10 HP Lenovo Terbaik dan Tercanggih di Dunia (November 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Lenovo merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup terkenal dari Tiongkok. Produsen ini banyak menelurkan berbagai smartphone terbaiknya untuk berbagai segmen, mulai dari entry level hingga high-end. Untuk kualitasnya sendiri tentu sudah tidak perlu diragukan lagi.

Pada kesempatan kali ini Carisinyal akan mengulas 10 HP terbaik yang dibuat oleh Lenovo. Berbagai HP ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan HP dengan kualitas terbaik namun dengan harga yang lebih murah dibanding kompetitornya. Apa sajakah itu?

1. Lenovo Legion Y70

Lenovo Legion Y70_
Layar OLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5100 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Jika Anda tidak ingin habiskan kocek 10 jutaan untuk miliki HP gaming, mungkin Lenovo Legion Y70 bisa jadi pilihan yang cocok. Ponsel ini sudah dilengkapi dengan chipset Snapdragon 8+ Gen 1 yang hadirkan performa lebih gahar serta efisiensi daya lebih baik dari reguler.

Hal ini menjadikan Lenovo Legion Y70 sebagai salah satu HP gaming tergahar di harganya. Apalagi, ponsel sudah dimodali juga dengan sistem pendingin agar dapat mencegah overheating.

Lenovo Legion Y70 juga memiliki desian bodi yang terlihat sederhana, dengan hanya menyisakan tulisan "LEGION". Tidak terlihat aksen-aksen gaming, futuristik, ataupun "alien" di punggungnya, sehingga ponsel dapat melebur ke situasi profesional.

Ponsel juga dilengkapi dengan panel layar OLED 6,67 inci yang cocok untuk gaming. Bagaimana tidak? Ia mendukung refresh rate tinggi 144 Hz yang disertai touch sampling rate 1.500 Hz. Selain membuat gerakan pada layar jadi mulus, layar juga dapat menerima sentuhan jari dan bereaksi lebih cepat.

Terdapat pula sensor sidik jari side-mounted di HP ini, disertai konektivitas NFC dan juga stereo speaker bersertifikasi Dolby Atmos. Pengguna dapat rasakan pengalaman gaming yang panjang lantaran punya baterai 5.100 mAh. Disinyalir, fast charging 68 W miliknya sanggup isi daya dari 0-100% dalam kisaran waktu 35 menit.

Lenovo membanderol HP gaming ini dengan harga rilis 3.299 yuan (setara Rp7,1 juta). Dengan segala fitur gaming yang ditawarkan, harga tersebut tergolong murah. Cocok untuk para pemula eSport yang ingin HP gaming dahsyat tanpa harus keluar banyak biaya.

2. Lenovo Legion Y90 

Lenovo Legion Y90
Layar AMOLED 6.92 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB, 16 GB, 18 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 13 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 5600 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Sungguh tidak banyak ponsel gaming yang suguhkan memori internal berjenis SSD. Lenovo Legion Y90 menjadi salah satunya. Hadirkan SSD pada varian tertingginya, Anda dapat merasakan kecanggihan teknologi RAID 0 yang menggabungkan memori UFS 3.1 berkapasitas 512 dan SSD 128 GB menjadi satu partisi.

Meski merupakan dua jenis memori yang berbeda, RAID 0 akan menyatukan dua tipe penyimpanan tersebut untuk mempercepat kinerja baca dan tulis serta meningkatkan performa gaming. Dari sisi dapur pacunya, ia dibekali dengan Snapdragon 8 Gen 1 berfabrikasi 4 nm.


Agar terhindar dari isu throttling, perangkat ini juga dikemas dengan sistem pendingin dua kipas yang dibarengi pelat penghantar panas berupa Vapor Chamber yang memiliki volume sebesar 3520 mm persegi.

Ponsel ini memiliki ukuran layar 6,92 inci yang besar, sehingga dapat berikan immersion mendalam saat menonton ataupun bermain game. Panelnya menggunakan E4 AMOLED dengan resolusi 2460 x 1080 piksel, dengan refresh rate tinggi 144 Hz dengan touch sampling rate 720 Hz agar semakin responsif dan terlihat lebih mulus.

3. Lenovo Legion 2 Pro

lenovo legion 2 pro (2)
Layar AMOLED 6.92 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB, 18 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 64 MP (wide) 16 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 5500 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Sama seperti Lenovo Legion Y90, Anda juga akan menemukan layar AMOLED 6,92 inci dengan resolusi FHD+ dan refresh rate tinggi 144 Hz pada Lenovo Legion 2 Pro. Tidak lupa, layar juga dilengkapi dengan dukungan HDR10+ yang membuat tampilan layar lebih kontras.

Ia pun dapat memberikan pengalaman gaming rasa konsol karena suguhkan beragam kontrol ekstra, sebut saja dua tombol kapasitif sebagai tombol L dan R pada gamepad, sepasang titik sentuh pada layar, juga sepasang pelatuk ultrasonik yang terletak di samping bodi.

Sedangkan untuk berikan performa yang sustainable, Lenovo Legion 2 Pro yang dihadirkan dengan Snapdragon 888 ini juga mengusung sistem pendingin independen menggunakan dua saluran.

Lenovo Legion 2 Pro juga memungkinkan para gamer untuk sekaligus menjadi kreator konten. Pasalnya, ia mengusung sistem kamera selfie pop-up bermotor yang terletak di samping, agar dapat merekam reaksi Anda ketika bermain game pada posisi landscape. Tertarik? Kunjungi artikel kelebihan dan kekurangan Lenovo Legion 2 Pro untuk info selengkapnya.

4. Lenovo Legion Duel  2

lenovo legion 2 pro (2)
Layar AMOLED 6.92 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 12 GB, 16 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 64 MP (wide) 16 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 5500 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Lenovo Legion Duel 2 merupakan sebuah alternatif bagi Legion 2 Pro, hadirkan spesifikasi, sistem pendingin, dan performa yang sama persis. Perbedaan keduanya hanya terletak pada sistem operasi yang digunakan. Sementara Legion 2 Pro dikemas dengan Legion OS, Legion Duel 2 menggunakan ZUI 12.5.

Sisi dapurnya sama-sama ditopang dengan Snapdragon 888 5G dengan perpaduan tiga opsi RAM berjenis LPDDR5 berkapasitas 12 GB, 16 GB, dan juga 18 GB. Anda pun dapat merasakan kecepatan tinggi saat menulis dan membaca file di HP dengan memori internal berstandar UFS 3.1 pada dua pilihan kapasitas yaitu 256 GB dan 512 GB.

Hadirkan kamera selfie pop-up bermotor pada posisi lanskap, pengguna didorong untuk membuat konten video gaming yang dapat secara mudah diunggah ke beragam platform, salah satuya YouTube dan Twitch.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram