10 Rekomendasi HP di Bawah 2 Jutaan Terbaik (November 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Sedangkan bagian yang memiliki peningkatan pada HP OPPO A16e adalah bagian kamera. Dibekali dengan satu kamera belakang yang memiliki resolusi 13 MP dengan dukungan AI yang lebih baik. Kemudian pada bagian depan terdapat kamera selfie dengan resolusi 5 MP.

Untuk baterai, OPPO A16e dibekali baterai kapasitas standar 4230 mAh. Meski standar, baterai ini cukup awet digunakan harian mengingat ColorOS memiliki sistem efisiensi daya yang baik. Dengan semua spesifikasi tersebut, HP di bawah Rp2 jutaan ini sudah cukup untuk harian

7. Advan GX 

Advan GX
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset UNISOC Tiger T618
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 5200 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Advan GX adalah bentuk pembuktian vendor smartphone lokal bahwa HP besutan anak bangsa bisa bersaing dengan ponsel luar negeri. Memang, HP Advan masih setia hadirkan chipset dari UNISOC, tapi ada yang beda dengan chipset UNISOC kali ini.

Ya, ia mengandalkan UNISOC Tiger T618 yang telah gunakan ARM Cortex A75 berkekuatan 2 GHz sebagai inti high performance. Dengan begitu, Advan GX pun disinyalir dapat menghadirkan performa cukup tinggi saat bermain game. Tapi, batasi ekspektasi Anda pada HP Rp1 jutaan ya. Jangan bandingkan dengan HP gaming 2 jutaan atau di atasnya.

Meski tampak bahwa Advan GX hanya difokuskan untuk gaming saja, nyatanya ia juga handal dalam sisi fotografinya. Terlihat dari suguhan kamera utama 48 MP beresolusi besar serta kamera depan berkekuatan 25 MP. Hanya saja, kami menyayangkan posisi pemindai sidik jarinya terletak di belakang alih-alih di samping bodi.

Sudah tampilan desain bodi punggung yang modern dibanding seri Advan sebelumnya, harusnya sensor diletakkan di kiri agar semakin mempercantik tampilan secara keseluruhan. Oh ya, walau disebutkan kamera Advan GX punya resolusi besar, rupanya hal ini tidak semerta diterjemahkan sebagai kemampuan kamera yang baik.

Pada artikel kelebihan dan kekurangan Advan GX, disebutkan kalau hasil fotonya sungguh tidak konsisten. Terkadang ia hadirkan hasil foto bagus namun pada kesempatan lain tidak jarang pula hasil fotonya agak mengecewakan. Namun menurut pantauan kami, Advan GX seharga Rp1,9 jutaan ini sungguh layak dijadikan pertimbangan.

8. Infinix Hot 12 Play NFC

infinix hot 12 play
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset UNISOC Tiger T610
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Infinix Hot 12 Play diperkenalkan sebagai ponsel yang cocok untuk penyuka gaming dan yang membutuhkan HP awet digunakan berlama-lama. Maka tidak heran, spesifikasi yang ditawarkan memang fokus pada layar, chipset dan baterai. 

Walaupun demikian, ada sejumlah spesifikasi yang tetap dipertahankan agar HP ini nyaman digunakan oleh semua pengguna. Infinix menghadirkan layar besar berukuran 6,82 inci IPS dengan resolusi HD+.

Keunggulan layar HP Infinix ini ialah hadirnya refresh rate 90 Hz dan touch sampling 180 Hz. Untuk HP harga di bawah Rp2 jutaan, layar ini cukup baik menampilkan animasi yang halus dan lebih responsif untuk bermain game.

Beralih ke bagian dapur pacu, Infinix menambahkan fitur penambah virtual RAM sebesar 3 GB untuk mendukung RAM asli 4 GB dan chipset UNISOC Tiger T610. Dapur pacu ini kian nyaman digunakan dengan adanya baterai 6000 mAh dan dukungan sistem XOS 10.0 berbasis Android 11.

Kekurangan HP ini tampak di bagian kamera. Pasalnya Infinix hanya memasang kamera utama 13 MP dengan kamera depth 2 MP.

9. Tecno Spark 8C

Tecno Spark 8C
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC Tiger T606
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 0.3 MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Sebagai pendatang baru, produsen Tecno tidak main-main menghadirkan ponsel miliknya. Seperti dalam Tecno Spark 8c. Ponsel entry-level ini hadir dengan desain cantik yang nyaman di tangan. HP ini bahkan menghadirkan modul kamera yang elegan dengan desain kamera yang tidak terlalu menonjol. 

Menengok bagian layar, HP di bawah Rp2 jutaan ini menggunakan layar berukuran 6,6 inci HD+ dengan desain kamera depan waterdrop. Dengan dukungan bezel yang tidak terlalu tebal membuat layar terasa luas. Tidak lupa ada fitur refresh rate 90 Hz yang memungkinkan pergerakan konten di layar lebih mulus.

Daya tarik HP ini berlanjut ke bagian mesin, dimana HP Tecno ini memakai chipset T606 yang didukung fitur memory fusion. Fitur ini memungkinkan kamu dapat menambah RAM dasar 4 GB menjadi 7 GB. Hal ini sangat menarik karena di kelas yang sama, beberapa produsen hanya menghadirkan virtual RAM 1 GB saja.

Satu hal yang kurang di HP ini ialah tidak adanya fitur pengisian daya cepat. Padahal HP Android ini memiliki kapasitas baterai 5000 mAh sehingga akan lama untuk terisi penuh.

10. realme narzo 50A Prime

realme narzo 50A Prime
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC Tiger T612
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

realme narzo 50A Prime bisa dibilang sebagai pengganti dari realme narzo 50. Dibanding pendahulunya, narzo 50A Prime jauh lebih ringan plus layar lebih lebar. Sementara itu, desainnya juga lebih segar dengan rangka flat dan pemindai sidik jari yang digeser ke tombol power.

Mengenai performa, narzo 50A Prime juga oke punya. Anda dipastikan bisa memainkan gim seperti Call of Duty dan Modern Warships dengan lancar melalui HP ini. Hal itu tak mengherankan mengingat dapur pacu HP ini ditenagai SoC UNISOC Tiger T612, memori internal berjenis UFS 2.2, dan RAM 4 GB.

Sisi menarik lagi dari HP Rp1 jutaan ini adalah kamera utamanya yang beresolusi 50 MP. Anda pun bisa menciptakan foto dengan detail tajam berkat kamera tersebut. Sayang, atas nama peduli terhadap lingkungan, charger dihilangkan dalam paket penjualan HP ini.

Sebenarnya cukup sulit memilih HP di bawah 2 juta terbaik yang ada saat ini mengingat banyaknya HP berkualitas di kisaran harga tersebut. Namun daftar di atas diharapkan dapat memberikan sedikit masukan bagi Anda yang sedang kebingungan mencari HP yang murah namun berkualitas.

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram