Carisinyal / Smartphone / Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Honor 7X Ini

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Honor 7X Ini

Jika Honor 7A menyasar segmen pasar bawah, maka ada saudaranya yang harganya lebih mahal dan cenderung menyasar kelas menengah, Honor 7X. HP ini berada di kisaran harga 3 juta, lebih mahal 500 ribu dibanding saudaranya yang lain, Honor 9 Lite.

Berada di kelas harga 3 juta, Honor 7X harus bersaing dengan HP lain dari vendor yang lebih terkenal. Karena itu, Honor 7X punya beberapa kelebihan yang bisa dijadikan nilai jual utamanya. Meskipun harus diakui juga ada beberapa kelemahan yang hadir di HP ini.

Lantas, apa sajakah kelebihan dan kekurangan dari Honor 7X ini? Tanpa berlama-lama, Carisinyal akan membahas 10 poin yang terdiri dari 6 kelebihan dan 4 kekurangan dari Honor 7X ini. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Spesifikasi Honor 7X

Huawei Honor 7X

  • Rilis: Desember, 2017
  • Layar: LTPS IPS LCD 5.93 inches
  • Resolusi Layar: 1080 x 2160 pixels ratio 18:9
  • Chipset: HiSilicon Kirin 659
  • CPU: Octa-core (4×2.36 GHz Cortex-A53 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-T830 MP2
  • Memori Internal: 64 GB, 4 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)
  • Kamera Belakang: Dual 16 MP (1/2.9″, 1.25 µm) + 2 MP, phase detection autofocus, LED flash
  • Kamera Depan: 8 MP, 1080p
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3340 mAh

Kelebihan Honor 7X

1. Layar FullView Full HD dengan Bezel Minimal

Honor 7X

Salah satu keunggulan Honor 7X adalah layarnya yang jernih dengan tampilan visual yang ciamik. Layarnya mengusung LCD 5,93 inci dengan resolusi 2160 x 1920, atau FHD+. Tampilan layar HP ini cukup tajam dengan kerapatan piksel yang tergolong baik.

Kalau menurut Trustedreviews, tampilan layar HP ini sangat sempurna meski tidak seperti tampilan layar OLED. Kehadiran fitur untuk mengurangi efek pantulan cahaya biru di HP ini patut diapresiasi. Cuman itu? Ini yang lebih penting, bezel atau pinggiran layar HP ini tergolong tipis sehingga membuat HP ini cocok digunakan sebagai HP untuk keperluan multimedia.

2. Kamera Tergolong Bagus di Kelasnya

kamera belakang Honor 7X

* sumber: www.youtube.com

Honor 7X hadir dengan dual kamera di bagian belakang, kamera 16 MP + 2 MP. Kamera belakang HP ini mampu menghasilkan kualitas gambar yang baik. Bahkan, jika menilik apa yang diungkapkan oleh Trustedreviews, kamera belakang HP ini mampu menangkap gambar dengan baik tanpa fitur HDR. Berikut beberapa contoh hasil tangkapan kamera belakang Honor 7X.

Karena mengusung dual kamera, kamera belakang pada HP ini jelas bisa menghasilkan foto bokeh. Selain itu, menurut GSMArena, mode panorama HP ini tergolong baik. Hasil foto panorama punya detail di atas rata-rata dan punya dynamic range yang bagus.

Honor 7X juga punya kemampuan merekam video dengan baik meski hanya sampai kualitas 1080p 30 fps. Memang HP lain di kelas harga yang sama ada yang mendukung rekaman video lebih tinggi tapi kualitasnya kadang mengecewakan. Kualitas video 1080p hasil rekaman HP ini sudah tergolong cukup. Anda bisa melihat contoh rekaman video memakai HP ini pada video berikut ini.

Menilik hasil foto dan video memakai HP ini, secara keseluruhan, kamera belakang Honor 7X ini tergolong baik. Memang ada beberapa kekurangan tapi masih cukup bisa diterima dan wajar mengingat ada HP lain yang lebih mahal dengan kualitas kamera belakangnya kurang bagus.

3. Daya Tahan Baterai

Honor 7X punya keunggulan dari sisi daya tahan baterai. Dengan kapasitas baterai 3.340 mAh, HP ini punya endurance rating yang baik seperti pada gambar yang ada di atas. Gambar tersebut adalah hasil tes yang dilakukan GSMArena untuk menunjukan daya tahan baterai Honor 7X.

Tampak informasi pada gambar kalau Honor 7X punya peringkat daya tahan selama 77 jam. Nilai yang cukup bagus juga diperoleh saat pengujian panggilan telepon selama 20 jam 41 menit. Pun demikian dengan uji tes berselancar di internet yang mampu mencapai 10 jam 10 menit.

Sayangnya, dalam tes pemutaran video, Honor 7X hanya bertahan sampai 9 jam 23 menit, nilai yang cukup kecil tentunya. Tampaknya, memutar video memakai HP ini membutuhkan daya baterai yang lebih tinggi.

Hasil berbeda ditunjukan oleh Trustedreviews. Mereka mengetes Honor 7X dengan memutar video dari kondisi baterai yang penuh. Hasilnya, HP ini mampu bertahan selama 12 jam. Jika menilik hasil yang berbeda ini, sebenarnya tidak aneh karena biasanya ada banyak faktor lain saat pengujian yang menyebabkan perolehan waktu yang didapatkan berbeda.

Secara keseluruhan, baterai Honor 7X tergolong masih cukup baik dan bisa digunakan untuk seharian. Karena tes baterainya lebih banyak menunjukan keunggulan daya tahan dari Honor 7X.

4. Build Quality

Honor 7X hadir dengan tampilan bodi yang cantik dan memanjakan mata. Bodi HP ini dibalut dengan unibody metal dan kaca pada bagian depan alias layar. Konsep desain ini sebenarnya sudah sering digunakan tapi itu tidak mengurangi build quality HP ini yang tampak lebih solid.

Kalau menurut GSMArena, bodi HP ini tergolong kokoh meski ketika dalam kondisi agak ditekan Frame bodi HP ini termasuk yang cukup solid dan kokoh. Bodi yang tangguh dan kokoh jadi kelebihan tersendiri di Honor 7X, mengingat kompetitor di kelas harga yang sama jarang menghadirkan HP dengan build quality sebaik Honor 7X.

5. EMUI yang Lebih Baik

EMUI Honor 7X

* sumber: www.youtube.com

Honor 7X pada awalnya hadir dengan Emotion UI atau EMUI versi 5.1 berbasis Android Nougat. Kini, Honor 7X yang sudah beredar umumnya mendapatkan pembaruan dengan EMUI 8 berbasis Android 8.0 Oreo. Ketika Honor 7X hadir pertama kali dengan EMUI versi 5.1 berbasis Android Nougat, banyak sekali fitur yang di satu sisi memperkaya tapi di satu sisi dianggap terlalu banyak.

Kehadiran pembaruan EMUI 8 berbasis Android 8.0 Oreo cukup membawa banyak perubahan. Honor 7X dengan EMUI 8.0 Android Oreo tampil lebih baik. Contohnya adalah menu “setting” yang lebih teratur, penambahan opsi baru untuk navigasi floating dock, dan fitur untuk menyembunyikan bilah navigasi bar.

Pembaruan EMUI 8 pada HP ini juga membawa banyak fitur yang umum dihadirkan di Android Oreo, seperti fitur Picture-in-Pincture yang sangat bermanfaat untuk multitasking. Fitur lain yang tergolong fatal adalah pembaruan fitur keamanan.

Memang tidak semua menyukai EMUI, tapi EMUI ini semakin berkembang menjadi lebih baik. Seperti pembaruan EMUI pada HP ini yang meskipun masih terdapat beberapa fitur tak penting, tapi manajemen daya dan performa EMUI 8.0 lebih baik dibanding EMUI sebelumnya.

6. Harga yang Cukup Pas

harga

Saat pertama masuk Indonesia, Honor 7X dibanderol dengan harga 3,5 juta kurang seribu. Harga yang sebenarnya agak mahal untuk langkah perdana Honor di Indonesia. Honor Indonesia kemudian melakukan promosi diskon harga lewat penjualan dengan cara flash sale senilai Rp2.999.000.

Setelah promosi selesai, banyak yang menduga Honor 7X bakal naik lagi ke harga semula. Ternyata, Honor 7X bertahan dengan harga flash sale. Harga tersebut adalah harga yang dijual di Lazada oleh toko resmi Honor. Saat artikel ini dibuat, harganya masih sama dan dengan rentang harga ini, Honor 7X cukup layak untuk dibeli.

Honor 9 Lite, saudara HP ini dijual di kisaran 2,5 juta. Jika diadukan dengan Honor 9 Lite yang punya empat kamera, Honor 7X tampak biasa saja tapi dengan build quaility yang lebih baik dan kualitas kamera belakang yang baik, harga Honor 7X tergolong pas.

Tentu lain cerita jika harga HP ini kembali ke harga 3,5 juta kurang seribu. Kalau boleh berkata “jahat”, kurang layak untuk dibeli jika Honor 7X masih dibanderol dengan harga 3,5 juta.

Kekurangan  Honor 7X

1. Tak Ada NFC

Para vendor di Indonesia yang mengeluarkan HP di kisaran harga 2 sampai 4 jutaan harus segera sadar bahwa NFC itu penting. Sejumlah HP murah yang mendukung NFC masih tergolong sedikit. Padahal, NFC bakal bermanfaat dalam membantu perkembangan uang digital alias pembayaran non-tunai.

Honor 7X adalah HP yang sebenarnya punya potensi untuk punya fitur NFC. Sayangnya, Honor Indonesia tidak menyematkan fitur ini. Bandingkan dengan Moto G5s Plus yang meskipun tidak  mengusung layar kekinian, namun punya fitur NFC. Harga HP dari Moto tersebut juga lebih murah, yakni di bawah 3 juta. Dengan demikian, bisa dikatakan ketidakhadiran NFC di HP ini jadi kekurangan tersendiri.

2. Kamera Depan Biasa Saja

Honor 9 Lite tampil memikat dengan mengusung dua kamera depan dan dua kamera belakang. Sayangnya, tak ada cerita empat kamera di Honor 7X. Honor 7X hanya punya tiga kamera, dua di belakang dan satu depan. Kamera depannya pun hanya mengusung sensor 8 MP saja.

Trustedreviews dan GSMArena sama-sama bilang kalau kamera depan HP ini tidak istimewa. Detail warnanya memang bagus tapi saat digunakan selfie dalam kondisi cahaya sedang maka hasilnya kurang memuaskan. Ada “beauty mode” di kamera depannya yang tampaknya hanya sekadar gimmick. Trustedreviews saja sampai berkata kalau fitur “beauty mode” ini tergolong aneh.

Kalau Anda penasaran dengan hasil kamera depan HP ini, Anda bisa cek pengujian kamera Honor 7X di GSMArena ini.

3. Tak Mendukung Fast Charging

Honor 7X punya daya tahan baterai yang tergolong cukup baik. Sayangnya, hal ini tidak dibarengi dengan dukungan pengisian cepat pada HP ini. Tak ada embel-embel fitur macam “quick charge”, “fast charging”, “turbo charging”, dan istilah lain yang sejenis.

GSMArena sendiri bilang butuh waktu dua jam setengah agar HP terisi penuh. Sementara dalam setengah jam, dari 0% baterai ini akan terisi 33% saja. Hasil yang tidak terlalu spesial dan jadi satu kelemahan tersendiri.

4. Performa yang Tak Terlalu Spesial

Kekurangan lain dari Honor 7X adalah performa yang tidak terlalu spesial. Buruk sih tidak, tapi kurang begitu memuaskan di kelasnya. Sebagai ilustrasi, Honor 7X  ini dibekali chipset Kirin 659. Chipset ini serupa dengan yang tertanam di Honor 9 Lite, yang harganya 500 ribu lebih murah. Kedua HP diuji dalam gim populer PUBG.

Hasilnya? Honor 7X hanya bisa memainkan gim populer PUBG dengan grafis low. Bandingkan dengan Honor 9 Lite yang bisa memainkan PUBG dengan grafis menengah. Hal ini diungkapkan oleh channel Youtube GontaGantiHape.

Mengingat di kelas harga 3 juta, ada HP lain yang punya performa dan chipset yang lebih baik, maka bisa dibilang, performa Honor 7X ini kurang begitu nendang. Tentu untuk kebutuhan penggunaan sehari-hari, menjalankan banyak aplikasi secara multitasking, performanya masih oke, apalagi HP ini dibekali RAM 4GB.

Simpulan

Honor 7X punya kelebihan dari segi tampilan dan daya tahan baterai. Performa HP ini sebenarnya cukup oke dan tidak buruk. Tapi, jika patokannya untuk main gim berat secara terus-menerus, rasanya Honor 7X bukan pilihan yang tepat. Itu artinya, HP ini tidak cocok dipilih oleh Anda yang butuh HP untuk gaming.

Jika Anda butuh HP untuk gaming, Anda bisa lirik HP lain di kelas harga yang sama seperti Asus Zenfone Max Pro M1, Redmi Note 5, atau jika punya dana lebih bisa lirik Vivo V9 6GB dan Asus Zenfone 5.

Lantas HP ini untuk siapa?

Honor 7X lebih cocok digunakan untuk Anda yang membutuhkan HP yang mendukung produktivitas Anda. Anda yang butuh HP dengan tampilan desain cantik dan bodi yang kokoh bisa lirik Honor 7X. Satu lagi, Anda sebaiknya lebih banyak menggunakan kamera belakang untuk foto. Namun untuk selfie, sebaiknya jangan andalkan Honor 7X.

Jika tertarik untuk meminangnya, Anda bisa membeli Honor 7X ini melalui Lazada di link ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

Leave A Comment