Carisinyal / Kamera 2016 / 10 Pilihan Kamera Mirrorless Terbaik Tahun 2016

10 Pilihan Kamera Mirrorless Terbaik Tahun 2016

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mungkin banyak yang tidak tahu perbedaan antara kamera mirrorless dengan kamera DSLR. Jika dilihat sekilas, tampilan dari kedua jenis kamera ini memang tampak mirip. Kamera mirrorless adalah kamera tanpa cermin yang memiliki sebuah lensa yang bisa diganti-ganti. Mirrorless Interchangeable-Lens Camera (MILC) adalah sebuah kamera digital dengan fitur yang jauh lebih canggih dari pendahulunya. Namun, kualitas kamera mirrorless masih belum bisa disamakan dengan kamera DSLR.

Untuk pemula dalam bidang fotografi sangat disarankan untuk menggunakan kamera mirrorless. Pasalnya, kamera ini memiliki ukuran lebih kecil, bobot lebih ringan, dan fungsi yang tak kalah canggih dengan kamera DSLR. Berikut adalah review kamera mirrorless terbaik versi Carisinyal yang bisa dijadikan referensi bagi Anda yang tertarik memilikinya dalam waktu dekat.

10 Pilihan Kamera Mirrorless Terbaik Tahun 2016

1. Fuji X-T10

Sebuah kamera mirrorless dengan harga yang cukup terjangkau ini dibekali dengan ukuran sensor APS-C. Fuji X-T10 memiliki resolusi 16.3 MP, sebuah ukuran resolusi yang tergolong lumayan jika dibandingkan dengan resolusi kamera digital.

Dengan monitor 3 inch dan 920.800 dots, kamera dengan desain yang menyerupai kamera digital ini tampil dengan sangat prima. Harga dari satu buah Fuji X-T10 adalah USD 699,99. Kamera Fuji X-T10 mengusung desain yang menyerupai DSLR, sehingga orang-orang akan mengira bahwa Anda sedang menggunakan kamera DSLR.

2. Olympus OM-D E-M10 II

Olympus OM-D E-M10 II kamera mirrorless terbaik

Jika Anda mencari sebuah kamera mirrorless terbaik dengan ukuran, fleksibilitas, dan harga yang pas, maka Olympus OM-D E-M10 II ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Ukuran sensor yang ditawarkan oleh kamera ini adalah Micro Four Thirds. Sementara itu, resolusi dari kamera ini adalah 16.1 MP. Kecepatan pengambilan gambar dari Olympus OM-D E-M10 II ini adalah 8.5 fps.

Kamera yang mampu merekam video dengan resolusi maksimum 1080p ini merupakan sebuah kamera yang tangguh. Harga yang ditawarkan untuk Olympus OM-D E-M10 II ini terbilang cukup murah, yakni USD 549,00.

3. Sony A7 II

Sony A7 II

Siapa yang bisa menolak sebuah kamera mirrorless bergaya DSLR yang dibekali dengan built-in stabilisasi 5-axis? Ya, Sony A7 II adalah kamera yang memiliki kriteria tersebut. Dengan sensor full frame dan resolusi 24.3 MP, maka kamera ini menyajikan kualitas fotografi terbaik yang tidak kalah dengan kamera DSLR.

Kamera ini mampu mengambil gambar dengan kecepatan 5 fps. Untuk merekam video, kamera mirrorless ini dapat merekam video hingga resolusi 1080p. Overall, kualitas kamera yang dibandrol dengan harga USD 1.445,00 ini sangat baik dan tidak mengecewakan.

4. Fuji X-T1

Fuji X-T1

Fuji X-T1 menawarkan kontrol manual untuk kecepatan shutter, aperture lensa, dan pengaturan ISO. Ini tentu tidak menjadi masalah jika Anda sudah lama menggeluti bidang fotografi. Desain klasik yang menyerupai DSLR menjadi daya tarik tersendiri yang ditawarkan oleh Fuji X-T1.

Kamera ini dapat menghasilkan sebuah foto yang berkualitas sangat baik. Monitor yang dimiliki oleh kamera ini adalah 3 inch tilting display dengan 1.040.000 dots. Fuji X-T1 mengusung ukuran sensor APS-C dengan resolusi kamera sebesar 16.3 MP. Anda bisa membeli Fuji X-T1 dengan harga USD $852,29.

5. Olympus OM-D E-M5 II

Kamera mirrorless dengan ukuran yang tidak terlalu besar tetapi membawa beberapa fitur yang mumpuni adalah Olympus OM-D E-M5 II. Kamera ini dilengkapi dengan stabilisasi 5-axis yang cukup efektif. Di samping itu, kamera beresolusi 16.1 MP yang didukung dengan sensor Micro Four Thirds sudah cukup baik untuk menghasilkan sebuah foto yang berkualitas tinggi.

Di kamera ini, Olympus menambahkan 40 high-res mode yang membuat kualitas foto jadi lebih mengesankan. Kamera mirrorless terbaik dengan kecepatan pengambilan gambar 10 fps ini ditawarkan dengan harga USD $881,80.

6. Panasonic G7

Murah dan berkualitas, itulah dua kata yang dapat mendeskripsikan Panasonic G7. Kamera mirrorless ini dijual dengan harga USD $529,99 saja, bahkan harga bekas dari kamera ini berkisar di bawah 5 juta. Panasonic G7 adalah sebuah kamera yang menawarkan perpaduan antara fitur, teknologi, kepraktisan, dan harga yang sangat baik.

Panasonic G7 memiliki sensor Micro Four Thirds dengan resolusi 16 MP. Kecepatan pengambilan gambar dari kamera ini adalah 8 fps. Namun, resolusi maksimum untuk mengambil video dengan kamera mirrorless ini adalah 4K. Dengan viewfinder electronic, Panasonic G7 ini tampil sebagai kamera ekonomis dengan fitur yang menakjubkan.

7. Panasonic GH4

Panasonic GH4

Apakah Panasonic GH4 adalah sebuah kamera mirrorless? Atau ini adalah kamera video dengan resolusi 4K? Jawabannya adalah Panasonic GH4 merupakan kamera mirrorless yang mampu merekam video dengan resolusi 4K. Sementara itu, resolusi kamera yang diberikan oleh Panasonic GH4 hampir sama dengan resolusi yang terdapat pada jajaran kamera mirrorless terbaik yang ada di dalam daftar ini.

Sejak awal perilisannya, Panasonic GH4 telah dipercaya oleh sebagian besar orang-orang yang kerap kali membuat film. Hal tersebut tak lepas dari besarnya resolusi yang ditawarkan kamera ini saat merekam video. Harga jual Panasonic GH4 adalah USD $799,99.

8. Sony A6000

Sony A6000

Cari kamera mirroless dengan harga di bawah 5 juta? Sony A6000 adalah jawaban yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda. Ini adalah sebuah kamera mirrorless yang mengusung viewfinder electronic. Di samping itu, Sony juga menyematkan sistem AF hybrid yang diklaim sebagai salah satu yang tercepat di dunia.


Resolusi kamera yang ditawarkan oleh Sony A6000 ini juga terbilang sangat tinggi, yakni 24.3 MP. Secara keseluruhan, Sony A6000 ini pantas dijuluki sebagai kamera mirrorless high-end. Namun, kamera ini dijual dengan harga yang cukup murah, yakni USD $498,00.

9. Panasonic GX8

Panasonic GX8

Nah, yang satu ini adalah kamera mirrorless best seller dari Panasonic. Pasalnya, Panasonic GX8 ini digadang-gadang membawa sensor yang paling mutakhir. Kamera ini membawa sensor Micro Four Thirds dengan resolusi 20.3 MP.

Ketika diuji, sensor yang ditawarkan oleh Panasonix GX8 hampir sama dengan sensor yang terdapat pada kamera DSLR. Bahkan, kamera ini juga mengusung resolusi merekam video hingga 4K. Kamera ini memiliki kualitas yang sangat baik. Panasonic GX8 bisa dibeli dengan harga USD $598,00.

10. Nikon 1 J5

Apabila sebagian besar kamera mirrorless menggunakan sensor Micro Four Thirds, APS-C atau full frame, Nikon 1 J5 hanya menawarkan sensor 1 inch. Tapi sensor ini masih terbilang baik untuk menghasilkan foto yang lebih baik dari kamera digital biasa.

Kamera ini berukuran kecil dan praktis dibawa ke mana saja sehingga cocok bagi para pemula. Resolusi yang diberikan oleh Nikon 1 J5 ini adalah 20.8 MP. Walaupun ukuran sensornya terbilang kecil, Nikon 1 J5 mampu merekam video dengan resolusi hingga 4K. Anda bisa membawa pulang kamera ini dengan merogoh kocek sebesar USD $496,95.

Itulah daftar kamera mirrorless terbaik versi Carisinyal. Sebagian besar kamera mirrorless yang ada di daftar ini dibandrol dengan harga 5 sampai dengan 9 juta rupiah. Anda bisa memilih salah satu kamera ini sesuai dengan fitur yang Anda butuhkan dan dana yang tersedia.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. terimakasih review kameranya, harga-harganya cukup murah dikantong

  2. The lens is the largest and most-cited feature in relation to DSLR for vlogging. It’s a simple fact that you’re able to accommodate many lenses from several manufacturers to fit the huge majority of camera bodies. Second, the camera has to be simple to control. Sony 6000 Sony cameras are certainly an asset and there’s more than 1 reason for it. With technology evolving everyday, it’s difficult to choose which camera is ideal for you because every sensible phone has a fantastic camera which has made real cameras secondary. Whether you’re an amateur or a professional, you can purchase a number of the best cameras on your own for amazing clicks! The very best camera is one you do not need to cover and it’s much simpler to borrow from, and collaborate with, people using the exact kit that you do. MultiCam questions why cameras ought to be so stiff. Frequently the camera wouldn’t focus whatsoever. Mirrorless cameras utilize the contrast autofocus. It’s a tiny simple to use and carry around vlogging camera. Purchasing an terrific digital camera has become exceedingly straightforward and the standard of amateur photography is remarkable. There are some weatherproof ones on the marketplace but it’s not necessary since you always have the option to set a cover on it. What it infers is that everybody in the camera sector is receptive to the simple truth that external mic input is important in regards to shooting videos. The reality is, just about all of the camera businesses are dropping money the only company making a lot of cash is Apple. There are quite a few organizations out there that will charge you to have a look at photos your camera chooses, but I will describe to you ways to easily create your own system.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *