Carisinyal / Virtual Reality / 10 Game Virtual Reality Terbaik yang Wajib Dicoba di 2020

10 Game Virtual Reality Terbaik yang Wajib Dicoba di 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setelah mengulas tentang beberapa kacamata virtual reality terbaik, rasanya kurang afdol jika tidak membahas beberapa game yang kompatibel dengan perangkat virtual reality tersebut. Ya, ada beberapa permainan yang bisa Anda mainkan dengan menggunakan kacamata VR.

Permainan ini tentu harus kompatibel dengan perangkat VR yang Anda gunakan, karena masing-masing perangkat memiliki keunikannya tersendiri. Nah, berikut adalah 10 game virtual reality terbaik menurut Carisinyal yang bisa Anda mainkan dengan kacamata VR.

10 Game Virtual Reality Terbaik

Tidak perlu khawatir cepat bosan dengan perangkat VR yang dimiliki. Soalnya, terdapat banyak sekali game yang mampu menghadirkan pengalaman VR yang variatif dan immersive, contohnya seperti daftar di bawah ini.

1. Resident Evil 7: Biohazard

Resident Evil 7 Biohazard

Sudah tidak asing lagi dengan Resident Evil? Nah, untuk pertama kalinya seri game Resident Evil hadir dala sebuah game virtual reality. Adalah Resident Evil 7: Biohazard yang bisa Anda mainkan di PS4 dengan kacamata VR khusus. Game ini akan membawa pemain ke dalam petualangan menegangkan dengan kamera sudut pandang orang pertama.

Di sini Anda akan bertarung melawan zombie, menembak dan bertahan hidup adalah salah satu hal wajib yang dilakukan oleh pemain Resident Evil 7: Biohazard. Tak hanya itu saja, Anda juga akan dibawa masuk ke dalam dunia yang mencekam dipenuhi dengan zombie pemangsa. Dipastikan pemain Resident Evil 7: Biohazard ini akan menemukan hal-hal menegangkan. Mau coba? Download gamenya di sini.

2. Astro Bot: Rescue Bot

Astro-Bot-Rescue-Bot

Bagi Anda yang memiliki PlayStation VR sudah saatnya mengalami serunya game platforming yang satu ini. Pada Astro Bot: Rescue Bot, Anda akan memerankan kapten robot yang harus berjuang melalui berbagai rintangan untuk menyelamatkan anak buahnya.

Terdapat berbagai level yang sungguh-sungguh memanfaatkan keunggulan-keunggulan yang ditawarkan oleh sebuah kacamata VR. Contohnya saja Anda dapat melihat sekeliling hingga sudut 360 derajat. Beberapa akses juga tersembunyi dan bisa ditemukan ketika Anda mencarinya dengan mengambil sudut yang pas. Game ini tersedia di konsol PlayStation 4 secara eksklusif dan Anda bisa mendapatkannya melalui link ini.

3. No Man’s Sky

No-Mans-Sky

Jika Anda rajin mengikuti perkembangan dunia gaming, pasti tidak asing dengan judul ini. Pada saat kemunculan trailer-nya, game berlatar luar angkasa ini sempat di-hype-kan sebagai game yang cukup revolusioner. Soalnya, terdapat alam semesta yang tidak terhingga pada No Man’s Sky dan seluruhnya itu dimunculkan dari proses algoritma yang mereka punya.

Meski begitu, ia tidak cukup berhasil memenuhi ekspektasi berlebihan dari banyak pemain sehingga game ini sempat menjadi flop. Tapi pengembangnya tentu tidak diam saja – mereka pun  tetap melakukan pengembangan berupa penambahan fitur dan perbaikan bugs. Sekarang, No Man’s Sky sangat layak dianggap sebagai game eksplorasi yang solid dan membuat rileks.

Anda bisa mengumpulkan berbagai material pada planet yang Anda temui, kemudian melakukan upgrade pada pesawat dan sebagainya. Dengan menggunakan VR, Anda pun akan merasakan seolah duduk di kokpit pesawat luar angkasa sungguhan dan bertemu dengan alien-alien secara langsung. Banyak sekali fenomena alam yang akan membuat Anda takjub, ditambah lagi jika Anda memainkannya secara multiplayer.

4. SUPERHOT VR

SUPERHOT-VR

SUPERHOT adalah permainan FPS yang memiliki desain dan gameplay yang unik. Ketika kebanyakan FPS lainnya mengusung tema perang dengan desain karakter menyerupai orang sungguhan, desain karakter di game ini terkesan seperti mannequin dengan latar yang nampak seperti simulasi latihan menembak.

Game ini juga cukup unik mengingat musuh hanya akan bergerak jika Anda pun mulai bergerak. Dan jika Anda bergerak dengan cepat, gerak musuh pun menjadi cepat. Anda bisa memukul dan menembak musuh-musuh yang ada sambil menghindari serangan-serangan mereka. Anda bisa memainkan SUPERHOT VR menggunakan HTC Vive dan juga Oculus Rift. Tertarik memainkan game tembak-tembakan yang seru ini? Dapatkan gamenya melalui link ini.

5. Skyrim VR

Skyrim-VR

Jika Anda pecinta game RPG, atau sudah pernah memainkan Skyrim pada salah satu platform, sekarang waktunya nikmati petualangan di Skyrim dengan pengalaman yang berbeda. Bethesda telah merilis Skyrim pada berbagai konsol dan platform yang ada, dan setiap rilisnya selalu laku keras. Hal ini membuktikan bahwa Skyrim memang game berkualitas dengan gameplay yang menarik.

Anda akan memerankan seorang dragonborn yang dapat menyerap kekuatan dari naga yang berhasil dikalahkan. Banyak sekali quest yang menarik, baik itu main quest ataupun side quest. Dengan kacamata VR, Anda pun bisa melawan musuh secara nyata dengan menebaskan pedang yang ada di tangan.

Anda pun jadi memiliki berbagai approach dalam menghadapi lawan, misalnya dengan menusuk menggunakan dagger ketimbang animasi slashing yang biasanya. Interaksi dengan NPC pun menjadi lebih fleksibel berkat adanya VR. Dapatkan Skyrim VR melalui link ini.

6. Space Pirate Trainer

Space-Pirate-Trainer

Betapa asyiknya jika bisa ke luar angkasa, melawan robot-robot menggunakan berbagai pesenjataan laser yang canggih dan futuristik. Kabar baiknya, Anda tidak perlu menjadi astronaut sungguhan untuk mengalaminya. Mainkan saja Space Pirate Trainer, salah satu game tembak-tembakan VR terbaik yang ada di SteamVR library.

Anda akan dipersenjatai dengan pistol blaster dan gadget-gadget luar angkasa lainnya. Sekilas, Anda akan bisa membayangkan rasanya menjadi Han Solo dalam film Star Wars – atau Commander Shepard dalam seri Mass Effect. Game ini juga termasuk dalam salah satu judul game VR pertama yang diluncurkan, dan sudah sering dijadikan demo untuk mencoba pengalaman VR.


Jadi, apakah Anda sudah siap menjadi bajak laut di luar angkasa? Anda bisa memainkan game ini sambil berdiri, duduk, atau bahkan secara room-scale. Dapatkan Space Pirate Trainer melalui link ini.

7. Vader Immortal

Vader-Immortal

Jika ingin merasakan petualangan luar angkasa yang lebih mirip dengan Star Wars, tentu lebih baik memainkan game yang berada di universe-nya franchise ini. Ya, Vader Immortal adalah game VR yang memungkinkan Anda bertarung melawan musuh ikonik seperti stormtrooper dan bahkan Darth Vader itu sendiri.

Anda akan memerankan seorang smuggler yang dipenjara di istananya Darth Vader dan harus menemukan jalan keluar dari sana. Anda harus memasuki berbagai celah sempit supaya tidak ketahuan saat mencoba kabur. Kemudian, Anda pun nanti akan menemukan sebuah lightsaber – Anda pun akhirnya bisa merasakan serunya menebas musuh dengan gaya seorang Jedi.

Oh iya, Vader Immortal merupakan game episodik yang terdiri dari tiga episode yang masing-masing bisa diselesaikan kurang dari sejam. Memang sih, ceritanya tidak terlalu panjang. Tapi, terdapat mode lightsaber dojo di mana Anda harus bertarung menggunakan lightsaber, melawan penjahat-penjahat yang terus berdatangan. Game ini tersedia secara ekslusif pada Oculust Rift dan Oculus Quest pada link ini.

8. Beat Saber

Beat-Saber

Apakah Anda ingat dengan game Guitar Hero? Atau mungkin pernah memainkan game arcade Just Dance? Nah, game VR yang dibahas kali ini adalah permainan ritme di mana Anda harus melakukan input yang pas sesuai dengan instruksi dan tempo lagu.

Namun, game ritme yang satu ini agak unik. Anda tidak akan berjoget ataupun menekan tombol pada kontroler gitar, tapi Anda akan menggunakan sebuah saber untuk menebas balok-balok dengan arah direksi yang beragam.

Game ini cocok bagi Anda yang menyukai lagu-lagu EDM dan memiliki gerakan motorik yang bagus. Beat Saber tersedia untuk berbagai platform seperti SteamVR, PlayStation VR, dan juga Oculus.

9. Tetris Effect

Tetris-Effect

Masih ingatkan dengan game jadul bernama Tetris? Game ini sungguh populer pada zamannya karena mengusung gaya permainan yang simpel tapi juga menantang. Intinya, akan ada kotak-kotak yang berjatuhan dan Anda harus menyusunnya di antara kotak-kota yang lain agar tidak ada ruang kosong yang tersisa.

Muncullah game Tetris Effect pada PlayStation 4 yang juga bisa dimainkan menggunakan VR. Tentu saja game Tetris ini memiliki balutan grafis yang sangat canggih, dengan efek 3D yang memberi kesan futuristik. Nama Tetris Effect sendiri diambil dari fenomena psikologi yang menyatakan adanya peningkatan mental skill pada orang yang hobi bermain Tetris. Tertarik untuk bernostalgia? Dapatkan game Tetris Effect pada SteamVR atau PlayStation 4.

10. Keep Talking and Nobody Explodes

Keep Talking and Nobody Explodes

Setelah membahas berbagai permainan yang kompatibel dengan Oculus Rift dan Project Morpheus, kini tiba saatnya untuk membahas game khusus Gear VR. Permainan ini cukup unik, Anda harus menjalankan beberapa instruksi panjang untuk menjinakkan bom. Tentunya, Anda juga akan menjumpai berbagai kesulitan dan keanehan saat hendak menjinakkan bom.

Game yang sedikit rumit ini kelak dapat dimainkan dengan platform virtual reality lainnya. Steel Create Games menjanjikan sebuah pengalaman intens saat menjinakkan bom dengan bantuan dari kacamata virtual reality Gear VR. Download gamenya di sini untuk pengguna Oculus Rift.

Rekomendasi Game Lainnya

Tidak hanya 10 game virtual reality di atas yang bisa Anda mainkan, pasalnya Carisinyal masih memiliki rekomendasi game VR seru lainnya. Beberapa rekomendasi game ini juga bisa Anda mainkan dengan menggunakan kacamata VR. Penasaran? Simak berikut ulasannya.

11. Elite: Dangerous

Elite-Dangerous

Seringkali pemain harus mengikuti jalan cerita yang memang sudah disuguhkan. Tapi, sekarang sudah beredar banyak game dengan elemen-elemen cerita yang bisa dipengaruhi oleh aksi pemainnya, termasuk pada permainan open-world berlatar luar angkasa ini. Elite: Dangerous adalah game MMO yang memungkinkan Anda merasakan serunya menjelajahi galaksi Bima Sakti dengan 400 miliar sistem bintang.

Meskipun MMO, Anda pun bisa memainkannya secara solo. Nantinya Anda harus mengumpulkan material untuk melakukan berbagai macam upgrade pada kapal, sebuah elemen gameplay yang juga hadir pada game No Man’s Sky. Uniknya, cerita pada masing-masing pemain akan berpengaruh pada kondisi galaksi seperti pertarungan mana saja yang dimenangkan, dan bisa juga menentukan takdir sebuah pemerintahan.

Jika ingin memainkan game ini dengan lebih seru lagi, gunakanlah kacamata VR. Gamenya sendiri saja sudah mampu menawarkan immersion yang menakjubkan, kini ditambah lagi dengan kemampuan VR supaya Anda bisa merasakan langsung duduk di kokpit dan menerbangkan pesawat luar angkasa. Game ini tersedia pada SteamVR dan juga Oculus.

12. Rick and Morty Simulator: Virtual Rick-ality

Rick-and-Morty-Simulator-Virtual-Rick-ality

Penggemar TV series Rick and Morty wajib memainkan game VR yang satu ini. Ya, Anda bisa memerankan sebuah cloning dari Morty dan merasakan sendiri kekonyolan Rick saat ia berusaha melakukan eksperimen yang aneh-aneh. Berbagai latar ikonik pun muncul seperti ruang garasinya Rick, interior rumah keluarga Smith, dan berbagai planet dengan alien-alien yang beragam.

Anda pun bisa melakukan interaksi seperti menyelesaikan puzzle dan juga menyelesaikan misi-misi yang ada. Akan banyak sekali easter egg yang muncul dari episode-episode Rick and Morty, sebuah keunggulan yang akan diapresiasi oleh fans Rick and Morty. Dapatkan game ini pada SteamVR dan juga PlayStation VR.

13. Defector

Defector

VR memang sering sekali membuat pemakainya mampu mengalamai berbagai jenis fantasi. Mulai dari menjelajahi luar angkasa, berpergian ke tempat bersejarah, dan masih banyak lagi. Kali ini, ada game VR yang bisa membuat Anda merasa seperti James Bond atau Ethan Hunt pada seri film Mission Impossible.

Sebagai mata-mata, Anda akan ditugaskan untuk melakukan berbagai misi seperti pembunuhan, penyusupan, dan lain-lain. Anda pun akan dipersenjatai dengan alat-alat canggih ala-ala dunia espionage. Uniknya lagi, Anda pun terkadang tidak perlu mengeksekusi misi dengan persis seperti yang diperintahkan – selalu ada cara lain untuk menghasilkan outcome tertentu. Sayangnya, game ini hanya dirilis untuk perangkat Oculus. Klik di sini untuk mendapatkan gamenya.

14. Moss

Moss

Memiliki latar bak dunia dongeng, Moss adalah game VR yang cocok bagi Anda penyuka genre fantasy dan petualangan. Anda akan memerankan seekor tikus bernama Quill yang menginginkan suatu hal lebih dari kesehariannya.

Sisi eksplorasi yang diusung pada Moss juga cukup menyenangkan dengan berbagai latar tempat yang majestik dan penuh sihir. Anda akan membantu Quill melewati berbagai puzzle dan rintangan untuk menyelamatkan pamannya. Tertarik mengikuti petualangan si tikus mungil ini? Anda bisa memainannya pada SteamVR dan PlayStation VR.

15. Batman: Arkham VR

Batman-Arkham-VR

Inilah game VR yang menghadirkan salah satu tokoh fiksi superhero terbaik dalam sejarah: Batman Arkham VR. Mungkin Anda sudah tidak merasa asing dengan gadget belt yang dimilikinya. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan Batarang, grappling gun,  dan alat pemindai untuk melawan musuh, berpindah tempat, ataupun menyelesaikan kasus detektif.

Salah satu aspek paling menarik dari seri Batman adalah karakter-karakternya. Anda akan bertemu dengan berbagai musuh ikonik seperti Killer Croc, The Riddler, dan Joker. Jika Anda tertarik untuk menyelami kota Arkham dengan ceritanya yang mencekam, Batman: Arkham VR sungguh sayang dilewatkan. Anda bisa memainkannya menggunakan Oculus Rift, PlayStation VR, dan juga HTC Vive.

Nah itulah 10 game seru yang bisa Anda mainkan dengan menggunakan headset atau kacamata virtual reality. Untuk rekomendasi perangkat virtual reality terbaik yang ada saat ini, silahkan simak ulasan kami di artikel ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *