carisinyal web banner retina
Carisinyal / Smartphone / Gaming Seru dengan Samsung Galaxy A31 & A21 Series

Gaming Seru dengan Samsung Galaxy A31 & A21 Series

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 27 April 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR PERMANEN LINK SAMSUNG

Pada Juni 2020, Samsung lagi-lagi merilis dua produk mereka dengan fitur dan spesifikasi menonjol di kelasnya. Dua produk smartphone tersebut adalah Samsung Galaxy A31 dan Samsung Galaxy A21.

Walau seri Galaxy A kental dengan identitas entry level, jangan remehkan beberapa keunggulan yang ditonjolkan keduanya. Pasalnya, baik Samsung Galaxy A31 maupun Galaxy A21 sama-sama diberikan kemampuan yang baik dari segi fotografi dan ketahanan baterai. Lalu, ada satu hal lagi sorotan utama yang bisa membuat pengguna terpana, yakni performanya saat bermain game.

Keduanya menyongsong pasar harga yang berbeda, dan menawarkan pengalaman gaming yang paling seru untuk masing-masing kelasnya. Penasaran dengan seluk-beluk duo Galaxy A series tersebut? Yuk simak yang di bawah ini!

Samsung Galaxy A31: Layar Cerah, Baterai Bersahabat

samsung galaxy a31

Soal urusan layar, Samsung Galaxy A31 termasuk ampuh dalam menawarkan tampilan dengan kontras warna tinggi, warna hitam yang mendalam, serta kecerahan layar yang tergolong tiada duanya. Ini semua berkat panel kaca Super AMOLED miliknya yang sudah jadi ciri khas Samsung untuk ponsel di harga menengah.

Bentang layar berukuran 6,4 inci membuatnya mampu dalam menghasilkan tampilan layar yang lebih luas, terlebih karena mengusung resolusi 1080 x 2400 piksel. Ditambah dengan desain Infinity-U Display alias poni tetesan air, ponsel pun terlihat lebih besar berkat bezelnya yang dibuat lebih tipis.

Beralih ke sektor baterai, Samsung Galaxy A31 terbilang unggul dengan kapasitas sebesar 5.000 mAh pada port pengisian USB tipe-C. Mendukung durasi pemakaian hingga belasan jam, baterai pada smartphone juga bisa dicas kembali dengan cepat menggunakan fast charging 15 W.

Nah, kalau berbicara soal pengalaman game bersama ponsel, tidak afdol kalau tidak membicarakan dapur pacunya, bukan? After all, performa menjadi salah satu yang sorotan utama dalam game. Siapapun perlu mengakui kalau SoC MediaTek Helio P65 sungguh layak dipakai bermain game berat sekelas PUBG Mobile, Asphalt 9, Mobile Legend, dan judul lain dengan lancar.

Varian RAM yang beragam dari 4 hingga 8 GB-nya juga turut mendukung kemulusan performa HP ini. Pasalnya, tipe RAM LPDDR4x Double Channel ini hadir dengan memory management lebih baik yang membuatnya mampu melakukan multitasking secara lancar. Selain itu, efisiensi daya dari LPDD4X ini bisa memberikan ketahanan baterai yang lebih.

Untuk penyimpanan, Samsung Galaxy A31 didukung dengan kapasitas yang sungguh luas, sampai-sampai Anda pun bisa memuat hingga puluhan game berat pada kapasitas 128 GB ini. Dan apabila masih kurang cukup, perangkat juga hadir dengan 3-card slot, memberikan kemudahan pengguna untuk ekspansi penyimpanan eksternal hingga 512 GB tanpa harus melepas kartu SIM kedua.

Karena bermain game tidak akan lengkap tanpa mode gaming, Samsung Galaxy A31 juga sudah dibekali dengan fitur tambahan, yakni Game Boost. Dengan fitur ini, siapapun bisa jadi juara dengan cara mematikan notifikasi agar tidak terganggu saat bermain.

Fitur Game Boost ini juga sungguh gaming centric, memliki teknologi AI yang bisa merekam dan menyesuaikan kebiasaan bermain, memonitor suhu dan baterai, juga melakukan recording pada gameplay.

Samsung Galaxy A31 ini dibanderol dengan harga cukup bersahabat, di harga Rp3.699.000,- untuk varian RAM 6 GB dan seharga Rp4.499.000,- untuk versi RAM 8 GB.

Samsung Galaxy A21: Layar Lebih Besar dengan Punch-Hole Display

samsung galaxy a21

Dibandingkan dengan Galaxy A31, smartphone yang satu ini bisa dibilang sebagai "adik"-nya yang menyuguhkan spesifkasi lebih sederhana. Tapi, di beberapa parameter tertentu justru Galaxy A21 lah yang unggul.

Panel layarnya memang hanya memakai IPS LCD, tapi kini ukurannya sebesar 6,5 inci yang notabene lebih besar. Memang, hanya menawarkan resolusi HD Plus atau 720 x 1600 piksel tapi tingkat ketajamannya tidak begitu jauh berkurang dan pengguna tetap dapat menikmati keseruan bermain di layar lebih besar.

Adapun aspek rasio yang dimilikinya sebesar 20:9, sama seperti Galaxy A31. Perangkat ini juga sudah meninggalkan desain layar waterdrop notch dan sudah mengusung kamera depan punch hole sebagai rumah bagi lensa selfie. Alhasil bezel yang tadinya menjulur dari cekukan poni jadi tidak ada, dan menawarkan tampilan yang lebih bersih dan luas lagi.

Jika berbicara soal parameter lainnya, Samsung Galaxy A21 lebih banyak mengalami pengurangan. Contohnya saja dari segi dapur pacu yang kini mengandalakan MediaTek Helio P35 dengan balutan GPU PowerVR GE8320. Chipset ini nyatanya tidak segahar Helio P65, kini hanya mencakup CPU empat inti berkecepatan 2,3 GHz dan empat core lainnya dengan clock speed 1,8 GHz.

Samsung Galaxy A21 memungkinkan penggunanya untuk menginstal aplikasi pada memori internal 32 GB saja. Sementara itu. perangkat juga menghadirkan RAM 3 GB, keduanya sama-sama mengalami penurunan drastis dari Galaxy A31. Setidaknya, slot microSD hingga 512 GB kembali muncul di seri ini.

Di kelas harganya yang lebih murah, Samsung Galaxy A21 masih terbilang mampu memberikan pengalaman gaming menyenangkan dengan kapasitas baterai 4.000 mAh dan fast charging 15 W. Walau tidak sebesar Galaxy A31, Anda masih bisa membuat baterai ini tahan lebih lama saat main game, yakni dengan dukungan optimasi Power Saving Mode dan Game Boost yang juga turut hadir pada smartphone Rp2,5 juta ini.

Simpulan

Kalau ingin merasakan kualitas khas Samsung tanpa keluar modal besar, Samsung Galaxy A31 dan A21 ini adalah salah satu pilihan terbaik di kelasnya. Dengan performa masing-masing yang memadai, baterai bertenaga, dan kuailtas layar yang menakjubkan, Anda dihadapkan dengan dua pilihan pada rentang harga berbeda. Jika masih bingung mana yang lebih baik, kami akan simpulkan kelebihan dan kekurangannya untuk Anda.

Samsung Galaxy A31

(+)

  • Layar Super AMOLED Full HD Plus
  • Performa lebih kencang
  • RAM dan Memori Internal 8 GB/128 GB yang sungguh besar
  • Baterai 5.000 mAh, lebih besar

(-)

  • Masih pakai desain layar Infinity-U Display
  • Ukuran layar lebih kecil
  • Harga lebih mahal

Samsung Galaxy A21

(+)

  • Layar lebih besar
  • Menggunakan desain punch-hole
  • Harga lebih bersahabat

(-)

  • Resolusi layar HD Plus
  • Memori internal 32 GB dengan RAM 3 GB
  • Baterai lebih kecil
  • Chipset Helio P35 miliknya tidak segahar Helio P65
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram