carisinyal web banner retina
Carisinyal / Smartphone / HTC One M8 (2014) Dirilis Dengan Dual Kamera dan Layar 5 Inch

HTC One M8 (2014) Dirilis Dengan Dual Kamera dan Layar 5 Inch

Ditulis oleh Carisinyal - Diperbaharui 12 Agustus 2020

Smartphone flagship terbaru dari HTC akhirnya resmi diumumkan dengan. Jika sebelumnya dirumorkan akan mengusung nama HTC One 2, ternyata smartphone ini tetap mengusung nama HTC One namun mungkin akan diberi tambahan 2014 atau M8 untuk membedakannya dari smartphone sebelumnya. Lantas seperti apakah spesifikasi serta fitur yang ditawarkan oleh HTC One M8 ini?

HTC One M8

Desain

Dari sisi desainnya, HTC One M8 dibalut dengan casing yang 90 persennya terbuat dari bahan alumunium sehingga tampak lebih elegan dibandingkan dengan seri sebelumnya yang hanya dibalut bahan alumunium sebesar 70 persen saja. Bezel yang ada di sekeliling layar juga dibuat sangat tipis dan tombol fisik di bawah layar sekarang diganti dengan tombol on-screen

Di bagian depan smartphone ini juga terdapat speaker BoomSound yang diklaim dapat menghasilkan suara yang lebih lantang dibanding seri HTC One 2013. Smartphone ini juga tersedia dalam tiga pilihan warna yakni Gunmetal Gray, Glacial Silver, dan Amber Gold. Untuk ukurannya, smartphone ini memiliki dimensi sebesar 146.4 x 70.6 x 9.4 mm dan berat 160 gram.

Layar

Layar yang diusung oleh HTC One M8 juga mengalami peningkatan dari 4,7 inch menjadi 5 inch namun tetap mempertahankan resolusi full HD 1080p. Layar jenis Super LCD3 tersebut juga memiliki kepadatan piksel sebesar 441 sehingga mampu menghasilkan tampilan yang sangat tajam. Sedangkan untuk pelindungnya, layar ini sudah dilengkapi dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3.

Prosesor dan Memori Penyimpanan

Tidak mau kalah dengan Galaxy S5 dan Xperia Z2, HTC One M8 juga dibekali dengan chipset Snapdragon 801. Menariknya, untuk kawasan Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika, smartphone ini dibekali dengan prosesor 2.3 GHz Krait 400, sedangkan untuk kawasan Asia smartphone ini mengusung prosesor 2.5 GHz Krait 400. Kedua seri tersebut sama-sama memiliki GPU Adreno 330 dan RAM sebesar 2 GB.

Sedangkan untuk urusan memori penyimpanannya, smartphone ini tersedia dalam dua pilihan memori internal yakni 16 GB dan 32 GB. Selain itu smartphone ini juga menyediakan slot memori eksternal yang mampu menampung kartu MicroSD hingga kapasitas 128 GB.

Kamera

HTC One M8 tetap mengusung kamera 4 MP dengan 1/3" sensor, 2 micron-sized pixels, dan f/2.0 aperture. Bedanya, HTC menempatkan sebuah kamera tambahan di atasnya untuk mendukung kamera utamanya tersebut. Kombinasi dua kamera ini disebut sebagai Duo Camera oleh HTC. Kedua kamera ini akan berfungsi seperti layaknya kedua mata manusia yang dapat memperkirakan jarak dengan baik. Dengan begitu, beberapa efek foto seperti selective focus dan post-shot refocusing dapat berfungsi dengan baik.

Selain itu HTC juga mengklaim jika kamera ini mampu mengunci fokus hanya dalam waktu 0,3 detik saja. Sayangnya fitur optical image stabilization dihilangkan dari kamera ini sehingga Anda hanya bisa mengandalkan digital stabilization saja ketika mengambil foto. Untuk kamera depannya, smartphone ini menyediakan kamera 5 MP yang lebih baik dibandingkan seri sebelumnya yang hanya memiliki kamera depan 2.1 MP.

Fitur dan Baterai

HTC One 2014 berjalan pada sistem operasi Android 4.4 Kitkat dengan tampilan antarmuka Sense 6. Salah satu fitur menarik yang dimilikinya adalah Motion Launch di mana Anda dapat membuka kamera dengan cara menekan tombol volume ataupun membuka kunci telepon dengan cara mengetuk dua kali pada layarnya yang sedang dalam keadaan mati.

Untuk menopang dayanya HTC One M8 dibekali dengan baterai Li-Po berkapasitas 2600 mAh. Baterai tersebut dapat bertahan selama 496 jam waktu siaga dan 20 jam waktu bicara. Selain itu, smartphone ini juga memiliki fitur Power Saving Mode yang diklaim mampu bertahan 30 jam hanya dengan menggunakan 10 persen dari kapasitas baterai.

Harga

HTC One M8 akan mulai hadir secara bertahap di berbagai negara mulai hari ini. Untuk kawasan Eropa sendiri smartphone ini dijual seharga 630 Euro atau sekitar Rp 10 jutaan. Belum ada informasi mengenai harga yang akan ditawarkannya untuk kawasan Indonesia.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram