carisinyal web banner retina

Menilik Kecanggihan S Notes, Bukan Aplikasi Catatan Biasa

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 3 November 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR PERMANEN LINK SAMSUNG

Setiap smartphone pasti memiliki aplikasi catatan. Brand smartphone pasti menyematkan aplikasi catatan bawaan sehingga penggunanya tidak perlu mengunduhnya lagi. Namun, aplikasi catatan umumnya memang hanya bisa dipakai untuk mencatat teks saja.

Pernahkah kamu berpikir jika semua kebutuhan seperti convert dokumen, merekam suara, menggambar, dan mencatat bisa dilakukan dalam sebuah aplikasi yang sama? Jadi, kamu tidak perlu membawa laptop untuk convert dokumen, tape recorder untuk merekam suara, atau membawa alat tulis untuk mencatat dan menggambar. Cukup dengan satu aplikasi di smartphone-mu, kamu sudah bisa melakukan semuanya.

Tak perlu berpikir panjang, semua kebutuhan yang sudah disebutkan sebelumnya bisa kamu dapatkan di aplikasi S Notes dari Samsung. Aplikasi yang sudah tersedia di beberapa ponsel Samsung, seperti Galaxy Note20 dan Note20 Ultra ini bisa melakukan convert dokumen hingga merekam narasumber. Wah, seperti apa sih kecanggihan S Notes ini? Yuk, cari tahu lebih lanjut!

Menandai File PDF

S Notes 1

Hampir semua smartphone saat ini sudah bisa membuka file PDF. Akan tetapi, tidak semua smartphone bisa dipakai untuk mengedit file PDF, terutama jika kamu ingin menandai file tertentu. Dengan S Notes, kamu bisa langsung menandai file PDF dengan mudah.

Impor dokumen PDF, lalu buat catatan langsung di file tersebut dengan menggunakan S Pen. Kamu dapat mencoret-coret, mewarnai, menggaris, atau membuat diagram langsung di dokumen PDF yang dibuka dengan S Notes. Se-simple itu, lho! Bahkan, usai mengeditnya, kamu bisa langsung membagikannya ke orang lain.

Merekam Suara Sembari Mencatat

S Notes 2

Kamu pasti pernah melihat wartawan zaman dulu di mana mereka masih membawa buku catatan dan tape recorder ketika hendak merekam sekaligus mencatat informasi dari narasumbernya. Nggak kebayang ribetnya seperti apa, kan? Teknologi di era modern seperti ini memang mempermudah semua pekerjaan, termasuk kegiatan merekam dan mencatat informasi dari narasumber.

S Notes adalah aplikasi yang memungkinkanmu mencatat sembari merekam suara. Di catatanmu akan dibubuhi penanda waktu sesuai rekaman suara. Jadi, kamu bakal lebih mudah saat hendak mencari rekaman audio dan catatan yang dibuat dari narasumber yang sama.

Selain itu, kamu tidak perlu membawa buku catatan dan tape recorder lagi, cukup satu smartphone di genggamanmu maka kamu bisa merangkum informasi dari narasumber dengan praktis dan mudah.

Oh ya, fitur yang ditawarkan S Notes ini sementara belum bisa ditemukan di aplikasi catatan bawaan dari brand smartphone lainnya.

Mengubah Tulisan Tangan ke Teks

S Notes 3

Siapa di sini yang setuju kalau menulis tangan jauh lebih efisien dibanding mengetik, terutama pada saat-saat genting yang membutuhkan kecepatan? Dengan mengandalkan S Notes, kamu bisa mencatat secara manual dengan menggunakan S Pen, kemudian tulisan tanganmu itu bisa diubah menjadi bentuk teks.

Lupakan buku catatan dan pulpen karena kamu bisa menggunakan S Notes di smartphone Samsung. Kalau sedang terburu-buru dan harus mencatat sesuatu dengan cepat, cukup buka aplikasi S Notes, ambil S Pen, dan mulai  menulis.

S Notes juga menawarkan fitur Screen Off Memo yang memungkinkanmu menulis kapan saja tanpa perlu membuka aplikasinya terlebih dahulu. Bahkan, saat layar sedang mati, kamu tetap bisa mencatat dengan menggunakan S Pen. Saat selesai mencatat, langsung simpan catatanmu di S Notes dan nantinya kamu dapat mengeditnya ke teks.

Sinkronisasi Catatan ke Semua Perangkat

S Notes 4

Catatan yang sudah dibuat di S Notes bisa disinkronisasikan ke perangkat lain – baik itu antar smartphone, tablet, maupun PC. Bagikan catatan yang dibuat di S Notes dengan Samsung Cloud. Kemudian bukan Samsung Cloud di perangkat lain untuk mengakses catatanmu tersebut.

Convert Dokumen ke Berbagai Format

S Notes 5

Keunggulan lain yang coba ditawarkan S Notes adalah kemampuannya convert dokumen ke berbagai format. Ya, dengan aplikasi catatan yang satu ini kamu dapat membuat file dalam bentuk Samsung Note Files (.SDOC), Microsoft Word (.doc), PDF, Text File, maupun Image File (.jpg).

Kecanggihan fitur convert dokumen ini tidak akan kamu jumpai di aplikasi catatan bawaan dari merk smartphone lain. Jadi, ketika kamu memiliki S Notes di smartphone Samsung-mu, kamu akan merasa lebih praktis dan eksklusif saat melakukan kegiatan mencatat, merekam audio, atau sekadar menggambar.

Dengan adanya aplikasi S Notes, semua kegiatan mencatat maupun merekam audio terasa jadi lebih mudah. Wajar saja jika S Notes disebut sebagai “bukan sekadar aplikasi catatan biasa” karena aplikasi ini menawarkan sejumlah fitur dan kecanggihan yang masih jarang dimiliki oleh aplikasi catatan lainnya.

So, berminat untuk memiliki S Notes dalam genggaman? Kamu bisa menemukannya di sejumlah smartphone Samsung high-end, seperti Galaxy Note20 atau Note20 Ultra. Apalagi smartphone tersebut juga sudah dibekali dengan S Pen yang akan semakin mendukung mobilitasmu dengan S Notes.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram