Carisinyal / Advan 2020 / Yuk Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Advan G5 Elite!

Yuk Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Advan G5 Elite!

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Januari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebelumnya kami sudah membahas soal kelebihan dan kekurangan Advan G5, begitu pun dengan generasi penerusnya yakni Advan G9 dan juga Advan G9 Pro. Nah, kalau yang satu ini, kami akan memberikan penjelasan mengenai seluk beluk Advan G5 Elite. Nama “Elite” di sini bukan untuk diartikan varian Pro. Justru, Advan G5 Elite ini merupakan versi ringan dari Advan G5 reguler.

Padahal seperti yang sudah kita ketahui, Advan G5 sendiri saja sudah dibanderol dengan harga Rp1 jutaan yang begitu murah. Sekarang, masyarakat Indonesia justru kedapatan varian HP yang jauh lebih murah lagi, hanya seharga Rp1,1 juta. Apakah HP ini layak beli? Yuk simak 10 kelebihan dan kekurangan Advan G5 Elite di bawah sebagai bahan pertimbangan!

Spesifikasi Advan G5 Elite

Advan G5 Elite

  • Layar: IPS LCD 6.1 inches
  • Chipset: UNISOC SC9832E
  • CPU: Quad-core 1,4 GHz
  • GPU: Mali-T820 MP1
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 16 GB
  • Memori Eksternal: microSD(dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 5 MP
  • Kamera Depan: 2 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 3000 mAh battery

Spesifikasi selengkapnya…

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Kelebihan Advan G5 Elite

Seperti apakah kelebihan yang dimiliki Advan G5 Elite? Mana yang lebih worth it ketimbang HP ini dan Advan G5 reguler? Yuk disimak poin-poin kelebihan berikut!

1. Pilihan Warna yang Aesthetic

advan g5 elite desain bodi

Meskipun Advan merupakan perusahaan smartphone di harga yang sangat murah, tampilan desain bodi belakang selalu jadi perhatian. Meski tidak menawarkan bodi yang menyerupai iPhone 11 Pro seperti Advan G5, namun varian Elite ini tetap tampil cantik dengan pilihan warnanya yang bernuansakan chic.

Varian warnanya terbagi menjadi tiga, biru tua, hitam, dan warna biru laut. Nah, warna biru laut inilah yang menjadikannya begitu unik, menawarkan warna soft agar memberikan atmosfer kawula muda yang begitu aktif dan fashionable.

2. RAM Cukup Besar di Kelasnya

advan g5 elite ram

Di harganya yang hanya sedikit di atas Rp1 juta, rupanya Advan G5 Elite tetap memerhatikan kebutuhan pengguna akan RAM yang besar. Alih-alih menawarkan RAM 1 atau 2 GB seperti para pesaingnya (contohnya Infinix Hot 9 Play yang masih pakai RAM 2 GB), Anda pun bisa menjalankan aktivitas lebih lancar berkat RAM berkapasitas 3 GB. Tentu RAM ini tidak hadir sendirian, tersemat juga memori internal dengan kapasitas 16 GB pada tipe memori eMMC 5.1.

3. Sudah Dilengkapi Face ID

advan g5 elite face id

Sebagai ponsel yang diluncurkan di penghujung tahun 2020, Advan tidak punya alasan untuk tidak menghadirkan sistem keamanan kunci yang praktis dan cepat. Siapa sangka, di harganya yang murah, Advan G5 Elite dilengkapi fitur pengenalan wajah atau yang biasa disebut Face ID.

Dengan begini, membuka kunci layar pun cukup hanya dengan mengarahkan kamera depan ke wajah dan layar akan terbuka secara seketika. Tidak perlu lagi mengandalkan PIN dan pattern.

4. Layar Terbilang Lebar

advan g5 elite layar

Layar tentu menjadi penting, sebagai bagian dari HP yang paling sering dilihat oleh mata, Advan G5 Elite pun menawarkan layar dengan ukuran cukup besar di angka 6,1 inci. Perlu diingat, tidak bisa dibandingkan dengan HP Rp2 jutaan yang mungkin sudah lebih dari 6,5 inci.

Di rentang harganya, layar 6,1 inci terasa cukup pas. Dan karena tidak terlalu besar, resolusinya yang menggunakan HD Plus (720p) pun sudah cukup layak untuk menampilkan konten visual dengan ketajaman baik.

5. Hadir dengan 3-Card Slot

Advan G5 Elite memang punya RAM yang besar di kelasnya, tapi memori internalnya tergolong kecil. Masalahnya, dengan ukuran 16 GB, jumlah aplikasi pasti sangat terbatas, apalagi kalau harus dibagi dengan file-file pribadi lainnya seperti video, foto, dan dokumen.

Tidak perlu khawatir. Selain menawarkan slot untuk Dual SIM, Advan G5 Elite juga menawarkan slot untuk memori eksternal secara terpisah. Sehingga, ada tempat khusus untuk menaruh file-file tanpa harus mengorbankan kartu SIM kedua, dan memori internal pun bisa didedikasikan untuk menampung aplikasi saja.

Kekurangan Advan G5 Elite

Selain dari kelebihan-kelebihan di atas, sebaiknya simak juga beberapa kekurangan Advan G5 Elite di bawah ini agar punya gambaran yang lebih komplit.

1. Masih Pakai Bluetooth 4.2

advan g5 elite bluetooth

Konektivitas pada Advan G5 Elite sebenarnya cukup lengkap, walaupun tidak menyediakan infrared dan port pengisian dayanya pun masih pakai microUSB. Selain dihadirkan dengan G Sensor yang merupakan sensor accelerometer, perangkat ini pun memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer file melalui Bluetooth.


Namun, versi Bluetooth pada Advan G5 Elite hanyalah Bluetooth 4.2, cukup tertinggal dibandingkan dengan para pesaingnya yang sudah mengantongi Bluetooth 5.0. Memang apa bedanya?

Begini. Bluetooth merupakan metode transfer data secara jarak jauh, dan Bluetooth 4.2 ini memiliki batasan jarak yang 4x lipat lebih sempit ketimbang Bluetooth 5.0. Kecepatan transfer versi 5.0 pun tentu jauh lebih unggul. Kalau Anda ingin menggunakan earphone nirkabel di HP ini, jangan heran kalau delay-nya cukup parah.

2. Tanpa Sensor Sidik Jari

advan g5 elite no fingerprint

Perlu diakui kalau Face ID tidak selamanya lebih unggul dibanding sensor sidik jari. Pasalnya, sensor pada kamera depan belum tentu bisa mengenali wajah dengan baik pada kondisi minim pencahayaan. Dan juga, menggunakan Face ID pada saat menggunakan masker tidak selamanya berfungsi dengan baik.


Untuk itu, idealnya sih setiap ponsel turut dibekali sensor fingerprint scanner baik itu posisinya di belakang, samping, ataupun tertanam di dalam layar. Advan G5 Elite, sayangnya, tidak dibekali dengan fitur pembukaan kunci ini.

Dan kita pun tidak bisa terus menerus mentolerir kekurangannya hanya karena harganya yang miring, karena Infinix Hot 9 Play yang berada di harga yang tidak jauh berbeda sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari di belakang.

Minat masyarakat Tanah Air terhadap sensor sidik jari cukup besar. Semoga ke depannya, Advan bisa menambahkan sensor sidik jari untuk produk-produk keluaran terbaru lainnya nanti.

3. Kapasitas Baterai Kalah Saing

advan g5 elite baterai

Untuk bisa berjalan dengan durasi yang lama, setiap ponsel sepatutnya dihadirkan dengan baterai yang kapasitasnya menunjang. Nah, untuk Anda yang ingin memiliki Advan G5 Elite, nampaknya harus senantiasa beraktivitas dengan membawa power bank. Pasalnya, kapasitas HP ini hanya sebesar 3.000 mAh saja. Kalah jauh dengan para pesaingnya di harga Rp1 jutaan.

Seperti Redmi 9A contohnya, kendati harganya Rp1 jutaan tapi sudah dibekali baterai 5.000 mAh. Bahkan Infinix Hot 9 Play saja punya baterai 6.000 mAh. Kecilnya kapasitas baterai Advan G5 Elite semakin diperparah dengan tidak adanya fast charging dan masih menggunakan microUSB sebagai port pengecasannya.

4. Hanya Memiliki Dual Camera

advan g5 elite dual camera

Ponsel tanpa kamera ibarat sayur tanpa garam. Tenang saja, walaupun Advan G5 Elite ini berada di harga yang begitu murah, perangkat tersebut masih dihadirkan dengan kamera belakang dan depan. Hanya saja, kamera belakangnya hanya mengusung konfigurasi Dual Camera, berbeda dengan Advan G5 yang Triple Camera.

Kamera utamanya memiliki resolusi 5 MP, dan tidak diketahui lensa pendampingnya punya resolusi sebesar apa. Kemungkinan, lensa keduanya ini hanyalah dekoratif sehingga kemampuan kamera HP hanya mengandalkan satu lensa saja. Meski hanya dua, modul kameranya ini disusun selayaknya modul Triple Camera. Jadi, tidak terlalu terlihat seperti HP murah.

5. Chipset Kurang Berperforma

advan g5 elite unisoc

Bagi penggemar berat mobile game, mungkin akan mengurungkan niat setelah melihat jenis chipset yang dipakai Advan G5 Elite. Ini sebenarnya bukan hal baru, rata-rata produk smartphone maupun tablet Advan di 2020 memang dirilis menggunakan chipset dari Unisoc.

Advan G5 menggunakan Unisoc SC9832 yang isinya terkandung delapan inti ARM Cortex A55 pada clock speed 1,6 GHz. Sedikit di bawahnya, Advan G5 Elite menggunakan Unisoc SC9832E. Masih menawarkan klaster ARM Cortex A55, namun kini dengan kecepatan yang berkurang menjadi 1,4 GHz.

Alhasil, kemampuannya dalam menjalankan game pun tentu menjadi berkurang. Mungkin Anda hanya bisa memainkan segelintir game ringan seperti Subway Surfer, Candy Crush, atau yang semacamnya. Tapi, sepertinya tidak disarankan untuk memainkan Mobile Legend apalagi PUBG M menggunakan ponsel ini.

Simpulan

Baik itu Advan G5 maupun Advan G5 Elite, keduanya masih menggunakan chipset Unisoc. Inilah yang membuat keduanya kurang diminati. Dilihat dari harganya sih, terasa wajar Advan G5 Elite dibanderol dengan harga Rp1,1 juta.

Kendati demikian, tetap ada beberapa parameter yang membuatnya kalah saing, seperti sektor baterai, versi Bluetooth, dan juga performa. Sepertinya Advan G5 reguler akan terasa lebih worth it, setidaknya sudah menyuguhkan memori internal lebih dan RAM lebih besar. Juga, baterainya pun hampir dua kali lipat lebih besar.

Toh, Advan G5 saja kini harganya sudah turun dan hampir menyamai harga Advan G5 Elite. Tapi, kembali lagi ke preferensi masing-masing sih. Jadi, berminat beli Advan G5 Elite?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *