Carisinyal / Kamera 2016 / 10 Kamera DSLR untuk Pemula yang Bagus 2016

10 Kamera DSLR untuk Pemula yang Bagus 2016

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kamera DSLR adalah jenis kamera yang banyak digunakan oleh fotografer atau pecinta fotografi profesional. Namun, tak menutup kemungkinan bagi para pemula untuk belajar fotografi dengan menggunakan kamera DSLR pula.

Akan tetapi, bagi para pemula sebaiknya memilih kamera DSLR yang memang sudah disesuaikan untuk level beginner agar pemakaiannya lebih mudah dan tidak membingungkan. Apakah Anda berminat untuk belajar fotografi dengan menggunakan kamera DSLR? Yuk, cek daftar kamera DSLR untuk pemula berikut ini sebagai referensi!

10 Kamera DSLR untuk Pemula yang Bagus 2016

1. Nikon D3300

Nikon D3300 mungkin bukan kamera DSLR untuk pemula dengan harga yang mahal, tapi Carisinyal menjamin bahwa ini adalah salah satu kamera DSLR terbaik untuk para pemula di dunia fotografi. Kamera yang mengusung sensor APS-C AMOS 24.2 MP ini dibandrol dengan harga yang cukup murah, yakni USD $319,00.

Kamera ini mampu meminimalisir noise hingga ISO 3200. Kamera ini disertai dengan filter anti-aliasing yang membuat gambar jadi terlihat lebih tajam. Satu hal yang membuat Nikon D3300 ini tampak unggul adalah Guide Mode yang merupakan alat pembelajaran yang dapat memberi penjelasan real-time dari fitur-fitur kamera yang penting.

2. Nikon D3200

Nikon D3200 kamera dslr untuk pemula

Jika budget yang Anda sediakan tidak cukup untuk membeli Nikon D3300, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli versi pendahulunya, yakni Nikon D3200. Jenis sensor yang terdapat pada kamera ini sama dengan yang dimiliki Nikon D3300, yakni APS-C AMOS 24.2 MP.

Kecepatan mengambil gambar yang ditawarkan oleh kamera ini adalah 5fps. Nikon D3200 adalah sebuah kamera DSLR yang bagus untuk pemula dan dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau sehingga tidak akan banyak menguras isi tabungan Anda.

3. Canon EOS 750D (Rebel T6i)

Canon EOS 750D (Rebel T6i)

Tak ada yang mampu menolak pesona dari Canon EOS 750D. Kamera dengan sensor APS-C AMOS 24.2 MP ini menyediakan Wi-Fi dan NFC serta daya tahan baterai yang terbilang mumpuni. Kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera ini cukup menakjubkan karena Canos EOS 750 memiliki tingkat kepekaan ISO yang tinggi sehingga bisa meminimalkan noise pada foto dengan pencahayaan yang rendah.

Canon memberikan layar sentuh yang responsif pada kamera DSLR untuk pemula ini. Menurut Carisinyal, Canon EOS 750D adalah kamera dengan kontrol yang komprehensif dan kualitas gambar yang cukup unggul.

4. Nikon D5500

Nikon D5500

Salah satu kompetitor terkuat dari Canon EOS 750D adalah Nikon D5500. Ini adalah kamera DSLR dari Nikon pertama yang mendapatkan kontrol layar sentuh. Bahkan, di kamera ini Nikon turut menyematkan fitur Wi-Fi built-in.

Nikon D5500 hadir dengan sensor APS-C AMOS yang disertai dengan resolusi 24.2 MP. Nampaknya, Nikon memang merancang kamera ini untuk dapat dengan mudah dipakai oleh para pemula. Kualitas gambar yang dihasilkan oleh Nikon D5500 ini juga sangat baik dan boleh diadu dengan kompetitornya, Canon EOS 750D.

5. Nikon D5300

Nah, yang satu ini adalah kamera versi pendahulu dari Nikon D5500. Dengan sensor APS-C 24.2 MP, Nikon D5300 tampil dengan kinerja yang hampir sama dengan Nikon D5500. Hanya saja, kamera DSLR ini tidak dibekali dengan kontrol layar sentuh seperti yang terdapat pada Nikon D5500.

Namun, sebagai pengganti dari kontrol layar sentuh yang “mewah” tersebut, Anda bisa menikmati fitur GPS yang disediakan Nikon di kamera ini. Anda bisa membawa pulang Nikon D5300 ini dengan harga USD $530,20.

6. Canon EOS 700D (Rebel T5i)

Kualitas dari kamera DSLR besutan Canon memang tak perlu diragukan lagi. Canon EOS 700D adalah sebuah kamera DSLR yang sangat ergonomis dan mengusung layar sentuh berukuran 3 inch yang sangat responsif dibanding layar sentuh pada merk kamera DSLR lainnya.

Terdapat sistem autofocus 9-point yang melengkapi Canon EOS 700D. Namun, Anda tidak bisa menikmati fitur Wi-Fi built-in pada kamera ini. Dilihat dari segi harga, Canos EOS 700D ini termasuk kamera DSLR dengan harga yang terjangkau. Harga jual Canon EOS 700D adalah USD $476,39.

7. Canon EOS 1200D (Rebel T5)

Canon EOS 1200D (Rebel T5)

Berikutnya, ada kamera DSLR untuk pemula dari Canon dengan harga yang tergolong sangat murah dibanding kamera-kamera DSLR Canon lainnya. Ya, Canon EOS 1200D ini dijual dengan harga USD $359,00 saja. Padahal, fitur dan spesifikasi yang coba ditawarkan oleh kamera ini sudah terbilang lumayan.

Kamera ini hadir dengan sensor APS-C AMOS dengan resolusi 18 MP dan disertai dengan kecepatan pengambilan gambar 3fps. Mengapa Canon EOS 1200D sangat cocok untuk pemula? Karena kamera ini dilengkapi dengan built-in panduan bantuan yang dapat memberikan pedoman Anda untuk menggunakan fitur yang terdapat pada kamera DSLR ini.

8. Pentax K-50

Pentax K-50

Pentax K-50 adalah pilihan kamera DSLR yang sempurna untuk pemula. Sayangnya, kamera ini dibandrol dengan harga yang terbilang pricey. Untuk memiliki Pentax K-50, Anda harus merogoh kocek sebesar USD $605,49. Sensor yang ditawarkan oleh kamera ini adalah APS-C AMOS 16.3 MP.


DSLR yang satu ini tahan di segala medan. Ya, Anda bisa menggunakan Pentax K-50 saat cuaca hujan. Namun, Anda harus menggunakan lensa khusus untuk bisa menggunakan kamera ini di segala medan. Pentax K-50 dilengkapi dengan Shake Reduction untuk memangkas goyangan pada kamera untuk menghasilkan kualitas foto yang terbaik.

9. Sony Alpha a58

Sony Alpha a58

Ketika Anda terjebak dalam persaingan kamera DSLR antara Nikon dan Canon, mengapa Anda tidak mempertimbangkan kamera DSLR dari Sony? Sony Alpha a58 adalah alternatif kamera DSLR untuk beginner yang disertai dengan viewfinder elektronik. Autofocus dari kamera ini sangat cepat dan efektif.

Perlu Anda garis bawahi, Sony Alpha a58 adalah kamera semi-DSLR. Namun, Sony Alpha a58 ini sudah membawa sensor APS-C AMOS dengan resolusi 20.1 MP. Anda bisa membeli Sony Alpha a58 ini dengan harga USD $598,00.

10. Pentax K-S1

Pentax K-S1

Sebagai orang yang menggeluti bidang fotografi, Anda tentu memerlukan sebuah kamera yang mampu mengurangi noise dalam sebuah foto. Penta K-S1 adalah kamera yang bisa meredam noise sehingga cocok digunakan pada kondisi yang minim cahaya.

Kamera ini mengusung sensor APS-C AMOS dengan resolusi 20.1 MP. Tak hanya sampai di situ, Pentax K-S1 juga menyediakan filter anti-aliasing yang membuat hasil foto Anda jadi lebih tajam. Sama seperti Pentax K-50, kamera ini juga memberikan fitur Shake Reduction.

Sebagai pemula, menemukan sebuah kamera DSLR yang tepat bisa membuat Anda lebih mahir dalam bidang fotografi. Pasalnya, selain berlatih mengambil gambar dari sebuah objek, kualitas dari kamera yang Anda gunakan juga berkontribusi untuk membuat Anda lebih mahir dalam seni fotografi ini.

Sedikit tips bagi Anda yang hendak membeli kamera DSLR untuk pemula, jika Anda sama sekali belum mengetahui seluk beluk dunia fotografi, maka sebaiknya Anda memilih kamera yang dilengkapi dengan panduan yang jelas untuk memakai kamera tersebut. Anda juga bisa menyesuaikan kamera yang akan dibeli dengan ketersediaan budget Anda.

Namun jika belum yakin dengan kamera DSLR, maka Anda juga bisa memilih kamera mirrorless yang lebih simple. Silahkan simak rekomendasi kami mengenai kamera mirrorless terbaik untuk para pemula di artikel sebelumnya.

 

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *