10 Aplikasi Pembayaran Digital yang Paling Populer Saat Ini

Ditulis oleh Dikdik Saparudin

Kemajuan teknologi yang sedang terjadi saat ini telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia. Salah satu yang ikut bertransformasi ada pada bidang transaksi keuangan.

Jika sebelumnya masyarakat harus menggunakan media uang cash / tunai untuk membeli dan membayar sesuatu, kini hal itu sedang menuju perubahan besar.

Banyak orang di zaman sekarang yang sudah meninggalkan transaksi tunai dan beralih ke transaksi non-tunai atau cashless.

Dengan ada tren seperti ini, mereka tidak harus membawa uang banyak-banyak dalam dompet atau tas jika ingin membeli atau membayar sesuatu. Bentuk transaksi seperti ini lebih dikenal dengan Digital Payment atau Pembayaran Digital.

Apa Itu Digital Payment?

Payment
*

Digital Payment adalah sebuah cara pembayaran yang menggunakan media berteknologi seperti SMS, Mobile Banking, Internet Banking, Digital Wallet, dan sebagainya. Seluruh kegiatan ini dapat dilakukan hanya dengan menggunakan perangkat elektronik yang bernama ponsel pintar.

Dari hari ke hari orang-orang mulai menggunakan cara pembayaran seperti ini karena dinilai lebih aman, efektif, dan efisien. Mereka tidak perlu lagi pergi ke luar rumah hanya untuk mengambil uang di ATM dan membayar segala jenis tagihan.

Kini, dengan Digital Payment, kegiatan seperti membayar biaya listrik, air, mengisi pulsa, dan lainnya dapat dilakukan di rumah melalui sebuah gadget.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Digital Payment?

uang elektronik

Digital Payment sangat diminati banyak orang karena memberikan banyak keuntungan bagi kehidupan mereka. Lalu apa saja keuntungan yang didapatkan dari penggunaan Digital Payment ini? Berikut adalah beberapa jawabannya.

1. Kapan dan Di mana Saja

Saat orang-orang ingin membayar sesuatu di sebuah tempat, maka pastinya mereka memiliki waktu yang terbatas. Hal itu sangat berbeda dengan Digital Payment yang dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Selama gadget terhubung dengan jaringan internet, maka Digital Payment akan tetap bisa dijalankan.

Jika kamu selalu sibuk dengan pekerjaan dan tidak sempat pergi ke tempat pembayaran listrik misalnya, maka cukup buka ponsel pintarmu dan lakukanlah pembayaran secara digital di sana. Benar-benar sangat praktis, bukan?

2. Lebih Aman Dibanding Cash

Saat ini sering terdengar di berita-berita tentang maraknya uang palsu yang beredar di masyarakat. Jika seseorang kurang teliti dalam bertransaksi secara tunai, maka bukan tidak mungkin ia menjadi korban dari uang palsu tersebut dan pastinya akan sangat merugikan.

Namun, hal itu sepertinya dapat dihindari dengan Digital Payment. Orang-orang tidak perlu lagi mengira-ngira apakah uang yang sedang mereka pegang itu asli atau palsu. Dengan tingkat keamanan yang tinggi yang disediakan oleh penyedia layanan Digital Payment, maka transaksi yang dilakukan pun bisa berjalan aman dan nyaman.

3. Hemat Waktu dan Tenaga

Dalam beberapa tahun ke belakang, kamu mungkin pernah merasakan antrian yang panjang saat hendak membeli pulsa atau membayar sebuah tagihan. Hal ini sepertinya dapat terobati dengan adanya Digital Payment. Hanya dalam waktu yang cukup singkat, pembayaranmu dapat terselesaikan saat itu juga.

Selain dapat menghemat waktu, kamu juga tidak perlu lagi cape-cape mengantri dan menghabiskan banyak tenaga hanya untuk hal kecil. Jadi, cukup lakukan dengan gadget-mu di rumah, dan pergunakan waktumu untuk hal yang lebih bermanfaat lagi. Sangat menguntungkan, bukan?

4. Produk yang Beragam

Kamu bisa melakukan banyak pembayaran dengan Digital Payment ini. Dalam satu wadah, segala jenis tagihan yang harus dibayar dapat dengan mudah diselesaikan hanya dalam waktu beberapa menit. Selain itu, berbelanja online juga sangat mudah dilakukan karena hadirnya Digital Payment ini.

Tipe-tipe Pembayaran Digital Populer

Nah, untuk melakukan pembayaran secara digital, Anda juga perlu tahu tipe-tipe pembayaran yang populer. Berikut kami rekomendasikan beberapa tipe pembayaran digital yang populer di Indonesia.

1. Mobile Banking

BRI Mobile

Bank-bank besar yang ada di Indonesia (terutama bank pemerintah) umumnya memiliki fasilitas Mobile Banking yang dapat diunduh melalui ponsel pintar. Aplikasi Mobile Banking ini berguna untuk melakukan kegiatan-kegiatan finansial yang salah satunya adalah pembayaran secara digital.

Cukup unduh dan download aplikasi Mobile Banking dari bank tempat kamu menabung, lalu ikuti prosesnya sesuai dengan aturan bank masing-masing. Biasanya kamu harus melakukan aktivasi Mobile Banking dengan datang langsung ke cabang bank terdekat.

Setelah itu, semua fitur dalam Mobile Banking dapat diakses dengan mudah. Aplikasi Mobile Banking berbagai bank dapat kamu unduh di Play Store atau App Store.

2. SMS Banking

BNI SMS

SMS Banking juga adalah layanan transaksi finansial lain yang ditawarkan oleh pihak bank. Nomor ponsel kamu mempunyai peran yang sangat penting di sini. Hal itu karena transaksi perbankan yang dilakukan dengan SMS Banking akan dilakukan melalui fitur SMS.Dengan SMS Banking, kamu juga bisa melakukan Digital Payment.

Agar nomor ponselmu bisa dijadikan alat transaksi, maka kamu harus mendaftarkannya terlebih dahulu di bank tempat kamu menabung. Jika sudah, maka kamu dapat melakukan banyak pembayaran melalui SMS Banking dengan gadgetmu menggunakan UMB (USSD Menu Browser) *141#.

3. Internet Banking

Mandiri Internet

Ini juga adalah layanan transaksi finansial lainnya dari bank. Jika ingin mengaktifkan layanan ini kamu harus pergi ke bank dengan membawa kartu identitas yang masih berlaku, buku tabungan , kartu ATM, serta memiliki alamat email aktif. Jika semua prosesnya selesai, kamu bisa melakukan Digital Payment dengan Internet Banking. Internet Banking menggunakan sebuah token untuk melakukan transaksi finansial.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram