Carisinyal / Aksesoris HP / Inilah Jenis-Jenis Case HP yang Paling Populer Tahun 2019

Inilah Jenis-Jenis Case HP yang Paling Populer Tahun 2019

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Juni 2019

Tidak semua jenis hp atau smartphone datang dengan proteksi yang menyeluruh pada body-nya. Oleh karena itu, mereka jadi rentan terhadap goresan dan kerusakan lainnya saat terjatuh dari ketinggian tertentu atau kontak dengan benda-benda tajam. Hp dengan body plastik adalah contoh korban utama dari masalah-masalah ini.

Agar hal ini dapat diminimalisir, pengguna perlu menggunakan semacam pelindung eksternal untuk hp mereka. Benda semacam itu dikenal dengan sebutan case atau casing. Karena peminatnya banyak, produsen telah membuat banyak varian casing untuk berbagai model hp, utamanya yang populer di pasaran.

Harga casing hp sendiri bermacam-macam, tergantung dari kualitas dan fitur-fitur yang dibawanya. Jika kamu telah berencana untuk membeli case hp, yuk sebaiknya ketahui dulu berbagai jenis-jenis case hp yang ada di pasaran ini. Semoga setelah ini kamu bisa menemukan case hp yang tepat untuk smartphone milikmu.

Material-Material Casing Hp

Ada banyak jenis material yang digunakan untuk membuat casing Hp. Nah, untuk mengetahuinya, silakan ketahui dulu beberapa material yang digunakan untuk membuat casing hp.

1. Alcantara

Ini adalah sejenis material casing khusus yang dibuat oleh perusahaan dengan nama yang sama. Casing alcantara adalah salah satu casing paling populer di pasaran. Alcantara mengkombinasikan bahan pembuatan casing lainnya, yaitu poliester dan poliuretan untuk membuat casing dengan tingkat perlindungan yang tinggi, stylish dan tahan lama.

2. Serat Karbon

Casing yang dibuat dari serat karbon umumnya memiliki berat yang ringan dan tahan lama. Casing serat karbon juga memiliki tingkat perlindungan yang bagus untuk hp kita. Beberapa bahkan dibuat menggunakan serat kevlar tingkat militer yang sangat kuat. Casing serta karbon dijual dengan model dan gaya yang berbeda-beda sehingga pilihannya sangat bagus.

3. Kulit

Barang-barang yang terbuat dari kulit umumnya mahal-mahal (kulit asli ya), termasuk casing hp. Selain keren, casing dari material kulit memiliki tekstur, fleksibilitas, dan kelembutan yang sangat bagus. Tampilan visualnya mungkin sangat mengesankan, hanya saja material ini tidak memberikan tingkat perlindungan yang sama dengan alcantara dan bahan casing lainnya.

4. Polyurethane

Casing dari bahan sintetis ini tersedia dalam varian keras dan lembut. Karena sangat fleksibel, casing polyurethane memiliki bentuk yang bermacam-macam. Material ini menawarkan tingkat perlindungan yang sangat baik untuk hp kita. Harga casing dari bahan ini umumnya dijual cukup terjangkau.

5. Kain

Mungkin jarang kita dengan ada casing dari bahan kain, tetapi ada loh di pasaran. Tingkat proteksi casing kain mungkin tidak sebaik casing berbahan lainnya, tetapi casing jenis ini lebih menyenangkan untuk dipegang daripada casing-casing lainnya. Selain itu, casing kain juga mungkin bisa cepat kotor.

6. Kayu

Casing kayu disebut-sebut menawarkan tingkat perlindungan yang lebih baik daripada casing kain. Casing kayu juga tidak mudah kotor sehingga kita tetap nyaman menggunakannya dalam banyak kesempatan. Hanya saja casing kayu (yang asli) memiliki banderol harga yang cukup mahal.

Jenis-Jenis Case HP yang Banyak Digunakan

Setelah mengetahui materialnya, kini beralih pada jenis-jenis casing HP. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, silakan baca ulasan berikut ini.

1. Casing Rugged

Jenis casing ini dibuat untuk melindungi body hp dari kerusakan saat hp tidak sengaja terjatuh. Casing rugged memiliki sudut dan kantong udara yang diperkuat agar tingkat proteksinya tinggi. Selain itu, grip atau cengkramannya juga sangat bagus sehingga unit hp tidak mudah terlepas saat terjadi benturan.

Casing Rugged adalah salah satu jenis casing terbaik yang bisa kamu pilih. Beberapa casing rugged premium datang dengan desain dan banyak fitur menarik yang menawarkan perlindungan lengkap.

Bahkan ada pula casing rugged yang dibuat dengan standar militer AS MIL-STD-810 yang mampu mengatasi berbagai jenis bahaya yang mungkin terjadi pada hp kita, seperti bahaya akibat hujan lebat, suhu dingin, suhu tinggi, lingkungan lembab, paparan pasir dan debu, getaran, guncangan, dan sebagainya.

Apakah ini kekurangannya atau bukan, kami tidak dapat memastikannya. Casing rugged umumnya berat dan tebal sehingga body ponsel akan terlihat lebih besar jika memakai casing ini. Hal itu mungkin juga akan mempersulit untuk menjangkau tombol-tombol tertentu pada ponsel, terutama di bagian samping. Beli casing ini di Bukalapak melalui link ini.

2. Casing Tough

Casing tough biasanya memiliki dua lapisan untuk daya tahan dan perlindungan ekstra. Casing jenis ini dibuat dari material plastik yang sangat kuat yang sangat sulit dihancurkan.

Bentuk casing tough umumnya sangat kompak dan menawarkan tingkat proteksi yang bagus. Agar mampu menahan benturan, casing ini menggunakan penutup luar polikarbonat dengan lapisan silikon di dalamnya.

Meskipun hal tadi membuat casing ini cukup tebal, ponselmu tetap bisa terlihat keren dengan casing ini. Selain itu, menggunakan casing tough juga masih memungkinkan kita untuk mengakses semua port dan slot smartphone dengan mudah. Pegangannya yang baik juga mampu mengurangi kemungkinan menjatuhkan hp secara tidak sengaja. Beli casing ini di Bukalapak melalui link ini.

3. Casing Slim

Casing jenis ini umumnya terbuat dari plastik atau karet dan sangat mudah ditemukan di konter-konter hp. Dengan harga yang cukup murah, kamu tidak boleh berharap banyak dari casing jenis ini. Meskipun demikian, casing slim tetap menjadi pilihan banyak orang karena bentuknya yang tipis dan dijual dengan banyak varian warna dan model.

Casing slim tetap memberikan beberapa perlindungan untuk hp kita, termasuk melindungi panel belakang dari goresan. Beberapa model casing slim juga mungkin dirancang untuk mampu menyerap goncangan, tapi kemampuannya tidak sebaik kedua jenis casing di atas. Selain itu, ada kemungkinan casing slim yang terbuat dari plastik keras akan langsung pecah saat terjatuh.

Jadi, jika kamu cukup yakin bisa menjaga ponselmu dengan baik tanpa memerlukan casing rugged atau tough, casing slim bisa menjadi opsi yang paling baik. Selain banyak variannya, ponselmu tetap terlihat tipis saat menggunakan casing jenis ini. Beli casing ini di Bukalapak melalui link ini.

4. Casing Folio/Casing Flip

Disebut juga dengan casing flip, casing folio adalah jenis casing lainnya yang dibuat tanpa menghilangkan style atau gaya. Biasanya casing ini dibuat dari material kulit (bisa asli atau palsu tergantung harganya) yang juga memiliki manfaat lainnya sebagai dompet (untuk menyimpan uang kertas atau kartu). Selain kulit, beberapa casing folio juga dibuat dari material lainnya seperti polyurethane.

Karena bentuknya flip, panel depan dan belakang hp kita jadi terlindungi dengan casing folio ini. Hanya saja tidak semua casing folio menawarkan cakupan sekitar sudut dan sisinya sehingga dapat mengurangi tingkat perlindungan.

Beberapa casing folio memiliki fitur yang mendukung siklus tidur-bangun hp kita. Jadi, saat kita membuka penutup layar casing ini, hp kita akan menyala atau aktif. Begitu pula sebaliknya, saat kita kembali menutupnya, hp akan masuk ke mode tidur. Jenis penutupan casing ini berbeda-beda, ada yang menggunakan magnet, tab, elastis, dan lain-lain. Beli casing ini di Bukalapak melalui link ini.

Itulah beberapa jenis case hp yang ada di pasaran beserta material pembuatannya. Kamu dapat membeli berbagai macam casing hp dengan mudah hanya di Bukalapak. Cukup klik link-link di atas dan temukan casing impianmu di sana.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar