Galaxy A72, HP dengan Performa Kamera Terbaik di Kelasnya

Ditulis oleh Dikdik Saparudin

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR SAMSUNG PERMANEN LINK

Tidak banyak ponsel pintar di kelas menengah yang menawarkan beragam fitur canggih seperti Galaxy A72. HP ini bisa dibilang mampu menawarkan semua yang dibutuhkan pengguna di sebuah ponsel mid-range.

Desain yang bergaya dan menonjol, bodi tangguh dengan rating IP67 dan Gorilla Glass, layar AMOLED yang cemerlang dengan laju penyegaran 90Hz, dan pengaturan speaker stereo hybrid yang mengesankan adalah beberapa alasan mengapa Galaxy A72 layak disebut unggulan di kelasnya.

Tidak lupa untuk menyebutkan kalau HP ini menawarkan performa dapur pacu yang dapat diandalkan serta pengaturan kamera yang terbilang hebat dengan lensa telefoto. Ya, Galaxy A72 memiliki kamera tele yang jarang ditawarkan ponsel lain di kelasnya.

Kehadiran kamera telefoto di Galaxy A72 membuatnya salah satu pilihan yang menarik bagi Anda yang hobi fotografi. Dengannya Anda bisa merasakan pengalaman fotografi yang lebih kaya dan keren.

Jadi apa itu kamera telefoto dan mengapa itu dianggap sebagai fitur unggulan di Galaxy A72?

Sekilas Tentang Kamera Telefoto

Sebuah ponsel unggulan masa kini biasanya datang dengan sistem multi-kamera belakang yang terdiri dari kamera telefoto, kamera sudut lebar, dan kamera ultra lebar. Tak jarang mereka ditemani oleh lensa makro untuk foto jarak dekat atau lensa kedalaman untuk efek bokeh.

Nah, kamera telefoto ini bisa dibilang jarang ditemukan di ponsel kelas menengah, apalagi di ponsel kelas entri. Maka dari itu, kehadiran kamera tele di sebuah ponsel mid-range seperti Galaxy A72 menjadi kelebihan tersendiri.

Kamera telefoto memungkinkan Anda memperbesar pemandangan atau subjek tunggal jika Anda menginginkannya. Anda bahkan bisa memotret foto yang berjarak ratusan hingga ribuan meter dengan kamera telefoto. Detail yang ditawarkan tergantung seberapa canggih fitur pembesaran atau zoom-nya dan yang paling penting: pencahayaan yang tepat.

Galaxy S20 Series merupakan salah satu yang terdepan dalam urusan kamera telefoto. Namun, jika Anda menginginkan fitur ini di ponsel kelas menengah, salah satu pilihan terbaiknya adalah Galaxy A72, yang dijual beberapa kali lebih murah dari S20 Series tentu saja.

Kamera tele Galaxy A72 berukuran 8 MP dengan bukaan f/2.4 dan menawarkan 3x zoom optik. Menariknya, kamera ini memiliki optical image stabilization (OIS), yang juga melengkapi kamera utama Galaxy A72. Kehadiran OIS ini merupakan sebuah tambahan yang bagus, yang mana dengannya hasil foto akan terlihat jernih.

Menurut Samsung, kamera telefoto Galaxy A72 memiliki sensor yang sama dengan yang ditemukan di Galaxy S20 FE. Ia mampu melakukan zoom digital hingga 30x. Dan pengalaman memotret yang ditawarkannya kemungkinan tidak akan jauh berbeda dengan saudaranya yang berada di kelas yang lebih tinggi tersebut.

GSM Arena, salah situs spesifikasi dan ulasan ponsel paling terpercaya di dunia, mengatakan kalau kamera telefoto Galaxy A72 menghasilkan foto yang sangat bagus dalam kondisi cahaya yang baik. Mereka juga menyebutkan kalau tingkat detail dan ketajaman hasil jepretannya cenderung menonjol.

Situs lainnya, SamMobile, juga mengatakan hal yang tidak jauh berbeda. Mereka menjelaskan kalau dengan pencahayaan yang tepat, Anda bisa mendapatkan hasil yang bagus hingga pembesaran 10x. Hasil ini menjadi keunggulan lain Galaxy A72 karena dinilai sebagai kemampuan zoom kelas atas.

Dengan demikian, jika Anda ingin merasakan pengalaman kamera zoom berkelas tetapi tidak bersedia membayar harga untuk ponsel flagship, Galaxy A72 adalah rekomendasi paling bagus di sini.

Jika Anda bertanya bagaimana dengan kemampuan kamera zoom-nya dalam kondisi cahaya redup? Jawabannya mudah. Keadaan cahaya redup sulit untuk kamera zoom di ponsel mana pun. Maksudnya, kamera telefoto di setiap ponsel membutuhkan pencahayaan yang tepat, seperti siang hari dan di lingkungan dalam ruangan yang cukup terang untuk mendapatkan hasil terbaik.

Meski demikian, hasil tangkapan kamera tele Galaxy A72 dalam kondisi cahaya redup tetap memberikan kualitas hingga beberapa kali pembesaran. GSM Arena sendiri menyebutkan kalau kamera telefoto Galaxy A72 dengan pembesaran 3x bertahan cukup baik dalam kondisi cahaya redup.

Sekilas Tentang OIS

Seperti yang telah disebutkan di atas, OIS dibenamkan pada kamera utama dan telefoto Samsung. Nah, sistem OIS Samsung menggunakan kombinasi pemrosesan perangkat keras dan perangkat lunak yang cukup canggih untuk menghasilkan foto yang jelas dan tajam bahkan dalam cahaya redup.

Pada Galaxy A72, hebatnya, Samsung menyediakan OIS ganda untuk bidikan yang stabil baik Anda menggunakan kamera sudut lebar atau tele. Sebagai informasi, OIS ganda ini biasanya hanya terdapat pada ponsel flagship Samsung, seperti Galaxy S20, S20+, S20 Ultra, Z Flip, Note10, dan lain sebagainya.

Kehadiran OIS ganda di Galaxy A72 adalah kelebihan yang sulit ditemukan di ponsel-ponsel sekelasnya. Ini membawa performa kameranya ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan harga yang ditawarkannya, jelas ini merupakan opsi yang tidak boleh dilewatkan oleh para pecinta fotografi.

Tentunya kamera Galaxy A72 tidak hanya tentang kamera telefoto dengan performa serba bisa atau OIS ganda yang memperjelas dan mempertajam bidikan, baik dengan kamera tele maupun kamera sudut lebar. Sistem kamera ponsel ini layak dikatakan serbaguna, sehingga bisa diandalkan untuk menangani banyak skenario, lingkungan, kesempatan, dan pengaturan.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram