Carisinyal / PDF / Inilah Cara Mudah Menggabungkan File PDF Secara Online

Inilah Cara Mudah Menggabungkan File PDF Secara Online

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berkat adanya internet, kini membagikan dokumen tidak perlu sesusah dulu. Kamu bisa membuat versi soft-copy dari dokumen yang ingin dibagikan melalui cara scanning. Nantinya, dokumen yang telah di-scan akan memiliki format PDF (Portable Document Format). Kamu tinggal perlu attach file itu di email dan mengirimkannya ke banyak orang hanya dalam sekali klik.

Namun, kalau kamu scan dokumen atau buku yang memiliki banyak halaman, mungkin masing-masing halaman akan membentuk file-file PDF yang berbeda. Padahal, harusnya hanya ada satu file PDF yang berisikan semua halaman tadi. Kalau sudah begini, kamu perlu menggabungkan file-file PDF tersebut menjadi satu file saja supaya lebih mudah dibaca.

Untungnya, kamu bisa menggabungkan file PDF secara online tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Bagaimana caranya? Simak saja cara menggabungkan file PDF online yang telah Carisinyal rangkum berikut ini.

Mengapa Perlu Menggabungkan File PDF?

mengapa-harus-menggabungkan-file-pdf

Sebelum membicarakan langkah-langkahnya, alangkah baiknya kamu mengetahui pada situasi seperti apa saja yang memerlukan kamu untuk menggabungkan file PDF.

1. Untuk Menyusun Dokumen Lamaran Kerja

Ada kalanya kamu ingin mengumpulkan beberapa dokumen yang berbeda menjadi satu, seperti dokumen CV, portfolio, cerpen, naskah, dan sebagainya. Soalnya, mengirimkan banyak file terpisah pada satu email akan mengirimkan kesan tidak rapi.

Terutama jika kamu ingin mengirimkan dokumen pada HRD, lebih baik meng-attach satu dokumen saja supaya lebih mudah dibuka. Mengirimkan file dengan rapi mungkin akan menjadi nilai plus di mata HRD.

2. Agar Mudah Diupload

Apakah kamu ingin mengupload file PDF ke sebuah media penyimpanan? Jika iya, tidak ada salahnya kamu menggabungkan beberapa file menjadi satu. Soalnya, beberapa media penyimpanan tidak mengizinkan kamu mengupload berbagai file dalam sekali waktu.

Alhasil, kamu harus menunggu sampai upload selesai untuk mengupload file berikutnya. Sungguh melelahkan. Kalau semua file PDF digabungkan, kamu hanya perlu memilih satu file untuk di-upload.

3. Menerapkan Password untuk Proteksi File

Kalau dokumen yang kamu miliki bersifat rahasia, lebih baik diberikan password supaya tidak dibaca oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Terlebih jika kamu menyimpan file di cloud storage seperti Google Drive, tidak ada yang tahu apakah file kamu aman dari hackers. 

Masalahnya, akan sulit jika kamu berusaha memberikan password pada semua file PDF satu per satu, apalagi kalau jumlahnya sampai ratusan. Maka dari itu, lebih baik semua file PDF digabung menjadi satu supaya kamu hanya perlu memberikan password satu kali untuk semua dokumen. Praktis, bukan?

4. Print Semua File dalam Sekali Proses

Bayangkan kamu memiliki banyak dokumen yang harus kamu cetak. Jika menggunakan cara biasa, kamu perlu membuka filenya satu-satu dan melakukan serangkaian proses printing seperti mengatur page setup, ukuran kertas, dan sebagainya. Kalau dokumennya ada 50 file, ya kamu harus melakukan proses printing sebanyak 50 kali juga. Sungguh memakan waktu.

Solusinya adalah menggabungkan seluruh file PDF menjadi satu file. Dengan begini, kamu hanya perlu melalui proses mencetak satu kali saja untuk semua dokumen.

5. Untuk Memindai Dokumen dengan Halaman Bolak-Balik

Semua kertas memiliki sisi depan dan sisi belakang. Terkadang ada dokumen yang hanya mencetak halaman pada bagian depan saja, tapi tidak jarang pula satu lembar memiliki dua halaman. Umumnya, scanner hanya bisa memindai dokumen dari satu sisi saja. Kalau kamu mau memindai halaman berikutnya, dokumen tersebut harus dibalik.

Alhasil, dokumen yang seharusnya menjadi satu file saja jadi punya dua file PDF yang terpisah. Tentu kamu ingin menggabungkan kedua halaman menjadi satu file, bukan?

Cara Menggabungkan File PDF Online

Untuk memulai proses menggabungkan file PDF secara online, ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Silakan simak langkah-langkah berikut.

1. Siapkan File PDF yang Ingin Digabung

gabungkan-file-pdf-1

Ini hal yang paling penting – file PDF-nya harus ada dulu. Entah itu kamu mengambilnya dari internet atau melakukan scan sendiri. Pastikan file dokumen yang kamu miliki berupa PDF dan bukan JPG. Kemudian, simpanlah file-file PDF tersebut pada satu folder agar mudah dicari pada saat pengunggahan.

Oh ya, disarankan untuk memberi nama file yang seragam sesuai dengan urutannya ya! Hal ini untuk memudahkan kamu agar pada saat pemilihan file, semuanya sudah dalam keadaan berurutan.

2. Kunjungi Laman CombinePDF.com

gabungkan-file-pdf-2

Langkah berikutnya adalah mengunjungi situs yang menyediakan jasa penggabungan file PDF secara gratis. Ada banyak sekali situs penggabungan file PDF yang bisa dipakai – rata-rata prosesnya sama, hanya menawarkan antarmuka pengguna yang sedikit berbeda. Tutorial ini akan menggunakan situs CombinePDF.com.

Jadi, ketikkan “https://combinepdf.com” pada kolom pencarian di browser yang kamu gunakan, lalu tekan Enter. Kamu akan langsung melihat laman utama dari situs penggabungan file PDF ini.

3. Pilih File PDF

pilih-file-pdf

Sayangnya, jumlah file PDF yang bisa digabung pada situs ini terbatas, yakni hanya sampai 20 file saja. Kalau jumlah file kamu lebih dari 20, kamu bisa melakukan proses penggabungan ini lebih dari satu kloter. Misalnya kamu punya 40 file, kamu bisa gabungkan 20 file pertama dulu. Lalu pada kloter kedua, pilih file gabungan ini dan gabungkan lagi dengan 20 file lainnya.


Sekarang, klik pada tombol Unggah File dan carilah folder berisikan file PDF yang akan digabungkan. Pilih semua file PDF di dalamnya, lalu klik Open. Tunggulah sampai file-file PDF kamu selesai diupload. Ciri-ciri semua file sudah terupload adalah kamu akan menemukan pilihan Unduh pada masing-masing filenya.

4. Urutkan dan Gabungkan File PDF

gabungkan-file-pdf-3

Sebelumnya telah dibahas sebaiknya menamakan file sesuai urutan, seperti “Dokumen part 1.pdf”, “Dokumen part 2.pdf” dan seterusnya. Pada saat diupload, file akan otomatis tersusun berdasarkan urutan yang kamu mau. Tapi kalau kamu tidak sempat mengubah nama file, kamu tetap bisa mengubah urutan dengan cara drag-and-drop.

Posisikan halaman pertama di paling kiri dan halaman seterusnya di sebelah kanannya. Jika semua file sudah berurutan, tinggal klik tombol Gabungkan. Lalu, tinggal pilih direktori penyimpanan, berikan nama file sesuai keinginan kamu, dan klik tombol Save untuk menyimpan file.

Selamat! Kamu baru saja berhasil menggabungkan file PDF hanya dengan melalui browser tanpa menginstal aplikasi apapun. Sangat praktis, kan?

Menggabungkan file PDF online memang banyak manfaatnya. Selain untuk mempermudah proses pengiriman, file PDF yang telah digabungkan juga membuat foldermu terlihat rapi gara-gara kebanyakan file. Baik untuk tujuan profesional maupun personal, kemampuan menggabungkan file PDF secara online sangatlah berguna.

Apalagi karena prosesnya sangat mudah dan tidak memerlukan perangkat lunak apapun. Nah, sudah dicoba, belum? Apakah kamu mengetahui cara lain yang lebih mudah untuk menggabungkan file PDF? Yuk sharing di kolom komentar!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. trima kasih infonya. sangat membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *