Carisinyal / Kamera 2016 / 10 Pilihan Kamera Pocket Terbaik Tahun 2016

10 Pilihan Kamera Pocket Terbaik Tahun 2016

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kamera pocket sangat bermanfaat untuk mengabadikan momen-momen spesial di mana pun Anda berada. Pasalnya, kamera ini memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga mudah dibawa ke mana saja. Beberapa jenis kamera pocket dapat masuk ke saku celana Anda. Di samping itu, kualitas kamera pocket umumnya lebih baik dari kamera smartphone.

Jika Anda merupakan tipikal orang yang sering berfoto dengan teman-teman atau mengabadikan segala jenis momen di sekitar Anda, maka Anda harus memiliki kamera pocket di dalam tas atau saku celana Anda. Bila Anda belum memiliki kamera pocket, daftar kamera pocket terbaik ini bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli kamera.

10 Pilihan Kamera Pocket Terbaik Tahun 2016

1. Panasonic Lumix TZ80

Seri Panasonix TZ sudah lama menjadi favorit di kalangan pengguna kamera pocket. Panasonic Lumix TZ80 ini adalah salah satu varian kamera pocket terbaik yang best seller. Panasonic melengkapi kamera ini dengan built-in electronic viewfinder yang memampukan Anda untuk tetap dapat melihat hasil foto dengan jelas meskipun Anda sedang berada di bawah sinar matahari yang terik.

Fitur utama dari Panasonic Lumix TZ80 adalah 30x lensa zoom optik. Di samping itu, kamera ini juga membawa autofocus berkualitas prima yang dapat melakukan stabilisasi gambar dengan baik. Kamera pocket ini sudah mengusung layar sentuh yang memudahkan Anda dalam mengoperasikannya.

2. Canon Powershot G7 X / G7 X II

Canon Powershot G7 X kamera pocket terbaik

Kali ini, Canon membuat kamera pocket dengan sensor 1 inci dan fokus gambar berkualitas tinggi. Canon Powershot G7 X / G7 X II juga membawa beberapa peningkatan yang lebih baik dari versi sebelumnya, seperti layar tilt-angle dan cincin yang berfungsi sebagai kontrol lensa ganda.

Selain semua fitur yang sudah disebutkan, Canon menambahkan layar sentuh pada kamera pocket ini agar penggunanya dapat melakukan kontrol dan pengaturan secara lebih mudah. Dijamin, Anda akan bisa memahami kontrol dan fitur kamera ini dalam waktu singkat.

3. Panasonic Lumix FZ330

Panasonic Lumix FZ330

Unggul dalam sektor lensa zoom biasanya sebagian besar kamera pocket memiliki kualitas pencahayaan yang terbilang rendah. Namun, itu tidak terjadi pada Panasonic Lumix FZ330. Kamera ini mengusung f/2.8 aperture untuk memberikan pencahayaan yang lebih baik pada setiap foto yang diambil dengan menggunakan kamera ini.

Di kamera ini, Panasonic telah menambahkan layar sentuh yang super responsif untuk memudahkan Anda mengubah pengaturan dari kamera pocket terbaik ini. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot menekan tombol-tombol kecil di kamera yang cukup merepotkan.

4. Sony Cyber-Shot RX100 IV

Sony Cyber-Shot RX100 IV

Desain sederhana dan ukuran kecil tidak membuat Sony Cyber-Shot RX100 IV memiliki kemampuan terbatas. Kamera pocket ini justru menawarkan spesifikasi yang cukup mumpuni. Sony melengkapi kamera ini dengan sensor 1 inci. Namun, kamera ini bisa merekam video dengan resolusi hingga 4K.

Kecanggihan dari kamera saku ini tidak sampai di situ saja, Sony memberikan pop out built-in electronic viewfinder pada kamera ini. Layar LCD tilt-angle yang menyertai kamera ini terlihat prima untuk memudahkan Anda mengontrol kamera ini. Meskipun tidak dibekali dengan lensa zoom yang canggih, tetapi Sony Cyber-Shot RX100 IV ini memiliki kontrol cincin lensa dan aperture f/1,8 – 2,8.

5. Panasonic Lumix LX100

Bisa dikatakan bahwa Panasonic Lumix LX100 ini adalah kamera pocket pertama yang telah menggunakan sensor Micro Four Thirds untuk menghasilkan kualitas gambar yang luar biasa. Seperti yang Anda ketahui, sensor Micro Four Thirds biasa ditemukan pada kamera DSLR. Panasonic turut memberikan autofocus yang dapat bekerja dengan cukup baik dan aperture f/1,7 – 2,8 pada kamera ini.

Tak ketinggalan, Panasonic Lumix LX100 ini juga dibekali dengan electronic viewfinder yang cukup berlian. Sayangnya, Anda tidak akan menjumpai layar tilt-angle atau layar sentuh yang responsif pada kamera ini. Akan tetapi, jika Anda mendambakan sebuah kamera pocket dengan sensor sekelas kamera DSLR, Panasonic Lumix LX100 adalah pilihan yang paling ideal.

6. Fujifilm X100T

Di awal perilisannya, Fujifilm hendak memasarkan X100T ini di pasar kamera pocket high-end. Namun, menurut Carisinyal spesifikasi yang ditawarkan oleh Fujifilm X100T ini kurang mumpuni untuk masuk dalam kelas kamera pocket kelas menengah atas.

Akan tetapi, kamera ini tetap memiliki keunggulan yang dapat menarik minat pembeli, salah satunya adalah desain retro yang terkesan classy. Kamera ini tidak memiliki lensa zoom, tetapi sensor yang digunakan oleh kamera ini adalah APS-C. Overall, fitur yang ditawarkan oleh Fujifilm X100T ini sebenarnya sudah cukup baik untuk mengabadikan momen-momen di sekitar Anda sehari-hari.

7. Fujifilm X70

Fujifilm X70

Selanjutnya, ada kamera Fujifilm X70 yang mengisi posisi ketujuh di dalam daftar kamera pocket terbaik versi Carisinyal. Mungkin kamera ini dirancang khusus untuk Anda penggemar selfie. Pasalnya, di kamera ini ada layar sentuh yang bisa diputar 180 derajat ketika Anda ingin melakukan selfie dengan kamera ini.

Layar sentuh ini juga bisa menjadi kontrol yang baik untuk mengatur setting dari kamera ini. Fujifilm X70 mengusung kamera dengan resolusi 16.3 MP, sebuah ukuran resolusi yang sudah cukup standar jika Anda menggunakan kamera pocket ini untuk keperluan fotografi sehari-hari saja.

8. Leica Q

Leica Q

Leica Q mendapat predikat sebagai kamera pocket dengan full frame terbaik. Mungkin jika dilihat kamera ini tidak seperti kamera pocket lainnya. Pasalnya, Leica Q mengusung lensa 28 mm dengan apertur f/1.7.


Keunggulan lain yang ditawarkan oleh kamera ini adalah sensor full frame yang cukup besar. Biasanya, sensor ini hanya ditemui pada kamera DSLR. Leica Q tampil dengan sangat tangguh dengan keberadaan kontrol layar sentuh serta autofocus dengan kualitas yang luar biasa. Jadi, meskipun kamera ini tidak memiliki fitur zoom, tetapi kamera ini sangat worth untuk dibeli.

9. Panasonic Lumix TZ100

Panasonic Lumix TZ100

Walaupun Panasonic Lumix TZ100 hanya mengusung sensor 1 inci, tetapi Panasonic menyertakan kualitas zoom hingga 10 kali yang lebih baik dari kamera lainnya. Kombinasi sempurna ini memungkinkan Anda untuk memotret gambar dengan hasil yang jelas meskipun Anda sedang memotret di bawah sinar matahari sekali pun. Kamera saku yang satu ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang tidak memerlukan kamera dengan sensor besar.

10. Canon Powershot N100

Canon adalah brand besar dengan produk kamera yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Selain merilis kamera DSLR, Canon juga mengeluarkan produk kamera pocket. Salah sat kamera pocket terbaik yang dimiliki Canon adalah Powershot N100.

Kamera ini mengusung sensor CMOS dengan resolusi 12.1 MP. Resolusi dari kamera ini memang kecil, tetapi ada sebuah layar sentuh yang bisa dilipat ke atas sehingga memudahkan Anda untuk mengambil foto selfie. Canon Powershot N100 ini juga memberikan fitur 5 kali Optical Zoom dan 4 kali Digital Zoom.

Daftar kamera pocket terbaik dari Carisinyal ini bisa menjadi petunjuk bagi Anda yang ingin memiliki sebuah kamera saku berkualitas. Dengan kamera ini, Anda bisa mengambil foto dengan kualitas yang cukup baik tanpa perlu membawa kamera yang berukuran besar semacam DSLR.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *