carisinyal web banner retina

Inilah Spesifikasi Resmi Smartphone Canggih Samsung Galaxy S5

Ditulis oleh Carisinyal - Diperbaharui 12 Agustus 2020

Setelah sekian lama ditunggu dan menyulut berbagai macam rumor mengenai spesifikasinya, Samsung Galaxy S5 akhirnya secara resmi diperkenalkan ke publik. Smartphone ini mengusung berbagai macam teknologi canggih yang banyak digunakan pada smartphone papa atas saat ini. Seperti apakah spesfikasi dan kecanggihan yang dimilikinya?

Samsung Galaxy S5

Desain

Galaxy S5 hadir dengan ukuran yang lebih panjang, lebih lebar, dan lebih tebal ketimbang Galaxy S4. Beratnya juga kini bertambah menjadi 145 gram. Bertambahnya ukuran yang cukup signifikan tersebut tampaknya disebabkan oleh perangkat anti air dan debu yang dimiliki oleh smartphone ini seperti layaknya Xperia Z1S.

Samsung Galaxy S5 tetap mempertahankan tombol fisik di bawah layar, dan hanya mengganti tombol menu di sebelah kanan tombol tersebut dengan tombol App Switcher. Seperti yang diberitakan sebelumnya, tombol home ini dibekali dengan sensor sidik jari yang dapat digunakan untuk berbagai macam fungsi keamanan telepon.

Jika sebelumnya dirumorkan akan mengusung bahan metal, namun ternyata smartphone ini tetap mengusung bahan plastik. Sama seperti Galaxy Note 3, bahan plastik di panel belakang smartphone ini juga memiliki tekstur yang seperti bahan kulit. Untuk pilihan warnanya, smartphone ini akan tersedia dalam warna hitam, putih, biru, dan juga emas.

Layar

Samsung Galaxy S5 mengusung layar Super AMOLED berukuran 5,1 inch. Layar tersebut memiliki resolusi full HD 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan sebesar 432 ppi sehingga gambar yang ditampilkan akan tampak nyata. Layar ini dilindungi dengan teknologi Corning Gorilla Glass 3 dan sudah dibekali dengan tampilan antarmuka TouchWiz UI terbaru.

Prosesor dan Memori Penyimpanan

Performa yang disuguhkan oleh Samsung Galaxy S5 dapat disebut sebagai yang terbaik saat ini. Smartphone ini dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 800 dan prosesor Quad-core 2.5 GHz Krait 400. Prosesor tersebut akan didukung dengan RAM sebesar 2 GB untuk memastikan smartphone ini dapat berjalan normal ketika menjalankan berbagai macam aplikasi secara sekaligus.

Di sektor memori penyimpanannya, smartphone ini hadir dalam 2 pilihan memori internal yaitu 16 dan 32 GB. Menariknya, smartphone ini menjadi yang pertama dalam menyediakan slot MicroSD yang mampu menampung kartu memori dengan kapasitas maksimal hingga 128 GB.

Kamera

Seperti sudah diprediksi sebelumnya, Samsung Galaxy S5 dibekali dengan kamera belakang 16 MP yang dilengkapi dengan LED flash, Auto Focus, Dual Shot, serta Simultaneous HD video and image recording. Sayangnya, kameranya ini tidak dibekali dengan optical image stabilization. Untuk merekam video, kamera ini mampu merekam video dengan resolusi 4K UHD alias 2160p pada kecepatan 30 fps dan 1080p pada kecepatan 60 fps.

Kamera depan yang dimiliki oleh smartphone ini juga cukup mumpuni dengan resolusi 2 MP yang dimilikinya. Kamera depan tersebut juga mampu merekam video HD 1080p dan juga dilengkapi dengan fitur dual video call.

Fitur, Konektivitas, dan Baterai

Di sektor konektivitasnya, Samsung Galaxy S5 dibekali dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot, Bluetooth 4.0 dengan A2DP, EDR, LE, NFC, dan IR Blaster. Menariknya, smartphone ini sudah menyediakan port MicroUSB versi 3.0 (MHL 2) yang mampu mentransfer data pada kecepatan yang sangat tinggi.

Selain itu, Galaxy S5 juga menjadi smartphone pertama yang dibekali dengan sensor detak jantung sehingga sangat cocok dijadikan sebagai perangkat olahraga dan kesehatan. Smartphone yang berjalan pada sistem operasi Android 4.4.2 Kitkat ini juga dibekali dengan wireless charging, namun hanya untuk perangkat yang dijual di kawasan tertentu saja.

Sementara untuk menopang daya tahannya, smartphone ini dibekali dengan baterai Li-Ion berkapsitas 2800 mAh yang dapat dilepas. Baterai tersebut diklaim mampu bertahan selama 390 jam waktu siaga dan 21 jam waktu bicara.

Harga

Hingga saat ini belum ada informasi mengenai harga dan waktu tersedianya Samsung Galaxy S5 ini. Perangkat ini kemungkinan besar akan hadir pada bulan April mendatang dan akan tersedia di berbagai negara, termasuk Indonesia.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram