Carisinyal / Action Camera / 10 Tips Untuk Membeli Kamera GoPro Yang Bagus

10 Tips Untuk Membeli Kamera GoPro Yang Bagus

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 September 2018

Salah satu kamera yang sedang populer di Indonesia belakangan ini adalah kamera GoPro. GoPro termasuk ke dalam kategori action camera, yaitu kamera yang sering digunakan untuk berbagai keperluan outdoor seperti hiking, selancar, bersepeda, dan lainnya.

GoPro sendiri sebenarnya merupakan salah satu merek dari action camera tersebut. Akan tetapi GoPro merupakan produsen yang paling banyak merilis action camera saat ini sehingga orang-orang banyak yang menyebut action camera sebagai kamera GoPro.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membeli kamera tersebut, pada kesempatan kali ini Carisinyal akan mengulas beberapa tips penting yang harus Anda perhatikan. Dengan begitu, Anda dapat membeli kamera GoPro yang bagus yang pas untuk kebutuhan Anda.

10 Tips Membeli Kamera GoPro Yang Bagus

1. Kenali Fungsi Kamera GoPro

Kenali Fungsi Kamera GoPro

Action camera atau kamera GoPro adalah kamera yang memiliki ukuran kecil, berbobot ringan, dan mampu menghasilkan foto serta video berkualitas tinggi dalam berbagai keadaan. Action camera juga memiliki angle yang luas sehingga mampu mengambil objek pemandangan dengan baik.

Action kamera dilindungi dengan casing yang sangat kuat sehingga tidak akan mudah rusak jika terbentur atau terkena air. Selain itu, kamera ini juga biasanya dilengkapi dudukan agar dapat ditempatkan di berbagai objek seperti papan selancar, helm, pakaian, dan lainnya.

Karena kelebihannya itulah kamera GoPro akhirnya banyak digunakan untuk keperluan aktifitas atau olahraga ekstrim. Kamera ini juga cukup sederhana karena biasanya hanya dibekali dengan tiga tombol yakni power, record, dan settings.

Karena ukurannya yang kecil, kebanyakan action camera hanya dilengkapi dengan layar LCD kecil untuk menunjukan informasi dan mengakses pengaturan. Tetapi, ada juga beberapa kamera yang dilengkapi layar besar untuk melihat videonya seperti yang terdapat pada Garmin VIRB Elite HD Camera.

2. Kenali Field of View-nya

kamera gopro yang bagus fisheye

Setiap action camera memiliki fixed wide-angle lens dengan panjang fokal berkisar antara 17mm to 20mm. Lensa tersebut biasanya mampu menghasilkan field of view mulai dari 140 derajat hingga 170 derajat tergantung dari ukuran sensor yang digunakan.

Luasnya field of view tersebut membuat action camera mampu menangkap gambar sama seperti penglihatan mata manusia. Luasnya angle-tersebut juga dapat menciptakan efek mata ikan atau fisheye effect pada foto atau video yang dihasilkan.

Banyak orang sangat suka dengan efek mata ikan tersebut, namun tidak sedikit pula yang kurang menyukainya. Untuk mengakomodir perbedaan selera tersebut, beberapa produsen action camera biasanya menyediakan aplikasi khusus untuk melakukan editing dan menghilangkan efek mata ikan tersebut.

Beberapa action camera juga menyediakan pengaturan untuk mengambil gambar dalam angle yang lebih sempit. Dengan fitur tersebut, tidak akan ada lagi area yang terdistorsi pada setiap ujung gambar yang dihasilkan.

3. Tentukan Durasi Perekamannya

Tentukan Durasi Perekamannya

Elemen selanjutnya yang harus Anda perhatikan ketika memilih kamera GoPro yang bagus adalah kekuatan baterainya. Ya, Anda harus mengetahui berapa lama kamera tersebut dapat merekam video secara terus menerus agar aktivitas Anda dapat diabadikan dengan sempurna.

Hal ini juga sangat penting karena mengganti baterai action camera biasanya lebih rumit dan bahkan banyak yang tidak bisa diganti oleh kita sendiri. Oleh karena itu Anda tidak bisa sesuka hati mengganti baterainya seperti ketika Anda menggunakan kamera digital biasa.

Selain kapasitasnya, Anda juga harus memperhatikan faktor-faktor lain yang mempengaruhi daya tahan baterai tersebut. Sebagai contoh, merekam video dengan resolusi 4K akan jauh lebih cepat menghabiskan baterai dibandingkan resolusi HD.

4. Tentukan Kekuatannya

kamera gopro di dalam air

Meskipun semua action camera dibuat untuk kebutuhan outdoor, namun tidak semuanya memiliki kekuatan yang serupa. Oleh karena itu Anda harus menentukan kamera mana yang benar-benar cocok untuk aktivitas yang akan Anda lakukan.

Kebanyakan action camera dibekali dengan casing tambahan agar mampu digunakan di dalam air. Alah satu contohnya adalah kamera GoPro HERO4 yang mampu digunakan untuk aktivitas dalam air hingga kedalaman sekitar 40 meter.

Akan tetapi saat ini tidak sedikit pula action camera yang sudah bisa digunakan dalam air tanpa tambahan casing. Sebagai contoh, kamera iON Air Pro 3 mampu digunakan hingga kedalaman 15 meter, GoPro HERO4 Session hingga 10 meter, dan Garmin VIRB Elite hingga 1 meter.

Jika Anda melakukan aktivitas yang melibatkan debu dan juga getaran, pastikan juga Anda memilih kamera yang sudah dilengkapi dengan casing yang dapat melindungi dari keduanya. Selain itu, pastikan juga berapa suhu maksimal yang dapat ditolerir olah kamera tersebut.

5. Tentukan Kualitas Videonya

Selanjutnya tentukanlah kualitas video yang ingin Anda dapatkan dari action camera yang Anda beli. Saat ini sebagian besar action camera sudah bisa merekam video dengan resolusi Full HD 1080p, namun ada juga kamera kelas atas yang sudah mampu merekam dengan resolusi 4K.

Selain resolusinya, perhatikan juga frame rate yang didukung oleh kamera tersebut. Rata-rata action camera saat ini mampu merekam video dengan frame rate 24fps hingga 60fps. Selain itu, ada juga yang mampu merekam video slow motion pada frame rate 120fps dan 240fps.

Terakhir, perhatikan format video yang digunakan oleh kamera tersebut. Saat ini format video MP4 menjadi yang format yang banyak digunakan produsen action camera seperti GoPro, Sony, Garmin, iON, dan lainnya.

Format MP4 tersebut sangat populer karena mampu menghasilkan video berkualitas tinggi dengan ukuran file yang tidak terlalu besar. Selain itu, video MP4 juga dapat dengan mudah diunggah ke YouTube dan media online lainnya tanpa perlu dikonversi terlebih dahulu.

6. Di Mana Meletakannya?

kamera gopro selancar laut

Secara umum action camera dapat diletakan di mana saja, seperti di papan surfing, helm, sepeda, drone, binatang peliharaan, dan lainnya. Yang Anda perlukan hanyalah mencari aksesoris atau dudukan yang dapat menempatkannya di tempat-tempat tersebut dengan baik.

Namun ingat, tidak semua macam aksesoris tersedia untuk setiap jenis action camera. Maka dari itu, pastikan Anda membeli action camera yang memiliki aksesoris yang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas yang Anda lakukan.

Action camera buatan GoPro biasanya memiliki pilihan aksesoris yang jauh lebih banyak dibandingkan merek lainnya. Akan tetapi produsen lain juga biasanya memiliki action camera yang dibuat khusus untuk aktivitas tertentu.

Sebagai contoh, kamera iON Air Pro 3 memiliki bentuk seperti peluru yang sangat cocok diletakan di helm bagi para pesepeda. Sedangkan action camera buatan Sony memiliki fitur image stabilization yang mampu meredam getaran dengan sangat baik.

7. Tentukan Fitur Pendukungnya

Tentukan Fitur Pendukungnya

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah fitur tambahannya. Sebagai contoh, saat ini banyak action camera yang sudah dibekali dengan fitur WiFi. Fitur tersebut akan memudahkan Anda untuk mengirimkan video ataupun mengontrol kamera melalui smartphone Android dan iOS.

Perhatikan juga kartu memori yang Anda gunakan dalam kamera tersebut. Jika Anda berencana untuk merekam video dengan resolusi tinggi, maka pilihlah kartu memori yang memiliki write speed yang tinggi. Pasalnya, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kualitas video yang dihasilkan.

8. Pilih yang baterainya tahan lama

Pilih yang baterainya tahan lama

Tips membeli kamera GoPro yang bagus adalah memilih baterai yang daya tahannya paling lama. Sebagai action camera, Anda pasti membutuhkan GoPro yang bisa dipakai dalam jangka waktu panjang, bukan? Jika kapasitas baterai adalah salah satu pertimbangan Anda, maka GoPro Hero 5 Black adalah kamera aksi yang paling cocok untuk Anda.

Di antara seri GoPro lainnya, Hero 5 Black membawa kapasitas baterai yang lebih besar, yakni 1.220 mAh. Tentu saja kamera ini dapat bertahan lebih lama dibanding GoPro Hero 4 atau Hero 3 yang kapasitas baterainya lebih kecil.

9. Sesuaikan dengan budget

Sesuaikan dengan budget

Sama seperti ketika membeli smartphone, Anda juga pasti sudah mengetahui bahwa semakin tinggi seri GoPro, maka semakin mahal pula harganya. Saat ini, seri kamera GoPro yang bagus dan mahal adalah Hero 6 Black. Jika budget Anda mencukupi, tak ada salahnya membeli GoPro Hero 6 Black yang harganya sekitar 5 jutaan.

Namun, bila dana yang Anda miliki terbatas, tak ada salahnya untuk membeli GoPro Hero seri pertama yang harganya hanya 2 juta rupiah saja. Meskipun seri pertama, GoPro Hero sudah menyediakan kamera 5MP, resolusi video 1920x1080p @ 30 FPS, dan ketahanan kamera yang bisa dibawa di dalam air berkedalaman 40 meter.

10. Kebutuhan atau lifestyle?

Gopro

GoPro bukanlah jenis kamera yang murah. Bila dibandingkan dengan kamera ponsel sekaliber iPhone 8 atau Samsung Galaxy Note 8, kamera GoPro memang tidak ada apa-apanya. Pada dasarnya, GoPro merupakan action camera untuk memenuhi kebutuhan dokumentasi di tempat-tempat ekstrem. Jadi, bila Anda tidak benar-benar memerlukan kamera ini sebaiknya pikirkan ulang sebelum membeli.

Bila Anda hanya membutuhkan action camera untuk sesekali saja, beli saja kamera aksi yang lebih murah seperti Xiaomi Yi atau menyewa GoPro di rental. Pasalnya, jika Anda hanya membutuhkan kamera untuk mengambil foto di tempat-tempat yang biasa saja, maka Anda bisa mengandalkan kamera smartphone Anda.

Nah itulah berbagai macam tips dan trik yang harus Anda perhatikan ketika ingin membeli sebuah action kamera atau kamera GoPro yang bagus. Jika ada tips lainnya yang belum kami sampaikan di atas, silahkan bagikan dengan kami di kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Satu pemikiran pada “10 Tips Untuk Membeli Kamera GoPro Yang Bagus”

  1. Terimakasih infonya
    Mohon bantuan sarannya
    Untuk aktifitas terjun payung harus memakai GO PRO yang mana ?
    Terimakasih

Tinggalkan komentar