carisinyal web banner retina
Untuk update harga HP terbaru klik di sini
Carisinyal / Aplikasi / Ssstt! Samsung Galaxy A52 Punya Hidden Feature yang Super Ngebantu!

Ssstt! Samsung Galaxy A52 Punya Hidden Feature yang Super Ngebantu!

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 7 Juni 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR Samsung Permanen Link

Siapa sih yang tidak tahu tentang kecanggihan dari seluruh produk yang dibuat oleh Samsung? Mulai dari peralatan rumah tangga hingga ponsel pintar pasti disematkan fitur canggih dan menarik. Fitur-fitur tersebut dibuat supaya meudahkan para penggunanya dalam melakukan berbagai kegiatan sehari-hari dengan device yang dimiliki.

Salah satu produk dengan fitur super canggih itu ada di smartphone Samsung Galaxy A52. Sepert yang kita tahu, smartphone ini sudah dibekali dengan fitur wahid seperti kamera yang super oke, tahan air dan debu karena sudah bersertifikat IP67 dan pembaharuan speaker yang bikin acara nonton kalian seperti di bioskop!

Ternyata tidak sampai disitu saja, Samsung Electronics Indonesia (SEIN) juga melengkapi ponsel pintar ini dengan fitur terembunyi yang tak kalah baik dari fitur-fitur yang sudah bisa dinikmati secara langsung. Penasaran dengan fitur tersembunyi yang ada di dalam Samsung Galaxy A52? Ayo, intip bareng-bareng!

Hidden Feature

Seperti yang sudah di informasikan sebelumnya, bahwa untuk membuat para pengguna lebih mudah dalam memakai produk mereka, khususnya smartphone; maka SEIN terus mencoba untuk berinovasi dengan menanamkan fitur-fitur baru di dalamnya. Fitur yang akan dibahas kali ini bersifat tersembunyi.

Hal tersebut bukan tanpa maksud ya. Pihak dari SEIN sendiri mengatakan bahwa fitur tersembunyi tersebut memungkinkan para pengguna untuk terus mengeksplor kemampuan yang dimiliki oleh smartphonetersebut. Hal ini juga disampaikan oleh Irfan Rinaldi selaku Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia.

Ia mengatakan, “Kami senantiasa menanamkan fitur yang unik dan beda di setiap smartphone, termasuk di Samsung Galaxy A52. Beberapa dari berbagai fitur Awesome yang ada di Galaxy A52 adalah call background hingga Samsung Keyboard versi terbaru, di mana keduanya membawa pengalaman personalisasi ponsel ke level yang lebih dalam dan lebih unik bagi pengguna”.

“Selain itu, ada fitur call recording yang memberi cara mudah bagi pengguna dalam merekam percakapan penting hanya dengan satu ketukan. Tak ketinggalan, hadir fitur Dual Messenger yang menawarkan manajemen berbagai akun di dalam satu perangkat yang lebih ringkas,” ujarnya.

“Samsung berharap, inovasi yang memberi kemudahan lebih bagi pengguna tersebut membuat Samsung Galaxy A52 menjadi smartphone pilihan pengguna dalam menunjang kehidupan sehari-harinya. Bahkan, fitur-fitur Awesome tadi bisa memberikan cerita yang epic bagi pengguna dalam memanfaatkan Samsung Galaxy A52, membuat mereka tak ragu untuk membagikan keunggulan yang dimiliki smartphone tersebut kepada teman atau keluarga,” kata Irfan menambahkan lagi.

Lantas apa saja Hidden Feature yang dimaksud? Ini dia fitur-fiturnya!

Call Background

Fitur pertama adalah Call background yang memungkinkan para pengguna Samsung Galaxy A52 dapat memilih gambar atau video yang muncul; baik ketika ada telepon masuk ataupun ketika pengguna melakukan panggilan keluar. Fitur ini merupakan salah satu fitur yang hadir di One UI 3.0, user interfaceterbaru dari Samsung. 

Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah berikut;

  • Buka aplikasi Phone/Telepon
  • Pilih Settings/Pengaturan
  • Pilih Call background/Latar belakang panggilan
  • Pilih Background/Latar belakang untuk atur gambar atau video yang akan ditampilkan pada layar saat melakukan atau menerima panggilan
  • Pilih Layout/Tata letak untuk atur tampilan info penelepon atau orang yang ditelepon
SamsungA52_Call Background (Copy)
Tampilan pengaturan Call background pada Samsung Galaxy A52

Dan hasilnya akan menjadi seperti ini;

Call Recording

Ada obroloan atau pembicaraan super penting yang tidak boleh dilewatkan? Tenang saja, menggunakan fitur Call Recording dari Samsung Galaxy A52, para pengguna memungkinkan untuk merekam panggilan telepon melalui fitur ini. Lewat fitur Call Recording, obrolan atau pembicaraan penting kalian lebih aman didengar ulang.

Berbeda dengan perekam panggilan dari third-party yang belum jelas keamanannya seperti apa. Bahaya sekali bukan kalau obrolan atau pembicaraan kita bocor? Apalagi mengenai hal penting. Selain itu, fitur Call Recording pun membuat pengguna meminamilisir bahkan tidak perlu lagi menggunakan aplikasi komunikasi tambahan jika hanya untuk merekam panggilan.

Sudah bisa dipastikan hal tersebut membuat para pengguna Samsung Galaxy A52 lebiih mudah untuk mengulang kembali obrolan atau pembicaraan yang dilakukan sebelumnya; entah untuk mendegarkan wawancara atau percakapan yang harus diingat dengan baik.

Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah berikut ini:

  • Tap opsi Record/Rekam pada tampilan panggilan. 
  • Setelah panggilan usai, hasil rekaman bisa ditemukan di folder Call pada memori internal
  • Pengguna bisa menentukan untuk merekam panggilan secara otomatis pada nomor-nomor tertentu dengan mengakses aplikasi Phone/Telepon -> Settings/Pengaturan -> Record calls/Rekam panggilan -> Auto record calls/Rekam otomatis panggilan

Dual Messenger

Memiliki bisnis namun tidak mau tercampur dengan hal personal? Para pengguna Samsung Galaxy A52 bisa melakukannya dengan sangat mudah! Melalui fitur Dual Messenger; pengguna bisa membuat dua akun yang berbeda dari satu aplikasi pesan instan dan media sosial yang sama! Canggih bukan?

Fitur ini menawarkan fleksibilitas yang dibutuhkan pengguna ketika mereka ingin memiliki dua akun berbeda untuk kebutuhan bisnis dan personal di satu perangkat sekaligus. 

Tidak usah khawatir pesan di akun pesan instan dan media sosial kalian saling bertumpuk karena menggunakan dua akun sekaligus; ini karena aplikasi utama dan aplikasi lain yang kalian duplikat bekerja bersamaan tanpa membuat kinerja aplikasi lain jadi terganggu.

Fitur Dual Messenger benar-benar membuat siapapun yang menggunakanannya menjadi lebih efisien dalam mengatur pesan yang masuk dari banyak aplikasi yang pengguna buat duplikat.

Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Settings/Pengaturan
  • Pilih Advanced features/Fitur lanjutan
  • Pilih Dual Messenger
  • Atur aplikasi apa saja yang akan dibuat duplikatnya dengan menyalakan toggle di samping ikon aplikasi yang tersedia
  • Pilih untuk menggunakan daftar kontak secara terpisah atau yang sudah ada pada aplikasi duplikat
  • Aplikasi duplikat akan terpasang dan tampil di Apps screen atau dengan tanda khusus untuk tidak membingungkan pengguna                                  
  • Pengaturan fitur Dual Messenger
  • Aplikasi duplikat di Apps screen

Samsung Keyboard

Fitur Samsung Keyboard yang terdapat pada Samsung Galaxy A52 mampu membuat penggunanya untuk mengakses aplikasi seperti Spotify, YouTube, dan Google Translate langsung di dalam Samsung Keyboard.Tidak hanya 3 aplikasi itu saja yang bisa ditampilkan di Samsung Keyboard, aplikasi lain pun bisa diakses dari sini.

Aplikasi tersebut antara lain seperti Netflix dan Samsung Pass. Hal ini jelas sangat dibutuhkan oleh para pengguna yang doyan sekali membuka tutup banyak aplikasi. Inovasi ini sangat membantu bukan? Tidak menutup kemungkinan di lain waktu, aplikasi dan fitur-fitur lain akan bermunculan di seluruh produk Samsung teranyar.

Lewat fitur ini juga, kalian para pengguna Samsung Galaxy A52 bisa dengan leluasa untuk mencari lagu dan video dari Spotify dan YouTube tanpa harus membuka aplikasi utamanya. Sedangkan untuk aplikasi Google Translate bisa diakses dengan lebih cepat. Hasil terjemahannya pun bisa langsung muncul di kursor. Hebat, bukan?

Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Settings/Pengaturan
  • Pilih General management/Manajemen umum
  • Pilih Samsung Keyboard settings/Pengaturan Keyboard Samsung
  • Pilih Select third-party content to use/Pilih konten pihak ketiga yang akan digunakan
  • Atur aplikasi mana saja yang ingin dihadirkan di keyboard dengan menyalakan toggle yang tersedia

Berikut tampilannya;

  • Spotify di Samsung Keyboard            
  • YouTube di Samsung Keyboard         
  • Google Translate di Samsung Keyboard

Itu dia hidden feature yang tersedia di dalam perangkat Samsung Galaxy A52. Sekarang para Samsung mania sudah tahu kan, bagaimana supaya bisa lebih cepat dan mudah dalam mengakses fitur-fitur diatas? Semoga informasi yang diberikan membantu dan bermanfaat ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram