Inilah 10 Jenis Scanner yang Umum Dijual di Pasaran

Ditulis oleh Siti Hasanah

Scanner atau pemindai merupakan sebuah perangkat elektronik yang bisa menangkap gambar dari benda-benda fisik kemudian mengubahnya ke dalam format digital. Hasil pemindaian dapat disimpan di komputer dan dilihat. Tak hanya itu, hasilnya juga bisa dimodifikasi menggunakan aplikasi perangkat lunak.

Di pasaran terdapat beberapa jenis scanner dengan resolusi berbeda. Pemindaian, dalam dunia transmisi data elektronik, dianggap sebagai cara untuk mengirim gambar yang paling andal dan efektif. Prinsip dasar pemindai adalah menganalisis gambar lalu mereproduksinya dan mengubahnya menjadi gambar digital dengan menggunakan teknik pengenalan karakter optik.

Scanner tersedia dalam bermacam bentuk dan ukuran. Berikut ini adalah beberapa pilihan scanner yang paling populer di pasaran.

1. Flatbed Scanner

Flatbed Scanner

* sumber: techspirited.com

Scanner flatbed merupakan jenis scanner yang dikenal banyak orang. Jenis scanner ini biasanya diletakkan di atas meja dengan bagian flip-up atas yang akan memperlihatkan kaca pemindai ketika scanner terbuka. Flatbed tersedia dalam berbagai jenis ukuran untuk kertas standar atau sampai ukuran kertas legal dan yang lebih besar dari itu.

Tersedia jenis flatbed scanner yang model all-in-one, yang mencakup pemindai dan printer, sehingga meminimalkan jumlah ruang meja yang diperlukan. Scanner ini sangat bagus digunakan untuk memindai buku, artikel surat kabar, dan bahkan kotak DVD bagi mereka yang ingin mendigitalkan perpustakaan film mereka.

Ada juga beberapa jenis flatbed yang bagus untuk memindai foto juga, asalkan scanner tersebut memiliki resolusi tinggi. Namun, flatbed scanner proses kerjanya tidak cepat. Hal ini karena setiap item yang akan dipindai harus dimuat ke perangkat terlebih dahulu kemudian diproses. Untuk pemindaian dokumen dalam jumlah banyak, flatbed adalah pilihan yang lebih baik.

2. Sheetfed Scanner

Sheetfed Scanner

Jenis scanner ini, seperti namanya, dokumen dimasukkan ke dalam slot vertikal atau horizontal yang tersedia di dalamnya. Komponen utama pemindai sheetfed adalah sheet-feeder, modul pemindaian, dan lembar kalibrasi. Harga scanner ini lebih mahal dibandingkan yang lain. Namun, jika waktu menjadi pertimbangan, investasi ekstra bisa sebanding dengan kerumitannya.

Jika pada scanner flatbed sensor dan sumber cahaya bergerak melintasi panel kaca, pada scanner sheetfed, sensor dan sumber cahaya tidak bergerak. Sebaliknya, justru dokumenlah yang bergerak melalui pemindai. Scanner ini cocok untuk memindai dokumen satu halaman. Scanner ini tidak dapat memindai objek tebal, contohnya buku, dan itu, mungkin, merupakan kelemahan utama scanner ini.

Kelebihannya adalah mampu memindai beberapa dokumen sekaligus tanpa harus membolak-balik halaman secara manual setelah setiap pemindaian. Dokumen dapat disimpan ke dalam feeder tray kemudian mesin akan menarik satu halaman sekaligus untuk dipindai, seperti yang dilakukan oleh mesin fotokopi.

3. Foto Scanner

Foto Scanner

Untuk memindai dokumen tidak dibutuhkan scanner resolusi tinggi atau kedalaman warna, tapi untuk memindai foto membutuhkan hal tersebut. Banyak scanner serba guna juga dapat memindai foto, artinya tidak diperlukan perangkat yand terpisah untuk menangani foto. Tetapi jika perlu scanner yang utamanya untuk mendigitalkan film negatif atau slide, foto scanner pilihan yang tepat.

Foto scanner menyertakan teknologi khusus sehingga perangkat ini bisa menangani slide dan negatif. Scanner ini juga memiliki perangkat lunak bawaan yang bisa digunakan untuk membersihkan foto-foto lama.

Foto scanner dari Epson merupakan salah satu contoh scanner pemindai foto yang bagus. Harganya sedikit lebih mahal daripada scanner atau printer umumnya, tapi foto scanner seperti ini dilengkapi dengan adaptor untuk memindai slide dan negatif, dan scanner ini dapat memindai dengan hasil resolusi yang sangat tinggi, dibandingkan dengan jenis scanner lainnya.

4. Handheld Scanner

Handheld Scanner

* sumber: www.qstockinventory.com

Handheld scanner atau pemindai genggam berbeda dari pemindai sheetfed dan flatbed. Jika pada dua scanner itu dokumen ditempatkan di dalam scanner, handheld scanner berfungsi secara manual yang mengharuskan pengguna untuk menggerakkan scanner ke item yang sedang dipindai. Pengguna akan menggerakkan scanner ke atas dokumen, sehingga menangkap detailnya.

Jenis scanner ini membutuhkan pegangan yang mantap untuk menangkap detail secara akurat. Ini karena sedikit saja perubahan atau gerakan tangan pengguna bisa mengakibatkan pemindaian gambar yang tidak akurat. Salah satu handheld scanner yang paling sering digunakan adalah tag scanner standar, biasanya digunakan di toko-toko untuk mengetahui harga produk.

5. Portabel Scanner

Portabel Scanner

* sumber: targetveb.com

Portabel scanner merupakan perangkat scanner genggam berukuran kecil atau perangkat meja kecil yang memungkinkan orang untuk memindai apa saja, kapan saja dan di mana saja. Beberapa scanner ukurannya tidak lebih besar dari pena tinta, sementara portabel scanner yang lebih berkualitas umumnya memiliki ukuran yang sedikit lebih besar.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram