Carisinyal / Virtual Reality / 10 Game VR Terbaik untuk Perangkat Google Cardboard 2020

10 Game VR Terbaik untuk Perangkat Google Cardboard 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apa itu Game Virtual Reality (VR)? Ini merupakan permainan yang dapat dimainkan bersama dengan perangkat virtual reality. Ketika memainkan game VR, Anda akan merasa seolah masuk ke dalam game tersebut, dengan kata lain game ini memberikan tampilan visual yang sangat nyata.

Game VR untuk Google Cardboard akhir-akhir ini menjadi perbincangan yang hangat. Google Cardboard sendiri merupakan kacamata VR yang cukup unik. Ya, headset virtual reality ini hanya dibuat dengan menggunakan bahan dasar kardus.

Meskipun terbuat dari kardus, Google Cardboard sudah sangat kompatibel untuk memainkan beberapa game VR, lho! Nah, penasaran apa saja game VR terbaik yang tersedia untuk Google Cardboard? Cek daftar yang sudah dirangkum oleh Carisinyal berikut ini!

10 Game VR Terbaik untuk Google Cardboard

Jangan salah, meski kebanyakan game berikut bukanlah game PC, tapi game-game berikut ini mampu menyuguhkan pengalaman bermain yang tak kalah serunya. Berikut adalah game VR terbaik untuk Google Cardboard yang bisa Anda coba.

1. InMind VR and InCell VR

InMind-VR-and-InCell-VR

Bagi Anda yang ingin pengalaman bermain game VR menjadi edukatif. kedua game ini cocok untuk dimainkan. InMind VR adalah game yang bisa membawa Anda masuk ke dalam otak manusia dan menyaksikan secara langsung bagaimana otak bekerja. Begitu pun dengan InCell VR yang, sesuai namanya, bisa mengajarkan Anda mengenai struktur mikrosel pada tubuh manusia.

Di kedua game, Anda akan memerankan protagonis yang dibuat sangat kecil hingga bisa memasuki bagian otak dan tubuh. Pada InMind VR,  misi Anda adalah mencari neuron yang defektif dan mencegahnya agar tidak menyebarkan sinapsis yang salah pada neuron lainnya.

Misi pada InCell VR juga kurang lebih sama – Anda harus menjelajahi sistem saraf pada tubuh seseorang yang telah terjangkiti virus. InCell VR juga termasuk pada genre racing karena Anda harus cepat-cepat memberikan vaksin sebelum terlambat. Anda bisa mendownload InMind VR di link ini dan InCell VR pada link ini.

2. Hardcode

Hardcode

Pada umumnya, kacamata VR seperti Cardboard cocok dipakai untuk bermain game first-person supaya immersion-nya lebih terasa – namun berbeda dengan game VR satu ini. Adalah Hardcode, game puzzle dan shooter yang mengusung perspektif orang ketiga dengan setting futuristik ala-ala Portal.

Dari segi gameplay, mungkin Anda akan teringat dengan game-game seperti Tomb Raider yang terdahulu meski memiliki latar yang berbeda. Anda akan menggunakan senjata untuk menembaki berbagai robot yang akan menjadi musuh Anda pada setiap levelnya. Agar lebih seru, Anda bisa memainkannya menggunakan gamepad dan juga bersama orang lain secara multiplayer. Jika tertarik, silahkan download Hardcode pada link ini.

3. VR X-Racer

VR X-Racer

Untuk Anda yang ingin merasakan sensasi mengontrol pesawat maka VR X-Racer bisa menjadi pilihan tepat sebagai salah satu game VR terbaik. Game VR X-Racer ini bukan hanya sekedar permainan yang menampilkan visual secara nyata namun juga menyajikan konsep yang cukup menegangkan untuk dimainkan.

Di awal cerita VR X-Racer ini yakni terjadi sebuah perang bintang ke-3 yang mengharuskan pemain untuk melawan alien. Alien datang untuk menyerang manusia dengan menggunakan UFO. Nah, inilah saatnya pemain beraksi. Anda perlu mengontrol dan mengendarai pesawat tempur untuk bertarung dengan alien. Kalahkan semua aliennya dengan klik di sini.

4. Flats

Flats

Suka permainan tembak-tembakan dengan grafis yang sederhana namun juga unik? Flats lah jawabannya. Sekilas, dari grafiknya nampak seperti grafik yang ditawarkan pada game SUPERHOT pada PC. Ya, meskipun Flats memiliki desain yang lebih simpel sih.

Oh iya, Flats juga memiliki grafik yang lebih banyak varian warna dibandingkan SUPERHOT. Lalu, tersedia beberapa mode seperti singleplayer, multiplayer, headshot challenge, dan sebagainya. Sayangnya, Flats tidak lagi tersedia di Google Play Store tapi Anda bisa mendapatkannya secara gratis melalui QooApp atau pada link ini.

5. VR Controller

VR-Controller

Bermain game VR akan lebih seru jika menggunakan gamepad. Tapi, jika Anda belum sempat membeli gamepad namun masih memiliki HP Android jadul di rumah, Anda bisa menyulapnya menjadi kontroler.

Caranya pun cukup mudah, hanya dengan melakukan download pada aplikasi VR Controller, Anda pun bisa melakukan serangkaian setup untuk melakukan repurpose pada HP lama Anda. Untuk mendownloadnya, silakan klik link ini.

6. Wrong Voyage VR

Wrong-Voyage-VR

Game ini merupakan permainan bergenre FPS dengan setting yang cukup unik. Anda akan menjelajahi berbagai area dengan desain lanskap yang cukup mencekam serta bernuansakan retro. Wrong Voyage VR menceritakan seseorang yang menyasar memasuki sebuah dunia yang tidak diketahui. Ia pun akhirnya harus berusaha mencari tahu perannya pada dunia ini dan mengapa dunia tersebut diciptakan.

Untuk memainkannya, Anda diharuskan memiliki gamepad Bluetooth agar bisa menggerakkan karakter dengan nyaman. Oh iya, game ini juga mengusung genre puzzle yang seru dan menantang. Tertarik? Yuk download game ini di sini.

7. Trinus

trinus-cardboard-vr

Cukup disayangkan bahwa Google Cardboard hanya bisa dipakai untuk memainkan game Android. Tapi, dengan bantuan dari sebuah aplikasi, Anda pun bisa lho memainkan game VR PC di HP. Nama aplikasi tersebut adalah Trinus yang bisa diinstal di HP Android untuk menghubungkan HP dengan PC.


Bahkan, Trinus pun mampu menampilkan game yang non-VR ke HP Anda sehingga pilihan game pun semakin variatif. Ada dua versi yang bisa Anda gunakan, yakni Trinus berbayar dan Trinus Lite. Ada kalanya Android atau PC Anda tidak dapat berjalan dengan baik menggunakan aplikasi ini, karena itu Carisinyal sarankan untuk coba versi Lite dulu secara gratis. Untuk mendapatkan Trinus Lite, klik di sini.

8. Voxel Fly VR

Voxel-Fly-VR

Pernah membayangkan permainan Space Impact dengan menggunakan VR? Imajinasi tersebut bisa menjadi kenyataan pada game Voxel Fly VR ini. Sekilas, gameplay-nya punya kemiripan dengan game jadul yang penulis sebutkan tadi. Bedanya, grafik pada game ini bekualitas 3D dengan artstyle yang bisa dibilang cukup unik.

Permainan ini mengusung gameplay yang endless – Anda harus berusaha menghancurkan musuh dan bertahan selama mungkin untuk mendapatkan skor yang tinggi. Uniknya lagi, Anda bahkan bisa memainkan game ini secara 2D jika Anda kebetulan tidak membawa Cardboard dalam perjalanan Anda. Kalau tertarik, silakan download Voxel FLy VR pada link ini.

9. Whispering Eons #0

Whispering Eons #0

Kalau Anda ingin maun game VR dengan genre petualangan, maka pilihan yang tepat untuk mengunduh Whispering Eons #0. Pasalnya, game ini bukan hanya menampilkan animasi grafis 3D yang keren, tapi juga alur cerita game yang menarik. Jadi, di sini nantinya ada beberapa scene yang harus Anda mainkan. Dan, setiap scene-nya memiliki misi-misi yang berbeda. Penasaran dengan game ini? Langsung main saja di sini, ya!

10. Minos Starfighter VR

Minos Starfighter VR

Bisa dibilang bahwa Minos Starfighter VR adalah game tembak-menembak di luar angkasa pertama untuk Google Carboard. Secara teknis, permainan ini tidak memiliki batas waktu. Jadi, Anda bisa memainkan game ini hingga bosan.

Di dalam Minos Starfighter VR ada tiga lingkungan dengan tingkat kesulitannya masing-masing. Setiap lingkungan tentu akan menyediakan tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibanding lingkungan sebelumnya.

Sejauh ini, Minos Starfighter VR adalah game Google Cardboard yang cukup menyenangkan. Carisinyal mengklaim bahwa Minos Starfighter VR adalah salah satu game VR terbaik yang pernah ada. Untuk memainkan game ini, Anda harus membeli Minos Starfighter VR terlebih dahulu yang dibandrol dengan harga Rp17 ribu dengan klik di sini.

Seperti yang sudah kita ketahui, Google Cardboard merupakan sebuah kacamata virtual reality dengan harga yang lebih murah dibanding kacamata-kacamata VR lainnya? Hal tersebut dikarenakan bahan dasar yang digunakan sebagai bingkai Google Cardboard adalah kardus.

Bila Anda hendak membeli Google Cardboard, daftar game VR terbaik untuk Google Cardboard yang dirangkum oleh Carisinyal ini bisa Anda jadikan sarana untuk mencoba kacamata virtual reality baru tersebut! Selamat bermain!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *