carisinyal web banner retina

10 HP Nokia Harga di Bawah 1 Jutaan Terbaik (Februari 2024)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Walaupun popularitas Nokia sudah meredup dibanding smartphone dari merk lainnya, masih banyak fans setia yang lebih memilih untuk menggunakan ponsel dari vendor asal Finlandia ini. Nokia, yang merek dagangnya untuk HP kini dipegang oleh HMD Global, juga terbilang cukup rajin dalam merilis ponsel dengan harga yang terjangkau.

Mereka tidak hanya mengeluarkan ponsel kelas atas saja. Nah, pada kesempatan kali ini Carisinyal akan membahas 10 HP Nokia terbaik yang dijual dengan harga di bawah 1 juta. Penasaran dengan seri-seri HP Nokia di bawah 1 juta tersebut? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Nokia C12

Nokia C12
Layar IPS LCD 6.3 inci
Chipset UNISOC SC9863A1
RAM 3 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 3000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Saat dirilis kali pertama di Indonesia pada Mei 2023, harga Nokia C12 masih di angka Rp1,3 jutaan. Namun, per November 2023, harga sang ponsel sudah turun hingga di bawah Rp1 jutaan. Buat yang tertarik membeli Nokia C12, silakan simak dulu apa saja hal menarik yang dimilikinya.

Pertama, HP ini punya dimensi yang ringkas. Bobotnya cuma 177,4 gram sehingga tak bikin tangan gampang capai. Selain itu, ia ternyata mengantongi sertifikasi IP52. Tak perlu khawatir ketika HP ini kena tetesan air hujan.

Kedua, Nokia C12 pakai Android 12 edisi Go yang ringan dan bebas iklan. HMD Global selaku si pembuat juga menjamin bahwa HP ini bakal diberi dukungan pembaruan sistem keamanan software selama 2 tahun. Ketiga, ia mampu hasilkan foto yang lumayan saat pencahayaan mencukupi.

Namun demikian, Nokia C12 juga punya sisi minus. Di antaranya adalah belum punya sensor pemindai sidik jari, masih menggunakan port microUSB, dan kapasitas baterainya 3000 mAH saja. Khusus unutk baterai, ternyata sifatnya adalah removable alias bisa dibongkar-pasang sendiri.

Jadi kalau Anda punya baterai cadangan, Anda bisa langsung memasangnya daripada mengecas yang perlu waktu lama. Adapun Nokia C12 cocok buat penggunaan ringan. SoC octa-core UNISOC SC9863A1 yang dipakainya tidak dirancang buat main gim berat.

2. Nokia C21 Plus

nokia c21 plus
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5050 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Pada awal perilisannya di tahun 2022, HP ini hanya dibanderol dengan harga Rp1 juta lebih sedikit. Namun kini Nokia C21 Plus bisa dibeli pada harga Rp900 ribuan di toko daring. Kelebihan utama yang ditonjolkan HP ini terletak pada bodinya. Merk Nokia selalu erat dengan identitas ketahanan bodi yang unggul, jauh sebelum era HP touchscreen. Dan ini tercermin dengan jelas pada Nokia C12 Plus.

Meski murah meriah, HP Nokia ini punya frame atau bingkai yang terbuat dari aluminium sehingga membuat build quality-nya terasa premium serta kokoh. Smartphone ini juga menjadi salah satu termurah dengan sensor sidik jari, membuat proses pembukaan kunci layar terasa lebih cepat.

Nokia C21 Plus juga diklaim memiliki ketahanan baterai di atas rata-rata. Memiliki kapasitas 5.050 mAh, Anda bisa mengekspektasikan penggunaan hingga 3 hari pada alat ini, terlebih jika diawet-awet. Desain layarnya yang sudah waterdrop notch juga sungguh membuat layarnya terpampang begitu lebar demi kenyamanan browsing atau bahkan menonton film favorit.

Untuk Anda yang hobi fotografi, HP ini juga cukup wajib dijajal karena sanggup hasilkan foto yang cukup jernih di kelas entry-level. Siapa tahu, dengan memberikan HP ini ke buah hati, Anda bisa menumbuhkan minat fotografi pada sang anak.

3. Nokia C20

Nokia C20
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Kamera 5 MP (wide)
Baterai Li-Ion 3000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Nokia C20 ini hadir dengan tampilan yang menarik. Bodi bagian belakang HP ini memiliki tekstur yang khas seperti kulit sehingga memiliki ketahanan terhadap noda sidik jari. Tidak hanya itu, di bagian depannya juga terdapat layar berukuran 6,52 inci dengan panel IPS LCD. Layar HP ini sudah mencapai resolusi HD Plus atau 720 x 1600 piksel.

Selain kemampuannya, Anda juga akan dimanjakan dengan tampilan bagian depan yang terlihat luas. Hal ini disebabkan bezelnya yang tidak terlalu tebal. Bahkan di bagian atas, kamera depan ini disimpan di dalam sebuah notch berbentuk waterdrop karena bezelnya yang cukup tipis.

Sedangkan untuk performanya, Nokia C20 ini mengandalkan chipset Unisoc SC9863A. Chipset ini memiliki performa yang baik untuk menjalani aktivitas harian Anda. Anda bisa memilih varian RAM dari 1 GB hingga 2 GB. Sedangkan penyimpanan internalnya 16 GB dan 32 GB.

Setelah mengetahui spesifikasi dan kemampuannya, jangan mengira bahwa HP ini memiliki harga yang mahal. Sebab, Nokia C20 ini dibanderol dengan harga di bawah Rp 1 juta, tepatnya Rp899 ribu saja.

4. Nokia C3

Nokia C3
Layar IPS LCD 5.99 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Ion 3040 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Nokia C3 merupakan salah satu produk Nokia yang diluncurkan untuk HP entry-level. Meskipun berada di kelas entry-level, HP ini memiliki kemampuan dan spesifikasi yang cukup menarik, loh. Terlebih lagi harga yang dibanderolkan cukup terjangkau, Anda bisa mendapatkan HP ini dengan mengeluarkan budget sekitar Rp975 ribu saja untuk varian RAM 2 GB dan internal 16 GB.

HP ini memiliki tampilan menarik dengan layar yang cukup memukau. Nokia C3 memiliki layar berukuran 6 inci yang lumayan lebar. Kesan yang diberikan juga cukup baik sebab memiliki desain bezel yang tipis di kedua sisi. HP ini sangat cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Anda bisa menonton film atau video dengan dukungan layar beresolusi HD Plus atau 720 x 1440 piksel. Selain itu, Anda bisa menggunakan HP ini dengan waktu yang cukup lama berkat baterai 3040 mAh yang dimilikinya. Bagaimana, dengan harga tersebut, HP ini cukup menarik, bukan?

5. Nokia C1

Nokia C1
Layar IPS LCD 5.45 inci
Chipset UNISOC
RAM 1 GB
Memori Internal 16 GB
Kamera 5 MP (wide)
Baterai Li-Ion 2500 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

HP Nokia lainnya yang dibanderol dengan harga di bawah Rp1 jutaan adalah Nokia C1. Ini adalah ponsel Android Nokia yang meluncur pada Januari 2020, dan kini sudah bisa Anda dapatkan dengan sangat murah.

Bisa dibilang, dari speknya tidak ada yang lain dari kebiasaan – dengan RAM 1 GB dan memori internal 16 GB. Selain itu, dari baterainya pun hanya menghadirkan kapasitas 2.500 mAh. Jika Anda ingin ponsel yang sekadar mampu menjalankan fungsi secara basic, Nokia C1 terbilang salah satu pilihan yang cocok untuk dibawa pulang.

6. Nokia 1 Android Go

Nokia 1 Android Go Edition
Layar IPS LCD 4.5 inci
Chipset MediaTek MT6737M
RAM 1 GB
Memori Internal 8 GB
Kamera 5 MP ()
Baterai Li-Ion 2150 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Nokia 1 adalah HP Nokia Android mengusung konsep Android Go. Android Go adalah OS Android yang dimodifikasi Google untuk perangkat Android dengan spesifikasi rendah. Nah, Android Go bakal bekerja seefektif mungkin agar HP bisa berjalan tanpa lelet.

Nokia 1 sendiri memang memiliki spek yang pas-pasan. Layarnya saja hanya mengusung dimensi layar 5 inch dengan resolusi 480 x 854 pixels. Sementara dapur pacunya hanya menggunakan Mediatek MT6737M.

Mengingat Nokia 1 kini dijual sekitar Rp700 ribuan, spesifikasi yang ditawarakan jadi terlihat masuk akal. Tapi, sebelum membeli HP ini, ada baiknya jika Anda ketahui juga plus-minus Nokia 1 Android Go ini dengan membaca artikel 10 Kelebihan dan Kekurangan Nokia 1 Android Go.

7. Nokia 150 (2020)

Nokia 150
  • Rilis: Mei 2020
  • Layar: TFT 2,4 inci
  • Chipset: -
  • CPU: -
  • RAM: -
  • Memori Internal: 4 MB
  • Memori Eksternal: microSD hingga 32 GB
  • Kamera Belakang: VGA
  • Kamera Depan: -
  • Baterai: Removable Li-Ion 1020 mAh

Nokia 150 (2020) hadir buat Anda yang kangen dengan gim Snake Xenzia. Ya, ini adalah permainan yang legendaris buat ponsel Nokia zaman dulu. Meski begitu, tampilan HP ini cukup stylish dan modern. Varian warna yang disediakan cukup menarik: merah, hitam, dan cyan.

Yang menarik dari HP 2G dengan keypad T9 ini adalah adanya radio FM dengan antena internal. Kemudian, HP ini punya baterai yang diklaim Nokia awet hingga berminggu-minggu. Satu lagi, Nokia 150 ini punya Bluetooth yang bisa digunakan untuk mengirimkan file.

Adanya fitur-fitur di atas, plus pemutar MP3, kamera dengan lampu flash, dan colokan mikroUSB, membuat HP ini punya banyak fungsi. Sehingga Nokia 150 tak sekadar menjadi perangkat sekunder untuk menunjang SMS dan telepon.

8. Nokia 5310 (2020)

Nokia 5310
  • Layar: TFT, 2.4 inches
  • Chipset: MediaTek MT6260A
  • CPU: -
  • GPU: -
  • RAM: 8 MB
  • Memori Internal: 16 MB
  • Memori Eksternal: microSDHC hingga 32 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: VGA
  • Kamera Depan: -
  • Baterai: Removable Li-Ion 1200 mAh

Ponsel Feature Phone memang punya keunikannya sendiri, karena masih menawarkan beragam jenis desain bodi yang berbeda-beda. Contohnya ya seperti Nokia 5310 ini, yang terlihat unik dengan tambahan beberapa tombol sebagai media control.

HP Nokia yang satu ini bisa dibilang remaster dari Nokia 5310 XpressMusic yang sempat mendunia saat HP Java masih merajalela di pasaran. Dan kini, Anda pun bisa kembali merasakan asyiknya mendengarkan lagu pada perangkat yang tampil dengan desain lebih fresh.

Untuk mengejar standar HP di zaman sekarang, spesifikasi teknisnya pun mengalami peningkatan ketimbang versi yang keluar di tahun 2007. Kini ponsel menghadirkan ukuran layar lebih besar yakni 2,4 inci. Sementara itu, bagian kapasitas baterai juga meningkat menjadi 1200 mAh yang tadinya hanya 800 mAh.

9. Nokia 210 2019

nokia 210
  • Rilis: Februari, 2019
  • Layar: TFT 2,4 inci
  • Resolusi Layar: 240 x 320 piksel
  • Chipset: No
  • CPU: No
  • GPU: No
  • Memori Internal: 16 MB
  • Memori Eksternal: No
  • Kamera Belakang: 0,3 MP
  • Kamera Depan: No
  • Baterai: Removable Li-Ion 1020 mAh

Featured phone Nokia keluaran tahun 2019 ini juga dijual di bawah Rp 500 ribu loh. Dengan desain yang cantik, Nokia 210 sudah dilengkapi fitur-fitur 'unggulan' ponsel fitur, seperti layar TFT 2,4 inci, memori internal 16 MB yang dapat diperluas hingga 32 GB (terdapat slot khusus untuk memori eksternal), dan lain-lain.

Anda juga akan menemukan satu buah kamera di bagian belakang yang lampu kilat LED-nya dapat digunakan sebagai media penerangan. Fitur lain yang dibawa oleh Nokia 210 adalah pemutar Mp3 dan baterai berkapasitas 1020 mAh yang cukup untuk mendayai perangkat ini selama penggunaan sehari-hari.

10. Nokia 230

Nokia 230
  • Rilis: November, 2015
  • Layar: TFT 2.4 inches
  • Resolusi Layar: 240 x 320 pixels
  • Chipset: No
  • CPU: No
  • GPU: No
  • Memori Internal: 16 MB
  • Memori Eksternal: microSD, up to 32 GB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 2 MP, LED flash
  • Kamera Depan: 2 MP ,480p, LED flash
  • Baterai: Removable Li-Ion 1200 mAh

Yang satu ini bukan termasuk kategori smartphone, tapi Nokia 230 sudah ada kamera depan 2 MP dan juga kamera belakang 2 MP. Ponsel dengan layar 2.8 inci ini masih menggunakan keypad T9, sehingga ini cocok sekali bagi Anda yang kurang menyukai ponsel layar sentuh.

Nokia 230 menyediakan konektivitas Bluetooth, FM Radio, dan Browser. Selebihnya HP ini memang hanya menawarkan kemampuan untuk SMS atau telpon saja. Dapatkan Nokia 230 melalui toko online dengan harga kisaran 775 ribu saja.

Memiliki dana di sekitar Rp1 juta saja bukan menjadi penghalang untuk dapat memiliki sebuah ponsel yang bagus. Dengan HP Nokia di bawah 1 juta terbaik ini Anda bebas memilih ingin HP berbasis smartphone maupun non-smartphone. Ponsel manakah yang akan menjadi pilihan Anda?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram