Carisinyal / Kamera 2016 / 10 Rekomendasi Kamera Prosumer Terbaik 2016

10 Rekomendasi Kamera Prosumer Terbaik 2016

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kamera prosumer juga dikenal sebagai kamera bridge, di mana kamera ini menempati posisi di tengah-tengah kamera pocket dan kamera DSLR. Jika Anda ingin mengganti kamera pocket dengan sebuah kamera yang lebih canggih, tetapi Anda belum ingin membeli kamera DSLR, maka Anda bisa membeli salah satu kamera prosumer terbaik ini.

Kamera bridge ini adalah alternatif bagi Anda yang belum ingin membeli kamera DSLR. Pasalnya, kamera ini menawarkan kontrol manual dan lensa zoom yang serupa dengan kamera DSLR. Nah, berikut ini Carisinyal akan membagikan daftar kamera prosumer terbaik untuk Anda.

10 Rekomendasi Kamera Prosumer Terbaik 2016

1. Panasonic FZ1000

Panasonic FZ1000 mengusung sensor 1 inci, tetapi kamera ini mampu merekam video hingga resolusi 4K. Optical zoom yang dihasilkan oleh kamera ini hanya 16 kali saja, ini tergolong rendah dibanding optical zoom yang ditawarkan oleh kamera prosumer lainnya.

Kamera dengan resolusi 20.1 MP menyediakan aperture f/2.8 dengan maksimum wide-angle. Aperture f/2.8 tersebut memampukan Anda menangkan gambar dengan pencahayaan rendah tanpa menggunakan sensitivitas ISO tinggi. Panasonic melengkapi kamera ini dengan Hybrid 5-axis Optical Image Stabilisation untuk meminimalisir goyangan kamera.

2. Canon G3 X

Canon G3 X kamera prosumer terbaik

Canon memperkenalkan kamera superzoom dengan sensor kamera 1 inci yang memiliki resolusi 20.2 MP. Canon menambahkan 25 kali optical zoom yang juga menjadi daya tarik dari kamera prosumer ini karena dapat memperbesar objek foto dengan mudah.

Keistimewaan Canon G3 X juga terletak pada kontrol layar sentuh sebesar 3.2 inci yang memudahkan Anda dalam mengatur setting kamera ini. Kamera ini mampu merekam video dengan kualitas Full HD, tetapi sayangnya tidak dengan resolusi 4K. Canon juga memberikan prosesor premium Digic 6 Image pada kamera bridge ini.

3. Sony RX10 II

Sony RX10 II

Sama dengan kedua kamera prosumer terbaik yang sudah kita bahas sebelumnya, Sony RX10 II ini juga menawarkan sensor 1 inci dengan resolusi 20.2 MP. Tidak ada optical zoom yang menyertai kamera ini, tetapi Sony menjamin bahwa RX10 II ini adalah kamera prosumer berkualitas premium yang mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang lebih baik.

Kamera ini bisa merekam dengan resolusi hingga 4K yang cukup tajam. Jika Anda lebih sering menggunakan kamera prosumer untuk keperluan merekam video, Sony RX10 II ini adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda.

4. Canon Powershot SX60 HS

Canon Powershot SX60 HS

Selanjutnya, ada kamera prosumer yang menawarkan berbagai jenis fitur spesial. Canon Powershot SX60 HS dapat melakukan zoom hingga 65 kali. Selain itu, kamera ini juga mengusung sensor yang terbilang standar, yakni sensor 1 inci 16.1 MP.

Kamera yang masih menggunakan kontrol manual ini mengusung jendela bidik elektronik dengan kemampuan yang sangat baik. Tak sampai di situ, Canon turut menambahkan built-in Wi-Fi dan NFC untuk memindahkan gambar ke perangkat lain secara mudah. Overall, Canon Powershot SX60 HS dapat menghasilkan gambar yang berkualitas bagus.

5. Nikon Coolpix P610

Mungkin Nikon Coolpix P610 adalah kamera prosumer termurah yang ada di daftar ini. Walaupun murah, kamera ini membawa fitur dan spesifikasi yang cukup lumayan. Kamera yang memiliki sensor 1 inci 16.1 MP ini dibekali dengan 60 kali Optical Zoom. Dengan kata lain, Nikon Coolpix P610 merupakan kamera superzoom yang cukup menyaingi kualitas optical zoom dari Canon Powershot P610.

Meskipun harganya sangat murah, Nikon Coolpix P610 ini menyediakan fitur Wi-Fi dan NFC. Dilihat dari fitur dan spesifikasi secara keseluruhan, rasanya Anda tidak akan menyesal jika membeli kamera bridge dari Nikon ini.

6. Panasonic Lumix DMC-FZ72

Kini, saatnya Panasonic Lumix DMC-FZ72 yang unjuk gigi. Ini merupakan kamera prosumer termurah yang tidak akan menguras dompet Anda. Dibekali dengan sensor 1 inci 16.1 MP, Panasonic Lumix DMC-FZ72 ini juga dilengkapi dengan 60 kali optical zoom.

Kecepatan pengambilan gambar yang ditawarkan oleh kamera ini adalah 9fps. Sementara itu, kamera bridge ini bisa merekam video dengan resolusi 1080p. Tidak konektivitas Wi-Fi yang menyertai kamera ini, tetapi Panasonic memberi harga yang cukup worth untuk spesifikasi yang ditawarkan oleh Lumix DMC-FZ72 ini.

7. Sony Cybershot HX300

Sony Cybershot HX300

Masih membahas kamera prosumer terbaik dari Sony, kali ini ada seri HX300, di mana kamera ini menyediakan spesifikasi yang hampir sama dengan DSC-HX400V. Kamera prosumer ini juga memiliki sensor 1 inci 20.4 MP.

Kamera ini bisa merekam video dengan kualitas Full HD. Di samping itu, kontrol manual cincin lensa yang ditawarkan oleh kamera bridge ini menjadi daya tarik tersendiri yang menarik minat pembeli. Akan tetapi, Anda tidak akan menemukan Wi-Fi atau GPS pada kamera yang dibandrol dengan harga yang lebih murah dari Sony Cybershot DSC-HX400V ini.

8. Fujifilm FinePix HS50 EXR

Fujifilm FinePix HS50 EXR

Sensor yang hanya berukuran ½ inci ditambah dengan resolusi 16 MP, lantas apa keistimewaan dari Fujifilm FinePix HS50 EXR ini? Jika dilihat dari sensornya, kamera ini memang tidak tampak spesial dibanding kamera prosumer lain yang ada di daftar ini. Akan tetapi, Fujifilm FinePix HS50 EXR membawa keunggulan lain yang berupa cincin zoom tradisional di sekitar lensa barel yang membuatnya terlihat seperti kamera SLR.


Selain itu, Fujifilm juga menyematkan electronic viewfinder yang sangat baik. Kamera yang mengusung 42 kali digital zoom ini menawarkan hasil foto yang tidak kalah dengan Sony Cybershot DSC-HX400V dan Panasonic Lumix DMC-FZ72.

9. Nikon Coolpix P900

Nikon Coolpix P900

Sejauh ini hanya Nikon Coolpix P900 yang memegang gelar kamera prosumer dengan optical zoom terbaik di daftar ini. Ya, kamera yang mengusung sensor 1 inci 16 MP ini diperkuat dengan adanya 83 kali optical zoom. Nikon Coolpix P900 diklaim sebagai kamera bridge dengan optical zoom terpanjang di dunia. Hal inilah yang membuat kamera ini menjadi salah satu produk Nikon yang paling best seller.

10. Sony Cybershot DSC-HX400V

Sony Cybershot DSC-HX400V

Kamera superzoom dari Sony ini memang layak diacungi jempol. Pasalnya, Sony Cybershot DSC-HX400V dilengkapi dengan sensor 1 inci yang diimbangi dengan resolusi 20.4 MP. Kualitas sensor dari kamera ini semakin prima dengan adanya 50 kali optical Zoom.

Mungkin optical zoom pada kamera ini tidak sebanyak Panasonic Lumix DMC-FZ72, tetapi kamera ini menyimpan keunggulan lain, yakni adanya konektivitas Wi-Fi yang memudahkan Anda untuk mengirim gambar ke perangkat lain.

Sayangnya, kamera yang mengusung desain ergonomis ini memiliki electronic viewfinder yang masih tergolong rendah. Namun, Anda akan sedikit terhibur dengan harga ekonomis yang ditawarkan oleh Sony Cybershot DSC-HX400V ini.

Kamera prosumer terbaik yang ada di daftar ini rata-rata dibandrol dengan harga 3 – 7 juta rupiah. Anda bisa memilih kamera prosumer ini sesuai dengan budget yang Anda miliki atau fitur yang menarik hati Anda. Namun, jika ada dana lebih memang sebaiknya Anda membeli kamera DSLR langsung dibanding kamera prosumer.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *