carisinyal web banner retina

Sony Xperia Z1 Compact, Miniatur Smartphone Flagship Yang Sebenarnya

Ditulis oleh Carisinyal - Diperbaharui 12 Agustus 2020

Mengeluarkan versi mini dari sebuah smartphone flagship memang menjadi sebuah keharusan di saat sekarang ini. Sayangnya, kebanyakan pengguna kecewa karena label ‘mini’ tersebut tidak hanya merujuk kepada ukuran dan harganya saja, melainkan kepada spesifikasinya yang juga tidak setangguh smartphone utamanya. Sony tampaknya cukup jeli melihat keadaan tersebut sehingga kini mereka meluncurkan sebuah smartphone mini yang sangat dinanti-nanti yaitu Sony Xperia Z1 Compact.

Ya, dari label ‘compact’ yang diusungnya tampak jelas jika Sony ingin menunjukan bahwa smartphone ini benar-benar versi mini dari Xperia Z1. Artinya, Xperia Z1 Compact hanya berbeda di sisi ukuran saja karena hampir semua spesifikasi yang diusungnya sama persis dengan Xperia Z1. Oleh karena itu para pengguna dapat benar-benar merasakan versi mini dari Xperia Z1 tanpa mengalami penurunan performa dan kualitas.

Sony Xperia Z1 Compact

Dimensi dan Layar

Sony Xperia Z1 Compact hadir dengan dimensi sebesar 127 x 64.9 x 9.5 mm serta berat 137 gram. Sama halnya seperti Xperia Z1, smartphone ini juga sudah dibekali dengan sertifikasi IP58 sehingga mampu tahan terhadap debu serta air sehingga dapat digunakan untuk keperluan pemotretan di dalam air.

Layar yang diusungnya berjenis Triluminous IPS dan memiliki ukuran 4,3 inch. Sayangnya, resolusinya mengalami penurunan karena smartphone ini hanya mengusung resolusi sebesar 720p dengan kerapatan 341 ppi. Namun hal tersebut bukanlah menjadi masalah karena tidak akan tampak perbedaan berarti dari kualitas gambar yang ditampilkannya berkat dukungan fitur X-Reality engine yang dimilikinya.

Prosesor dan Memori Penyimpanan

Dapur pacu yang dimiliki oleh Sony Xperia Z1 Compact jelas merupakan yang terbaik di kelasnya. Smartphone ini dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 800 quad-core Krait 400 2.2GHz yang sangat tangguh. RAM sebesar 2 GB dan GPU Adreno 330 yang diusungnya juga menjamin smartphone ini dapat menjalankan berbagai macam game dan aplikasi secara maksimal.

Untuk menyimpan berbagai macam data, smartphone besutan produsen asal negeri sakura ini menyediakan memori internal sebesar 16 GB. Sebuah slot MicroSD juga sudah disediakan untuk menambah kapasitas memorinya hingga 64 GB.

Kamera

Sony Xperia Z1 Compact tetap mengusung kamera yang serupa dengan Xperia Z1. Ya, smartphone ini dibekali dengan kamera utama yang memiliki resolusi sebesar 20.7 MP yang dilengkapi dengan Carl Zeiss optics serta LED flash. Fitur yang dimilikinya juga sangatlah lengkap seperti autofocus, optical image stabilization, 1/2.3'' sensor size, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization, HDR, serta panorama.

Merekam video juga akan menjadi hal yang menyenangkan karena kamera utamanya tersebut dapat merekam video HD 1080p dengan dukungan fitur video stabilization dan HDR. Untuk kamera sekundernya, smartphone ini menyediakan sebuah kamera depan yang memiliki resolusi 2 MP. Kamera tersebut juga mampu merekam video HD [email protected] fps.

Fitur, Konektivitas, dan Baterai

Konektivitas yang disuguhkan oleh Sony Xperia Z1 Compact sangat lengkap seperti Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot, NFC, Bluetooth v4.0, A2DP, microUSB v2.0 (MHL), USB On-the-go, dan USB Host. Untuk fiturnya, smartphone ini menyediakan FM radio dengan RDS serta GPS dengan dukungan A-GPS dan GLONASS.

Baterai yang diusung oleh smartphone Sony Xperia Z1 Compact ini mengalami sedikit penurunan karena hanya mengusung baterai Li-Ion berkapasitas 2300 mAh. Namun hal ini juga tidak terlalu menjadi masalah karena layar yang lebih kecil akan mengkonsumsi lebih sedikit daya. Baterai ini sendiri dapat bertahan selama 600 jam waktu siaga, 18 jam waktu bicara, dan 94 jam untuk memutar musik.

Sistem operasi yang diusungnya adalah Android 4.3 Jelly Bean. Menariknya, Sony mengkonfirmasi bahwa smartphone ini akan segera mendapatkan update Android 4.4 KitKat setelah peluncurannya. Untuk pilihan warnanya, smartphone ini hadir dalam pilihan warna hitam, putih, pink, dan lime.

Harga

Belum ada pengumuman resmi mengenai harga serta ketersediaan dari Sony Xperia Z1 Compact. Namun smartphone yang dirilis bersamaan dengan Sony Xperia Z1S ini diprediksi akan masuk ke pasar tanah air dalam waktu dekat ini, dan harga yang diusungnya juga pastinya lebih murah dari Xperia Z1.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram