Carisinyal / Smartphone / Yuk Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Vivo V9 6GB

Yuk Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Vivo V9 6GB

Ditulis oleh

Vivo V9 datang ke Indonesia dengan peluncuran besar-besaran. Saat peluncuran, Vivo V9 ini tergolong ramai dibicarakan sehingga membuat HP ini termasuk salah satu HP populer di Indonesia tahun 2018. Hal yang diperbincangkan tak semata soal spesifikasi Vivo V9 tapi juga konsep acara peluncuran yang dianggap berlebihan.

Yang paling banyak dibicarakan dari Vivo V9 adalah soal penggunaan chipset. Dengan harga 4 juta kurang seribu, Vivo V9 hanya dibekali chipset Snapdragon 450. Sebagai pembanding, HP lain yang pakai Snapdragon 450 dibanderol dengan harga 2 jutaan saja (Xiaomi Redmi 5 contohnya).

Meskipun nilai jual Vivo V9 adalah kamera selfie, banyak warganet yang seolah merasa harga banderol HP ini terlalu berlebihan alias overprice. Meskipun begitu, HP ini tetap laku di pasaran. Yang menarik, Vivo tak tinggal diam dengan mereka yang mengatakan kalau Vivo V9 itu overprice. Vivo menjawabnya dengan mengeluarkan produk menarik.

Produk yang dimaksud masih Vivo V9, tapi hadir dengan spesifikasi yang lebih baik, yakni penggunaan chipset Snapdragon 660 AIE dan RAM 6 GB. Banyak yang menganggap kalau HP ini disebut sebagai Vivo V9 Plus. Tapi Vivo tak menambahkan embel-embel plus pada HP ini. Vivo menyebut HP ini sebagai Vivo V9 6GB saja.

Vivo V9 6GB menarik perhatian banyak orang karena spesifikasinya lebih meningkat dan yang penting harganya lebih masuk akal. Karena itu, banyak orang yang ingin tahu tentang HP ini. Barangkali termasuk Anda.

Jika Anda penasaran dengan Vivo V9 6GB dan berniat membeli HP ini, sebaiknya Anda simak kelebihan dan kekurangan HP ini. Carisinyal akan memaparkan 10 poin yang terdiri dari 7 kelebihan dan 3 kekurangan Vivo V9 6GB ini. Yap, HP ini tergolong menarik sehingga bisa dibilang kekurangannya masih bisa dimaklumi. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak pembahasan kelebihan dan kekurangan Vivo V9 6GB berikut ini.

Spesifikasi Vivo V9 6GB

  • Rilis: Juni 2018
  • Layar: IPS LCD 6.3 inches
  • Resolusi Layar: 1080 x 2280 pixels, 18:9 ratio
  • Chipset: Qualcomm SDM660 Snapdragon 660
  • CPU: Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260)
  • GPU: Adreno 512
  • Memori Internal: 64 GB, 6 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: Dual 13 MP (f/2.2, PDAF) + 2 MP (no AF, depth sensor), dual-LED flash
  • Kamera Depan: 12 MP (f/2.0, 1.28µm), 1080p
  • Baterai: Non-removable  Li-Ion 3260 mAh

Kelebihan Vivo V9 6GB

1. Performa yang Lebih Baik di Kelasnya

Antutu Benchmark Vivo V9 6GB

* sumber: www.youtube.com

Sudah disebutkan sebelumnya kalau Vivo V9 6GB hadir dengan chipset Snapdragon 660. Chipset ini punya kinerja yang lebih baik jika dibandingkan Snapdragon 400 series. Bahkan, prosesor yang digunakan adalah Kryo, tipe prosesor yang umum hadir di seri Snapdragon 800 series.

Dengan chipset dari Snapdragon 660 ini, Vivo V9 mendapatkan skor Antutu sebesar 141.433 seperti yang tampak pada gambar di atas. Snapdragon 660 ini punya pengolah grafis Adreno 512 dan juga punya fitur yang disebut AIE atau Artificial Intelgence Engine. Karena itu, chipset ini sering disebut sebagai Snapdragon 660 AIE.

Dengan sokongan RAM 6 GB, tentu saja performa HP ini tergolong cukup kencang dan gegas. Vivo V9 versi sebelumnya hanya hadir dengan RAM 4 GB yang sebenarnya sudah cukup baik untuk multitasking. Kini dengan RAM 6 GB, HP ini memiliki kinerja yang lebih baik dan lebih gegas.

Untuk main gim jelas tergolong lancar. GontaGantiHape misalnya, menguji HP ini untuk main gim PUBG. Pengalaman memainkan gim ini tergolong lancar. Saat diajak main gim lama juga, HP ini tidak cepat panas sehingga bisa dibilang HP ini tergolong bisa diandalkan untuk main gim lama-lama.

2. Kamera Masih Juara

Vivo V9 6GB hadir dengan spesifikasi kamera yang berbeda dibanding Vivo V9 sebelumnya. Vivo V9 6GB kali ini hadir dengan angka sensor kamera yang lebih kecil. Di bagian belakang, tersemat kamera 13 MP + 2 MP. Kamera ini masih tetap menghasilkan foto yang baik dan mendukung bokeh.

GontaGantiHape menyatakan kalau kamera ganda di bagian belakang ini punya efek bokeh yang baik. Terdapat pula fitur kamera profesional yang membuat kamera belakang HP ini tidak bisa dianggap remeh. Berikut beberapa contoh hasil tangkapan kamera belakang menggunakan Vivo V9 6GB.

* sumber: www.youtube.com

* sumber: www.youtube.com

* sumber: www.youtube.com

Kamera depan Vivo V9 6GB angkanya tak sebesar Vivo V9 sebelumnya. Kamera depan HP ini hanya 12 MP. Sementara versi sebelumnya hadir dengan 24 MP. Menariknya, kamera depan 12 MP ini hadir dengan dual piksel yang mampu menghasilkan foto selfie yang baik, termasuk dalam kondisi cahaya rendah.

Selain itu, kamera depannya juga sudah dibekali teknologi AI untuk Face Beauty dan juga fitur seperti AR sticker yang membuat selfie bisa lebih menarik. Ada juga fitur seperti AI Selfie Lighting yang berfungsi sebagai pengubah foto 2D biasa menjadi model 3D. Fitur-fitur ini yang membuat Vivo V9 6GB punya kamera yang masih tergolong juara.

3. Daya Tahan Baterai Cukup Baik

vivo v9 6 gb

Vivo V9 6GB dibekali baterai 3260 mAh, kapasitas yang sama dengan versi sebelumnya. Baterainya sendiri tergolong cukup baik di kelasnya. Layar HP ini yang mengusung layar 6,3 inch Full HD+ cukup tak begitu menguras baterai. Hal ini berkat fitur efisiensi daya yang ada di chipset Snapdragon 660.

Untuk konsumsi baterainya sendiri tergolong lumayan. Berdasarkan pengujian yang dilakukan Tabloid Pulsa, HP ini hanya mengonsumsi daya 12% saat digunakan menonton video HD dalam tempo 60 menit. Saat digunakan main game HD, konsumsi baterainya memakan 20% dengan waktu penggunaan 60 menit.

Pengisian baterai HP ini juga tergolong lumayan cepat. Vivo memang tidak mengaktifkan fitur fast charging di HP ini. Tapi, untuk proses durasi pengisiannya tergolong lumayan cepat. kalau kata GontaGantiHape, Vivo V9 6GB ini bisa diisi sampai 60% hanya dalam waktu 40 menit saja.

4. Dual 4G

dual 4g vivo v9 6gb

* sumber: www.youtube.com

Vivo V9 6GB punya fitur yang tidak terlalu wah tapi sangat penting untuk keberlangsungan penggunaan internet mobile di Indonesia. Fitur tersebut adalah dukungan dual SIM simultan. Artinya, pengguna bisa memilih SIM 1 atau SIM 2 untuk jaringan 4G. Sesuatu yang dibutuhkan mengingat banyak pengguna di Indonesia yang punya dua nomor dari operator yang berbeda.

5. Triple Slot

Point ini menyambung dengan poin sebelumnya. Kehadiran dukungan triple slot alias 2 slot untuk SIM dan 1 slot untuk microSD ini tergolong baik. Banyak pengguna yang bisa mengaktifkan dua kartu dan menambah memori eksternal untuk menyimpan data.

Vivo V9 6GB sendiri hadir dengan ROM 64 GB. Tergolong cukup besar tapi tentu saja kebutuhan data penyimpanan akan terus bertambah dan solusi dukungan untuk menambah penyimpanan tentu tergolong baik. Poin plus lain tentunya dari Vivo V9 6GB ini.

6. Tambahan Fitur Menarik

Fitur Game Mode Vivo V9 6GB

Vivo V9 6GB tak sekadar menambah kemampuan hardware. HP ini juga menyematkan banyak fitur yang membuat Vivo V9 6GB lebih menarik lagi. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jika HP ini dibekali Snapdragon 660 AIE. Penyertaan AIE ini bukan hanya gimmick untuk kameranya seperti AI Face Beauty dan AI Camera lainnya.

AIE yang tertanam di HP ini juga berguna untuk fitur-fitur lainnya. Contohnya adalah fitur game mode. Dengan fitur ini, pengalaman main gim akan lebih seru karena Anda tak akan merasa terganggu. Pasalnya, dengan mengaktifkan mode ini, Anda tak akan terganggu dengan panggilan telepon atau chat WhatsApp.

Jika ada pesan pun, gim tidak akan terganggu dan tetap berjalan. Sementara chat WhatsApp akan muncul dalam bentuk slide layar samping seperti pada gambar di atas. Menarik bukan?

Fitur lainnya adalah fitur untuk menolak panggilan atau memberitahukan penelepon bahwa Anda sedang dalam kendaraan. Fitur yang akan sangat berguna bagi kaum urban. Fitur lainnya yang tak kalah keren adalah fitur Face Acess yang berfungsi sebagai pengaman dengan memindai wajah Anda.

Dengan berbagai fitur-fitur tersebut, Vivo V9 6GB jelas memberikan sesuatu yang lebih dibandingkan hanya meningkatkan RAM dan chipset semata.

7. Harga yang Lebih Menarik

Harga Vivo V9 6GB

Anda tak salah lihat dengan gambar di atas. Harga Vivo V9 6GB adalah Rp 4.299.000. Harga ini merupakan harga yang pantas dan lebih masuk akal jika dibandingkan dengan Vivo V9 versi sebelumnya yang dibanderol 3,9 jutaan.

Tentu saja dengan harga yang lebih mahal tetapi memberikan performa yang lebih kencang serta fitur yang lebih menarik membuat Vivo V9 6GB ini salah satu lini produk Vivo terbaik yang dikeluarkan oleh Vivo Indonesia. Harga yang lebih masuk akal dan lebih bisa diterima ini membuat Vivo V9 6GB jadi incaran lain para calon pengguna smartphone di kelas 4 jutaan.

Kekurangan Vivo V9 6GB

1. Masih Menggunakan Bodi Plastik

Bodi Vivo V9 6GB

* sumber: www.youtube.com

Vivo V9 6GB hadir dengan bentuk dan desain yang sama dengan Vivo V9 versi sebelumnya. Hanya saja, Vivo V9 6GB hadir dengan dua varian warna, warna hitam dan warna merah. Karena mengusung bentuk desain yang sama, tidak aneh jika bodi Vivo V9 6GB terbuat dari balutan polikarbonat alias plastik.

Bodi plastik membuat HP ini jadi terasa kurang mewah. Memang bodi plastik ini masih bisa ditutupi dengan kasing tapi tetap saja untuk sebuah smartphone 4 jutaan, bodi plastik yang membalut agak terasa kurang nendang.

2. Tidak ada Pelindung Layar

layar vivo v9 6gb

* sumber: www.youtube.com

Hadir dengan layar yang cukup tajam, Full HD+, tentu jadi kelebihan lain HP ini. Sayangnya, layar yang cantik ini tak dibekali pelindung kuat macam Corning Gorilla Glass. Anda yang berniat membeli HP ini, sebaiknya juga perlu membeli tempered glass untuk jaga-jaga agar layarnya tidak mudah tergores.

3. Belum Ada NFC

HP 4 jutaan seharusnya sudah mengusung fitur NFC. Fitur ini sudah sangat dibutuhkan dan penting. Mengapa NFC sangat penting? Karena saat ini, dengan maraknya pembayaran menggunakan e-money, kehadiran NFC pada HP akan sangat membantu bagi banyak pengguna, termasuk Anda.

Banyak HP lain di rentang harga yang sama sudah mendukung fitur NFC. Sebut saja Moto G5s Plus, Huawei Nova 2i, dan Asus Zenfone 5 2018. Jika saja Vivo V9 6GB ini hadir dengan fitur NFC, tentunya akan membuat HP ini semakin menarik untuk dilirik.

Simpulan

Vivo V9 6GB merupakan HP Vivo yang sangat direkomendasikan untuk dibeli. Sebaiknya, Anda tidak membeli HP Vivo V9 versi lama alias versi RAM 4 GB. Vivo V9 6GB lebih menggoda dalam banyak hal, baik dari segi performa, kamera yang masih tergolong baik, dan berbagai fitur tambahan lainnya.

Vivo V9 6GB cocok untuk Anda yang suka main gim. Anda yang gemar selfie dan foto-foto juga cocok untuk melirik HP ini. Terlepas dari kelemahannya yang terbilang minor, HP ini tergolong layak dibeli di kelas harga 4 jutaanAnda bisa membeli HP ini melalui Lazada di link ini atau MatahariMall di link ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

Leave A Comment