Carisinyal / HP Terbaik 2016 / 10 HP yang Ada Gyroscope untuk VR Termurah 2016

10 HP yang Ada Gyroscope untuk VR Termurah 2016

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 September 2018

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama “Virtual Reality”, bukan? Ya, ini adalah teknologi yang memungkinkan penggunanya dapat berinteraksi dengan lingkungan dunia maya yang disimulasikan oleh ponsel atau komputer. Untuk mendukung teknologi VR ini, Anda membutuhkan handphone dengan gyroscope. Gyroscope adalah sensor untuk mengukur atau mempertahankan orientasi dengan prinsip ketetapan pada momentum sudut.

Apa hubungan HP support gyroscope dengan VR? Sensor gyroscope pada sebuah ponsel akan mendukung fungsi headtracking pada VR. Fungsinya adalah agar Anda bisa melihat ke sekeliling 360 derajat saat Anda menggunakan kacamata VR. Berikut ini Carisinyal sudah merangkum daftar HP yang ada Gyroscope dengan harga yang cukup terjangkau.

10 HP yang Ada Gyroscope untuk VR Termurah 2016

1. Xiaomi Redmi 2

Mengawali daftar HP yang ada Gyroscope termurah versi Carisinyal, ada Xiaomi Redmi 2. Ponsel low-end yang cukup best-seller ini hadir dengan layar 4.7 inci dan sudah dilengkapi dengan sensor Accelerometer, Proximity, Ambient Light Sensor, dan Gyroscope Sensor. Layar smartphone ini juga mendapat proteksi dari AGC Dragontrail Glass.

Xiaomi memberikan dua varian yang berbeda untuk Redmi 2, yakni ROM 8 GB/RAM 1 GB dan ROM 16 GB/RAM 2 GB. Ponsel yang dijual dengan harga mulai Rp 1.599.000 ini ditenagai oleh prosesor Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dengan CPU Quad Core 1.2 GHz. Kamera utama Redmi 2 mengusung resolusi 8 MP dan kamera depannya 2 MP.

2. Xiaomi Redmi 3

kelebihan dan kekurangan xiaomi redmi 3

Cari HP yang support VR dengan spek yang lebih baik dari Redmi 2? Anda bisa memilih Xiaomi Redmi 3. Ponsel 4G LTE ini mengusung layar berukuran 5 inci. Selain Gyroscope Sensor, Redmi 3 juga membawa sensor Accelerometer, Proximity, dan Ambient Light Sensor.

Sektor hardware diperkuat dengan adanya prosesor Qualcomm MSM8939 v2 Snapdragon 616 dengan CPU Octa Core 1.5 GHz. Grafis smartphone dengan ROM 16 GB dan RAM 2 GB ini menggunakan GPU Adreno 405 yang cukup baik. Smartphone seharga Rp 1.900.000 ini dibekali dengan kamera depan 5 MP dan kamera belakang 13 MP.

3. Xiaomi Redmi Note 4G

Xiaomi Redmi Note 4G HP yang Ada Gyroscope

Masih membahas smartphone low-end yang menyediakan Gyroscope Sensor, kali ini ada Xiaomi Redmi Note 4G. Berbekal layar 5.5 inci dengan proteksi dari Dragon Trail Class, Redmi Note 4G menggunakan kartu pengolah grafis Adreno 305 yang tergolong lumayan. Sementara itu, dapur pacu ponsel dengan RAM 2 GB ini digawangi oleh prosesor Qualcomm MSM8928 Snapdragon 400 dengan CPU Quad Core 1.6 GHz.

Untuk mengambil gambar, Anda dapat menggunakan kamera utama 13 MP dan kamera sekunder 5 MP. Jika ingin menyimpan gambar atau file lainnya, manfaatkan memori internal berkapasitas 8 GB yang tersedia pada ponsel harga 2 jutaan ini.

4. Xiaomi Redmi Note 2

masalah xiaomi redmi note 2

Meskipun ini bukan ponsel terbaru dari Xiaomi, tapi Redmi Note 2 hadir dengan membawa Gyroscope Sensor. Ponsel yang membawa layar seluas 5.5 inci ini membawa prosesor yang cukup mumpuni, yakni MediaTek MT6795 Helio X10 dengan CPU Octa Core 2 GHz. Untuk menyimpan file pribadi Anda, Xiaomi menyediakan memori internal 16 atau 32 GB.

Kartu pengolah grafis yang dipakai oleh ponsel dengan RAM 2 GB ini adalah PowerVR G6200. Di lini fotografi, HP yang ada Gyroscope ini menawarkan kamera depan dengan resolusi 5 MP dan kamera belakang berukuran 13 MP.

5. Xiaomi Redmi 3 Pro

Dijual dengan harga Rp 2.100.000, Xiaomi Redmi 3 Pro adalah salah satu smartphone low-end yang sudah didukung Gyroscope Sensor sehingga bisa dipakai bersamaan dengan VR. HP yang dilengkapi dengan fingerprint sensor ini menawarkan layar seluas 5 inci. Sementara di sektor memori, ada memori internal berkapasitas 32 GB dan RAM 3 GB.

Hardware ponsel ini dilengkapi dengan prosesor Qualcomm MSM8939 v2 Snapdragon 616 dengan CPU Octa Core 1.6 GHz. Anda pun bisa memanfaatkan kamera depan beresolusi 5 MP untuk selfie dan kamera belakang 13 MP untuk mengambil foto di lingkungan sekitar.

6. Lenovo A7000 Plus

Dengan dana Rp 2.350.000 saja, Anda bisa memiliki ponsel dengan Gyroscope Sensor yang membawa spek mumpuni, seperti Lenovo A7000 Plus. Ponsel berlayar 5.5 inci ini memiliki memori internal dengan kapasitas 16 GB dan memori eksternal hingga 32 GB.

RAM 2 GB pada smartphone ini bertugas untuk mengimbangi kinerja prosesor MediaTek MT6752 dengan CPU Octa Core 1.7 GHz. Di samping itu, kamera belakang berukuran 13 MP dan kamera depan 5 MP pada smartphone ini juga dilengkapi dengan dual-LED Flash.

7. ASUS Zenfone 2 Laser

review asus zenfone 2 laser

Selanjutnya, ada HP yang ada Gyroscope dengan spesifikasi yang sangat baik, yakni ASUS Zenfone 2 Laser. Ponsel 4G LTE ini menyediakan dua pilihan ukuran layar, yakni 5 dan 5.5 inci. Di samping itu, Zenfone 2 Laser juga memberikan varian memori internal 8 atau 16 GB dan RAM 2 atau 3 GB.

Semua seri Zenfone 2 Laser sudah dilengkapi dengan Gyroscope Sensor. Sementara itu, di sektor kamera semua seri smartphone ini menawarkan kamera utama 13 MP dan kamera sekunder 5 MP dengan dual-LED Flash. Ponsel pintar ini dibandrol mulai harga Rp 1.800.000.

8. Lenovo Vibe P1m

Lenovo Vibe P1m hp lenovo dibawah 2 juta

Ponsel dual-SIM yang kompatibel pada jaringan 4G LTE ini juga menawarkan Gyroscope Sensor agar dapat dipakai bersama dengan VR. Berbekal ROM 16 GB dan RAM 2 GB, sektor memori ponsel ini terbilang standar dan lumayan. Pada bagian dapur pacu, Lenovo Vibe P1m menggunakan prosesor MediaTek MT6735P dengan CPU Quad Core 1 GHz.

Untuk mengambil gambar, Anda dapat memakai kamera utama berukuran 8 MP dan kamera depan berukuran 5 MP. Smartphone kelas menengah ke bawah ini dijual seharga 2 jutaan saja.

9. Andromax R2

Andromax R2

Siapkan dana Rp 1.600.000 jika Anda ingin memiliki HP support Gyroscope dengan kualitas yang mumpuni. Ya, Andromax R2 adalah satu dari sekian banyak ponsel pintar dengan Gyroscope Sensor. Ponsel dengan layar 5 inci ini menawarkan kapasitas penyimpanan internal 16 GB dan RAM 2 GB.

Andromax R2 ditenagai oleh prosesor Qualcomm MSM8929 Snapdragon 415 dengan CPU Octa Core 1.4 GHz. Bicara soal kamera, Andromax R2 mengusung kamera berkualitas cukup baik karena memiliki kamera depan 5 MP dan kamera belakang 13 MP.

10. Samsung Galaxy Grand Prime

Samsung Galaxy Grand Prime

Terakhir ada ponsel low-end dari Samsung, yakni Galaxy Grand Prime. Siapkan budget  2 juta rupiah jika Anda ingin membawa pulang smartphone dengan Gyroscope Sensor yang menawarkan prosesor Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dengan CPU Quad Core 1.2 GHz.

Ponsel ini juga menyediakan kamera utama 8 MP dan kamera selfie 5 MP. Secara keseluruhan, spek Galaxy Grand Prime ini tidak terlalu menonjol, tapi ponsel dengan ROM 8 GB ini cukup ekonomis jika Anda ingin mencoba teknologi VR dengan Gyroscope Sensor.

Siapa bilang jika sensor giroskop hanya terdapat pada smartphone high-end saja? Dari daftar HP yang ada Gyroscope termurah dari Carisinyal ini, kita jadi mengetahui bahwa ponsel low-end juga bisa memberikan pengalaman menggunakan VR yang tidak terlupakan. Yuk, temukan kacamata VR yang terbaik untuk dikombinasikan dengan ponsel yang mengusung sensor Gyroscope tersebut.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Satu pemikiran pada “10 HP yang Ada Gyroscope untuk VR Termurah 2016”

Tinggalkan komentar