20 HP Coolpad Terbaru Beserta Spesifikasinya (September 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Dibandingkan dengan produsen smartphone lainnya asal Tiongkok, nama Coolpad mungkin masih terdengar asing untuk sebagian orang Indonesia. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat Coolpad tidak terlalu jor-joran untuk melakukan promosi di Indonesia. Selain itu, varian smartphone yang ditawarkan di Indonesia pun tidak sebanyak kompetitornya.

Meskipun begitu, HP buatan Coolpad ini tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya beberapa HP Coolpad hadir dengan spesifikasi dan fitur yang sangat menarik. Nah, jika Anda tertarik untuk mencobanya, kali ini Carisinyal akan memberikan daftar HP Coolpad terbaru yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Apa sajakah itu?

1. Coolpad Cool 20s

Coolpad Cool 20s_
Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset MediaTek Dimensity 700
RAM 4 GB, 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Coolpad Cool 20s merupakan ponsel di kelas harga 2 jutaan yang spesifikasinya berada di antara Cool 20 Pro dan Cool 20. Ponsel yang telah dirilis di pasar Tiongkok ini memiliki performa menawan di kelasnya.

Entah itu untuk aktivitas normal sehari-hari atau bermian gim berat, Dimensity 700 yang mengotakinya siap menerjang segala rintangan.

Coolpad Cool 20s juga menawarkan penyimpanan lega 128 GB pada setiap variannya, hadir dengan opsi RAM 4 GB hingga 8 GB. Niscaya, melakukan aktivitas multi-tasking terasa cukup menyenangkan.

Panel layar HP ini masih gunakan IPS LCD alih-alih AMOLED, namun sudah dikemas dengan dukungan refresh rate 90 Hz. Spek layar yang cukup standar di kelasnya. Anda bisa mengekspektasikan pengalaman menonton cukup baik di HP ini.

Yang membuat HP ini terasa "nanggung" adalah spesifikasi kameranya. Ia sudah hadirkan resolusi lensa utama 50 MP dengan 2 MP makro. Namun, tidak ditemukan kamera ultrawide di sini. Ini bisa jadi kekurangan bisa juga tidak. Pasalnya, memang masih jarang HP 5G di harga 2 jutaan yang juga sudah hadirkan ultrawide.

Kapasitas baterainya pun hanya 4.500 mAh. Berbanding terbalik dengan standar HP 2 jutaan yang rata-rata sudah pakai 5.000 mAh. Well, setidaknya dengan kapasitas yang lebih sedikit ini, baterai bisa dicas dengan lebih cepat berkat fast charging 18 W.

Tidak ada yang bisa dikeluhkan dari fitur-fitur pelengkapnya. Perangkat bawakan stereo speaker yang lantang, port audio 3.5, port pengisian USB-C, serta side-mounted fingerprint scanner.

Ini semua dikemas dalam desain bodi yang berani melawan arus; begitu fresh dengan modul kamera berbentuk pil yang aesthetic, dengan susunan masing-masing bulatan penampung sensor yang beda dari yang lain.

HP ini jelas cocok untuk pengguna yang mencari HP 5G terjangkau di harga 2 jutaan, sekaligus enak dipakai gaming. Meski tanpa kamera ultrawide, performanya cukup kencang untuk memainkan Mobile Legends, Free Fire, hingga Genshin Impact sekalipun. Tentu pada pengaturan lowest, ya.

Coolpad Cool 20s sendiri dibanderol dengan harga rilis 999 yuan di Tiongkok, atau sekitar Rp2,2 jutaan. Tertarik memilikinya?

2. Coolpad Cool 20 Pro

Coolpad Cool 20 Pro_
Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset MediaTek Dimensity 900
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Lama tidak terdengar namanya, Coolpad akhirnya meluncurkan kembali seri smartphone berikutnya yaitu Cool 20 series. Seri ini hadirkan tiga anggota yang siap menjajali pasar Tiongkok, dan Coolpad Cool 20 Pro adalah yang paling mewah ketimbang yang lainnya.

Layarnya sungguh meningkat dibanding dengan yang dimiliki Cool 20s. Tidak lagi berada di refresh rate 90 Hz, kini perangkat bawakan mode 120 Hz agar tampilannya semakin mulus dan licin saat digulir (scroll).

Juga, dapur pacunya dibuat lebih gahar lagi dengan Dimensity 900. Chipset membawakan Cortex A78 2.4 GHz sebanyak dua buah untuk aktivitas berat, dan enam inti Cortex A55 2.0 GHz untuk aktivitas lainnya agar lebih hemat daya.

Selain mendukung jaringan 5G, ponsel ini juga memiliki kecepatan internet WiFi yang kencang lantaran sudah berada di protokol WiFi 6.

Ponsel juga dilengkapi dengan port pengisian daya USB-C, stereo speaker, port 3,5 mm jack audio, dan juga Bluetooth 5.1. Meski konektivitasnya terbilang lengkap, sayangnya tidak ditemukan NFC di HP ini.

Kini Anda pun dapat menikmati sudut keluasan lebih luas ketika memotret, berkat hadirnya lensa ultrawide 8 MP. Lensa ini mendampingi kamera utama 50 MP wide angle dan 2 MP makro, tergolong amat layak untuk hasilkan foto berkualitas.

Di balik spesifikasi yang worth it, Coolpad Cool 20 Pro nyatanya punya kapasitas baterai 4.500 mAh yang kalah saing. Sama seperti Coolpad Cool 20s. Tapi untungnya, kemampuan fast charging-nya meningkat jadi 33 W.

Dengan banderol harganya yang sebesar 1.799 yuan (Rp4 juta), ini adalah HP 5G dengan fitur yang lumayan lengkap (all-rounder). Cocok untuk aktivitas berat seperti gaming dan rendering, berfoto ria, marathon series, dan beragam kegiatan lainnya.

3. Coolpad Cool 20

Coolpad Cool 20
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Ini merupakan "anak bungsu" di seri Coolpad Cool 20. Versi reguler ini hadirkan dapur pacu Helio G80 yang terbilang sederhana dibanding dua kakanya. Dengan penggunaan chipset tersebut, otomatis menandakan bahwa HP ini tidak mendukung 5G.

Ini juga merupakan satu-satunya varian yang tidak hadirkan refresh rate tinggi di layarnya alias hanya mentok di 60 Hz. Resolusinya pun hanya HD+, bisa menampilkan kualitas ketajaman yang dianggap buruk bagi sebagian orang.

Sisi kameranya sendiri tidak berkurang banyak dari Cool 20s. Kini alih-alih 50 MP, kamera utamanya punya resolusi 48 MP. Kamera pendampingnya pun masih sama yaitu lensa makro 2 MP.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram