carisinyal web banner retina

Sony Xperia Z2, Super Canggih Dengan Teknologi Mutakhir

Ditulis oleh Carisinyal - Diperbaharui 12 Agustus 2020

Enam bulan setelah peluncuran Xperia Z1, Sony kembali meluncurkan smartphone flagship terbarunya dengan nama Sony Xperia Z2. Smartphone ini dibekali dengan beragai macam teknologi canggih dan mutakhir yang terdapat pada smartphone papan atas saat ini. Hampir semua sektornya dibekali dengan fitur yang sangat canggih sehingga akan memuaskan para penggunanya.

Sony Xperia Z2

Desain dan Layar

Desain yang diusung oleh Sony Xperia Z2 sangat mirip dengan Xperia Z1, termasuk bahan kaca yang membalut casing aluminium di bagian panel depan dan belakangnya. Walaupun sedikit lebih tipis dan ringan dibanding saudaranya tersebut, namun tidak ada perbedaan berarti yang tampak dari sisi dimensinya. Salah satu keunggulannya tentu saja sertifikasi IP58 yang membuat casingnya tahan terhadap air dan juga debu.

Peningkatan besar terdapat pada sektor layar di mana Xperia Z2 ini menjadi smartphone flagship pertama Sony yang menggunakan layar IPS LCD. Layar berukuran 5.2 inch yang diusungnya ini juga memiliki resolusi full HD 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan 424 ppi. Teknologi Triluminos display dan X-Reality Engine juga sudah disematkan untuk menghasilkan tampilan yang sangat baik. Sementara untuk pelindungnya, layar ini telah dibekali dengan Shatter proof and scratch-resistant glass.

Prosesor dan Memori Penyimpanan

Sony Xperia Z2 merupakan smartphone pertama yang dibekali dengan chipset Snapdragon 801 terbaru yang merupakan versi upgrade dari Snapdragon 800 yang terdapat pada Xperia Z1. Bersama dengan chipset tersebut terdapat prosesor quad-core 2.3 GHz Krait 400 CPU, pengolah grafis Adreno 330, dan RAM sebesar 3 GB. Chipset terbaru yang diusungnya tersebut tentu akan memberikan performa yang lebih baik dibanding pendahulunya.

Untuk memori penyimpanannya, smartphone ini menyediakan memori internal sebesar 16 GB. Kapasitas tersebut mungkin akan terasa kurang untuk sebagian orang. Oleh karena itu, Sony juga menyediakan slot memori eksternal MicroSD yang mampu menampung kartu hingga kapasitas 64 GB.

Kamera

Sony Xperia Z2 tetap mengusung kamera 20.7 MP dengan lensa G Lens seperti yang terdapat pada Xperia Z1. Kamera in juga tetap dibekali dengan sensor 1/2.3" Exmor RS dan teknologi BIONZ camera sehingga mampu menghasilkan foto yang sangat detail. Selain itu, kamera ini juga dibekali dengan fitur Background Defocus untuk mengatur fokus pada sebuah foto. Untuk kamera depannya, smartphone ini menyediakan kamera dengan resolusi 2.2 MP.

Salah satu fitur terbaik yang dimiliki kamera ini adalah kemampuannya untuk merekam video pada resolusi 4K alias 2160p pada kecepatan 120 fps. Selain itu, kamera ini juga mampu merekam video [email protected], [email protected], dan video slow motion. Fitur AR effect juga sekarang bisa diaplikasikan ketika merekam video untuk menambahkan berbagai efek menarik pada video tersebut.

Fitur, Konektivitas, dan Baterai

Untuk urusan konektivitasnya, Sony Xperia Z2 dibekali dengan konektivitas LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot, NFC, Bluetooth 4.0 dengan A2DP, microUSB v2.0 (MHL 3), USB On-the-go, dan USB Host. Sementara untuk sistem operasinya, smartphone ini sudah berjalan pada sistem operasi Android 4.4 KitKat terbaru.

Fitur lainnya yang terdapat pada smartphone ini di antaranya adalah FM Radio dengan RDS serta GPS dengan dukungan A-GPS dan GLONASS. Sedangkan untuk baterainya, smartphone ini dibekali dengan baterai Li-Ion 3200 mAh yang mampu bertahan selama 740 jam waktu siaga, 19 jam waktu bicara, dan 120 jam untuk memutar musik.

Harga

Bersama dengan 2 perangkat Xperia lainnya, Sony Xperia Z2 rencananya akan mulai tersedia pada bulan Maret dan dibanderol pada harga 600 Euro atau sekitar Rp 9,5 jutaan. Dengan harga tersebut, smartphone yang tersedia dalam pilihan warna hitam, putih, dan ungu ini rasanya dapat bersaing ketat dengan Samsung Galaxy S5, LG G Pro 2, serta iPhone 5s.

Update: Sony Xperia Z2 akan mulai dijual di Indonesia pada April 2014 dan dibanderol pada harga Rp 8.499.000.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram