Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 12i

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Infinix Indonesia mengeluarkan produk seri entry-level yang tampak menjanjikan, yakni Infinix Hot 12i. Memiliki embel-embel "i" di namanya, menjadikan ponsel ini sebagai varian sederhana dari Infinix Hot 12 reguler.

Harga rilis ponsel inipun begitu terjangkau, hanya di angka Rp1,5 juta saja. Lantas, mampukah ponsel keluaran April 2022 ini menunjukkan kebolehannya di kelas harga murah? Simak kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Spesifikasi Infinix Hot 12i

infinix hot 12i
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Helio A22
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 0.2 MP (AI) 0.2 MP (AI)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan Infinix Hot 12i

Punya budget sedikit bukan kendala untuk mendapatkan HP berkualitas. Yuk, ketahui beberapa poin kelebihan Infinix Hot 12i ini!

1. Hadir dengan Sensor Pemindai Sidik Jari

infinix hot 12i sensor sidik jari_

Sebagai ponsel di rentang harga Rp1 jutaan, sebenarnya cukup wajar jika tidak menghadirkan sensor sidik jari sebagai fitur pembuka kunci. Toh, pengguna masih bisa gunakan Face Unlock agar tidak perlu repot-repot masukkan kata sandi atau pola.

Namun, Infinix Hot 12i memang menawarkan yang berbeda. Di harganya yang murah, smartphone ini sudah menyediakan rear fingerprint scanner alias pemindai jari di belakang.

Bahkan, mayoritas ponsel murah Infinix memang sediakan sensor sidik jari, di saat pesaing di harga serupa tidak sediakannya. Contohnya saja Infinix Smart 6 yang seharga 1,2 juta tapi sudah pakai sensor sidik jari di belakang. Ini semakin menandakan bahwa Infinix senantiasa dermawan saat memberikan fitur pada produk terjangkaunya.

2. Kapasitas Penyimpanan yang Luas + Dedicated Slot Memori Eksternal

infinix hot 12i memori internal lega_

Senang menyimpan file bejibun sekaligus menginstal aplikasi beragam? Jangan khawatir memilih HP Rp1 jutaan seperti Infinix Hot 12i. Pasalnya, smartphone ini dibekali dengan kapasitas memori internal yang cukup lega, yakni 64 GB!

Dengan memori internal seluas ini, pengguna niscaya dapat menginstal cukup banyak aplikasi tanpa khawatir kehabisan space. Selain itu, sistem operasi HP ini juga menawarkan fitur pembersihan memori internal hanya dengan sekali ketukan demi semakin membuat lega memorinya.

Masih takut memori internal 64 GB ini tidak cukup untuk kepuasan Anda? Tenang, Anda bisa pergunakan slot khusus memori eksternal yang bisa diselipkan microSD hingga kapasitas 512 GB. Slot yang tersedia terpisah dari dua slot SIM yang sudah ada, sehingga Anda tidak perlu korbankan kartu SIM 2 saat mau gunakan microSD.

3. Tersedia Fitur Extended RAM

infinix hot 12i ram_

Bukan hanya memori internalnya saja yang unggul, melainkan RAM-nya juga. Kapasitasnya memang cukup standar, yakni RAM 4 GB dengan tipe LPDDR4x. Namun uniknya, Anda masih bisa memperluas RAM tersebut dengan cara meminjam space dari memori internal!

Ya, ini merupakan fitur RAM Extension yang sangat populer untuk ponsel Rp2 jutaan keluaran tahun 2022 ke atas. Kini, fitur menarik tersebut bisa dinikmati pada Infinix Hot 12i yang cuman 1 jutaan. Menarik, bukan?

Jumlah kapasitas maksimal yang bisa dipinjam dari memori internal adalah 3 GB, sehingga total RAM yang bisa Anda miliki adalah 7 GB. Ini disinyalir membuat pengalaman membuka banyak aplikasi jadi lebih smooth dan gegas. Permainan gim pun performanya bisa melonjak berkat tambahan RAM tersebut.

4. Layar Memiliki Ukuran Besar

infinix hot 12i layar_

Kabar gembira untuk Anda yang sering menonton film di HP, karena Infinix Hot 12i menyuguhkan layar yang cukup besar di harganya yang murah meriah. Bagaimana tidak? Ukurannya mencapai 6,6 inci dengan bezel sekelilingnya yang cukup tipis di kelas harganya.

Walau masih terbilang tebal untuk standar zaman sekarang, namun setidaknya bezel-bezel tersebut dibuat dengan rapi dan simetris. Di sisi lain, desain kamera depan yang digunakannya merupakan waterdrop notch alias ceruk yang menjorok ke layar.

Adapun untuk resolusinya, berada di angka 720 x 1612 inci alias HD+. Ini memang bukan resolusi yang cukup ideal karena tidak sebaik Full HD+ dari sisi ketajaman layar, tapi lagi-lagi dapat diwajarkan untuk kelas HP Rp1 jutaan.

Well, sebenarnya jika Anda mencari HP di harga yang sama, masih ada pilihan alternatif yang sudah gunakan Full HD+ (1080p). Contohnya seperti Redmi 10 di harga rilis Rp1.999.000,-, tapi ini secara teknis sudah masuk ke rentang 2 jutaan, sih. Cuman perlu nambah Rp500 ribu saja.

Menurut pengujian yang dilakukan David GadgetIn di videonya, warna layar yang dihasilkan memang tidak begitu punchy namun tetap dirasa oke jika sudah terbiasa.

Meskipun tingkat kecerahannya tidak setinggi ponsel-ponsel di kelas harga di atasnya, Infinix Hot 12i ini sudah mampu mencapai 480 nit. Tingkatan setinggi ini masih terbilang cukup untuk penggunaan di dalam maupun di luar saat siang hari.

5. Kapasitas Baterai yang Tahan Lama

infinix hot 12i baterai_

Jika spek layarnya tidak sanggup membuat Anda kesemsem sama HP murah yang satu ini, tunggu sampai Anda melihat spesifikasi baterainya. Ya, Infinix Hot 12i memang ditopang dengan kapasitas baterai yang tinggi sesuai zamannya, yaitu 5.000 mAh.

Bila dilansir dari laman resmi Infinix, kapasitas baterai ini bisa bertahan sekalipun sudah digunakan untuk mendengarkan lagu selama 150 jam, menelepon selama 34 jam, atau bermain gim selama 13 jam. Selain itu, Infinix Hot 12i juga memiliki masa tahan hingga 62 hari pada mode siaga (stand-by).

Sementara bagi Anda yang mengharap baterai bisa terisi dengan penuh, tampaknya mesti siap-siap kecewa. Ya, Infinix Hot 12i hadir dengan casan bawaan 10 W, dan memang tidak memiliki kemampuan fast charging sama sekali.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram