Carisinyal / Smartphone / Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan dari HP Advan i5C Duo

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan dari HP Advan i5C Duo

Ditulis oleh

Ada banyak sekali pilihan produk HP di kelas harga Rp1 jutaan. Di kelas harga ini, memang cukup ketat karena banyak vendor dari luar maupun lokal yang banyak berebut ceruk pasar di kelas harga ini, salah satunya adalah Advan. Produsen HP lokal paling laris ini memiliki HP Rp1 jutaan bernama Advan i5C Duo.

Advan i5C Duo ini bakal bersaing dengan HP semacam Xiaomi Redmi 5A, Xiaomi Redmi 6A, Infinix Smart 2, dan lain-lainnya. Lantas, seperti apa Advan i5C Duo ini? Bisakah HP ini bertarung melawan HP lain dari vendor luar? Agar tidak semakin penasaran, simak pemaparan soal kelebihan dan kekurangan Advan i5C Duo berikut ini.

Spesifikasi Advan i5C Duo

Advan i5c Duo

  • Layar: IPS 5.0 inches
  • Resolusi Layar: IPS 1280 x 720 pixels 2,5D Glass
  • Chipset: Spreadtrum SC9850K 
  • CPU: Quad-core 1.3 GHz Processor
  • GPU: SC9850K 
  • Memori Internal: 16 GB, 2 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 64 GB
  • Kamera Belakang: Dual 8 MP + 0,3 MP, Dual Flash, Bokeh Solution
  • Kamera Depan: 8 MP, LED Flash
  • Baterai:  2500 mAh

Kelebihan Advan i5C Duo

1. Desain Tergolong Menarik

* sumber: yangcanggih.com

Advan i5C Duo hadir dengan desain bodi yang Advan sebut sebagai Glassy Body Design. Glassy Body Design adalah desain yang tampak seperti kaca mengilap yang membuat bodi desain HP ini cukup cantik. Desain bodinya memang menarik dan membuat seolah HP ini terlihat lebih elegan. Finishing desainnya juga tergolong baik.

Yang mungkin harus kamu tahu, Glassy Body Design ini bukan berarti kalau Advan i5C Duo merupakan HP yang dibalut bodi kaca. Ingat, hanya tampak seperti kaca. Bodi desain HP ini sih terbuat dari plastik yang cukup wajar untuk kelas harganya. Hanya cara Advan mengemas bodi plastik yang terlihat cantik ini yang membuat desain bodi HP ini perlu diapresiasi sebagai salah satu kelebihan tersendiri.

2. Fitur idOS yang Baik

Advan i5C Duo mengusung antarmuka khas Indonesia yang disebut idOS. UI idOS ini merupakan tampilan antarmuka yang tergolong baik. Banyak fitur menarik di UI ini yang cukup bermanfaat.  Advan i5C sendiri menjalankan idOS versi 7.2 yang memberikan pengalaman navigasi yang smooth.

UI idOS 7.2 hadir dengan fitur yang cukup kaya. Salah satu fitur menariknya adalah Advan Clone, Super AppLock, Antipencurian, dan juga fitur untuk membersihkan dan percepat (boost) untuk mempercepat kinerja. Super AppLock dan fitur Antipencurian barangkali paling menarik di idOS ini.

FItur Super AppLock bakal bekerja untuk melindungi aplikasi agar hanya Anda yang membukanya. Jadi, ketika teman Anda ingin membuka aplikasi tersebut, idOS akan meminat sensor sidik jari Anda. Fitur ini sangat bermanfaat terutama untuk Anda yang sangat peduli dengan privasi.

Fitur Antipencurian juga adalah fitur menarik lainnya. Fitur ini bakal berguna jika Advan i5C Duo hilang. Saat ponsel dirasa hilang, fitur ini bakalan bekerja untuk memberitahukan teman atau keluarga yang dekat dengan Anda lewat SMS.

Fitur ini juga memungkinkan HP untuk memperbarui posisi GPS sehingga bisa dicek keberadaannya. Bahkan, posisi GPS ini akan diberitahukan via email agar ketika HP ini hilang, jadi kamu bisa menemukan HP ini dengan mudah.

Karena banyaknya fitur yang ada di idOS ini, tidak heran jika idOS bisa dibilang sebagai salah satu UI custom yang cukup menarik. UI custom idOS ini ternyata tidak sekadar mengubah tampilan tema dan ikon, melainkan juga memberikan fitur yang cukup bermanfaat.

3. Kehadiran Sensor Sidik Jari

Sebagai HP lokal yang dijual di rentang harga Rp1 jutaan, kehadiran sensor sidik jari di HP ini tergolong sesuatu yang patut diapresiasi. Terlebih sensor sidik jari di HP ini diklaim Advan memiliki kecepatan respon selama 0,3 detik. Meskipun menurut Yangcanggih.com, sensor sidik jari di HP ini masih kurang responsif.

Terlepas dari kurang responsifnya sensor sidik jari, kehadiran sensor sidik jari di HP ini bakal bekerja melindungi privasi. Seperti yang sudah disebutkan jika HP ini memiliki fitur Super AppLock yang hanya bisa dibuka lewat sensor sidik jari.

4. Dual SIM + Slot microSD

* sumber: www.youtube.com

Advan i5C Duo hadir dengan triple slot, yakni dual SIM dan satu slot microSD. Itu berarti, Anda bisa menggunakan dua kartu bersamaan dan juga menggunakan memori tambahan di HP ini. Tidak ada SIM tray di HP ini, karena itu HP tidak dilengkapi dengan SIM tray ejector.

Ketiga slot ini ada di bagian belakang bodi, di bagian atas baterai. Karena Advan i5C Duo ini mengusung baterai yang bisa dilepas, wajar jika slot SIM dan slot microSD ada di bagian belakang. Penggunaan baterai lepas dan posisi slot SIM dan microSD di bagian belakang ini jadi satu hal yang unik karena HP zaman sekarang sudah meninggalkan konsep sepert ini.

5. Mendukung USB-OTG

* sumber: yangcanggih.com

Satu hal yang menarik dari HP ini adalah HP ini sudah mendukung USB-OTG. Jarang lho ada HP lokal yang sudah mendukung fitur yang sangat dibutuhkan di era perpindahan data zaman sekarang. Dengan fitur ini, Anda dengan mudah bisa memindahkan data dari HP ini ke USB maupun sebaliknya.

Kekurangan Advan i5C Duo

1. Performa Rendah

* sumber: yangcanggih.com

HP ini dibekali dengan Spreadtrum SC9850K. Chipset ini bukanlah chipset terbaik untuk kelas 1 jutaan. Meskipun prosesornya ada empat inti, alias quad core dengan kecepatan 1,3 GHz (seperti tampak pada gambar di atas), tetap saja kinerja HP ini lamban. Tengok saja nilai Antutu HP ini hanya 36664.

Skor tersebut sebenarnya tidak begitu buruk jika menggunakan HP ini untuk keperluan bermain gim ringan. Misalnya bermain gim Asphalt Nitro yang menurut Tabloid Pulsa berjalan cukup lancar dan normal. Namun, jelas HP ini kalah performanya jika dibandingkan HP lain di kelas harga yang sama dengan chipset Snapdragon 425, Asus Zenfone Live L1 misalnya.

2. Dual Kamera Gimmick

* sumber: yangcanggih.com

HP ini hadir dengan kamera depan 5 MP yang sebenarnya sudah pasti pas-pasan untuk selfie. Di bagian belakang, HP ini hadir dengan dual kamera 8 megapixel dan 0.3 megapixel. Kehadiran dua kamera di bagian belakang ini jelas bertujuan untuk bisa mendapatkan foto dengan efek bokeh. Sayangnya, hasilnya kurang memuaskan seperti hasil foto yang dijepret oleh Alisodik menggunakan Advan i5c Duo ini.

* sumber: www.youtube.com

Dari hasil foto tampak kalau efek bokehnya kurang alami. Karena itu, bisa dikatakan dua kamera di HP ini kurang begitu bagus alias hanya gimmick semata. Istilah jahatnya, dua kamera di HP ini hanya mengikuti tren HP dual kamera belakang yang bisa menghasilkan efek bokeh yang baik.

3. Masih Mengusung Nougat

HP ini mengusung idOS yang berbasis Android 7.0 Nougat. Mengingat pada umumnya HP terbaru sudah hadir dengan Android 8.0 Oreo, penggunaan Nougat OS pada HP ini bisa dikatakan sebagai kekurangan. Terlebih mungkin Advan tidak akan memberikan pembaruan pada OS HP ini agar bisa jadi Android 8.0 Oreo.

4. Layar Masih Rasio 16:9

* sumber: yangcanggih.com

Advan i5C Duo hadir dengan layar 5 inci. Layarnya sudah menggunakan panel IPS dan mengusung resolusi HD, alias 1280 x 720  piksel. Layarnya memiliki kecerahan yang tergolong standar. Jika di bawah sinar matahari pun, kecerahan layar HP ini terasa kurang baik.

Visual layar HP ini yang kurang menarik juga dipengaruhi oleh rasio layar HP yang belum kekinian. Ketika sekarang banyak ponsel yang mengusung rasio layar 18:9, HP ini masih mempertahankan layar dengan rasio 16:9. Efeknya, bezel layar di HP ini terasa tebal.

5. Baterai yang Pas-pasan

* sumber: www.youtube.com

Advan i5C Duo hadir dengan baterai berkapasitas 2.500 mAh. Kapasitas baterai HP ini tergolong kecil. Menurut Tabloid Pulsa, Anda yang berencana memakai HP ini sebaiknya membawa power bank karena daya tahan baterai ini tergolong cukup singkat.

Tabloid Pulsa sendiri menguji tes baterai HP ini dengan tes penggunaan selama satu jam, didapatkan hasil bahwa HP ini digunakan bermain gim HD selama satu jam, persentase pengurangannya 21%. Sementara jika digunakan menonton video, pengurangannya 22%.

Simpulan

Advan i5C Duo terbilang HP yang sebenarnya cukup pas-pasan di kelasnya. Malah, masih banyak HP lain di kelas harga Rp1 jutaan yang menawarkan spesifikasi dan performa yang lebih baik. Namun, terlepas dari kekurangan yang ada, HP ini masih memiliki keunggulan menarik, terutama fitur antimalingnya yang benar-benar patut diapresiasi.

Kamu tertarik dengan Advan i5C Duo? HP ini dijual di kisaran harga Rp1,2 jutaan. Seiring berjalannya waktu, biasanya HP Advan mengalami sedikit penurunan harga. Tertarik?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

Leave A Comment