Kupas Tuntas 10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS Zenfone 9

Ditulis oleh Aris Wibowo

6. Kemampuan Baterai yang Baik 

Zenfone 9 Baterai_

Asus Zenfone 9 dipasarkan dibekali dengan baterai dengan kapasitas 4300 mAh. Kapasitas tersebut memang biasa saja untuk standar ponsel masa kini. Namun, performa baterai ini cukup baik untuk penggunaan harian. 

Baterai tersebut memang lebih besar 300 mAh dari seri Zenfone sebelumnya. Walaupun meningkat sedikit, ternyata cukup untuk Zenfone 9 menyala hingga 48 jam kurang. Hal ini menandakan bahwa sistem manajemen daya HP ini cukup bagus, kendati resolusi layarnya 2K.

Dalam pengujian pemutaran video streaming yang dilakukan Mariyan Slovov, Asus Zenfone 9 dapat bertahan selama 12 jam 14 menit.

Adapun teknologi pengisian cepat yang digunakan ialah 30W. Teknologi pengisian cepat ini memang terasa kurang dibanding pesaing yang sudah 120W. 

Dengan charger bawaan, ASUS Zenfone terbaru ini bisa mendapat waktu pengecasan sekitar 74 menit. Pengecasan dengan tempo singkat itu dilakukan untuk mengisi baterai kosong hingga penuh.

Pembahasan berlanjut ke poin konektivitas. Ponsel ASUS ini mendukung segudang jenis konektivitas. Mulai dari jaringan seluler 5G, WIFi 6, dan Bluetooth 5.2. Menariknya, HP ini juga punya stereo speaker dengan Dirac Tuning.

7. Kualitas Speaker Stereo yang Oke

Zenfone 9 speaker_

Kualitas visual ASUS Zenfone 9 tak perlu diragukan lagi. Namun, suatu ponsel dapat dikatakan memiliki kemampuan multimedia yang lengkap jika bisa menghasilkan kualitas audio bagus. Perihal itu telah diusahakan ASUS melalui penyematan speaker stereo.

Speaker utama Zenfone 9 ditaruh di bagian bawah, sedangkan speaker sekundernya ada di atas - menyatu dengan earpiece.

Walau tidak ada embel-embel seperti JBL, Harman Kardon, atau Bang & Olufsen, speaker stereo HP ini nyatanya mampu menghasilkan suara yang prima

8. Sistem Android ZenUI Kaya Fitur 

android 12

ASUS menyadari bahwa smartphone sangat penting bagi penggunanya. Maka dari itu dalam Zenfone 9, ASUS membenamkan sejumlah fitur yang akan membantu pengguna dalam mengoperasikan perangkat ASUS-nya.

Dalam HP Android 5G ini, ASUS masih menggunakan sistem Android 12 dengan balutan Zen UI. Menariknya, terdapat sejumlah fitur yang dikembangkan dari Google Tools. 

Salah satu fitur yang cukup berguna di ponsel ASUS ini ialah fitur smart key. Fitur smart key berfungsi agar pengguna bisa lebih cepat membuka aplikasi tertentu yang sudah diatur sebelumnya. Cara menggunakannya, Anda cukup menekan tombol power dua kali saja.

Kekurangan ASUS Zenfone 9

Di samping enam kelebihan di atas, ada empat hal lain yang mesti Anda perhatikan terhadap ASUS Zenfone 9. Empat hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi Anda dalam melihat ponsel ini.

1. Desain Tidak Lagi Mewah

asus zenfone 9_

Ponsel flagship saat ini rata-rata hadir dengan desain mewah nan elegan. Seperti seri Zenfone 8, meski berdesain kompak, Ponsel ini sudah menggunakan bodi berlapis kaca nan mewah. Nah, dalam seri Zenfone 9, ASUS justru menghilangkan lapisan kaca tersebut.

Dalam seri terbaru ini, ASUS hanya menggunakan bodi belakang bahan polymer. Selain itu, ASUS juga menyegarkan desain kamera dengan menghilangkan modul persegi yang khas. 

Ubahan ini memang membuat HP Android ini lebih ringan dan minimalis. Sayangnya, ubahan ini juga membuat HP tidak nampak mewah dan terkesan murahan. Memang nuansa mewah coba dihadirkan ASUS melalui desain kamera baru. Tapi, tampaknya masih belum berhasil.

2. Tidak Ada Slot MicroSD

ASUS Zenfone 9 hadir dengan desain bodi yang kompak. Pemilihan bodi yang ringkas ini membuat ASUS harus menghilangkan sejumlah fitur penting. Salah satu fitur yang hilang ialah tidak ada lagi slot untuk microSD.

Hal ini memang cukup mengecewakan bagi Anda yang gemar menyimpan file penting di smartphone. Memang, ASUS sudah membekali HP premium ini dengan memori internal 256 GB. Namun, tampaknya, slot microSD untuk memori penyimpanan tambahan masih sangat dibutuhkan.

Slot microSD dianggap masih penting karena file aplikasi, file foto maupun file video saat ini terus bertambah besar. Jadi jika Anda gemar menyimpan file di HP, maka akan cepat penuh. Untuk itulah slot microSD masih dibutuhkan untuk memori tambahan.

3. Tidak Ada Kamera Telephoto

Zenfone 9_

Tren smartphone kamera saat ini memang sudah dibekali lebih dari dua kamera belakang. Saat ini banyak produsen menghadirkan kamera utama dilengkapi kamera ultra-wide atau kamera makro. Namun, beberapa HP flagship mulai menggantikan kamera ultra-wide dengan kamera telephoto.

Nah, ini menjadi kekurangan yang sangat mengecewakan dalam ASUS Zenfone 9. Pasalnya, meski ASUS sudah menghadirkan sektor kamera yang lebih segar. ASUS tidak menghadirkan kamera telephoto.

Padahal kamera telephoto saat ini sangat berguna. Kamera ini dianggap mampu mengambil gambar atau video lebih sinematik. Tidak hanya itu, kamera ini berfungsi untuk menangkap objek yang berada jarak jauh dengan detail.

Simpulan

Tidak diragukan lagi, ASUS Zenfone 9 memang ponsel kelas atas dengan performa terbaik. Meski mengusung desain yang kompak, spesifikasi yang ditawarkan ternyata sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini. 

Dibalik desainnya yang kecil, ASUS menghadirkan prosesor yang kencang, layar yang jernih, baterai yang awet hingga kamera yang stabil. Bila itu belum menarik, HP ini juga memiliki sistem operasi yang tanpa bloatware dan kaya fitur menarik.

«12 3 4»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram