Carisinyal / Huawei 2019 / Mantap, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Huawei Mate 30 Pro!

Mantap, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Huawei Mate 30 Pro!

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2019

Huawei biasanya menghadirkan dua seri ponsel kelas atas dalam satu tahun. Yang pertama adalah P series dan yang kedua adalah Mate series. Huawei Mate series biasanya dihadirkan sebagai ponsel Huawei dengan teknologi dan chipset terbaru. Hal tersebut yang kemudian tampak ada pada ponsel Huawei Mate 30 Pro.

Seperti apa ponsel yang satu ini? Anda penasaran? Tanpa berlama-lama lagi, mari simak kelebihan dan kekurangan dari Huawei Mate 30 Pro berikut ini.

Spesifikasi Huawei Mate 30 Pro

Huawei Mate 30 Pro

Umum

  • Diumumkan
    September, 2019
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Single SIM (Nano-SIM) atau Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    158.1 x 73.1 x 8.8 mm
  • Berat
    198 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif OLED
  • Ukuran
    6,53 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 6
  • Resolusi
    1176 x 2400 piksel, rasio 18,5:9 (kepadatan ~409 ppi)

Hardware

  • Chipset
    HiSilicon Kirin 990 (7 nm+)
  • CPU
    Octa-core (2x2.86 GHz Cortex-A76 & 2x2.09 GHz Cortex-A76 & 4x1.86 GHz Cortex-A55)
  • GPU
    Mali-G76 MP16

Memori

  • RAM
    8 GB
  • Memori Internal
    128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal
    NM (Memori Nano), hingga 256 GB (menggunakan slot SIM bersama)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    4
  • Resolusi
    40 MP + 8 MP + 40 MP + Kamera TOF 3D
  • Fitur
    40 MP, f/1.6, 27mm (lebar), 1/1.7", PDAF, OIS
    8 MP, f/2.4, 80mm (telefoto), 1/4", PDAF, OIS, 3x optical zoom
    40 MP, f/1.8, 18mm (ultra lebar), 1/1.54", PDAF
    Kamera TOF 3D
    Fitur: Leica optics, dual-LED dual-tone flash, panorama, HDR
  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    2
  • Resolusi
    32 MP, f/2.0 (lebar) + Kamera TOF 3D
  • Fitur
    HDR, panorama
  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, DLNA, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    5.1, A2DP, aptX HD, LE
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS
  • USB
    3.1, konektor reversibel Type-C 1.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po
  • Kapasitas
    4500 mAh tidak dapat dilepas
  • Wireless Charging
  • Fitur
    - Pengisian baterai cepat 40W
    - Pengisian nirkabel cepat 27W
    - Power bank/Reverse wireless charging

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 10
  • Sensor
    Face ID, fingerprint (optik, di bawah permukaan layar), accelerometer, gyro, proximity, barometer, compass
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Black, Space Silver, Cosmic Purple, Emerald Green
  • Lainnya
    Fitur body:
    - Panel belakang dilapisi Gorilla Glass 6
    - IP68 tahan debu / air (hingga 2 meter selama 30 menit)

    Fitur layar:
    - DCI-P3
    - HDR10

    Fitur audio:
    - Audio 32-bit/384kH

Kelebihan Huawei Mate 30 Pro

Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh Huawei Nova 5T? Untuk mengetahuinya, simak poin-poin kelebihan dari Huawei Nova 5T berikut ini.

1. Desain Menawan dan IP68

Huawei Mate 30 Pro

* sumber: www.trustedreviews.com

Huawei Mate 30 Pro tersedia dalam empat warna yang menarik. Keempat warna model tersebut adalah Space Silver, Cosmic Purple, Emerald Green dan Black. Pilihan warna ini mencerminkan desain ponsel ini yang tergolong menawan.

Betapa tidak menawan, ponsel ini hadir dengan garis desain yang berbeda dengan ponsel kelas atas lainnya. Selain itu, penempatan posisi kamera dengan bulatan hitam memberikan identitas tersendiri bagi ponsel ini. 

Jangan lupakan juga kalau ponsel ini dibalut dengan lapisan kaca Corning Gorilla Glass 6, baik depan maupun belakang. Belum cukup? Ponsel ini sudah mengantongi sertifikasi anti-air yakni IP68. Fakta tersebut jelas menunjukan kalau Huawei tidak sembarangan dalam merancang Huawei Mate 30 Pro. 

2. Layar HDR yang Cerah

Huawei Mate 30 Pro

* sumber: www.techradar.com

Huawei Mate 30 Pro datang dengan dimensi layar 6,53 inci. Layarnya ini sudah menawarkan resolusi 1176 x 2400 piksel. Layarnya ini juga hadir dengan panel OLED. Layarnya juga sudah mendukung DCI-P3 dan HDR10. 

Apakah layar HP ini menampilkan tampilan yang cerah? Jawabannya; ya. Ponsel ini hadir dengan tingkat kecerahan yang luar biasa. Seperti kata Techradar yang mengatakan kalau HP ini memiliki tingkat kecerahan yang luar biasa, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

3. Kamera Super Mantap, Termasuk untuk Lowlight 

Kamera Huawei Mate 30 Pro

* sumber: www.techradar.com

Huawei Mate 30 Pro datang dengan empat kamera di bagian belakang. Keempat kamera tersebut terdiri dari kamera 40 MP dengan bukaan f/1.6, kamera telefoto 8 MP dengan bukaan f/2.4, kamera ultra-wide  40 MP dengan bukaan f/1.8, serta 3D TOF Camera.

Kecuali 3D TOF Camera, ketiga kamera lain sudah mendukung PDAF. Kamera utama dan telefoto di HP ini sudah dibekali juga fitur OIS. Kamera telefoto dari HP ini sudah mendukung 3x Optical Zoom.

Bicara soal kualitas kameranya, tentu tidak perlu diragukan lagi kualitas dari ponsel Huawei kelas atas. Contohnya adalah hasil tangkapan kamera Huawei Mate 30 Pro berikut ini.

hasil kamera huawei mate 30 pro

* sumber: www.trustedreviews.com

hasil kamera huawei mate 30 pro

* sumber: www.trustedreviews.com

hasil kamera huawei mate 30 pro

* sumber: www.androidauthority.com

hasil kamera huawei mate 30 pro

* sumber: www.androidauthority.com

Tampak dari hasil tangkapan kamera dari HP ini benar-benar bagus. Kalau menurut Stuff.tv, hasil tangkapan kamera belakang HP ini benar-benar kualitas top. Gambarnya memiliki detail yang tajam dengan warna yang mencolok. Selain itu, dynamic range yang dimiliki hasil foto tersebut tergolong bagus.

Bagaimana dengan mode malam?  Jelas tidak perlu diragukan lagi. Tengok saja gambar di bawah ini.

hasil kamera huawei mate 30 pro

* sumber: www.trustedreviews.com

Menakjubkan bukan? Kalau menurut Trustedreviews sih, mode malam dari kamera ini benar-benar bagus. Bahkan, sebenarnya memotret di kondisi kurang cahaya tanpa mengaktifkan mode malam, hasil gambarnya tetap bagus.

Trustedreviews berpendapat soal kualitas kamera ini secara keseluruhan. Menurutnya, kamera dari Huawei Mate 30 Pro tergolong mengesankan, menawarkan banyak fleksibilitas, serta memiliki detail yang luar biasa.

Pujian dari Trustedreviews tidak berlebihan. Situs DxOMark, situs yang sering menguji kualitas kamera ponsel memberikan skor 121 pada kualitas kamera Huawei Mate 30.

Pada saat artikel ini dibuat, skor tersebut menempatkan Huawei Mate 30 Pro sebagai ponsel dengan skor paling tinggi untuk urusan kamera. Di bawahnya ada Samsung Galaxy Note 10+ 5G yang hanya mendapat skor 117.

Berdasarkan data tersebut, tidak diragukan lagi kalau Huawei Mate 30 Pro adalah ponsel dengan kualitas kamera terbaik. Kamera di ponsel ini memiliki kualitas yang oke, jempolan, bahkan juara.

4. Chipset Powerfull

Huawei Mate 30 Pro

* sumber: www.stuff.tv

Huawei Mate 30 Pro dibekali dengan chipset HiSilicon Kirin 990. Chipset ini dibangun dengan proses fabrikasi 7nm+. Chipset ini jelas lebih baik dibandingkan HiSilicon Kirin 980, yang tersemat pada Huawei P30 Pro, Huawei Mate 20 Pro, Honor 20 Pro, dan Huawei Nova 5T.

Di dalam HiSilicon Kirin 990 ini terdapat delapan prosesor yang terdiri dari tiga kluster, Ketiga kluster tersebut adalah 2 core Cortex-A76 2,86 GHz, 2 core Cortex-A76 2,09GHz, dan 4 core Cortex-A55 1,86 GHz. Untuk pengolah grafisnya, tersemat Mali-G76 MP16.

Bagaimana performa dari HP ini? Simak berdasarkan nilai Antutu berikut ini.

 

antutu huawei mate 30 pro

* sumber: www.gsmarena.com

Terlihat dari data di atas kalau performa dari Huawei Mate 30 Pro tergolong bagus. Terbukti skor 370 ribuan yang diraih oleh ponsel ini, unggul sedikit jika dibandingkan chipset Snapdragon 855 yang tersemat di Xiaomi Mi 9 maupun OnePlus 7 Pro. Rasanya untuk performa tidak perlu diperdebatkan lagi kalau performa HP ini terbilang unggul.

5. 3D Face Unlock

Huawei Mate 30 Pro

* sumber: www.trustedreviews.com

Huawei Mate 30 Pro dibekali dengan teknologi pengenalan wajah. Teknologi pengenalan wajah yang tersemat di HP ini adalah 3D Face Unlock. Teknologi ini patut diacungi jempol, terutama kinerjanya. Seperti kata situs Pocket-lint yang mengatakan kalau penggunaan 3D Face Unlock di HP ini tergolong cepat.

6. Daya Tahan Baterai yang Luar Biasa

Layar Huawei Mate 30 Pro

* sumber: www.techradar.com

Huawei Mate 30 Pro datang dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh. Kapasitas yang tergolong besar mengingat biasanya Huawei hanya menyematkan kapasitas baterai 4.000 mAh untuk ponsel kelas atasnya.

Lalu, bagaimana daya tahan baterai Huawei Mate 30 Pro ini? Berikut hasil tes pengujian daya tahan baterai dari Huawei Mate 30 Pro yang dilakukan GSMArena.

tes daya tahan baterai huawei mate 30 pro

* sumber: www.gsmarena.com

Menilik gambar tersebut, tampak kalau HP ini mampu mencatatkan skor 103h. HP ini mampu bertahan sampai 20 jam 10 menit untuk waktu bicara, 14 jam 58 menit untuk internetan, dan 18 jam 19 menit untuk nonton video terus-menerus. Hasil ini menunjukan kalau daya tahan baterai HP ini tergolong jempolan.

7. Teknologi Pengisian Cepat

Layar Huawei Mate 30 Pro

* sumber: www.techradar.com

Huawei Mate 30 Pro tidak hanya memiliki daya tahan baterai yang awet. HP ini juga telah mendukung teknologi pengisian cepat yang Huawei sebut sebagai Huawei SuperCharge. Charger bawaan dari HP ini sudah mendukung teknologi ini karena memiliki output 40w,

Dalam pengujian GSMArena, HP ini dapat terisi dayanya sampai 72% dalam waktu 30 menit saja. Benar-benar cepat bukan? Untuk terisi penuh, waktu yang dibutuhkan hanyalah 1 jam 5 menit saja. Benar-benar super cepat.

Menariknya lagi, Huawei Mate 30 Pro juga sudah mendukung 27W wireless charging (pengisian tanpa kabel). Artinya, dengan wireless charger 27W, HP ini dapat terisi dengan cepat. GSMArena pun menguji pengisian tanpa kabel memakai Huawei SuperCharge 27W. Hasilnya, HP ini dapat terisi penuh dengan hanya memakan waktu 1 jam 34 menit saja.

Kekurangan Huawei Mate 30 Pro

Apakah ponsel semenarik dan seunggul Huawei Mate 30 Pro memiliki kekurangan? Jelas ada karena tidak ada HP yang sempurna. Yuk, langsung simak kekurangan dari Huawei Mate 30 Pro berikut ini.

1. Tidak Layanan Google

Huawei Mate 30 Pro

* sumber: www.techradar.com

Huawei Mate 30 Pro memiliki tampilan antarmuka EMUI 10 berbasis Android 10. Sayangnya, meskipun mengusung OS Android, perangkat ini tidak memiliki layanan Google yang terinstal. Jadi, Anda tidak akan menemukan layanan seperti Google PlayStore dan layanan Google lainnya.

Hilangnya layanan Google ini adalah imbas dari keputusan pemerintah Amerika yang melarang Huawei memakai teknologi buatan Amerika, termasuk dalam hal ini layanan dari Google. Tentu sektor ini jadi kekurangan yang fatal.

Sebagai pengganti Google PlayStore, Huawei memiliki toko aplikasinya sendiri. Tapi tentu saja, kehilangan layanan Google akan berimbas pada penggunaan aplikasi lain yang membutuhkan layanan Google.

2. Tidak Ada Tombol Volume Fisik

Huawei Mate 30 Pro

* sumber: www.trustedreviews.com

Kekurangan kedua dari Huawei Mate 30 Pro adalah tidak adanya tombol fisik untuk volume. Biasanya kebanyakan ponsel membenamkan tombol fisik untuk mengatur tinggi rendahnya suara ponsel di bagian sisi kiri. Hal tersebut tidak ditemukan di Huawei Mate 30 Pro.

Sebagai penggantinya, Huawei membenamkan teknologi untuk mengatur tinggi rendah suara dengan hanya melakukan slide pada bagian samping layar yang melengkung. Teknologi ini jadi kekurangan karena sesuatu yang baru dan akan membuat Anda sebagai pengguna akan kesulitan untuk membiasakan diri.

3. Tidak Ada Audio Jack dan Speaker Stereo

Huawei Mate 30 Pro

* sumber: www.stuff.tv

Kekurangan lain dari Huawei Mate 30 Pro adalah tidak adanya audio jack. Tampaknya, semua ponsel kelas atas bakal beramai-ramai menghilangkan lubang audio jack. Untuk Anda yang butuh HP kelas atas dengan audio jack, jelas faktor ini jadi kekurangan.

Selain itu, Huawei Mate 30 Pro hanya dibekali dengan satu speaker saja. Hal ini membuat kualitas suara yang keluar dari HP ini tidak stereo yang jelas membuat HP ini terasa kurang menyenangkan untuk kebutuhan multimedia.

Simpulan

Huawei Mate 30 Pro bisa dibilang adalah HP yang hampir sempurna. Semua keunggulan yang harusnya ada di ponsel kelas atas ada di ponsel ini. Sertifikasi tahan air, desain yang unik, layar HDR, kamera yang luar biasa, serta performa yang jempolan jadi nilai jual lebih dari HP ini.

Sayang, Huawei Mate 30 Pro memiliki kekurangan yang tergolong fatal, yakni tidak ada layanan Google. Jika hal ini tidak terlalu masalah besar, Anda bisa melirik ponsel yang tergolong luar biasa ini. Tertarik?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar