murah tentunya, namun sebanding dengan terbatasnya barang yang ada.

Sekilas informasi, Air Raid sendiri merupakan game menembak yang dibuat Men-A-Vision untuk Atari. Yang legendaris, jika kamu melihat sisi belakang dari kotak gamenya, maka akan terlihat tulisan mengenai deskripsi cerita dari game Air Raid. Ini juga yang menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang ingin memiliki Air Raid.

3. Nintendo Campus Challenge

Nintendo Campus Challenge

Game termahal di dunia kali ini datang lagi dari game Nintendo. Adalah Nintendo Campus Challenge, sebuah game yang dibuat tahun 1991 ini berhasil menarik peminat para gamers. Sebenarnya, ini bukan game yang dibuat oleh Nintendo, melainkan game yang dijadikan kompetisi dan disponsori oleh Nintendo.

Hanya saja, Nintendo Campus Challenge sangat menarik sehingga untuk yang doyan mengoleksi game retro akan sulit mendapatkannya. Pasalnya, setelah kompetisi berakhir, game Nintendo Campus Challenge ini dimusnahkan dan hanya tersisa sangat sedikit. Kalau pun ada, game ini bisa dibanderol dengan harga mencapai 288 juta!

4. 1990 Nintendo World Champions

1990 Nintendo World Champions

Selain Campus Challenge, kali ini Nintendo juga menyuguhkan sebuah kompetisi yang dilaksanakan tahun 1990 silam. Kompetisinya diikuti oleh 29 kota di seluruh AS, oleh karena itu disebutlah 1990 Nintendo World Champions.

Dari kompetisi ini, mereka menghasilkan sebuah game cartridge yang cukup diminati para gamers pada masanya. Saking banyaknya peminat, game tersebut dibuat dalam dua versi, yakni gold dan gray. Kedua versi tersebut pun menjadi incaran banyak orang hingga saat ini.

Pasalnya, game ini cukup sulit dimiliki pada tahun 1990, apalagi kalau kamu mencari game ini di zaman sekarang. Dengan begitu, maka tak mengherankan jika kamu menemukan game ini, maka dua game tersebut akan dipatok dengan harga mencapai 288 juta rupiah.

5. Red Sea Crossing

Red Sea Crossing

Selesai dengan beberapa game Nintendo lawas, kali ini mari kembali lagi dengan game Atari. Kali ini game termahal dipegang oleh Red Sea Crossing. Ini merupakan sebuah game di mana pemainnya akan berperan sebagai Moses yang harus menyebrangi red sea.

Meskipun Red Sea Crossing tidak setenar game-game sebelumnya, namun ada saja yang mengincar game ini sebagai koleksi semata. Di tahun 2012 silam, ada seseorang yang sangat menginginkan game ini hingga ia rela merogoh kocek hingga 150 juta untuk membelinya dari GameGavel.com dalam sebuah acara pelelangan. Niat banget, ya?

6. Nintendo Powerfest 1994

Nintendo Powerfest 1994

Game satu ini cukup tenar di tahun 1994. Pasalnya, Nintendo membuat kompetisi dan menjajikan hadiah menarik untuk pemenang yang berhasil menuntaskan Nintendo Powerfest 1994. Pemenang pertama dijanjikan hadiah perjalanan ke San Diego, sedangkan pemenang kedua akan mendapatkan jaket Star Fox.

Setelah pemenang didapat dan kompetisi berakhir, Nintendo pun meminta semua kaset Nintendo Powerfest 1994 dikembalikan untuk segera dimusnahkan. Semua Nintendo Powerfest 1994 pun dikembalikan, namun ada satu yang tersisa dan kini menjadi bahan rebutan. Karena hanya satu inilah, Nintendo Powerfest 1994 pun diincar hingga ada yang berani membayar 144 juta.

7. Atlantis II

Atlantis II

Pada tahun 1982, game arcade memang menjadi primadona, terutama di kalangan para anak muda. Namun sayangnya, Atlantis II yang merupakan game Atari ini tidak terlalu banyak dielukan. Hingga akhirnya, Atari pun membuat sebuah kompetisi yang bernama Destination Atlantis.

Setiap pemain yang memainkan Atlantis II, harus memotret gambar dirinya dengan hasil skor akhir, lalu dikirimkan ke pihak Atari. Dengan kompetisi ini, akhirnya banyak pemain yang berbondong-bondong membeli Atlantis II. Tapi sayangnya, Atari tidak memproduksi Atlantis II dengan jumlah yang banyak.

Ketenaran dari Atlantis II pun tercapai, pemenang pun didapat, dan akhirnya Atlantis II pun banyak diperbincangkan hingga zaman sekarang. Namun, mengingat jumlah produksi yang tidak banyak, Atlantis II pun menjadi sangat langka dan diincar para collector game. Bahkan, ada yang rela membeli Atlantis II dengan harga 101 juta rupiah!

8. Super Copa

Super Copa

Meski game arcade banyak diminati, namun nyatanya Super Copa, yang notabenenya sebuah game olahraga, ini juga cukup menarik minat para gamers pada masanya. Game ini berbeda dan unik, maka dari itulah Super Copa banyak disukai hingga sekarang.

Selain unik, Super Copa juga bisa dimainkan secara multiplayer. Ya, meskipun hanya terbatas 2 pemain saja, tapi untuk game tahun 1994 itu adalah hal yang cukup baik. Ketenaran Super Copa ini ternyata tidak mudah kandas, karena buktinya hingga saat ini para kolektor game rela membayar hingga 100 juta lho.

9. Entertainment Mountain Bike Rally & Speed Racer Combo Cart

Entertainment Mountain Bike Rally & Speed Racer Combo Cart

Bisa dibilang kalau Entertainment Mountain Bike Rally & Speed Racer Combo Cart merupakan game mahal di zamannya. Game ini dibuat pada tahun 1990 awal di mana Nintendo menawarkan game yang bisa langsung dimainkan di TV, alias A TV.

Pada waktu itu, tidak banyak yang mampu membeli A TV, karena terbatas dengan harga yang super mahal. Maka dari itu, game Entertainment Mountain Bike Rally & Speed Racer Combo Cart ini tergolong langka karena tidak banyak yang punya. Jika kamu tertarik untuk memilikinya, silakan relakan uang sekitar 53 juta untuk game termahal di dunia ini, ya.

10. E.T.: The Extra-Terrestrial

ET

Atari mengambil kesempatan pada film tenar di masanya, E.T, yang kemudian dijadikan sebuah game bernama E.T.: The Extra-Terrestrial. Salah satu game termahal di dunia ini sangat unik dan punya interaksi yang sangat baik, sehingga pemainnya pun tidak bosan memainkan E.T.: The Extra-Terrestrial.

Bahkan, gameplay yang ada di game ini juga disesuaikan dengan apa yang ada di filmnya. Jadi, pemain akan merasakan sensasi main game dengan alur cerita yang mirip dengan filmnya. Maka dari itulah, game besutan Atari ini digadang-gadang menjadi salah satu game populer. Dan sekarang, E.T.: The Extra-Terrestrial disebut game langka dengan harga sekitar 22 juta rupiah.

Ya, begitulah kesepuluh game termahal di dunia. Memang, semua game mahal yang pernah dijual tadi adalah game konsol lawas. Bukan hanya karena gamenya yang menarik namun nilai history dan kelangkaannya pun yang menjadi incaran para kolektor game. Nah, apakah kamu pernah memainkan salah satu game di atas?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Listiorini Ajeng Purvashti, penulis aktif sejak tahun 2017. Selain aktif menulis di carisinyal.com dan bacaterus.com, juga menjadi penulis lepas untuk BukaReview.com. Saat ini, bidang yang digeluti adalah tema penulisan seputar aplikasi, game, gadget, laptop, hardware, software, tutorial, dan entertainment. Selain menulis, Saya juga tertarik untuk mempelajari hal baru terutama mempelajari budaya-budaya dari negara lain. Salah satu budaya yang digemari adalah Korean Culture sehingga menjadikan Saya seorang KPOPers sejak zaman kuliah.

Leave A Comment