Carisinyal / Tips Membeli Handphone Bekas Yang Berkualitas

Tips Membeli Handphone Bekas Yang Berkualitas

Ditulis oleh - Diperbaharui 31 Agustus 2018

Selain membeli handphone baru, di jaman sekarang ini membeli sebuah handphone bekas alias second juga banyak digemari karena berbagai macam alasan. Selain harganya yang lebih murah, handphone bekas juga biasanya memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dengan handphone barunya. Kali ini Carisinyal akan mengulas beberapa tips agar Anda bisa membeli handphone second yang berkualitas dan tidak menjadi korban penipuan.

handphone bekas

Fisik

Ya, hal pertama yang harus diperhatikan adalah fisiknya. Pastikan tidak ada goresan di layar dan penutup belakangnya tidak mudah lepas. Pastikan juga baterai yang ada di dalamnya masih tersegel dan tidak ada cacat fisik seperti retak dan sebagainya. Selain itu, perhatikan juga lubang port di sekeliling handphone tersebut dan pastikan tidak ada perubahan warna pada lempengannya. Pasalnya, perubahan warna pada lempengan biasanya disebabkan karena terlalu sering terkena air.

Karena hampir semua handphone saat ini dilengkapi kamera, maka pastikan juga tidak ada goresan pada lensanya karena hal tersebut akan mempengaruhi kualitas fotonya. Yang terakhir, pastikan di seluruh bagian smartphone tersebut tidak ada retakan ataupun indikasi lain yang biasanya disebabkan karna handphone tersebut pernah terjatuh.

Spesifikasi

Belilah handphone bekas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ya, jika Anda suka menonton video dan browsing internet, maka belilah smartphone  yang memiliki layar besar. Namun jika Anda suka memotret, maka belilah smartphone dengan kualitas kamera yang baik. Pastikan Anda mengunjungi situs resminya terlebih dahulu atau review dari carisinyal.com untuk mengetahui spesifikasi dan kelebihan handphone tersebut sebelum membelinya.

Selain itu, walaupun smartphone yang ingin Anda beli tersebut tampak seperti baru, Anda harus memastikan semua fungsinya berjalan dengan baik. Pastikan touchscreen-nya berfungsi dengan baik dan tidak ada lag ketika menggunakannya karena bisa jadi masalah lag tersebut merupakan indikasi dari adanya kerusakan di bagian internal smartphone tersebut.

Bukan hasil curian

Hal selanjutnya yang sangat penting adalah memastikan bahwa smartphone yang ingin Anda beli tersebut bukanlah hasil curian. Pasalnya, bisa saja Anda didatangi oleh pihak kepolisian jika handphone bekas tersebut dilaporkan oleh pemiliknya karena sangat mudah bagi pihak berwenang untuk melacaknya. Selain itu, bisa jadi pemilik sebelumnya memblokir smartphone tersebut setelah Anda membelinya sehingga Anda tidak bisa menggunakannya sama sekali.

Lantas bagaimana cara mengetahui smartphone hasil curian atau bukan? Cukup tanyakan nomor IMEI, ESN, atau MEID dari smartphone tersebut kepada penjualnya. Setelah itu Anda dapat mengecek terlebih dahulu nomor-nomor tersebut pada beberapa situs yang menyediakan jasa pengecekan nomor tersebut. Anda dapat mudah menemukan situs tersebut dengan melakukan pencarian dengan kata kunci ‘IMEI check‘ atau ‘ESN check‘. Selain itu Anda juga bisa mengecek informasi lengkap smartphone tersebut di situs CheckMEND dengan membayar sebesar 2.99.

Sistem operasi

Di jaman sekarang ini memilih sistem operasi dari sebuah smartphone terkadang menjadi sebuah dilema. Selain Android dan iOS, keberadaan sistem operasi Windows Phone dan BlackBerry juga semakin membuat pusing para calon pembeli. Jika Anda menginginkan handphone bekas yang mudah digunakan dan memiliki penampilan cantik, maka pilihlah iPhone. Namun jika Anda menginginkan smartphone yang dapat diatur sesuka hati, maka pilihlah smartphone Android.

Baca juga: Mengapa Smartphone Android Lebih Baik dari iPhone?

Garansi

Walaupun sangat jarang ada penjual handphone bekas yang menyertakan garansi pada ponselnya tersebut, tidak ada salahnya bagi Anda untuk menanyakan hal tersebut. Walaupun tidak ada garansi hingga satu tahun, paling tidak Anda meminta jaminan selama satu bulan untuk memastikan bahwa smartphone tersebut masih layak digunakan dan tidak memiliki masalah yang berarti.

Itulah beberapa tips penting yang harus Anda lakukan ketika hendak membeli sebuah handphone bekas. Apakah Anda memiliki tips lain yang harus diperhatikan ketika membelinya? Silahkan bagikan tips Anda di kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar