carisinyal web banner retina

Menilik Kecanggihan Layar Trio Samsung Galaxy A32, A52, dan A72

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 24 November 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR SAMSUNG permanen

Trio Samsung Galaxy A kembali hadir dengan menawarkan sejumlah fitur yang menyenangkan. Yang paling menjadi pusat perhatian adalah ketersediaan seri 5G untuk Galaxy A32, A52, dan A72. Nantinya jika di negara kita jaringan 5G sudah bisa digunakan, maka ketiga ponsel mid-end seri 5G ini dipastikan sudah bisa terhubung dengan jaringan 5G tersebut.

Tak hanya itu saja, trio Samsung Galaxy A non-5G ini juga menghadirkan layar yang berkualitas. Ketiganya sudah dibekali dengan layar berjenis Super AMOLED dengan tambahan fitur-fiturt baru yang sudah diimprovisasi dari generasi sebelumnya. Nah, apa sajakah fitur anyar yang membuat Galaxy A32, A52, dan A72 disebut sebagai ponsel kelas menengah dengan layar berkualitas?

Refresh Rate yang Besar

Menilik Kecanggihan Layar Trio Samsung Galaxy A32, A52, dan A72 1Sumber: tek.id

Samsung menambahkan refresh rate yang cukup tinggi pada trio Galaxy A. Pasalnya, refresh rate yang tinggi bisa menunjang tampilan visual layar smartphone. Tampilan yang kamu lihat jadi lebih halus dan tanpa gangguan kedipan layar.

Bagi kamu yang belum mengetahui definisi refresh rate, inilah kemampuan layar gadget untuk melakukan beberapa kali refresh atau pemindaian ulang gambar per detik dalam satuan Hertz (Hz). Semakin tinggi angka refresh rate pada smartphone, maka semakin banyak gambar yang ditampilkan dalam waktu per detik. Saking cepatnya, kamu tidak akan menyadari bahwa layar ponselmu sempat berkedip saat proses refresh.

Samsung Galaxy A32, A52, dan A72 masing-masing memiliki refresh rate 90Hz. Angka refresh rate ini tergolong cukup tinggi untuk ponsel kelas menengah, mengingat sejumlah ponsel mid-end biasanya hanya dibekali dengan refresh rate 60Hz saja pada layarnya. Bahkan, generasi pendahulunya – A31, A51, dan A72 – hanya dibekali refresh rate standar 60Hz.

Layar Jadi Lebih Peka Terhadap Sentuhan

Menilik Kecanggihan Layar Trio Samsung Galaxy A32, A52, dan A72 3Sumber: techadvisor.com

Sesuai dengan judul artikel ini, Carisinyal akan mengajakmu mengenal kecanggihan layar trio Samsung Galaxy A32, A52, dan A72 secara lebih dalam. Penambahan refresh rate di ketiga ponsel ini memang cukup mempengaruhi kualitas layar. Namun Samsung tak hanya mencukupkan diri sampai di situ saja. Samsung turut menambahkan touch responsive rate pada ketiga smartphone ini menjadi 180Hz.

Semakin tinggi touch responsive rate layar smartphone, tentu layar jadi semakin responsif terhadap sentuhan. Kombiunasi antara refresh rate 90Hz dengan touch responsive rate 180Hz menjadikan layar trio Galaxy A32, A52, dan A72 ini jadi lebih istimewa.

Lebih Terang dan Jelas Meskipun di Bawah Sinar Matahari Terik

Menilik Kecanggihan Layar Trio Samsung Galaxy A32, A52, dan A72 5Sumber: smartprix.com

Permasalahan yang sering kita alami ketika menatap layar ponsel di bawah sinar matahari yang terik adalah tampilan layar jadi gelap dan tidak terlihat. Kita harus memincingkan mata dan menutup layar agar tidak terpapar sinar matahari agar bisa melihat tampilan layar ponsel secara lebih jelas.

Dengan Samsung Galaxy A32, A52, dan A72 kamu tidak perlu mengalami masalah seperti ini. Layar ketiga ponsel ini memiliki tingkat kecerahan (brightness) hingga 800 nits. Jadi, meskipun kamu mengoperasikan ponsel di bawah sinar matahari yang sangat terik, tampilan layar di ponsel akan tetap terlihat terang dan jelas.

Menariknya, tingkat kecerahan layar hingga 800 nits ini umumnya hanya ada pada ponsel kelas high-end yang harganya sekitar 10 juta rupiah. Samsung Galaxy A32, A52, dan A72 merupakan ponsel mid-end pertama yang menawarkan brightness layar hingga 800 nits. Umumnya, ponsel kelas menengah hanya mempunyai brightness di angka 400-600 nits saja.

Menatap Layar Lebih Aman dengan Adanya Eye Comfort Shield

Menilik Kecanggihan Layar Trio Samsung Galaxy A32, A52, dan A72 7Sumber: techradar.com

Penggunaan ponsel yang terlalu lama dinilai dapat mengganggu kesehatan mata. Hal tersebut disebabkan karena layar gadget memancarkan sinar biru. Jika kita menatap layar ponsel terlalu lama, efek dari paparan sinar biru ini bisa bermacam-macam, mulai dari mata lelah sampai dengan kerusakan retina.

Untuk mengantisipasi kemungkinan buruk akibat penggunaan ponsel jangka waktu panjang, Samsung menyematkan fitur Eye Comfort Shield pada beberapa smartphone mutakhirnya. Galaxy A32, A52, dan A72 juga memperoleh fitur pintar yang satu ini. Adanya fitur Eye Comfort Shield pada trio Galaxy A ini diklaim dapat mengurangi dampak buruk dari sinar biru (blue light) hingga 12,5 persen.

Fitur Eye Comfort Shield bisa langsung diaktifkan dengan mudah ketika kamu menggunakan ketiga ponsel tersebut. Jika tidak sedang  menggunakan ponsel, kamu dapat mematikan fitur ini dengan sangat mudah.

Semua fitur pada layar Samsung Galaxy A32, A52, dan A72 membuat ketiga ponsel tersebut lebih unggul dari ponsel pintar kelas menengah (mid-end) sejenisnya. Tentu saja kecanggihan layar ini juga akan mempermudah semua aktivitasmu, mulai dari sekadar browsing, streaming, sampai dengan gaming.

Dengan harga yang terbilang terjangkau, kamu bisa mendapatkan smartphone mid-end dengan layar sekaliber ponsel high-end. Trio Galaxy A juga hadir dengan ukuran layar yang berbeda-beda, yakni A32 dengan layar 6.4 inci, A52 dengan layar 6.5 inci, dan A72 membawa layar 6.7 inci.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram