carisinyal web banner retina

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 5

Ditulis oleh Carisinyal - Diperbaharui 12 Agustus 2020

Asus Zenfone 5 adalah varian dari ponsel pintar Asus yang berukuran besar. Ponsel pintar ini memiliki layar selebar 5 inci. Ponsel yang diluncurkan januari 2014 lalu cukup mencuri perhatian di pasaran indonesia. Kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 5 juga banyak menjadi perbincangan dalam beberapa bulan ke belakang.

Asus Zenfone 5 menggunakan prosesor intel yang biasa di gunakan untuk komputer atau laptop. Prosesor intel yang digunakan untuk PC atau desktop membuat smartphone Asus Zenfone 5 ini di harapkan memiliki kinerja yang gahar.

Asus mendesain ponsel ini dengan sangat stylish dengan dapur pacu yang cukup mumpuni untuk sebuah smartphone. Pengguna akan merasakan kecepatan akses dan kinerja multitasking yang berjalan dengan sangat baik.

Tampilan desain Asus Zenfone 5 yang elegan dengan prosesor Intel Core kecepatan 2 Ghz tentu membuat banyak mata melirik pada ponsel ini. Dengan balutan warna merah, putih, biru, hitam dan emas, ponsel ini tentu sangat stylish untuk diajak bergaya. Bagaimanakah kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 5 ini? Berikut kami berikan reviewnya untuk Anda.

Kelebihan Asus Zenfone 5

Smartphone besutan Asus ini hadir dengan banyak kelebihan yang menjadikannya sangat laris di pasaran. Lantas apa sajakah kelebihan dari salah satu smartphone terbaik 2015 ini? berikut daftar lengkap keistimewaan yang dimilikinya.

  • Dual SIM

Asus Zenfone 5 dibekali dengan dual sim card yang sangat di gemari oleh konsumen di indonesia. Para penggunanya juga bisa mengaktifkan dua simcard tersebut secara bersamaan. Ponsel ini juga telah mendukung jaringan 3G HSDPA, GPRS, dan EDGE. Sehingga konsumen bisa menggunakan berbagai macam koneksi tergantung area coverage sinyal simcard mereka.

  • Kualitas layar jempolan

Layar selebar 5 inci yang dimiliki oleh Zenfone 5 memudahkan pengguna untuk menavigasi layar dan melihat konten multimedia yang bisa diakses untuk ponsel ini. Untuk ketajaman layar sendiri, ponsel ini memiliki resolusi 720x1280 piksel atau kerapatan layar sebesar 294 ppi.

Layar ini juga dibekali dengan teknologi IPS LCD sehingga menampilkan gambar dengan apik serta viewing angle yang cukup luas. Tak lupa layar Zenfone 5 dibekali dengan pelapis Corning Gorilla Glass yang membuat layar terlindungi dari berbagai macam goresan.

  • Memori penyimpanan besar

Handphone Asus Zenfone 5 hadir dengan dua versi memori internal, yakni 8 GB dan 16 GB. Kapasitas tersebut cukup mumpuni untuk menyimpan berbagai macam aplikasi dan data. Terlebih, pengguna juga masih bisa menambah tempat penyimpanan dengan slot microSD yang disediakan hingga mencapai 32 GB.

  • Fitur yang lengkap

kelebihan dan kekurangan asus zenfone 5

Fitur Asus Zenfone 5 juga menjadi salah satu kelebihannya yang lain. Ponsel ini pada perilisannya berjalan pada sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean, namun kini sudah mendapatkan update Android 4.4 KitKat. Tampilan antarmuka ZenUI yang diusungnya juga sangat cantik dan mudah digunakan oleh para penggunanya.

Keistimewaan lainnya dari Zenfone 5 adalah adanya usb otg yang memungkinkan ponsel ditancapi mouse atau keyboard. Selain itu fitur tersebut juga memungkinkan ponsel ini bisa membaca data dari flashdisk secara langsung.

Bluetooth versi terbaru yang dimilikinya juga akan semakin mempercepat dalam melakukan transfer data. Jika Anda pendengar radio yang setia, ponsel ini telah dilengkapi dengan fitur radio FM. Hiburan yang lengkap dalam satu perangkat pintar.

Fitur WiFi hotspot pada Zenfone 5 semakin memudahkan pengguna dalam mengakses internet. Selain itu pengguna juga bisa melakukan sharing koneksi internet dengan pengguna yang lain. Fitur WiFi direct juga dapat digunakan untuk mentransfer data via jaringan WiFi. Sedangkan fitur GPS semakin memudahkan pengguna dalam menentukan lokasi dan mencari tempat dengan baik.

  • Harga yang terjangkau

Harga smartphone Asus Zenfone 5 ini cukup terjangkau di pasaran dibandingkan dengan para kompetitornya. Untuk spesifikasi dan kualitas Asus Zenfone 5 di atas, harganya cukup murah untuk ponsel yang ditujukan bagi pasar kelas menengah ke bawah. Namun harga Asus Zenfone 5 yang murah tak menghalangi kualitasnya untuk tetap unggul.

Seperti disinggung di atas, smartphone Zenfone 5 ini memiliki dua varian yaitu versi 8GB dan 16GB. Keduanya memiliki selisih harga yang berbeda. Untuk seri 8GB dibanderol pada harga Rp 1,6 jutaan sedangkan untuk seri 16GB dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan.

Kekurangan Asus Zenfone 5


Smartphone besutan Asus yang satu ini memang sekilas terlihat tanpa cela. Akan tetapi jika dilihat lebih detail ponsel ini memiliki kelemahan kecil yang bisa saja mengakibatkan ponsel menjadi tak maksimal. Berikut adalah beberapa kekurangan dari Asus Zenfone 5 yang sering dikeluhkan oleh para penggunanya.

  • Baterai yang kecil

Keluhan Asus Zenfone 5 yang paling sering diutarakan oleh penggunanya adalah kapasitas baterai yang rendah. Ya, ponsel ini hanya memiliki daya baterai sebesar 2110 mah. Kapasitas daya baterai ini sangat penting dalam menunjang kinerja ponsel, terutama bagi pengguna yang mobile.

Dengan prosesor yang gahar dan RAM yang besar tentu ponsel ini akan memakan daya baterai yang besar sehingga diperlukan daya baterai yang mampu bertahan lama. Sayangnya dengan daya tersebut, Zenfone tidak akan mampu bertahan lama jika digunakan secara terus menerus untuk bermain game atau browsing internet

  • Ukuran yang terlalu besar

ukuran zenfone 5

Selain dari segi daya tahan baterai, kelemahan ponsel pintar ini ada pada ukuran yang kurang fleksibel jika dimasukkan dalam kantong. Ukuran smartphone 5 inchi memang nyaman untuk melihat berbagai konten multimedia dan game, namun kurang nyaman untuk digenggam bagi tangan orang Indonesia.

Selain itu, ponsel ini juga hanya memiliki rasio screen-to-body sebesar 63% saja. Artinya, kebanyakan penampang depan dari ponsel ini sebagian besar habis oleh bezelnya. Namun untuk masalah desain ini sebenarnya masih bisa diperdebatkan karena hal ini cenderung mengarang kepada kenyamanan masing-masing.

  • Kualitas jepretan medioker
kamera asus zenfone 5

Sampel foto Zenfone 5

Sektor fotografi Zenfone 5 juga menghadirkan spesifikasi yang sangat mengesankan. Ponsel ini dibekali dengan kamera utama 8 MP dengan resolusi 3264x2448 piksel serta dilengkapi dengan auto fokus dan LED flash.

Kamera utamanya tersebut juga dilengkapi dengan teknologi ASUS’ PixelMaster serta aperture f/2.0 yang diklaim mampu memotret dengan baik pada kondisi minim cahaya. Untuk kamera depannya, ponsel ini menggunakan kamera dengan resolusi 2 MP.

Lagi-lagi, meskipun spesifikasinya tersebut cukup menjanjikan, namun kualitas jepretan dari kameranya tersebut tidak terlalu mengesankan. Salah satu yang paling menonjol adalah buruknya dynamic range sehingga sering menghasilkan overexposed light dan underexposed dark.

  • Performa kurang maksimal

Seri Zenfone 5 ini digadang gadang sebagai ponsel kelas menengah yang memiliki kekuatan yang gahar. Kinerja yang gahar tentu akan memudahkan para penggunanya ketika memakai ponsel ini. Kinerja tersebut berasal dari dukungan prosesor serta chipset grafis yang ditanamkan oleh Asus di dalam smartphone ini.

Asus Zenfone 5 memiliki dapur pacu berupa prosesor intel Z2560 quad core dengan kecepatan 1,6 GHz. Sedangkan GPU nya sendiri menggunakan PowerVR AGX544mp2. Kapasitas RAM 2GB digunakan untuk Zenfone veris 16GB, sedangkan kapasitas RAM 1GB digunakan untuk versi 8GB.

Sayangnya meskipun di atas kertas performanya sangat menjanjikan, namun dalam kenyataannya cukup berbeda. Banyak pengguna yang mengeluhkan masalah lag ketika memainkan beberapa judul game tertentu. Masalah ini biasanya paling sering terjadi pada versi RAM 1GB.

Simpulan

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 5 di atas, Carisinyal tetap merekomendasikannya sebagai salah satu ponsel terbaik di rentang harga 2 jutaan. Pesaing utamanya untuk kisaran harga tersebut hanya datang dari Motorola Moto G dan juga Xiaomi Redmi Note.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram