carisinyal web banner retina

Simak 10 HP yang Setara dengan Samsung Galaxy S23 Ultra

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Samsung Galaxy S23 Ultra 5G tiba di Indonesia pada 2 Februari 2023. Bareng dengan Galaxy S23 dan Galaxy S23 Plus, ia mengisi singgasana teratas dalam katalog smartphone Samsung. Pada saat dirilis, Galaxy S23 Ultra dibanderol dengan harga mulai dari Rp19,9 juta.

Hal baru yang hadir pada Galaxy S23 Ultra adalah material bodi yang lebih kuat, kemampuan kamera lebih baik, dan performa lebih tinggi. Ketiga hal itu pun menjadi diferensiasi antara Galaxy S23 Ultra dan pendahulunya, Galaxy S22 Ultra.

Salah satu yang unik dari HP ini adalah memakai SoC Snapdragon 8 Gen 2 yang sudah dioptimasi secara khusus. Jelasnya, Snapdragon 8 Gen 2 milik Galaxy S23 Ultra telah di-overclock pada CPU dan GPU-nya, sehingga tak sama dengan Snapdragon 8 Gen 2 biasa.

Sebagai ponsel premium, Galaxy S23 Ultra tentu bakal mencuri perhatian bagi kalangan profesional. Misalnya, pebisnis, editor, dan content creator. Meski begitu, HP ini tentu bukanlah satu-satunya pilihan buat kalangan profesional.

Ada banyak smartphone kelas atas yang bisa jadi alternatifnya. Di sinilah deretan smartphone alternatif dari Galaxy S23 Ultra akan Carisinyal bahas. Seluruh HP yang masuk dalam daftar pastinya punya memiliki keunggulan tersendiri, dan memiliki level yang setara dengan Galaxy S23 Ultra.

Penasaran apa saja HP yang setara dengan Galaxy S23 Ultra? Silakan baca sampai habis daftarnya setelah tabel informasi berikut.

*Daftar ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya

1. Apple iPhone 14 Pro Max

apple iphone 14 pro max G
Layar LTPO Super Retina XDR OLED 6.7 inci
Chipset Apple A16 Bionic
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 48 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide) MP (ToF Lidar)
Baterai Li-Ion 4323 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

iPhone 14 Pro Max hadir di Indonesia pada Oktober 2022. Harga rilisnya mulai dari Rp21,9 juta (varian 128 GB), lebih mahal ketimbang Samsung Galaxy S23 Ultra varian terendah (12/256 GB). Sejumlah penguji menilai bahwa performa dan kemampuan kamera HP ini beda tipis dari pendahulunya, iPhone 13 Pro Max.

Meski begitu, tetap ada peningkatan dari segi olah grafis, efisiensi daya, dan kemampuan kamera di kondisi low light. Peningkatan itu merupakan dampak dari SoC baru Apple Bionic A16, serta teknologi pixel-binning yang akhirnya diadopsi oleh Apple.

Peningkatan di sektor kamera itu membuat HP ini duduk di urutan keempat menurut DxOMark per Februari 2023. Skor kemampuan kameranya secara keseluruhan tembus 146. Faktor ini menjadi alasan mengapa content creator perlu mempertimbangkan iPhone 14 Pro Max.

Satu hal menarik dari iPhone 14 Pro Max yang tak dimiliki Galaxy S23 Ultra adalah poni berupa dynamic island. Fitur yang membuat poni HP bisa memanjang dan memendek itu unik. Tak ada ponsel lain yang punya poni dengan model itu pada saat iPhone 14 Pro Max dan iPhone 14 Pro dirilis.

Beberapa catatan yang perlu Anda ketahui dari HP ini adalah belum punya dukungan USB display out dan tidak mendukung penggunaan pena stylus. Dukungan USB display out dan pena stylus bisa Anda jumpai di Galaxy S23 Ultra.

2. Apple iPhone 14 Pro

apple iphone 14 pro G
Layar LTPO Super Retina XDR OLED 6.1 inci
Chipset Apple A16 Bionic
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 48 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide) MP (ToF Lidar)
Baterai Li-Ion 3200 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Jika iPhone 14 Pro Max terlalu besar tak ada salahnya melirik iPhone 14 Pro. Harga HP yang dirilis di Indonesia pada Oktober 2022 ini pun lebih miring, mulai dari Rp19,9 juta. Harganya sudah berada di level yang mirip dengan Galaxy S23 Ultra.

iPhone 14 Pro bisa dibilang sebagai iPhone 14 Pro Max dengan ukuran layar dan baterai yang diperkecil. Otomatis performa, kemampuan kamera, dan seluruh fiturnya sama. HP ini pun sama-sama mencatatkan skor kemampuan kamera 146 menurut DxOMark per Februari 2023.

Fitur unik semacam mode sinematik, SMS darurat via satelit, dan dynamic island tetap ada. Satu catatan krusial dari iPhone 14 Pro adalah daya tahan baterainya yang kurang. Skor ketahanan baterainya berdasarkan pengujian GSM Arena hanya 86 jam. Kalah telak dari iPhone 14 Pro Max, apalagi Galaxy S23 Ultra.

Nah, karena HP ini 11-12 dengan iPhone 14 Pro Max, maka keterbatasan yang dimilikinya pun sama. Ia tidak punya dukungan USB display out, tidak pula pena stylus. Satu lagi, sebagian orang mungkin kurang suka dengan desainnya yang tidak berubah sejak iPhone 12 Series.

3. Samsung Galaxy Z Fold4

Samsung Galaxy Z Fold4 5G
Layar Foldable Dynamic AMOLED 2X 7.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4400 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Samsung Galaxy Z Fold4 bisa jadi alternatif yang masuk akal. Sebab HP yang dirilis pada Agustus 2022 ini menawarkan pengalaman yang menyenangkan untuk produktivitas. Layarnya yang lebar bak tablet bikin Anda puas untuk membuka beberapa aplikasi, juga mengedit foto dan video.

Galaxy Z Fold4 pun mendukung pena stylus S Pen layaknya Galaxy S23 Ultra. Meski begitu, S Pen dijual secara terpisah. Secara umum, performa, kemampuan kamera, dan daya tahan baterai HP ini sudah baik. Chipset Snapdragon 8+ Gen 1 yang tangguh dan efisien menjadi alasannya.

Karena Galaxy Z Fold4 adalah HP layar lipat, ada mode flex sangat berguna. Mode tersebut bisa Anda manfaatkan untuk video call dengan membekuk layarnya 90 derajat. Mode flex juga bisa Anda pakai buat siaran live di TikTok atau Instagram sambil membalas pesan dari audiens.

Yang harus Anda perhatikan dari HP ini adalah harganya lebih tinggi dari Galaxy S23 Ultra. Varian termurahnya (12/256 GB) dilepas Rp24,9 juta saat rilis. Sebagian orang mungkin kurang cocok dengan bentuknya yang besar dan berat.

Terakhir, durabilitas Galaxy Z Fold4 tentu satu tingkat di bawah Galaxy S23 Ultra. Itu adalah konsekuensi dari sebuah HP dengan form factor layar lipat.

4. iQOO 11

iqoo 11 legend
Layar LTPO3 AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 16 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 13 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

iQOO 11 5G meluncur secara resmi di Indonesia pada Desember 2022. Harganya dipatok Rp10,9 juta ketika dirilis, jauh lebih miring ketimbang Samsung Galaxy S23 Ultra. HP ini adalah ponsel pertama iQOO sekaligus smartphone pertama di Indonesia dengan SoC Snapdragon 8 Gen 2.

Label HP gaming pada HP ini bukanlah isapan jempol. Kemampuannya dalam menjalankan Genshin Impact sangat baik. Jagat Review memberi peringkat S- buat iQOO 11 karena lancar dengan sedikit throttling. Bukan cuma kemampuan gaming yang bagus dari HP ini.

Kualitas tampilan layar, suara speaker, dan daya tahan baterainya bagus. Bahkan kecepatan pengisian baterainya jauh lebih kencang ketimbang Galaxy S23 Ultra. Hal lain yang bikin HP ini menarik adalah ada Infrared Blaster untuk mengendalikan berbagai perangkat elektronik

Hanya saja, kemampuan kamera iQOO 11 masih belum keren, kecuali kamera utamanya. Kamera depannya bahkan tidak bisa merekam video 60 fps yang penting buat keperluan konten. Selain itu, USB display out yang seharusnya ada buat HP gaming juga belum tersedia.

5. ASUS ROG Phone 6 Pro

ASUS ROG Phone 6 Pro_
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 18 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

ASUS ROG Phone 6 Pro dijual di Indonesia per September 2022. Harga rilisnya mencapai Rp18,9 juta. Harganya relatif murah dan ada di bawah Galaxy S23 Ultra. Terlebih konfigurasi memori yang didapat besar, yakni 18/512 GB. Performa adalah aspek utama yang menonjol lantaran ponsel ini adalah HP gaming.

Skor AnTuTu 9 mencapai 1 jutaan dan kemampuan menjalankan gim berat dengan mulus menegaskan betapa garangnya performa si ponsel. Layar yang tajam dan responsif, speaker dengan dua amplifier, dan tombol virtual menambah kenyamanan gamer. Tiga hal tersebut tidak Anda jumpai pada Galaxy S23 Ultra.

Tidak hanya itu, ROG Phone 6 Pro memiliki fitur by pass charging yang membuat baterai ponsel tidak rusak, kendati dicas sambil dipakai main game. Terkait paket penjualan, HP ini masih tetap dengan charger yang ada di dalam boks dan beberapa akesori lain. Ingat, Galaxy S23 Ultra dijual tanpa charger.

Namun demikian, karena ROG Phone 6 Pro adalah HP gaming minded, aspek lain yang tidak mendukung aktivitas gaming umumnya dibuat biasa saja. Misalnya kemampuan kamera yang jelas tidak sebanding dengan flagship reguler seperti Galaxy S23 Ultra. Selanjutnya, desain mencolok khas HP gaming mungkin tidak disukai oleh semua orang.

6. ASUS ROG Phone 6

ASUS ROG Phone 6
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

ASUS ROG Phone 6 dibanderol mulai dari Rp10,9 juta ketika dirilis di Indonesia, September 2022. Harganya lebih miring dari ROG Phone 6 Pro karena ia lebih sederhana. ROG Phone 6 tidak punya panel ROG Vision di bodi belakang layaknya model Pro-nya. Konfigurasi memori si ponsel juga lebih kecil.

Meski begitu, performa HP ini tetap salah satu yang terbaik. Skor AnTuTu-nya mencapai 1,1 juta dan kemampuan menjalankan Genshin Impact memperoleh ranking S (tertinggi) dalam pengujian Jagat Review. Sisi performa HP ini mungkin tidak bisa dilawan oleh flagship non gaming, tak terkecuali Galaxy S23 Ultra.

Meski begitu, HP ini juga oke untuk mengedit foto dan video, oke saja dilakukan di HP ini. ROG Phone 6 juga punya fitur menarik seperti by pass charging, tombol virtual, layar super mulus, speaker lantang, dan paket penjualan yang lengkap. Itu semua tidak Anda peroleh di Galaxy S23 Ultra.

Yang menjadi perhatian Anda sebelum membeli HP ini adalah kemampuan kameranya yang biasa saja, kalah dari Galaxy S23 Ultra. Jika mengambil foto dan video merupakan bagian dari pekerjaan, pikir lagi sebelum membeli ROG Phone 6. HP ini juga punya dimensi yang tebal dan berat. Kurang cocok bagi yang tangannya kecil.

7. vivo X80 Pro

vivo X80 Pro
Layar LTPO3 AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (periscope telephoto) 12 MP (telephoto) 48 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

vivo X80 Pro diperkenalkan di Indonesia pada Juli 2022. Harganya saat dirilis mencapai RP15,9 juta. Ia lebih terjangkau ketimbang sang pesaing, Samsung Galaxy S23 Ultra. Sama seperti saingannya itu, vivo X80 Pro adalah flagship dengan kemampuan yang bagus di seluruh aspek.

Desain, layar, speaker, performa, dan kemampuan kameranya keren. Tak salah bila DxOMark memberi skor 137 untuk kemampuan kamera si ponsel. vivo X80 Pro pun menduduki peringkat ke-13 dari seluruh ponsel di dunia, per Februari 2023. Kamera HP ini bagus tak lain karena adanya teknologi Zeiss dan cip pemrosesan gambar vivo V1+.

vivo X80 Pro juga jadi salah satu contoh HP yang mampu memaksimalkan potensi SoC Snapdragon 8 Gen 1. Pasalnya, HP ini tembus skor AnTuTu hingga 1 juta, dapat menjalankan gim berat dengan lancar, dan suhu bodinya tetap adem. Beberapa hal menarik lain di HP ini bahkan tak dimiliki Galaxy S23 Ultra.

Misalnya, adanya Infrared Blaster, OIS berbasis gimbal, pengisian cepat 80W, dan paket penjualan yang masih menyertakan charger. Satu-satunya hal yang disayangkan dari vivo X80 Pro adalah kamera selfie-nya belum bisa merekam video 60 fps.

8. OPPO Find X5 Pro

OPPO Find X5 Pro
Layar LTPO2 AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (telephoto) 50 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

OPPO Find X5 Pro beredar di Indonesia sejak Juni 2022. Harganya ketika rilis Rp14,9 juta (12/256 GB), lebih murah daripada Galaxy S23 Ultra. Yang membuat HP ini terlihat lebih menarik ketimbang Galaxy S23 Ultra adalah desainnya yang tidak monoton. Desain streamline tersebut juga melindungi lensa kamera dari goresan.

Hal itu tak seperti Galaxy S23 Ultra yang lensa kameranya nongol. Kemampuan kameranya juga bagus, terutama kamera utama yang punya OIS 5 sumbu. Dalam skenario perekaman video di malam hari, kamera utama si ponsel bisa hasilkan video yang terang. Itu berkat adanya cip pemrosesan gambar MariSilicon X.

Performa HP ini juga mumpuni, walaupun bukan yang paling baik dari seluruh HP dengan SoC Snapdragon 8 Gen 1. Skor AnTuTu OPPO Find X5 Pro ada di kisaran 970 ribuan. Sisi menariknya lagi adalah daya tahan baterainya bagus, pengisiannya kencang, dan paket penjualannya masih dapat charger 80W.

Yang membuat OPPO X5 Pro kalah dari Galaxy S23 Ultra adalah kamera tele dan kamera selfie-nya belum bisa merekam video 60 fps. Fitur seperti Samsung DeX yang memberi pengalaman pakai layaknya PC juga belum dipunyainya.

9. Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 12 Pro
Layar LTPO AMOLED 6.73 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 50 MP (ultrawide) 50 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Xiaomi 12 Pro adalah HP paling mahal Xiaomi di 2022. Walau begitu, harga saat HP ini dirlis pada April 2022 tetap lebih murah ketimbang Galaxy S23 Ultra, Rp12,9 juta. Benefit yang Anda dapatkan dari HP ini adalah desain premium dengan bobot yang tidak seberat Galaxy S23 Ultra.

Lalu performa harian yang memuaskan, dan setup kamera yang fungsional. Kualitas layarnya juga bagus mengingat panel yang dipakai AMOLED plus teknologi LTPO. Untuk kebutuhan multimedia, Xiaomi 12 Pro lebih dari cukup. Terlebih HP ini juga disokong speaker stereo yang lantang.

Soal pengisian daya, Xiaomi 12 Pro luar biasa. Pengisian cepat 120W nya mampu membuat baterai kosong terisi penuh hanya dalam waktu 28 menit. Charger 120W tentu ada dalam paket penjualan. Yang menarik lagi, HP ini masih punya Infrared Blaster khas HP Xiaomi untuk kendalikan beragam alat elektronik.

Hal yang mesti Anda perhatikan dari HP ini baterainya kurang awet, belum ada USB display out, belum punya IP Rating, dan kualitas kameranya kalah dari Galaxy S23 Ultra. Merekam video 60 fps memang bisa dilakukan HP ini. Namun, proses penstabilannya pada situasi kurang cahaya masih kurang bagus.

10. Samsung Galaxy S22 Ultra

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 108 MP (wide) 10 MP (periscope telephoto) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Samsung Galaxy S22 Ultra merupakan alternatif yang tak kalah menarik untuk Anda pertimbangkan. Sebab dengan harga yang lebih miring dari Galaxy S23 Ultra, Anda mendapatkan fitur-fitur yang sama. Mulai dari desain premium, dukungan S Pen, layar yang tajam, dan lain sebagainya.

Kualitas kamera HP yang dirilis pada Februari 2022 ini masih jadi salah satu yang terbaik di dunia. Galaxy S22 Ultra menduduki peringkat ke-16 menurut DxOMark per Februari 2023. Skor kemampuan kameranya 135. Ingat juga bahwa pada 2022 HP ini adalah smartphone Android dengan optimasi terbaik untuk Reels dan Instastory.

Poin yang membuat Galaxy S22 Ultra unggul terhadap Galaxy S23 Ultra adalah pengisian nirkabelnya. HP ini dapat menerima daya maksimal 15W alias 5W lebih banyak ketimbang Galaxy S23 Ultra. Galaxy S22 Ultra pun tetap layak Anda pinang alih-alih Galaxy S23 Ultra.

Meski begitu, Galaxy S23 Ultra tentu jauh lebih oke dalam hal kemampuan low light berkat sensor kamera utama 200 MP. Selain itu, sang penerus punya performa keseluruhan dan efisiensi daya yang lebih baik daripada Galaxy S22 Ultra. Durabilitasnya juga meningkat karena menggunakan material yang lebih kuat.

Demikian uraian singkat mengenai HP yang setara dengan Samsung Galaxy S23 Ultra. Seluruh smartphone yang disebutkan tentu punya daya tarik tersendiri. Yang perlu Anda sadari, tidak ada smartphone yang sempurna untuk semua orang. Oleh sebab itu, tentukanlah pilihan berdasarkan preferensi pribadi.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram