carisinyal web banner retina

10 Rekomendasi HP Huawei Terbaik di Dunia (Februari 2024)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Sejak 2019, pihak Amerika mereka mengatakan jika Huawei punya teknologi mata-mata di produk yang ia miliki. Karena alasan keamanan ini, Amerika melarang berbagai perusahaan di negaranya untuk bekerjasama dengan Google. Imbasnya, Huawei tidak mendapat lisensi Google Mobile Service. Mereka juga tidak diperbolehkan menjual ponsel dengan jaringan 5G.

Hal ini jelas berpengaruh pada lini produk mereka yang sebenarnya menarik perhatian. Namun, uniknya, kasus tersebut tidak membuat Huawei patah arang. Huawei malah sedang mencoba membangun ekosistem tersendiri yang bernama HarmonyOS.

Dengan berbagai rintangan yang ada, Huawei ternyata masih bisa memproduksi berbagai ponsel kelas atas. Bahkan, deretan Hp kelas atas mereka selalu jadi langganan HP kamera terbaik berdasarkan tes DxOMark. Apa sajakah HP Huawei terbaik? Langsung saja simak daftarnya berikut ini.

1. Huawei Mate 60 Pro+

Huawei Mate 60 Pro Plus
Layar LTPO OLED 6.82 inci
Chipset Kirin 9000S
RAM 16 GB
Memori Internal 512 GB, 1 TB
Kamera 48 MP (wide) 40 MP (ultrawide) 48 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Huawei Mate 60 Pro+ menjadi model tertinggi untuk Huawei Mate 60 Series. Hal ini tidak mengherankan, sebab spesifikasi yang disematkan pada HP ini memang bisa dibilang lebih tinggi dari model lainnya. Misalnya kapasitas memori yang ditawarkannya menjadi yang paling besar. Huawei Mate 60 Pro+ menawarkan RAM 16 GB yang tentu saja sudah sangat besar.

Dengan kapasitasnya ini, performa yang dihasilkan akan jadi lebih optimal. Apalagi Huawei Mate 60 Pro+ ditenagai oleh chipset buatan Huawei yaitu Kirin 9000S. Chipset ini dibuat dengan fabrikasi 7 nm dengan clock speed mencapai 2,62 GHz.

Hal menarik lain dari Huawei Mate 60 Pro+ adalah tentu saja kameranya. Di bagian belakangnya terdapat konfigurasi tiga kamera yang cukup mumpuni. Mulai dari kamera utama 48 MP dengan variable aperture (f/1.4-f/4.0) dan periskop telefoto 48 MP yang mampu emlakukan pembesaran optik sampai 3,5x.

Menariknya, kedua kamera ini tidak hanya sama soal resolusi, tapi keduanya juga sudah didukung oleh OIS sebagai stabilisasinya.

Ada juga kamera ultrawide 40 MP yang memiliki FoV hingga 120 derajat. Baik untuk fotografi atau videografi, kamera belakangnya ini sangat bisa diandalkan. Anda akan emndapatkan kualitas perekaman sampai 4K dengan 60 fps dan didukung oleh gyro-EIS.

Huawei Mate 60 Pro+ juga menawarkan kemampuan kamera depan yang sangat menarik. Pasalnya, kamera depannya ini menggunakan sensor ultrawide 13 MP dan TOF 3D sebagai sensor kedalaman dan biometrik. Hal ini sangat mendukung bagi Anda yang suka membuat video vlogging agar lebih banyak objek di dalam satu frame.

2. Huawei Mate X5

Huawei Mate X5
Layar Foldable OLED 7.85 inci
Chipset Kirin 9000S
RAM 12 GB, 16 GB
Memori Internal 512 GB, 1 TB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 12 MP (periscope telephoto)
Baterai Li-Po 5060 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Huawei Mate X5 menjadi salah satu HP lipat dari Huawei yang menawarkan performa tinggi ala kelas atas. Bagaimana tidak, HP lipat satu ini dibekali chipset Kirin 9000S. Chipset buatan Huawei dan SMIC ini memiliki performa tangguh dengan fabrikasi hanya 7 nms aja. Sedangkan clock speed yang berhasil diraihnya mencapai 2,62 GHz.

Tidak hanya itu, salah satu hal yang membuat Huawei Mate X5 ini menarik adalah kapasitas memorinya yang luas. HP lipiat satu ini menawarkan kapasitas RAM hingga 16 GB dengan memori internal sampai 1 TB. Menariknya lagi, HP ini masih menyediakan slot hybrid untuk microSD agar kapasitasnya bisa dipierluas.

Sektor kameranya yang juga jadi salah satu keunggulan dari Huawei Mate X5. Terdapat tiga kamera di bagian belakang dengan kamera utama 50 MP, ultrawide 13 MP, dan periskop telefoto 12 MP yang mampu melakukan optical zoom hingga 5x. Selain itu, kamera utama dan periskopnya ini sudah dibekali fitur OIS sebagai stabilisasinya. Perekaman videonya pun cukup baik karena mencapai 4K 60 fps dengan gyro-EIS.

Sebagai HP lipat, Huawei Mate X5 memiliki dua layar yang cukup menarik. Layar utamanya di bagian dalam memiliki ukuran lebih besar yaitu 7,85 inci menggunakan panel Foldable OLED beresolusi 2K. Sedangkan layar bagian luarnya hanya 6,4 inci dengan panel OLED beresolusi Full HD Plus. meski begitu, kedua layarnya ini sudah mendukung refresh rate 120 Hz yang adaptif.

3. Huawei Mate X3

Huawei Mate X3
Layar Foldable OLED 7.85 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 12 MP (periscope telephoto)
Baterai Li-Po 4800 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Satu hal yang membuat Huawei Mate X3 menarik adalah desain bodinya yang sangat kompatibel sebagai sebuah HP lipat. Bagaimana tidak, ketebalan bodi yang dimilikinya hanya 5,3 mm saja saat dibuka dengan bobotnya yang hanya 239 gram. Bobotnya ini bahkan berbeda jauh dari generasi sebelumnya yang mencapai 295 gram.

Ukuran bodinya yang tipis ini tidak membuat spesifikasinya menurun sama sekali. Misalnya di sektor layarnya, Huawei Mate X3 dibekali dua layar dengan layar utama berukuran lebih ebsar yaitu 7,85 inci. Layarnya ini menggunakan panel Foldable OLED 2K dengan color gamut DCI-P3. Sedangkan layar keduanya berukuran 6,4 inci dengan panel OLED Full HD Plus.

Meski memiliki ukuran yang berbeda, kedua layarnya ini sudah cukup baik dalam menampilkan berbagai konten. Bahkan, keduanya dibekali refresh rate mencapai 120 Hz yang adaptif. Soal ketahanannya, Huawei Mate X3 dibekali sertifikasi IPX8 yang mampu membuatnya tahan air, bahkan berada di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Sektor kamera yang dimilikinya juga sudah bisa diandalkan. Huawei Mate X3 dibekali tiga konfigurasi kamera yaitu kamera utama 50 MP, ultrawide 13 MP, dan periskop telefoto 12 MP yang mampu melakukan pembesaran optik sampai 5x. Menariknya lagi, kamera utama dan periskop telefotonya ini sudah dibeklai fitur OIS sebagai stabilisasinya.

Huawei Mate X3 sendiri datang menawarkan kapasitas RAM 12 GB dengan internal mencapai 1 TB. Kapasitas yagn tergolong besar tentunya.

4. Huawei Mate 60 Pro

Huawei Mate 60 Pro
Layar LTPO OLED 6.82 inci
Chipset Kirin 9000S
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 48 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Huawei Mate 60 Pro menjadi salah satu model yang ada di Huawei Mate 60 Series. Model ini bisa dibilang lebih dekat dengan versi "Pro Plus"-nya dibadningkan versi reguler. Hal ini terlihat dari desainnya yang mirip, terutama bagian kamera depan yang dihiasi tiga lubang. Pasalnya, konfigurasi kamera yang dimilikinya memang tidak jauh berbeda dari versi di atasnya.

Huawei Mate 60 Pro menggunakan sensor ultrawide 13 MP untuk kamera depannya. Kemudian dilengkapi dengan TOF 3D sebagai sensor kedalaman dan biometrik agar proses face ID bisa bekerja dengan baik. Di bagian belakangnya juga menggunakan konfigurasi kamera yang mirip.

Hanya saja, Huawei Mate 60 Pro menggunakan kamera utama 50 MP dengan variable aperture (f/1.4-f/4.0) dan ultrawide 12 MP. Sedangkan untuk periskop telefotonya masih sama yaitu 48 MP (f/3.5) yang mampu melakukan pembesaran optik sampai 3,5x. Menariknya, kamera utama dan periskop telefotonya ini menggunakan fitur OIS sebagai stabilisasinya.

Hal yang membedakan Huawei Mate 60 Pro dengan versi di atasnya adalah kapasitas memori yang ditawarkan. Meski lebih kecil, RAM 12 GB yang ditawarkannya ini sudah lebih dari cukup. Apalagi disandingkan dengan memori internal mencapai 1 TB. Bahkan, masih ada slot hybrid untuk microSD agar kapasitasnya bisa diperluas.

Sementara itu, performa yang dihasilkannya masih berasal dari chipset buatan Huawei yaitu Kirin 9000S. Chipset dengan fabrikasi 7 nm ini tentu mampu membuatnya digunakan untuk berbagai aktivitas berat. Menariknya, Huawei Mate 60 Pro juga dibekali ketahanan baterai yang cukup oke dengan 5000 mAh. Kemudian ada fast charging 88 W yang mampu mengisi daya sampai 100 persen dalam waktu 30 menitan saja.

5. Huawei Mate 60

Huawei Mate 60
Layar LTPO OLED 6.69 inci
Chipset Kirin 9000S
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 12 MP (periscope telephoto)
Baterai Li-Po 4750 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Huawei Mate 60 menjadi model reguler dari Huawei Mate 60 Series. HP ini memang dibekali sejumlah spesifikasi yang lebih rendah dari dua model lainnya. Meski begitu, HP ini tetap mampu bersaing di kelasnya dan layak untuk dipertimbangkan.

Salah satu sektor yang membuatnya menarik adalah tentu saja kameranya. Huawei Mate 60 dibekali konfigurasi tiga kamera di bagian belakang. Terdiri dari kamera utama 50 MP dengan variable aperture (f/1.4-f/4.0) dengan dukungan OIS.

Selain itu ada periskop telefoto yang meski hanya beresolusi 12 MP saja, kamera ini mampu melakukan optical zoom sampai 5x, lebih jauh dari dua model lainnya. Apalagi sudah didukung oleh OIS sebagai stabilisasinya.

Di HP ini juga terdapat kamera ultrawide 12 MP (f/2.2) dengan FoV mencapai 120 derajat. Sayangnya, Huawei Mate 60 hanya dibekali kamera ultrawide 13 MP di bagian depannya, tidak ada sensor TOF 3D. Meski begitu, kemampuan perekaman videonya masih setara dengan dua model lainnya.

Hal menarik lain dari Huawei Mate 60 adalah performanya. HP ini dibekali chipset buatan Huawei yaitu Kirin 9000S. Chipset dengan fabrikasi 7 nm ini makin terasa optimal berkat RAM 12 GB dan memori internal mencapai 1 TB. Bahkan ada slot hybrid untuk microSD untuk memperluas kapasitas memorinya.

Beberapa sektor lainnya pun tidak jauh berbeda dengan model lain di atasnya. Mulai dari layarnya yang menggunakan panel LTPO OLED dengan refresh rate 120 Hz, sertifikasi IP68, dan konektivitas serta sensornya yang cukup lengkap.

6. Huawei Mate 50 Pro

Huawei Mate 50 Pro
Layar OLED 6.74 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 64 MP (periscope telephoto) 13 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Huawei Mate 50 Pro datang dengan desain yang dihiasi poni. Poni ini memiliki bentuk sedikit panjang sebagai wadah bagi kamera selfie dengan resolusi 13 MP dan sensor kamera ToF 3D.

Sedangkan pada bagian belakangnya, HP ini dihiasi oleh modul kamera yang cukup besar. Modul kamera tersebut berisi tiga buah kamera yang disematkan.

Ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 50 MP dengan bukaan f/1.4-f/4.0, ultrawide 13 MP dengan bukaan f/2.2, dan kamera telefoto sebesar 64 MP dengan bukaan f/3.5. Kamera ini dilengkapi fitur OIS, Laser AF, PDAF, serta rekaman video hingga 4K dengan fitur gyro-EIS.

Huawei Mate 50 Pro ini telah dibekali chipset terbaik buatan Qualcomm yaitu Snapdragon 8+ Gen 1. Chipset ini ditenagai oleh delapan inti CPU dan didukung oleh pengolah grafis GPU Adreno 730. Sebagai pilihan penyimpanan, Huawei Mate 50 Pro menawarkan penyimpanan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB dan 512 GB.

Untuk meningkatkan performa yang dihadirkan, Huawei Mate 50 Pro telah dibekali kapasitas baterai yang cukup besar yaitu 4700 mAh dengan fitur fast charging 66 W, wireless fast charging 50 W, dan reverse wireles charging 5W. Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah letak fingerprint yang berada di bawah layar, sertifikasi IP68, proteksi layar dari Huawei Kunlun Glass, dan sebagainya.

7. Huawei Mate 50 RS Porsche Design

Huawei Mate 50 RS Porsche Design
Layar OLED 6.74 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 48 MP (periscope telephoto) 13 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Huawei Mate 50 RS Porsche Design memiliki tampilan yang lebih futuristik dan sedikit lebih ramai di bagian belakangnya dibandingkan model lain pada Huawei Mate 50 Series. Pada bagian belakangnya terdapat modul kamera berbentuk segi 8 dengan ujung-ujungnya yang dibuat melengkung halus.

Di dalam modul tersebut, terdapat tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.4-f/4.0), ultrawide 13 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 48 MP (f/3.0). Meskipun memiliki spesifikasi sedikit lebih kecil dibandingkan varian "Pro", fitur yang dimiliki kamera belakang ini tidak jauh berbeda, misalnya autofocus PDAF, Laser AF, OIS, serta rekaman video hingga 4K dengan gyro-EIS.

Sementara itu di bagian depannya terdapat kamera selfie 13 MP dan sensor kamera ToF. Selain itu, layar yang dimiliki Huawei Mate 50 RS Porsche Design ini berpanel OLED dengan ukuran 6,74 inci. Layar ini juga telah mampu mencapai resolusi 1212 x 2616 piksel dengan refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate mencapai 300 Hz.

Untuk masalah performa dan ketahanan baterai, Huawei Mate 50 RS Porsche Design tidak jauh berbeda dengan varian "Pro"-nya, terlihat dari pemilihan chipset terbaik dari Qualcomm yaitu Snapdragn 8+ Gen 1 yang dipadukan dengan penyimpanan RAM 12 GB dan penyimpanan internal 512 GB. Selain itu, HP ini juga telah dibekali kapasitas baterai 4700 mAh dengan fitur fast charging 66 W.

8. Huawei P50 Pro

Huawei P50 Pro
Layar OLED 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 64 MP (periscope telephoto) 13 MP (ultrawide) 40 MP (monochrome)
Baterai Li-Po 4360 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Huawei P50 Pro adalah sebuah raja smartphone di dunia fotografi, sempat meraih peringkat no. 1 di DxOMark sebagai smartphone dengan kamera terbaik di 2021. Ia didukung dengan konfigurasi lensa 50 MP (f/1.8) pada fungsi wide angle yang turut disertai OIS.

Sebagai kamera pendamping, Huawei P50 Pro juga dilengkapi dengan kamera 64 MP (f/3.5) dengan OIS serta mendukung hingga 3.5x zoom optik. Adapu untuk lensa ketiga dan keempatnya, tersedia kamera 13 MP ultrawide dan lensa 40 MP monokrom untuk hasilkan foto hitam putih dengan kontras yang akurat.

Sementara di bagian depannya, tersemat kamera selfie 13 MP (f/2.4) yang dirancang dalam bentuk punch hole. Keunggulan kamera pada Huawei P50 Pro ini merupakan dampak positif dari hasil kerjasamanya dengan Leica, mengedepankan standar kualitas baru yang sulit dicapai smartphone flagship manapun.

Kendati begitu, Huawei P50 Pro hadir dengan beberapa fakta yang harus Anda ketahui. Pertama, ia tidak mendukung jaringan seluler 5G. Kedua, Anda tidak akan menemukan ekosistem Google Mobile Services di HP ini.

9. Huawei Mate Xs 2

Huawei Mate Xs 2
Layar Foldable OLED 7.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (telephoto) 13 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Huawei Mate Xs 2 ini hadir sebagai penerus dari Huawei Mate XS yang telah dirilis lebih awal. HP ini masih memiliki tampilan dan penggunaan mekanisme lipat yang mirip seperti pendahulunya yaitu melipat ke arah luar atau yang disebut Falcon Wing. Mekanisme lipat tersebut berbeda dan berkebalikan dengan HP lipat lainnya yaitu Samsung Galaxy Fold Series.

Ketika dilipat, Huawei Mate Xs 2 ini memiliki ukuran layar 6,5 inci dengan panel OLED dan mampu mencapai resolusi 1176 x 2480 piksel.

Sedangkan ketika dibentangkan, layar HP ini memiliki ukuran 7,8 inci berjenis Foldable OLED dengan resolusi yang dicapai 2200 x 2480 piksel. Layar ini juga memiliki refresh rate yang cukup tinggi yaitu mencapai 120 Hz dengan touch sampling rate 240 Hz.

Beralih ke performa, Huawei Mate Xs 2 ini telah dibekali chipset dari Qualcomm yaitu Snapdragon 888 yang dipadukan dengan penyimpanan RAM 8 GB dan penyimpanan internal luas yaitu 256 GB dan 512 GB, bahkan masih bisa diperluas menggunakan microSD.

Sementara itu kapasitas baterai yang dimilikinya adalah 4600 mAh yang didukung oleh fitur fast charging 66 W.

10. Huawei Mate 50

Huawei Mate 50
Layar OLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (periscope telephoto) 13 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4460 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Huawei Mate 50 memiliki tampilan yang berbeda di bagian depan dari varian lain di Huawei Mate 50 Series tepatnya pada bagian notch yang berbentuk punch hole. Sebagai varian reguler, spesifikasi yang dibawanya sedikit berada di bawah, misalnya layar dengan panel OLED berukuran 6,7 inci yang hanya memiliki refresh rate 90 Hz saja.

Pada bagian kamera belakangnya juga mengalami sedikit perbedaan yaitu, dibekali tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.4-f/4.0), ultrawide 13 MP (f/2.2), dan kamera telefoto hanya 12 MP (f/3.4). Meskipun begitu, fitur pendukung kamera yang dimilikinya tidak jauh berbeda, mulai dari autofocus PDAF, Laser AF, OIS, serta kualitas video 4K dengan gyro-EIS.

Performa yang dihasilkan juga tidak jauh berbeda karena menggunakan chipset yang sama buatan Qualcomm yaitu Snapdragon 8+ Gen 1. Chipset ini menjadi chipset terbaik dengan delapan inti CPU dan pengolah grafis GPU Adreno 730. Kemudian dipadukan dengan penyimpanan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB, 256 GB, dan 512 GB.

Itulah daftar HP Huawei terbaik yang direkomendasikan oleh Carisinyal. Rata-rata HP terbaik usungan Huawei memang memiliki harga yang sangat tinggi namun sebanding dengan spesifikasi yang ditawarkan. Pastika jika ingin membeli Huawei, Anda setuju resiko tidak adanya layanan Google Mobile Service.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram