Carisinyal / Smartphone / 10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei P20 Pro yang Perlu Diketahui

10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei P20 Pro yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh

Di Indonesia, merek Huawei barangkali tidak terlalu punya “nama prestisius” seperti Samsung ataupun Apple. Namun di luar negeri, Huawei dianggap sebagai pesaing berat dari Samsung, tentunya dalam persaingan smartphone Android kelas atas.

Hal ini karena Huawei cukup serius dalam pengembangan smartpone kelas atasnya. Salah satunya adalah Huawei P20 Pro. HP ini merupakan HP kelas atas yang secara harga bersaing dengan Samsung Galaxy S9+ dan Apple iPhone X, alias di atas harga 10 jutaan.

Meski Apple iPhone X masih lebih mahal, tapi Huawei P20 Pro menawarkan banyak keunggulan yang membuatnya pantas disebut sebagai smartpone kelas atas. Lantas, seperti apa sebenarnya Huawei P20 Pro ini? Untuk lebih jelasnya mari simak berbagai kelebihan dan kelemahan HP ini. Tapi sebelumnya, mari simak detil spesifikasi Huawei P20 Pro berikut ini.

Spesifikasi Huawei P20 Pro

Huawei P20 Pro

  • Rilis: Maret 2018
  • Layar: AMOLED 6.1 inches
  • Resolusi Layar: 1080 x 2244 pixels, 18,7:9 ratio
  • Chipset: Hisilicon Kirin 970
  • CPU: Octa-core (4×2.4 GHz Cortex-A73 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-G72 MP12
  • Memori Internal: 128 GB, 6 GB RAM
  • Memori Eksternal: No
  • Kamera Belakang: Triple, 40 MP (f/1.8, 1/1.7″, OIS) + 20 MP (f/1.6) + 8 MP (f/2.4), Leica optics, 3x optical zoom, phase detection and laser autofocus, dual-LED dual-tone flash
  • Kamera Depan: 24 MP, autofocus, f/2.0.
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh battery

Kelebihan Huawei P20 Pro

1. Tiga Kamera Belakang dan Kamera Selfie 24 MP

Nilai jual utama Huawei P20 Pro adalah di bagian kamera. Di bagian kamera depan, tersemat kamera 24 MP yang punya fitur autofocus dan bukaan f/2.0. Kamera ini tergolong bagus untuk selfie karena sudah punya fitur beautify. Sayangnya, untuk merekam video, kamera depannya hanya mendukung rekaman video 720p meski kualitas video masih tetap baik.

Tak perlu berlama-lama bahas kamera depannya karena yang lebih penting adalah kamera belakang. Kenapa penting? Karena Huawei P20 Pro adalah HP yang dianggap punya kualitas kamera belakang terbaik, setidaknya menurut DxOMark.

Menurut situs yang dipercaya sebagai “benchmark” hasil foto kamera, Huawei P20 Pro mendapatkan dengan skor 109, skor paling tinggi untuk saat ini (saat artikel ini dibuat). Skornya cukup jauh meninggalkan pesaing di kelasnya, yakni Samsung Galaxy S9+ yang punya skor 99 dan Apple iPhone X yang punya skor 97.

Penasaran dengan hasil tangkapan kamera belakang Huawei P20 Pro ini? Berikut hasil tangkapan kamera belakang Huawei P20 Pro.

Menilik kualitas foto tersebut, wajar jika DxOMark memberikan skor tinggi pada HP ini. Skor yang tinggi ini bisa didapatkan oleh Huawei P20 Pro berkat tiga sensor kamera yang ada di HP ini. Kameranya juga didukung oleh Leica.

Ketiga sensor kamera huawei P20 Pro pada bagian belakang ini terdiri dari kamera utama 40 MP dengan bukaan F/1.8 yang berada di bagian tengah. Selanjutnya, ada kamera dengan lensa tele dengan sensor 8 MP dan bukaan f/2.4. Posisi kamera ini ada di bagian atas. Kamera ketiga adalah kamera 20 MP dengan sensor monokrom yang punya bukaan f/1.6.

Tidak perlu lagi disebutkan alasan kenapa HP ini punya kualitas foto yang baik. Baik di kondisi yang cukup cahaya maupun yang kurang cahaya, kualitas fotonya termasuk bagus, bahkan cenderung lebih baik dibandingkan kamera profesional.

Kamera belakangnya juga tergolong baik untuk merekam video, bahkan bisa merekam video dengan kualitas 4K. Sayangnya, untuk merekam video kualitas 4K, Anda tidak bisa menggunakan fitur stabilizer yang mampu membuat hasil rekaman tidak goyang. Fitur ini baru bisa berguna di video dengan resolusi Full HD.

Terlepas dari kekurangan yang ada, secara keseluruhan, baik kamera depan maupun kamera belakang HP ini tergolong baik. Terutama kamera belakang yang memang jadi nilai jual utama HP ini dan tak sedikit membuat banyak orang ingin memiliki Huawei P20 Pro ini.

2. Tampilan Desain yang Memesona

Huawei P20 Pro memantaskan dirinya sebagai smartphone kelas atas lewat desainnya yang mewah dan menawan. Hal ini diungkapkan juga oleh Mouldie dari SobatHape. Menurutnya, desain Huawei P20 Pro yang dibalut frame logam dengan bagian belakang kaca ini tergolong baik.

Techradar juga mengungkapkan bahwa Huawei P20 Pro punya desain yang menarik dan eye-catching. Karena itu, tak berlebihan menyebut desain HP ini sebagai salah satu HP yang punya daya tarik di sisi desain. Istilahnya, Huawei tidak tanggung dalam membuat smartphone kelas atas yang tak hanya mengandalkan spesifikasi tapi juga tampilan desain yang memesona.

3. Performa Tergolong Baik

antutu huawei p20 pro

* sumber: www.youtube.com

Aneh rasanya jika ponsel kelas atas tak punya performa yang kencang. Karena itu Huawei tahu diri kalau Huawei P20 Pro haruslah punya performa yang tergolong mumpuni di kelasnya. Untuk mendukung hal tersebut, Huawei menyematkan chipset Kirin 970 yang membuat HP ini punya skor Antutu sebesar 209.624.

Skor Antutu tersebut tergolong tinggi meski tidak setinggi nilai Antutu Snapdragon 845. SobatHape sendiri mengetes performa HP ini yang tergolong lancar dalam menjalankan gim dari yang ringan sampai yang berat. PUBG misalnya, bisa dimainkan dengan kualitas visual HD.

Prosesor octa core dan pengolah grafis Mali-G72 MP12 yang tersemat di Kirin 970 tentu jadi jaminan HP ini punya performa yang baik. Terlebih, Huawei P20 Pro dibekali dengan RAM 6 GB.  Dengan RAM yang besar ini, Huawei P20 Pro mampu menjalankan berbagai tugas dan beralih aplikasi dengan lancar.

Trustedreviews bahkan menyebut kalau HP ini tergolong lancar dan tak menemui kendala dalam uji pakainya. Misalnya, ketika memainkan gim dengan kualitas grafis 3D yang intensif seperti Asphalt 8: Airborne dan Need For Speed: No Limits. Kedua gim bisa dimainkan dengan lancar dan tak ditemukan penurunan performa.

Kirin 970 mungkin saja secara angka kalah dari Snapdragon 845 ataupun Exynos 9810 Octa. Tapi secara keseluruhan, performa HP ini masih pantas disebut sebagai performa kelas atas dan cukup bisa bersaing dengan chipset lain dari kelas yang sama.

4. Sertifikasi Tahan Air

Huawei P20 Pro telah dibekali dengan sertifikasi tahan air dan debu. Sertifikasi yang didapatkan HP ini adalah IP67. Itu berarti Huawei P20 Pro telah dites ketahan air pada kedalaman 1 meter selama 30 menit. Hasil ini memang sedikit kalah dibanding Samsung Galaxy S9+ yang sudah mengantongi IP68.

Meskipun demikian, sertifikasi IP67 yang dimiliki HP ini sudah lebih dari cukup, mengingat IP67 dan IP68 hanya berbeda pada kedalaman air saja. Karena itu, ketahanan air dan debu yang dimiliki HP ini sudah teruji dengan baik dan bersertifiikasi. Sesuatu yang patut diapresiasi tentunya.

5. Daya Tahan Baterai yang Baik

test baterai huawei p20 pro

* sumber: www.youtube.com

Huawei P20 Pro sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Kapasitas baterai ini tergolong besar. Wajar karena dimensi layar HP ini juga cukup lebar. SobatHape menyatakan kalau HP ini punya daya tahan yang baik dan termasuk HP flagship yang bisa digunakan selama seharian.

Hal itu didasari dari tes penggunaan HP ini dalam seharian yang mampu menyisakan daya 16% dengan screen on time lebih dari 6 jam. Ketika daya baterai mencapai 2%, screen on time yang didapatkan adalah lebih dari 7 jam. Cukup baik untuk penggunaan sehari-hari.

Techradar juga memuji daya tahan baterai Huawei P20 Pro ini. Mereka mencoba test dengan memutar video selama 90 menit dengan tingkat kecerahan layar maksimal. Ternyata baterai HP ini hanya kehabisan daya 9% saja. Sesuatu yang tergolong luar biasa.

Selain daya tahan baterainya yang baik, HP ini juga punya fitur pengisian daya yang cepat. Menurut pengujian Techradar, Huawei P20 Pro hanya memakan waktu 84 menit untuk mencapai 100%. Bahkan, dengan pengisian dari  0% sampai 80% hanya memerlukan waktu 45 menit saja.

Dengan daya tahan baterai yang termasuk lama dan pengisian daya yang cepat, Huawei P20 Pro mampu jadi sebuah HP flagship yang bisa diandalkan untuk digunakan seharian, baik untuk mendukung produktivitas kerja maupun digunakan untuk hiburan saja.

6. EMUI yang Kaya Fitur

Huawei P20 Pro mengusung antarmuka EMUI 8.1 yang berbasis Android 8.1. EMUI pada Huawei P20 Pro terbilang kaya fitur yang membuat HP ini terasa beda. Trustedreviews bahkan menyebut bahwa EMUI yang tersemat di HP ini memberikan pengalaman penggunaan yang menarik.

Hadirnya banyak aplikasi seperti pilihan penggunaan app drawer, smart controller, dan ketersediaan infra red. Bahkan, ada fitur yang menyerupai cara kerja navigasi iOS. Fitur menarik lainnya adalah fitur untuk menyembunyikan notch. Maklum saja, HP ini punya notch atau jidat yang mirip dengan iPhone X.

Nah, buat mereka yang tidak suka dengan kehadiran notch ini, tidak perlu panik karena EMUI menyediakan opsi untuk menyembunyikan bagian jidat sehingga layar masih terasa luas. Fitur yang cukup kaya pada EMUI ini membuat Huawei P20 Pro menjadi HP yang punya antarmuka spesial dan jadi kelebihan tersendiri.

Kekurangan Huawei P20 Pro

1. Tidak Mendukung Wireless Charging

wireless charger

Huawei P20 Pro unggul dalam spesifikasi, fitur, dan juga baterai. Keunggulan tersebut memang sudah ada seharusnya dalam sebuah HP kelas atas. Sayangnya, ada beberapa kekurangan yang membuat HP ini punya nilai minus tersendiri, salah satunya adalah tidak mendukung wireless charging.

Wireless charging atau pengisian daya baterai tanpa kabel sudah lumrah hadir di HP kelas atas. Kehadiran fitur ini sejatinya akan menambah nilai jual Huawei P20 Pro, mengingat pesaing HP ini punya fitur yang cukup bermanfaat bagi pengguna.

2. Tak Ada Headphone Jack

* sumber: www.youtube.com

Tren HP kelas atas zaman sekarang umumnya sudah tak menyertakan port headphone jack. Namun, banyak konsumen yang merasa kehadiran port audio ini masih sangat dibutuhkan. Sayang, Huawei P20 Pro lebih ikut tren. Itu berarti, tak ada port audio untuk mencolok earphone atau headphone jack di HP ini.

Ketiadaan port ini tentu jadi kekurangan tersendiri bagi mereka yang tak mau memakai earphone atau headphone wireless. Mungkin Huawei ingin agar pengguna move on untuk menggunakan perlengkapan tanpa kabel seperti wireless headphone.

Jika tak mau menggunakan wireless headphone, pengguna bisa menggunakan adaptor USB Type-C yang punya port audio jack. Intinya sih tetap harus belanja lagi untuk menikmati pengalaman mendengarkan musik di HP ini, baik menggunakan wireless headphone maupun menggunakan adaptor USB Type-C

3. Resolusi Layar Masih Full HD+

Poin ini yang perlu jadi perhatian. Huawei P20 Pro hadir dengan tipe layar OLED yang termasuk cukup baik. Layarnya mengusung dimensi 6,1 inch dengan rasio layar 18,7:9. Sampai di sini tak ada masalah. Yang jadi masalah adalah resolusi layar HP ini yang hanya mengusung Full HD+ 1080 x 2244 pixels.

Dengan rentang harga yang mirip dengan HP kelas flagship lainnya, resolusi layar tersebut termasuk kurang begitu menarik. Ketika pesaing menghadirkan layar resolusi Quad HD, Huawei P20 Pro masih jalan di tempat dengan Full HD+. Hal yang dipertahankan di seri HP kelas atas Huawei lainnya.

Terlepas dari itu, resolusi layar yang hanya Full HD+ ini memberi dampak bagus bagi efisiensi baterai atau lebih hemat daya. Bisa dimaklumi sebenarnya, tapi mengingat Huawei P20 Pro harus bersaing dengan HP kelas atas, kehadiran layar resolusi Quad HD seharusnya bisa dihadirkan Huawei di HP ini.

4. Tak Ada Slot MicroSD

Huawei P20 Pro datang dengan memori internal 128 GB. Kapasitas memori internal ini tergolong cukup untuk menyimpan data. Sayangnya, seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan data akan meningkat yang efeknya akan membuat ROM 128 GB terasa kurang.

Saat kondisi itulah, slot microSD dibutuhkan sebagai solusi untuk menambah kapasitas penyimpanan. Sayang memang, tidak hadirnya dukungan memori eksternal membuat HP ini punya poin minus lain.

Simpulan

Huawei P20 Pro adalah HP kelas atas alternatif yang bisa dilirik. Mereka yang butuh HP kelas atas dan sangat unggul di sektor kamera, performa, dan daya tahan baterai, bisa lirik HP ini. Mereka yang bosan dengan HP flagship dari merek Samsung dan Apple, bisa juga lirik HP ini.

Dan yang paling jelas, buat mereka yang hobi fotografi tapi ribet dengan membawa kamera DSLR, bisa lirik HP ini. Tertarik dengan Huawei P20 Pro ini? Anda bisa membelinya melalui Bukalapak di link ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

2 Comments

  1. Wira at - Reply

    #ask

    jadi jika dibandingkan dengan menggunakan kamera dslr …. mana lebih enak ?

    // kalo menurut admin

    • Hilman Mulya Nugraha
      Hilman Mulya Nugraha at - Reply

      Ini cuman pendapat berdasarkan banyaknya foto yang dijepret pakei Huawei P20 Pro, kaultias gambar Huawei P20 Pro setara dengan DSLR sih cuman kadang gambarnya terlihat agak kurang realistis.

Leave A Comment