Carisinyal / Asus 2019 / Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone II

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone II

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Oktober 2019

Tidak berlebihan jika Asus fokus pada HP untuk kelas atas. Mereka cukup sukses menghadirkan perangkat seperti Asus Zenfone 5Z atau Asus Zenfone 6 ZS630KL yang benar-benar mencuri perhatian.

Asus juga benar-benar fokus untuk sektor gaming dengan menghadirkan Asus ROG Phone. Mereka kemudian melahirkan penerus dari ROG Phone dengan nama ROG Phone II. Seperti apa ponsel ini? Tanpa banyak basa-basi, mari simak kelebihan dan kekurangan Asus ROG Phone II berikut ini.

Spesifikasi Asus ROG Phone II

Asus ROG Phone II

Umum

  • Diumumkan
    Juli, 2019
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    171 x 77.6 x 9.5 mm
  • Berat
    240 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif AMOLED
  • Ukuran
    6.59 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 6
  • Resolusi
    1080 x 2340 piksel, rasio 19,5:9 (kepadatan ~391 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 Plus (7 nm)
  • CPU
    Octa-core (1x2.96 GHz Kryo 485 & 3x2.42 GHz Kryo 485 & 4x1.8 GHz Kryo 485)
  • GPU
    Adreno 640 (700 MHz)

Memori

  • RAM
    8 GB, 12 GB
  • Memori Internal
    128/8 GB, 512/12 GB
  • Memori Eksternal
    -

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    2
  • Resolusi
    48 MP + 13 MP
  • Fitur
    48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2", 0.8µm, PDAF/Laser AF
    13 MP, f/2.4, 11mm (ultrawide)
    Fitur: Dual-LED flash, HDR, auto panorama
  • Video
    [email protected]/60fps, [email protected]/60/240fps, [email protected]; gyro-EIS (except @240/480fps)

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1
  • Resolusi
    24 MP, f/2.2, 0.9µm
  • Fitur
    Panorama, HDR
  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ad, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE, aptX HD
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS
  • USB
    3.1, konektor reversibel Tipe-C 1.0; konektor aksesori

Baterai

  • Jenis
    Li-Po
  • Kapasitas
    6000 mAh tidak dapat dilepas
  • Wireless Charging
  • Fitur
    - Pengisian baterai cepat 30W (Quick Charge 4.0)
    - Power bank/Reverse charging 10W

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie
  • Sensor
    Sidik jari (optik, di bawah permukaan layar), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Hitam
  • Lainnya
    Fitur layar:
    - DCI-P3 108%
    - HDR10
    - 120 Hz
    - 240 Hz touch-sensing

    Fitur audio:
    - Audio 24-bit/192kHz
    - DTS Headphone X

Kelebihan Asus ROG Phone II

Terdapat tujuh poin kelebihan yang ada di Asus ROG Phone II. Apa sajakah itu? Simak poin-poinnya berikut ini!

1. Desain Unik dengan Build Quality yang Baik

ASUS ROG PHONE 2

Asus ROG Phone II adalah HP dengan desain dan build quality yang lebih baik dibandingkan seri sebelumnya. Aksen khas ROG Phone sudah melekat dan kental dengan logo yang menyala. Hanya saja, garis desain ROG Phone II sedikit berbeda dibandingkan seri pertama.

Situs Pocket-Lint menyatakan bahwa desain HP ini bukan sekadar penghias saja. Contohnya adalah di tepi kanan ponsel yang terdapat tombol khusus yang berfungsi sebagai tombol tambahan untuk bermain gim, seperti pada gim PUBG Mobile misalnya.

Di bagian lain, ada port yang tampak panjang. Bagian ini berfungsi sebagai tempat untuk memasang aksesoris gim seperti menambahkan game-pad misalnya. 

Oh yah, HP ini sendiri sudah dibalut dengan bodi kaca pada bagian belakangnya. Untuk bingkainya atau frame, HP ini sudah memakai frame aluminium yang membuat HP ini terasa kokoh. 

2. Layar AMOLED 120 Hz

layar asus rog phone 2

* sumber: www.scmp.com

Asus ROG Phone II hadir menawarkan layar 6,59 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Layarnya ini menawarkan raso 19,5:9 dengan kerapatan layar 391 ppi. Layarnya memakai panel AMOLED yang sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 6.

Yang menarik, layar pada Asus ROG Phone II  sudah mendukung DCI-P3 108% dan HDR10. Selain itu, layar di HP ini sudah mendukung mode 120 Hz (dengan mode bawaan 60 Hz). Ada juga teknologi 240 Hz touch-sensing yang membuat sektor layar Asus ROG Phone II istimewa.

Tidak usah ditanya soal kualitas tampilan layarnya. Layar AMOLED benar-benar memanjakan mata dengan warnanya. Yang menarik justru adalah dukungan mode layar 120 Hz. Dengan mode layar 120 Hz, pergerakan animasi di layar Asus ROG Phone II terlihat lebih smooth dibandingkan dengan HP yang punya framerates 60 Hz.

Ben Sin dari Forbes mengatakan kalau layar 120 Hz di Asus ROG Phone II tergolong bagus jika dibandingkan HP lain dengan framerates 60 Hz. Namun, sebenarnya layar 120 Hz di Asus ROG Phone II  tidak berbeda jauh dengan HP dengan framerates 90 Hz seperti di OnePlus 7 Pro.

Hal ini disebabkan karena mata manusia sudah sulit membedakan pergerakan di framerates 90 Hz dan framerates 120 Hz. Tapi dukungan mode 120 Hz jelas memberikan pengaruh besar terhadap performa HP, baik untuk digunakan sehari-hari, maupun ketika digunakan bermain gim.

3. Daya Tahan Baterai yang Sangat Lama

BATERAI ASUS ROG PHONE II

* sumber: www.gsmarena.com

Asus ROG Phone II dibekali dengan baterai berkapasitas besar, yakni 6.000 mAh. Dengan kapasitas baterai besar tersebut, HP ini mencatatkan endurance rating 132h pada pengujian yang dilakukan oleh GSMArena.

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, Asus ROG Phone II berhasil mencatatkan waktu bicara 40 jam, internetan 15 jam 28 menit, dan pemutaran video 25 jam 36 menit.  Hasil tersebut didapatkan dengan kondisi Asus ROG Phone II pada mode layar 60HZ. Lantas, bagaimana jika kondisi layar HP ini berada di mode 120Hz? Berikut hasilnya.

BATERAI ASUS ROG PHONE II

* sumber: www.gsmarena.com

Terlihat kalau Asus ROG Phone II dengan kondisi layar 120Hz mampu mencatatkan endurance rating 114h. Untuk waktu bicaranya, masih sama yakni 40 jam. Tetapi untuk waktu internetan hanya mencapai 13 jam 22 menit saja. Tes memutar video menghasilkan waktu 16 jam 50 menit, turun cukup drastis dibandingkan ketika HP dengan kondisi layar 60 Hz.

4. Performa Kencang

Performa ASUS ROG PHONE 2

ASUS ROG Phone II dibekali dengan Snapdragon 855+. Chipset ini merupakan peningkatan dari Snapdragon 855. Peningkatan terletak pada clock speed CPU dan GPU-nya.

Snapdragon 855 hadir dengan konfigurasi CPU Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485) dengan GPU Adreno 640.

Sementara Snapdragon 855+ hadir dengan konfigurasi CPU Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485) dan GPU Adreno 640 yang memiliki clockspeed 700 Mhz. Terlihat kalau Snapdragon 855+ memiliki peningkatan di kecepatan CPU dan GPU-nya. 

Performa ASUS ROG PHONE 2

* sumber: www.forbes.com

Lantas, berapa nilai Antutu dari HP ini? Mari simak gambar di bawah ini. 

ANTUTU ROG PHONE II

* sumber: www.gsmarena.com

Gambar tersebut adalah gambar yang menjelaskan nilai Antutu dari ROG Phone II. Tampak di gambar kalau ROG Phone II di tes dengan Antutu dengan berbagai mode.  Antutu Asus ROG Phone II dengan layar 60Hz menghasilkan nilai Antutu 384 ribuan, nilai Antutu yang umum untuk perangkat Snapdragon 855+

Peningkatan signifikan terjadi ketika Asus ROG Phone II menggunakan mode layar 120 Hz. Nilai Antutu pun naik sampai 100 ribuan, nilai yang tentunya besar. Nilai Antutu juga naik ketika Asus ROG Phone II masuk X Mode dan X Mode + Fan. Yang menarik, nilai Antutu Asus ROG Phone II bisa mencapai hampir 500 ribuan ketika masuk X Mode Ultimate + Fan.

Gambaran nilai Antutu tersebut menjelaskan beberapa fakta tentang performa dari Asus Rog Phone II. Fakta pertama, Asus ROG Phone memiliki performa yang kencang. Tidak usah lagi ditanya gim apa yang dijalan di HP ini. Semua gim berat pasti bisa diselesaikan dengan mudah. Fakta kedua, Asus ROG Phone II memiliki berbagai mode performa.

Fakta ketiga adalah bahwa Asus ROG Phone II sudah memiliki sistem pendingin alias fan. Hal ini tidak aneh sebenarnya karena sistem pendingin sudah diterapkan di ROG Phone pertama tetapi kali ini penempatan fan atau sistem pendingin di ROG Phone II lebih baik.

Oh yah, Asus ROG Phone II sudah didukung dengan tipe memori UFS 3.o yang membuat performa HP jadi lebih cepat. Situs South China Morning Post mengatakan kalau performa dari Asus ROG Phone II ini tergolong “buas”. HP ini dapat menjalankan gim seperti Real Racing 3 dengan 120 fps. Sebuah keunggulan yang tentunya tergolong menarik.

5. Kualitas Audio Stereo

Ada satu sektor yang jarang diperhatikan oleh produsen smartphone, yakni kualitas audio. Terutama untuk vendor yang menghadirkan HP gaming, audio seringkali jadi faktor kesekian untuk diperhatikan.

Hal berbeda dipikirkan oleh tim Asus ROG. Mereka mendesain Asus ROG Phone dengan teknologi audio yang mumpuni yang menunjang pengalaman bermain gim yang nyaman. Seperti kata GSMArena, teknologi suara di ROG Phone II memiliki kualitas suara yang luar biasa. HP ini dapat menghasilkan bass yang benar-benar terasa.

Selain itu, kualitas audio di HP ini tidak hanya dari speaker utama. Ketika menggunakan headset, suara yang dihasilkan dari headset atau earphone tetap bagus. Keunggulan ini jelas berpengaruh pada pengalaman bermain gim atau nonton video yang lebih memuaskan dengan suara yang cemerlang. 

6. ROG UI

UI ROG PHONE II

* sumber: www.gsmarena.com

Asus ROG Phone II hadir dengan UI yang dinamakan ROG UI. ROG UI ini adalah tampilan antarmuka yang dikostumisasi berdasarkan ZenUI dengan basis Android 9 Pie. Tampilan menu dan fitur dari ROG UI sedikit mirip dengan ZenUI yang bisa dibilang adalah UI dengan tampilan OS Android murni yang clean. 

Pembeda ROG UI dan ZenUI terletak pada fitur-fitur yang dimilikinya. ROG UI jelas hadir dengan berbagai fitur. Salah satunya adalah hadirnya fitur ASUS Armoury Crate – Gaming portal. Armoury Crate ini adalah fitur yang pada umumnya hadir di perangkat laptop gaming ROG. Dengan fitur ini, bermain gim tentu jadi lebih mudah dan menyenangkan.

7. Kamera Solid

Kamera ASUS ROG PHONE II

* sumber: www.forbes.com

Sebuah ponsel gaming, rata-rata jarang memperhatikan aspek kamera. Biasanya kamera yang tertanam di HP gaming cenderung biasa. Namun, ROG Phone II ternyata memiliki kualitas kamera yang solid untuk ukuran sebuah HP gaming. 

Mari lihat seberapa solid dan bagus kamera ROG Phone II. Pertama, mari lihat spesifikasi kamera ROG Phone II yang hadir dengan kamera belakang ganda. Kameranya ini menawarkan kamera utama 48 MP dengan bukaan f/1.8. Kameranya sudah dilengkapi fitur PDAF dan Laser autofocus. Kamera kedua adalah kamera ultra-wide 13 MP.

Lantas, bagaimana hasil tangkapan kamera ROG Phone II ini? Mari simak terlebih dahulu contoh hasil tangkapan kamera ROG Phone II berikut ini.

hasil kamera rog phone 2

*

hasil kamera rog phone 2

* sumber: www.gsmarena.com

hasil kamera rog phone 2

* sumber: www.gsmarena.com

Secara keseluruhan, hasil tangkapan kamera HP ini tergolong bagus. Seperti kata GSMArena yang mengatakan kalau HP ini dapat menangkap gambar yang sangat bagus. Hasil fotonya menunjukkan detail yang bagus dan fotonya hampir memiliki sedikit noise. 

Selain itu, kualitas foto yang dihasilkan dari foto ini memiliki rentang dinamis yang baik. Reproduksi warna yang dihasilkan juga tergolong bagus.

Sayangnya untuk mode pemotretan low light, hasilnya tidak excited dan memiliki banyak noise. Namun, hasilnya tetap memiliki detail yang baik. Kabar baiknya, ketika dipakai dalam mode malam (night mode), hasil tangkapan jadi baik dan foto menghasilkan sedikit noise. 

Untuk kamera depan, Asus ROG Phone II dilengkapi kamera 24MP dengan bukaan f/2.2. Menurut GSMArena, hasil tangkapan kamera depannya benar-benar solid. Foto yang dihasilkan benar-benar memiliki detail yang bagus, tajam, dan memiliki jarak fokus yang baik. Untuk sektor kamera, HP ini memang benar-benar memiliki kamera yang solid.

Kekurangan ASUS ROG Phone II

Ada tiga kekurangan dari Asus ROG Phone II ini. Apa saja kekurangan tersebut? Yuk, langsung simak berikut ini!

1. Bodi Berat

Desain ASUS ROG PHONE II

* sumber: www.forbes.com

Asus ROG Phone II memang memiliki build quality dan desain yang bagus. Namun, HP ini tergolong berat di tangan. Dengan dimensi 171 x 77.6 x 9.5 mm  dan bobot 240 gram, HP ini terasa berat di tangan. Seperti kata Techradar yang merasakan kalau Asus ROG Phone II terasa berat di tangan.

2. Tidak Ada IP Rating

Sebagai HP kelas atas, seyogyanya Asus ROG Phone II harus sudah mendapatkan sertifikasi tahan air atau IP Rating. Sayangnya, hal tersebut tidak ditemukan di Asus ROG Phone II. Hal ini membuat para pengguna harus berhati-hati ketika memainkan Asus ROG Phone II, terutama ketika di kondisi hujan atau basah.

3. Sensor Sidik Jari yang Tak Bisa diandalkan

layar asus rog phone 2

* sumber: www.scmp.com

Asus ROG Phone II dilengkapi dengan sensor sidik jari di layar. Tidak ada yang istimewa dengan sensor sidik jari di layar ini terlebih karena banyak HP kelas menengah yang mengadopsi teknologi ini. Pertanyaannya seberapa baik performa sensor sidik jari di layar ini?

Sensor sidik jari di ROG Phone II ternyata tidak memuaskan. Setidaknya, menurut GSMArena. Mereka mengatakan kalau sensor sidik jari di layar pada HP ini tidak terlalu “wah”. Sensornya membaca dengan cepat tetapi mereka mengalami masalah soal akurasi dan keandalan. Satu kekurangan lagi tentunya dari ROG Phone II.

Simpulan

Asus ROG Phone II bisa dibilang HP yang memiliki banyak keunggulan. Banyak peningkatan yang dilakukan Asus di seri ini dibandingkan seri sebelumnya. Contohnya adalah desain yang lebih baik, teknologi sistem pendingin yang lebih baik, dan tentu saja spesifikasi yang lebih mumpuni. Bisa dibilang, Asus ROG Phone II yang benar-benar solid dan layak dibeli.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

One Response

  1. Berat karena btarai besar cuy.. pernah megang hp yg 5ooomah keatas blm cuy.. kalo blm jgn bilang ky orang..
    Lucu me nymplung k air apa harus pake IP ranting.. hp game mana ada yg main d air.. kbnykn orang main d darat
    .. sensor sidik jari mah lumayan bagus.. karena ktbalan kaca CG ke 6 buat layar tangguh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *