Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei Mate 50 Pro

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Nyatanya, berdasarkan pengujian GSM Arena, skor AnTuTu v9 di Huawei Mate 50 Pro "hanya" meraih 979.921 poin. Bukan angka yang buruk. Namun, ia masih tidak sekencang vivo X80 Pro, OnePlus 10T, dan Xiaomi 12S Ultra yang sudah tembus skor 1 jutaan.

Nah, itu tadi merupakan benchmark AnTuTu v9 yang mengujikan aspek CPU, GPU, memori, dan juga UX. Untuk pengujian performa CPU single thread dan multi-thread, mari mengacu pada skor Geekbench 5.

Diketahui, Huawei Mate 50 Pro mendapatkan skor single core 1277 poin untuk single core dan 3839 untuk multi-core. Jika dibandingkan, Xiaomi 12S Ultra lagi-lagi meraih poin yang sedikit lebih tinggi yaitu 1324 pada single core dan 4300 pada multi-core.

Itu tadi merupakan hasil benchmark sintetis yang bisa dijadikan acuan. Meski begitu, angka di atas kertas tidak selamanya menggambarkan performa sesungguhnya di dunia nyata.

Menurut pantauan Phone Arena, Huawei Mate 50 Pro memberikan performa yang begitu gesit tanpa delay, stutter, ataupun lag sama sekali.

Tech Tablets menyampaikan hasil pengujian benchmark cukup berbeda namun dengan inti pesan yang sama, bahwa Huawei Mate 50 Pro memiliki performa yang buas. Saat berada di balance mode, ponsel hanya dapatkan skor AnTuTu v9 di 800 ribuan.

Skor tersebut berbeda ketika diubah ke performance mode, yakni meraih hingga 1.014.222 poin. Disebutkan pula bahwa Genshin Impact dapat berjalan dengan lancar di HP ini, pada pengaturan maksimal (Highest 60 FPS).

Namun, ponsel meraih suhu yang cukup panas hingga 47 derajat celsius saat dipakai bermain beberapa saat. Dengan kecenderungan ponsel yang cepat panas, sistem pun akan menyesuaikan performa agar perangkat lebih irit dan dapat meraih suhu yang stabil.

So, that's it. Performa Huawei Mate 50 Pro terbilang cukup "standar" untuk ponsel flagship yang gunakan Snapdragon 8+ Gen 1. Hingga saat artikel ini ditulis, Snapdragon 8+ Gen 1 memang yang tawarkan performa terbaik sejagat raya. Namun, seperti HP flagship lain pula, Huawei Mate 50 Pro tidak dapat pertahankan performa maksimal dalam durasi panjang.

3. Kamera Terbaik di Dunia

huawei mate 50 pro kamera_

Tampaknya semua HP flagship keluaran Huawei selalu mejeng di situs DxOMark sebagai HP dengan predikat nomor satu dengan kamera terbaik.

Sebelumnya, Carisinyal telah mengulas juga tentang Huawei P50 Pro dan Huawei Mate 40 Pro, yang mana kemampuan kamera keduanya menempatkan mereka di posisi nomor satu pada DxOMark. Setidaknya, sebelum beragam pesaing beratnya hadir, seperti Xiaomi 12S Ultra dan iPhone 14 series.

Kini, Huawei Mate 50 Pro pun kembali menduduki peringkat pertama dengan skor 149 pada kamera, diikuti oleh Google Pixel 7 Pro, Honor Magic4 Ultimate, dan Apple iPhone 14 Pro Max.

Huawei Mate 50 Pro menggunakan konfigurasi tiga kamera belakang dengan formasi 50 + 64 + 13 MP. Pada kamera utamanya, Huawei mendatangkan sensor yang bisa menyesuaikan apertur antara f/1.4 hingga f/4.0. Kamera utama menggunakan sensor IMX766 50 MP dengan filter warna RYYB Quad Bayer.

Apertur variatif menjadikannya mirip seperti lensa kamera DSLR, dapat memberikan opsi pada pengguna untuk mendapatkan depth of field yang dangkal, guna mendapatkan efek bokeh terbaik.

Selain itu, karena apertur-nya yang variatif, kamera juga bisa menghasilkan tangkapan yang begitu tajam dengan detail latar belakang yang melimpah. Anda bisa mengatur aperturnya secara manual pada 10 tingkatan yang berbeda, melalui mode Pro.

Lalu untuk kamera keduanya, mengusung fungsi periscope telephoto yang mendukung OIS serta pembesaran optis hingga 3.5x. Pengguna juga dapat merasakan sensor ultrawide berkualitas tinggi yang hadirkan sudut penglihatan 120 derajat. Lihat sampel foto di bawah ini.

huawei mate 50 pro sample image_
Kamera utama default

Melihat dari sampel di atas, bisa diketahui bahwa Huawei Mate 50 Pro sanggup hasilkan foto siang hari dengan noise yang minim. Detailnya tertangkap dengan begitu jelas, terlihat dari masing-masing daun yang tidak "melebur" dengan dedaunan di sampingnya.

huawei mate 50 pro zoom 10x_
Zoom 10x

Setelah dilakukan pembesaran hingga 10x, ponsel sudah menyatukan pembesaran optis dan digital sehingga tidak dapat dikatakan sebagai lossless. Jadi, sebagian detail dapat diekspektasikan untuk hilang.

Namun foto dari tanda stop di atas masih terlihat cukup memukau. Guratan yang mengelilingi huruf S masih terlihat jelas tanpa blur. Meski sudah dilakukan zoom sampai sejauh 10x, rupanya Mate 50 Pro masih dapat menjaga detail pada tingkatan yang dapat dimaklumi.

huawei mate 50 pro main camera_

Begitu mudah bagi smartphone biasa untuk membuat warna foto subjek menjadi saru saat disandingkan dengan subjek lain dengan warna yang sama. Namun, Huawei Mate 50 Pro menampilkan hasil foto yang istimewa.

Masing-masing daun tampil secara individu alih-alih melebur saut sama lain. Ini berkat kemampuan kamera untuk menangkap detail secara tinggi serta menampilkan reproduksi warna yang begitu luas.

huawei mate 50 pro low light sample_

Jika Anda sering mengikuti perjalanan produk Huawei selama bertahun-tahun, tentu sudah mengetahui kehebatan ponsel Huawei yang sanggup membuat foto malam hari terlihat begitu terang. Hal serupa tercermin pada hasil foto Mate 50 Pro di atas.

huawei mate 50 pro indoor comparison_
huawei mate 50 pro low light comparison_

Saat dibandingkan dengan Google Pixel 7 Pro dan iPhone 14 Pro Max, hasil foto dalam ruangan Mate 50 Pro bisa dibilang yang paling bagus. Meski sebenarnya ketiganya tampak identik.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram