carisinyal web banner retina

Berbagai Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 6

Ditulis oleh Carisinyal - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Asus Zenfone 6 adalah seri Zenfone yang dikeluarkan oleh pabrikan Asus dan memiliki spesifikasi paling tinggi dibanding dengan seri Zenfone 4 dan Zenfone 5. Spesifikasi yang lebih tinggi tersebut juga menjadikan kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 6 lebih bervariasi dibandingkan kedua saudaranya tersebut.

Sama seperti nama yang diusungnya, Asus Zenfone 6 hadir dengan layar berukuran 6 inci. Ukuran layar yang besar ini terlihat sangat cerah, meskipun kerapatan piksel di layar Asus ini hanya mencapai ~245 ppi. Kelebihan lain pada sisi layar Asus Zenfone ini adalah proteksi layar, di mana perangkat ini dilengkapi dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3.

Sistem operasi Android bawaan pabrik perangkat ini ketika awal perilisannya adalah Android 4.3 Jelly Bean. Kini, pengguna smartphone Asus Zenfone 6 ini bisa melakukan upgrade OS menjadi Android 4.4.2 Kitkat. Selain update sistem operasi, Asus juga sering memberikan minor update untuk aplikasinya secara berkala.

Kelebihan Asus Zenfone 6

Asus Zenfone 6 memiliki beragam kelebihan yang akan membuat Anda tertarik untuk meminangnya. Beberapa keunggulan Asus Zenfone 6 ini di antaranya terletak di segi desain, memori penyimpanan, baterai, dan juga performanya.

  • Desain cantik

kelebihan dan kekurangan asus zenfone 6

Seperti yang dikatakan di awal, Asus Zenfone ini memiliki desain yang mewah. Pada bagian back cover terdapat kamera utama sebesar 13 MP yang terlihat sangat rapi. Untuk panel belakangnya tersebut terdapat 4 macam warna yang dapat Anda pilih yakni Charcoal Black, Pearl White, Cherry Red, Champagne Gold.

Yang sedikit sedikit disayangkan pada Asus Zenfone 6 ini adalah bezel di bagian depannya yang terlihat sedikit lebih tebal. Selain itu, bobot dari perangkat ini juga cukup berat hingga mencapai 196 gram. Akan tetapi hal tersebut bukanlah masalah berarti karena phablet Zenfone 6 bukanlah perangkat yang akan dimasukkan ke dalam saku baju atau celana.

  • Memori internal besar

Sama seperti seri Zenfone yang lainnya, smartphone Zenfone 6 ini menyuguhkan tiga variasi memori internal yakni 8GB, 16GB, dan 32GB. Ketiga pilihan memori internal tersebut dirasa sudah cukup untuk menyimpan berbagai macam data dan aplikasi. Selain itu, Anda juga dapat menambahnya dengan memori eksternal MicroSD card hingga 64 GB.

  • Kamera kelas atas
kamera zenfone 6

Sampel kamera Zenfone 6

Asus Zenfone 6 memiliki spesifikasi kamera yang terbilang tinggi dan dilengkapi beberapa fitur canggih. Kamera utama perangkat ini memiliki resolusi sebesar 13 MP dengan dukungan fitur autofocus, LED flash, geo tagging, touch focus, dan face detection.

Teknologi Pixelmaster khas Asus juga sudah disematkan pada kamera ini. Untuk perekaman video, kamera ini mampu merekam video dengan resolusi 1080p pada kecepatan 30 fps. Bagi Anda yang suka berfoto selfie, maka sudah disematkan pula kamera depan sebesar 2 MP.

  • Performa handal

Dapur pacu yang digunakan oleh Zenfone 6 sudah cukup tinggi yaitu berupa prosesor dual-core 2 GHz dengan chipset Intel Atom Z2580 dan GPU PowerVR SGX544MP2. Dengan kecepatan prosesor yang tinggi hingga 2 GHz tersebut, perangkat ini mampu bekerja sangat cepat dan bisa digunakan untuk bermain game Android kualitas HD.

Sedangkan untuk RAM-nya, Zenfone 6 tersedia dalam dua varian yakni 1GB dan 2GB. Agar dapat mengimbangi kualitas prosesor dan GPU-nya, maka sangat disarankan untuk memilih versi yang memiliki RAM sebesar 2GB.

  • Baterai tahan lama

Asus Zenfone 6 ini dipersenjatai dengan baterai tipe Li-Po yang memiliki kapasitas 3300 mAh. Dengan kapasitas daya baterai sebesar itu phablet Asus ini dapat mencapai waktu standy by hingga 398 jam dan waktu bicara hingga 28 jam.

Kapasitas baterai yang besar tersebut juga menjadi poin lebih dari Zenfone 6 mengingat dua saudaranya selalu mendapat keluhan mengenai kapasitas baterai yang kecil. Sayangnya baterai tersebut tidak bisa dilepas sehingga mungkin cukup menyulitkan ketika Anda ingin menggantinya.

  • Tampilan ZenUI yang simpel

Untuk tampilan antaramukanya, Zenfone 6 menggunakan ZenUI yang sangat cantik. Selain cantik, tampilan tersebut juga kaya akan fitur dan mudah untuk digunakan. Anda tidak akan kesulitan mengoperasikannya meskipun baru pertama kali menggunakan handphone ini.

  • Harga bersaing

Harga Asus Zenfone 6 di pasaran saat ini berada pada kisaran Rp 2,9 jutaan. Harga tersebut tentu sangat menggiurkan jika menilik berbagai kelebihan yang dimilikinya. Dari segi spesifikasi dan harga, praktis hanya Xiaomi Mi-3 saja yang menjadi saingan terdekatnya.

Kekurangan Asus Zenfone 6

Meskipun bertabur fitur papan atas, namun hal tersebut tidak menjamin Zenfone 6 bebas dari kekurangan. Ya, kekurangan Asus Zenfone 6 memang tidak terlalu signifikan, namun layak untuk Anda perhitungkan agar tidak kecele ketika meminangnya. Berikut adalah beberapa kekurangannya.

  • Layar belum full HD

layar zenfone 6

Asus Zenfone 6 mengusung layar 6 inci dengan resolusi 720 x 1280 piksel alias HD 720p. Resolusi tersebut sebenarnya sudah cukup, namun belum memuaskan. Pasalnya, kebanyakan phablet berlayar 6 inci sudah mengusung resolusi Full HD 1080p (1080 x 1920 piksel).

Jika layarnya sudah memiliki resolusi Full HD, maka dipastikan gambar yang ditampilkan akan lebih tajam lagi. Namun peningkatan resolusi tersebut secara otomatis akan membuat konsumsi daya baterai menjadi lebih besar lagi. Jadi untuk kasus ini Asus tampaknya lebih memilih untuk menghemat daya baterai ketimbang menyajikan layar yang tajam.

  • Tidak ada NFC

Asus Zenfone 6 tidak di lengkapi koneksi nfc, ini menjadi salah satu kekurangan dari perangkat ini. Namun hal ini tidak menjadi masalah yang besar pada pengguna, karena saat ini meski banyak smartphone yang sudah mendukung NFC, masih banyak pengguna tidak mengerti cara menggunakannya di ponsel mereka.

  • Masalah pada tombol fisik

Tombol volume dan power pada Asus Zenfone 6 ini juga tergolong keras, jadi harus mengeluarkan tenaga yang lebih pada jari bila akan memperbesar atau memperkecil volume, begitu juga tombol powernya. Selain itu, setiap pembelian Asus Zenfone 6 di Indonesia tidak disertai dengan headset/earphone. Padahal earphone adalah sesuatu yang penting bagi setiap gedget.

  • Belum mendukung 4G

Pada sisi koneksi data internet, Zenfone 6 menggunakan jaringan 3G dengan kecepatan download perangkat bisa mencapai 42 mb/detik. Tidak hanya handal pada sisi donwload saja, jaringan 3G di perangkat ini sudah support kecepatan upload data tingkat tinggi hingga mencapai 5.7 mb/detik.

Sayangnya, perangkat ini belum mendukung jaringan 4G LTE yang saat ini sedang gencar dipromosikan di Indonesia. Seperti kita ketahui, jaringan 4G LTE memiliki kecepatan yang jauh lebih kencang dari HSPA+ sekalipun, yakni mencapai 150 Mbps.

Simpulan

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 6. Para calon pembeli haruslah mempertimbangkan baik dan buruknya agar tidak menyesal ketika sudah membelinya. Secara keseluruhan, Asus Zenfone 6 sangat layak dimiliki karena kelebihan dari phablet ini cukup baik untuk menutupi kekurangannya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram