Carisinyal / Buyer Guide / Inilah Jenis-jenis GPS pada Smartphone Beserta Fungsinya

Inilah Jenis-jenis GPS pada Smartphone Beserta Fungsinya

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Mei 2019

Di dunia smartphone, fitur GPS jadi satu fitur penting. Mengapa? Karena GPS jadi sebuah navigasi penting bagi orang-orang dalam melakukan perjalanan atau melacak posisi tertentu. Karena itu, penting bagi sebuah ponsel memiliki sensor kompas yang baik agar GPS yang ada di dalamnya bisa berjalan dengan optimal.

Namun, GPS sendiri bukan hanya ada di sebuah ponsel. Ternyata ada banyak jenis GPS yang ada di dunia, bahkan GPS sudah hadir jauh sebelum ponsel pintar merajelela seperti sekarang. Lantas, apa sebenarnya GPS?

Pengertian dan Fungsi GPS

gps

* sumber: pixabay.com

GPS (Global Positioning System) merupakan sebuah alat atau sistem serta navigasi berbasis satelit yang melacak posisi objek tertentu atau memetakan posisi tertentu di sebuah peta digital. Cara kerja GPS ini bergantung pada tiga komponen utama, yaitu: satelit, pengontrol, dan penerima/pengguna.

Satelit berfungsi sebagai penerima dan penyimpan data yang kemudian diteruskan ke stasiun pengontrol atau pengendali. Data informasi yang diterima satelit adalah informasi waktu dan sinyal yang bakal ditransmisikan ke penerima.

Pengontrol memiliki fungsi dalam mengendalikan satelit. Pengontrol mengirimkan data dan melakukan sinkronisasi waktu antar satelit. Sementara penerima adalah para pengguna (termasuk Anda) yang menerima informasi data dari satelit untuk menentukan posisi arah, jarak, dan juga waktu.

Jika menilik cara kerjanya, kita sebagai pengguna GPS terasa seperti diawasi oleh sebuah satelit karena satelit bakal membaca arah perjalanan dan posisi kita. Jadi, di dunia sekarang, Anda yang sedang melangkah ke minimarket saja bisa terbaca, terlebih jika Anda menyalakan GPS di ponsel Anda.

Jenis-jenis GPS yang Ada di HPGPS DI PONSEL

Smartphone  atauh HP pintar zaman sekarang umumnya sudah dilengkapi dengan Google Maps-nya. Nah, Google Maps ini bakal berjalan dengan baik jika menyalakan fitur “location” atau “GPS” (penamaan biasanya tergantung merek ponsel yang dipakai). Fitur ini jelas penting karena sangat membantu banyak orang dalam berbagai hal.

Namun, perlu diingat kalau GPS bukanlah satu-satunya sistem penerima sinyal navigasi yang ada di HP. GPS sendiri adalah bagian dari sistem navigasi tetapi sekarang maknanya meluas menjadi sistem navigasi global yang terdiri dari berbagai jenis-jenisnya.

Mengapa terdiri dari berbagai jenis? Karena sistem navigasi tidak hanya GPS. Ada banyak sistem navigasi pembaca lokasi. Hal ini juga dapat dilihat dari spesifikasi sebuah ponsel Sebuah ponsel merek A memiliki GPS dengan satu sistem navigasi tertentu, contohnya hanya A-GPS saja. Ponsel merek B bisa saja memiliki banyak dukungan sistem navigasi seperti Samsung Galaxy S10 misalnya.

Perlu diingat, bahwa sistem navigasi dalam sebuah ponsel bukanlah GPS karena seperti sudah dijelaskan sebelumnya, GPS terdiri dari 3 rangkaian. Yang ada di HP adalah penerima sinyalnya sementara sistem navigasi pembacanya disebut satelit atau bisa disebut juga sebagai GNSS.

Hal ini berarti, sebuah ponsel bisa saja memiliki sistem penerima sinyal tertentu berdasarkan satelit pengirimnya? Lantas, apa sajakah macam-macam satelit sistem navigasi tersebut? Berikut jawabannya.

1. A-GPS

A-GPS

* sumber: id.wikipedia.org

A-GPS merupakan singkatan dari Assisted-Global Positioning System. Sistem navigasi ini dikembangkan oleh Amerika. Dari namanya, sudah jelas kalau A-GPS ini berhubungan dengan GPS. Jika sebuah HP memiliki GPS dengan sistem A-GPS hal ini berarti, sistem GPS HP tersebut sudah sangat baik. Karena pada dasarnya A-GPS adalah penyempurnaan dari GPS untuk menentukan suatu posisi di bumi.

A-GPS sendiri merupakan sebuah metode yang berbasis pada waktu. Metode ini tergolong memiliki akurasi dalam menentukan suatu posisi. Metode ini dibantu oleh sebuah server penyedia informasi  yang dibantu oleh jaringan operator melalui menara BTS. Di menara BTS ini umumnya ada unit penerima GPS yang tentu bisa memproses prosesor informasi data dalam membaca lokasi.

2. GLONASS

GLONASS

* sumber: www.glonass-iac.ru

GLONASS adalah sistem navigasi yang jadi pesaing A-GPS. Jika A-GPS dikembangkan oleh Amerika, GLONASS adalah sistem navigasi yang dikembangkan oleh Rusia. Sistem navigasi ini adalah satelit yang berbasis ruang angkasa. GLONASS adalah sistem navigasi yang memiliki pembacaan posisi yang akurat dan jumlah satelit GLONASS sudah cukup banyak melayang di angkasa.

Jika GLONASS dan A-GPS terpisah, lantas, bagaimana sistem navigasi ponsel yang memiliki dukungan GLONASS dan A-GPS? Jika ada HP atau ponsel pintar yang memiliki dukungan A-GPS dan GLONASS, hal ini berarti HP tersebut dapat menerima sinyal dari kedua satelit secara bersamaan atau terpisah.

3. BDS

bds

* sumber: gbtimes.com

BDS merupakang singkatan dari BeiDou Navigation Satellite System. Dari namanya, sudah mencirikan kalau sistem navigasi satelit ini dikembangkan oleh Cina alias Tiongkok. Sistem BDS sudah dimulai sejak tahun 2000 dan terus dikembangkan.

Tahun 2015, BDS memasuki generasi ke-2 atau disebut juga sebagai COMPASS atau BeiDou-2. Sistem navigasi satelit ini bekerja secara global dan terdiri dari 35 satelit. Di tahun yang sama, Cina sudah membangun BeiDou-2 atau BDS generasi ke-3 yang tentunya memiliki sistem yang lebih baik dibandingkan sistem navigasi sebelumnya.

4. GALILEO

galileo gps

* sumber: en.wikipedia.org

Uni Eropa tidak mau kalah dengan Amerika, Rusia, maupun Cina. Mereka pun mengembangkan sistem navigasi satelit sendiri bernama Galileo. Sistem navigasi ini diklaim memiliki kemampuan membaca posisi yang lebih akurat. Sistem ini juga dibangun sebagai ancang-ancang apabila, GLONASS dan GPS dimatikan secara tiba-tiba oleh  Rusia atau pun Amerika.

5. QZSS

QZSS

* sumber: spacenews.com

QZSS adalah singkatan dari Quasi-Zenith Satellite System. Sistem navigasi ini dibangun Jepang sebagai sistem  transfer waktu regional tiga satelit. Sistem ini dibangun berdasarkan satelit GPS. Sistem ini sendiri dihadirkan untuk memberikan layanan pada kawasan Asia-Oceania. Sistem ini juga hadir sebagai penjaga kompabilitas GPS

Jenis-jenis Perangkat GPS Lainnya

Tidak hanya di smartphone sebenarnya, GPS juga ada di perangkat lain yang fungsinya bisa membantu hajat hidup orang banyak. Apa sajakah itu, berikut penjelasannya.

1. Portable GPS 

PORTABLE GPS

GPS tipe pertama adalah portable GPS, tipe GPS yang bisa dibawa kemana-mana. Bentuknya mudah digenggam, karena itu tipe GPS ini sering disebut juga sebagai GPS Handheld. Tipe GPS ini bisa jadi pengganti kompas dan peta karena fungsinya yang bisa membaca lokasi, ketinggian, dan topografi berbagai tempat.

Dengan GPS ini pula, Anda bisa menentukan lokasi untuk memancing dan bisa jadi alat yang berguna jika Anda tersesat di hutan. Jadi, Anda yang sering keluyuran, terutama ke area yang belum terjamah Google Maps, bisa membawa GPS ini. Bentuknya yang kecil jadi kelebihan tersendiri sehingga tidak memberatkan tas Anda.

Fitur-fitur yang ada di perangkat GPS ini adalah kompas digital, waktu, alarm, kamera, peta, dan layar sentuh. Ada juga opsi jalan bagi pengguna. Selain itu, GPS ini biasanya lebih mudah tersambung ke PC.

2. Pocket GPS

MINI GPS (POCKET GPS)

Pocket GPS memiliki fungsi yang sama dengan portable GPS, yakni GPS yang bisa dengan mudah dibawa ke mana-mana. Bentuknya yang lebih mini membuat pocket GPS lebih enteng dibawa-bawa malah bisa jadi gantungan kunci. Karena bentuknya yang kecil, pocket GPS memiliki layar yang kecil dan fiturnya tidak selengkap pocket GPS.

3. In-Dash Receivers

In-Dash Receivers

Tipe GPS yang banyak dibutuhkan adalah In-dash reciever, yakni sebuah reciever yang bisa dipasangkan di mobil. Tipe GPS ini banyak dicari oleh mereka yang memiliki mobil pribadi, barangkali termasuk Anda. Hal ini karena tipe GPS ini mampu memberikan data dan informasi yang lebih akurat.

Selain itu, tipe GPS ini memiliki akurasi dan fungsi yang lebih baik dalam menampilkan peta dan arah jalanan. Tipe GPS ini juga mengalami perkembangan signifikan seperti hadirnya fitur data lalu lintas. Fitur ini jelas berguna agar Anda tidak masuk ke area yang macet. Menariknya, In-dash reciever memiliki kemampuan untuk tersambung dengan GPS di ponsel pintar tanpa kabel.

Hal yang membuat In-dash reciever banyak dicari juga karena aksesorisnya mudah didapatkan. Selain itu, pemasangan perangkat ini juga tergolong mudah. Oh yah, beberapa produk In-dash reciever memiliki fitur yang komplit seperti pemutar MP3, navigasi ke arah rumah dari arah manapun, dan informasi soal tempat-tempat penting seperti ATM, Bioskop, atau Mall.

4. GPS untuk Motor

Motor GPS

Alat GPS untuk sepeda motor biasanya memiliki bentuk dan fungsi yang sama dengan In-dash receiver yang digunakan di mobil. Yang jadi pembeda dari GPS untuk kendaraan bermotor adalah fiturnya

Karena GPS di motor tidak ada di dalam ruangan, maka tipe GPS ini biasanya memiliki kemampuan tahan air, tahan tumpahan bahan bakar, dan tahan terhadap berbagai getaran. Selain itu, GPS untuk mtoro biasanya memilki fitur Bluetooth.

5. Sport GPS

SPORT GPS

Ada juga alat GPS yang memiliki fungsi untuk mendukung kegiatan olahraga.Tipe GPS untuk kegiatan berolahraga ini biasanya berbentuk jam tangan yang memiliki fitur anti air.  Beberapa tipe produknya contohnya adalah GPS Forerunner 210 untuk Anda yang memang sedang berencana untuk berlari. Ada juga S Garmin Edge 80 yang cocok digunakan untuk Anda yang senang bersepeda.

Ada juga bentuk GPS untuk olahraga yang memiliki bentuk seperti halnya sebuah ponsel. Bentuk GPS ini bisa dipasangkan di sepeda. Gunanya fitur GPS ini untuk mengukur langkah, membakar kalori, membaca detak jantung, irama ayunan pedal (untuk sepeda), stopwatch, dan juga jarak yang ditempuh. Bahkan, ada juga GPS untuk kegiatan olahraga yang memiliki rekan olahraga berbentuk virtual.

6. Marine GPS

MARINE GPS

Sesuai namanya, tipe GPS ini digunakan di laut, alias digunakan untuk mereka yang bekerja di awak kapal. Tipe GPS ini banyak dipakai oleh kapal laut komersial dan kapal laut rekreasi. Karena kebutuhannya untuk kapal laut, jelas tipe GPS ini bukan ditujukan untuk kebutuhan pribadi karena itu harganya biasanya mahal.

Tipe GPS ini dapat digunakan di berbagai kondisi dan situasi yang terjadi di laut, alias cocok untuk berbagai cuaca. GPS ini juga bisa berfungsi sebagai peta digital yang memiliki tingkat keakuratan yang baik. Terlebih ada fitur yang memungkinkan pemakainya melihat pantai pesisir di peta di peta digital. Peta digitalnya juga mampu menampilkan kondisi perairan dan danau yang ada di dunia.

7. GPS untuk Pesawat Terbang

GPS UDARA

Sama seperti GPS untuk kapal, GPS untuk pesawat terbang juga dibuat khusus untuk kebutuhan yang bukan pribadi. Sesuai namanya, GPS ini digunakan untuk membaca situasi dan kondisi penerbangan. Karena itu, GPS ini dipakai oleh para cokpits.

Serupa dengan dengan GPS untuk kapal perairan, alat GPS ini harganya mahal. Lagi pula buat apa Anda membeli alat ini kalau tidak punya pesawat terbang. Kecuali jika Anda memiliki jet atau helikopter pribadi tentu lain ceritanya.

GPS untuk penerbangan ini memiliki beberapa fitur menarik seperti membaca posisi pesawat atau mengetahui informasi bandara. Ada juga fitur untuk membaca status dan keadaan cuaca serta fitur untuk membuat rencana penerbangan.

Nah itulah, penjelasan soal jenis-jenis GPS yang ada di HP,  jenis-jenis GPS secara umum, pengertian, dan fungsinya. Semoga dengan informasi ini, Anda bisa lebih paham soal GPS yang ada di HP dan bagaimana cara kerjanya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar