carisinyal web banner retina

Smartfren Andromax C3, Android KitKat Harga 500 Ribuan

Ditulis oleh Carisinyal - Diperbaharui 12 Agustus 2020

Untuk semakin mempertegas posisinya sebagai salah satu produsen smartphone entry level terbaik di Indonesia, Smartfren kembali merilis smartphone terbarunya yang diberi nama Smartfren Andromax C3. Seperti tergambar dari namanya tersebut, smartphone ini merupakan seri penerus dari Andromax C2 yang dirilis beberapa waktu yang lalu.

Satu hal yang cukup menarik dari smartphone Android ini adalah banderol harganya yang hanya sebesar Rp 499.000. Meskipun murah, fitur dan spesifikasi yang dimiliki oleh Andromax C3 ini tidak kalah dengan smartphone yang dibanderol lebih mahal.

Desain dan Layar

Andromax C3 hadir dengan desain yang cukup atraktif dan stylish serta menawarkan tiga pilihan warna casing yakni hitam, putih, dan abu-abu. Tombol navigasi yang disediakan oleh smartphone ini berupa tombol sentuh di bawah layar dan bukan di dalam layar (on-screen). Secara keseluruhan, smartphone ini memiliki dimensi sebesar 123 x 63,8 x 10,7 mm.

Untuk layarnya sendiri smartphone ini dibekali dengan layar berukuran 4 inci. Layar tersebut memiliki resolusi WVGA 480 x 800 piksel yang cukup tajam dengan kualitas gambar dan warna yang baik. Layar besar ini sangat cocok digunakan untuk bermain game, menonton film, ataupun browsing internet.

Fitur multitouch juga sudah disematkan pada layar tersebut sehingga mampu mendeteksi hingga 5 titik sentuhan secara sekaligus. Sayangnya layar Andromax C3 ini tidak dilindungi oleh lapisan pelindung semacam Gorilla Glass sehingga Anda harus membeli lapisan anti gores tambahan.

Prosessor dan Memori

Smartfren Andromax C3 prosessor

Meskipun harganya tergolong cukup murah, namun prosessor yang dimiliki oleh Andromax C3 cukup mumpuni. Ya, smartphone ini mengandalkan prosessor Qualcomm Snapdragon Dual Core berkecepatan 1.2 GHz. Selain itu, prosessor tersebut juga akan didukung oleh pengolah grafis Adreno 302 dan RAM sebesar 512 MB.

Sedangkan untuk penyimpanan data, smartphone ini menyediakan memori internal sebesar 4 GB untuk menyimpan aplikasi dan data sistem. Sedangkan untuk menyimpan file lagu atau video, Anda dapat memanfaatkan slot Micro SD card yang bisa diisi hingga kapasitas maksimal 32 GB.

Dengan kombinasi dari prosessor dan memorinya tersebut, smartphone ini sanggup memberikan performa terbaik ketika digunakan untuk bermain game dengan ukuran dan kualitas grafis yang ringan. Sedangkan untuk bermain game kelas atas atau untuk aktivitas multitasking yang tinggi, spesifikasi smartphone ini dirasa belum cocok untuk mengakomodirnya.

Kamera

Smartfren Andromax C3 kamera

Beralih pada sektor pengabadian gambar, Smartfren Andromax C3 menghadirkan kamera belakang dengan resolusi sebesar 3 MP. Menariknya, kamera tersebut sudah dibekali dengan fitur face detection atau pendeteksi wajah. Dengan begitu, kamera ini akan secara otomatis mendeteksi wajah dan mengatur ketajamannya ketika berfoto bersama teman-teman Anda.

Sayangnya smartphone ini tidak menyediakan kamera sekunder atau kamera depan sehingga Anda tidak bisa melakukan foto selfie dengan mudah. Ya, melakukan foto selfie dengan kamera depan memang jauh lebih mudah ketimbang dengan kamera belakang.

Konektivitas

Seperti smartphone besutan Smartfren lainnya, Andromax C3 juga mengandalkan konektivitas dual SIM GSM dan CDMA. Kedua kartu tersebut dapat aktif secara bersamaan, namun untuk koneksi internet hanya menggunakan koneksi CDMA Smartfren saja sehingga kartu GSM hanya dapat digunakan untuk SMS dan telepon.

Untuk koneksi internetnya tersebut, smartphone ini menggunakan jaringan EVDO REV.A yang mampu menembus kecepatan hingga 3.1 Mbps. Kecepatan tersebut setara dengan kecepatan HSDPA di jaringan GSM. Sedangkan untuk keperluan berbagai file, smartphone ini mengandalkan Bluetooth 4.0 yang mendukung fitur A2DP.

Fitur

Smartfren Andromax C3 fitur

Seperti disinggung di atas, Andromax C3 sudah dibekali dengan berbagai macam fitur mumpuni. Beberapa fitur tersebut di antaranya adalah:

  • Androd 4.4 KitKat, sistem operasi terbaru Android yang menghadirkan performa dan kinerja terbaik untuk perangkat yang mengususngnya.
  • Snapdragon Audio+, sebuah teknologi yang akan menghasilkan kualitas suara yang lebih baik ketika mendengarkan musik atau menonton film.
  • WiFi Hotspot, fitur yang dapat digunakan untuk membagikan koneksi internet hingga ke 5 pengguna melalui jaringan WiFi.

Baterai

Untuk menopang daya tahannya, Andromax C3 mengandalkan baterai Li-Ion dengan kapasitas 1400 mAh. Kapasitas tersebut cukup standar untuk smartphone dengan layar sebesar 4 inci. Yang menarik, smartphone ini sudah dilengkapi dengan fitur Qualcomm Quick Charge 1.0 yang akan membuat pengisian daya baterai menjadi lebih cepat.

Harga dan Kesimpulan

Smartfren Andromax C3 dibanderol dengan harga Rp 499.000. Jika melihat dari spesifikasinya, harga tersebut cukuplah pantas untuk smartphone bersistem operasi Android KitKat ini. Performa dan fitur yang dimilikinya sudah lebih dari cukup untuk membayar ketiadaan dari kamera depan pada smartphone ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram