Carisinyal / Vivo 2019 / Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Vivo V11!

Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Vivo V11!

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Februari 2019

Vivo merilis Vivo V11 atau Vivo V11i yang merupakan alternatif dari Vivo V11 Pro. HP yang sempat hype di Indonesia ini cukup menarik untuk dibahas, oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, saya akan mengupas tuntas mengenai 10 kelebihan dan kekurangan HP Vivo V11.

Jika Anda tertarik untuk membeli Vivo V11 ini saya sarankan agar Anda membaca pembahasan berikut agar dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli.

Spesifikasi Vivo V11

Vivo V11 nbl

  • Chipset: Mediatek MT6771 Helio P60 (12 nm)
  • RAM & Memori: 4 GB & 64 GB
  • Kamera: Dual 16 MP + 5 MP
  • Baterai: Li-Po 3315 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 3.800.000

Spesifikasi selengkapnya

Kelebihan Vivo V11

1. Desain Kekinian

kelebihan dan kekurangan vivo v11 gadgetin

* sumber: www.youtube.com

Vivo V11 hadir dengan desain kekinian, yakni bezel tipis serta layar yang luas. HP ini juga dilengkapi dengan notch berbentuk water drop atau tetesan air di bagian tengah-atas layar. Di bagian belakang bodinya terdapat dua lensa kamera dan fingerprint sensor yang responsif. GontagantiHape menyebutkan, Vivo V11 ini tergolong ergonomis dan nyaman digenggam.

Vivo V11 tersedia dalam dua pilihan warna gradasi yang cantik, yakni starry night dan nebula. Kalau Anda senang tampil nyentrik, maka jika dinilai dari penampilannya, HP ini sangat cocok untuk Anda pilih.

2. Kualitas Layar Baik

vivo v11 gadgetbytes_camsample_1

* sumber: www.youtube.com

Di sektor layar, Vivo V11 mengusung layar berukuran 6.3 inci yang luas. Layarnya sendiri berpanel IPS LCD dengan resolusi 1080 x 2280 piksel dan rasio 19:9. Vivo menyebut layar lebar seperti ini dengan nama ultra all screen.

Seperti yang dijelaskan di muka, Vivo V11 mengusung layar dengan bezel yang tipis sehingga tampilan layarnya terasa lebih lega dan nyaman. Meski masih menggunakan panel LCD dan bukan OLED, layar dari Vivo V11 ini tergolong jernih dan enak dipandang mata. Anda hobi menonton film menggunakan ponsel? Vivo V11 siap melayani Anda, nih.

3. Performa Lancar

vivo v11 gadgetbytes_camsample_2

* sumber: www.youtube.com

Dari segi performa Vivo V11 juga tidak bisa dipandang sebelah mata. HP ini mengusung chipset Mediatek Helio P60 yang biasa ditemukan pada kebanyakan HP kelas menengah. Ditambah lagi dengan dukungan RAM juga internal storage yang besar, HP ini tentu bisa memenuhi kebutuhan Anda dengan baik.

For your info, skor AnTuTu yang didapat oleh HP ini juga cukup besar, yakni berada di kisaran 130 hingga 140 ribuan. GadgetByte juga melakukan geekbench test pada HP ini dan perolehan skornya tidak berbeda jauh dari Xiaomi Mi A2 yang menggunakan chipset Snapdragon 660 besutan Qualcomm.

Kalau untuk sekadar membuka aplikasi sosial media atau streaming video, sudah pasti Vivo V11 dapat Anda andalkan. Begitu pula untuk bermain game, PUBG misalnya, Anda masih bisa memainkannya, lho.

Bahkan, menurut pengalaman pribadi dari 805Gadget, HP ini masih mampu menjalankan game tersebut dengan setting-an tertinggi. Meski begitu, untuk kenyamanan dalam bermain, Anda disarankan untuk mengatur setting grafisnya menjadi medium.

4. Kualitas Kamera Oke

vivo v11 gadgetin_2

* sumber: www.youtube.com

Nah, setelah tahu betapa kerennya desain, kualitas layar, hingga performa HP ini, saya yakin Anda juga pasti penasaran ingin mengetahui sebagus apa, sih, kualitas kamera dari Vivo V11 ini.

Tenang, buat Anda yang hobi berfoto dan ber-selfie ria, Vivo V11 ini bisa Anda andalkan juga. HP ini dilengkapi dengan dual kamera sebagai kamera utamanya, dengan masing-masing lensa berukuran 16 MP dan 5 MP yang sudah dilengkapi dengan beragam fitur, seperti panorama hingga HDR untuk mendapatkan hasil foto maksimal.

Sementara untuk kamera selfie-nya, Vivo membekali HP ini dengan lensa 25 MP. Oh ya, HP ini sudah didukung teknologi AI atau artificial intelligence yang mampu membedakan objek saat membidik foto.

Kamera dengan AI mampu ‘menyesuaikan diri’ saat membidik objek foto seperti makanan, wajah manusia hingga bangunan. Nah, Vivo sudah melengkapi kamera depan dan belakang dari HP ini dengan teknologi AI yang canggih. Berikut hasil jepretan dari kamera Vivo V11 ini.

vivo v11 gadgetin_camsample

* sumber: www.youtube.com

vivo v11 gadgetin_camsample_2

* sumber: www.youtube.com

vivo v11 gadgetin_camsample_4

* sumber: www.youtube.com

vivo v11 gadgetin_camsample_3

* sumber: www.youtube.com

5. Baterai Tahan Lama

gadgetin vivo v11

* sumber: www.youtube.com

Di sektor baterai, Vivo V11 ini didukung baterai berkapasitas lumayan, yakni 3315 mAh. Berdasarkan pengalaman pribadi dari 805Gadget, dengan pemakaian wajar, HP ini mampu bertahan dari pagi hingga malam hari.

Anda tidak perlu khawatir untuk menunggu lama saat mengisi daya baterai HP Vivo V11 ini karena Vivo sudah membekali HP ini dengan fast charging, walaupun menurut GadgetIn, fitur fast charging-nya tidak seperti yang ada pada saudaranya, Vivo V11 Pro yang bisa dibilang lebih canggih.

GadgetIn menuturkan, dengan adanya teknologi fast charging ini, Anda dapat mengisi daya baterai ponsel sebanyak 34% dalam waktu 30 menit. Sementara untuk mengisinya hingga penuh, Anda memerlukan waktu sekitar 120 menit.

6. Dilengkapi dengan Jack Audio

vivo v11 gadgetbytes_camsample_4

* sumber: www.youtube.com

Seperti yang kita ketahui, kebanyakan HP saat ini ‘menghilangkan’ jack audio berukuran 3.5 mm untuk mengikuti standar. Berbahagialah, bagi Anda yang hobi mendengarkan musik dengan menggunakan earphone, Anda tidak perlu khawatir karena Vivo V11 masih dilengkapi dengan jack audio berukuran 3.5 mm ini, kok.

Kekurangan Vivo V11

1. Tidak Ada NFC

no nfc

* sumber: www.fourthsource.com

Buat Anda yang membutuhkan teknologi NFC atau Near Field Communication sebagai alat transaksi pengganti uang tunai, Vivo V11 bukanlah pilihan yang tepat.

Mengapa? Karena HP ini belum mendukung teknologi NFC yang bisa membantu Anda untuk melakukan pembayaran dengan sekali sentuh saja. Teknologi NFC ini jarang ditemukan di HP kelas menengah dan biasanya dimiliki oleh HP-HP kelas atas.

2. Tidak Tahan Air dan Debu

vivo v11 gadgetbytes_camsample_5

* sumber: www.youtube.com

Selain tidak memiliki fitur NFC atau Near Field Communication, Vivo V11 ini juga masuk ke dalam jajaran HP yang tidak memiliki ketahanan terhadap air dan debu. Ya, sangat disayangkan, Vivo V11 ini belum dibekali dengan sertifikasi IP. Sama seperti fitur NFC, teknologi tahan air dan debu biasanya ada pada HP kelas atas.

3. Masih Menggunakan Port USB Bertipe Micro

vivo v11 gadgetbytes_camsample_3

* sumber: www.youtube.com

For your information, kebanyakan HP saat ini sudah menggunakan port USB tipe-C dengan kemampuan transfer data lebih cepat. Adanya port USB tipe-C ini juga dapat membantu pengisian daya baterai dengan lebih cepat pula. Nah, sangat disayangkan, Vivo V11 yang punya desain cantik ini masih menggunakan port USB bertipe micro yang bisa dibilang agak ketinggalan.

4. Tidak Dilengkapi Wireless Charging

vivo v11 gadgetbytes_camsample_6

* sumber: www.youtube.com

Satu lagi kekurangan dari HP Vivo seri ini. Yup, tidak ada teknologi wireless charging yang mendukung pengisian daya dengan lebih praktis, tanpa menggunakan kabel. Sehingga untuk mengisi daya baterai HP ini, Anda masih harus mengandalkan kepala charger beserta kabelnya.

Simpulan

HP Vivo V11 ini diperuntukkan bagi Anda yang menginginkan HP dengan desain cantik yang punya warna dengan gradasi, notch atau poni kecil berbentuk water drop sehingga terlihat mewah dan elegan. HP Vivo V11 ini juga cocok untuk Anda yang tidak membutuhkan HP dengan spesifikasi yang terlalu tinggi namun cukup untuk menunjang kebutuhan Anda,

Namun, Anda bisa memilih alternatif lain seperti Oppo F9, atau jika Anda ingin HP dengan teknologi NFC dan wireless charging, Anda bisa memilih HP sekelas Samsung Galaxy S9+ hingga Xiaomi Mi Mix 3. Tapi, jika tertarik membeli Vivo V11, langsung saja beli HP ini di Bukalapak lewat link ini.

About the Author:

Saya senang menulis topik tentang musik, makanan, kecantikan, film dan hal yang berbau teknologi. Saya sudah menulis sejak duduk di bangku SMP. Saat ini saya juga mengelola blog pribadi. Saya juga pernah menjadi penulis artikel untuk blog resmi Floating Market Lembang.Saya pernah mengikuti lomba menulis artikel dalam Pemilihan Duta Sanitasi Jawa Barat pada tahun 2010 lalu serta pernah mengikuti lomba menulis cerpen tingkat Kabupaten di tahun yang sama.

Leave A Comment