carisinyal web banner retina

Kupas Tuntas 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 20 5G

Ditulis oleh Aris Wibowo

Pada Oktober 2022, Infinix telah menyegarkan seri Note dengan merilis varian Note 12i 2022 yang membawa spesifikasi kelas menengah yang mumpuni. Menariknya, tidak hanya itu saja produk terbaru yang dihadirkan di Oktober 2022.

Pasalnya, Infinix juga menyegarkan seri Hot dengan produk Infinix Hot 20 5G. Ini jadi seri baru dari Hot setelah seri Infinix Hot 12.

Dipasarkan dengan harga Rp2,5 jutaan di Indonesia, ada beberapa sektor yang coba diunggulkan pada Infinix Hot 20 5G. Tentu selain konektivitas 5G yang kencang. Keunggulan tersebut ialah penggunaan layar resolusi tinggi. Layar  ini diklaim lancar dan nyaman untuk berbagai aktivitas seperti browsing, menonton video, hingga bermain game.

Selain layar, Infinix juga mengandalkan chipset MediaTek Dimensity series yang tentunya membawa performa lebih kencang untuk bermain game maupun multitasking. Apalagi, chipset seri ini terkenal hemat baterai, sehingga cocok untuk penggunaan harian. 

Lalu, apa saja beberapa catatan yang mesti Anda perhatikan pada si ponsel? Silakan cek jawabannya pada tabel kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 20 5G ini.

KelebihanKekurangan
Desain Elegan, Mirip Seri Note 12
Layar dengan Refresh Rate 120Hz
Hadirnya RAM Virtual, Multitasking Jadi Enak
XOS 10.6 Berbasis Sistem Android 12 
• NFC dan HP 5G Murah
Sensor Keamanan yang Cepat
Bodi Mudah Kotor
Tanpa Kamera Makro dan Kamera Ultra-wide
• Bukan Panel Layar AMOLED
• Pengisian Cepat Masih 18 W

Jika ingin mengetahui plus minus HP ini lebih dalam, simak detail kelebihan kekurangan Infinix Hot 20 5G setelah info spesifikasinya berikut ini.

Spesifikasi Infinix Hot 20 5G

Infinix Hot 20 5G
Layar IPS LCD 6.59 inci
Chipset MediaTek Dimensity 810
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Infinix Hot 20 5G

Ada enam poin kelebihan yang kami temukan pada seri Infinix Hot 20 5G. Enam poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel entry-level ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain Elegan, Mirip Seri Note 12

Infinix Hot 20 5G

Desain Infinix Hot 20 5G memang berbeda dan lebih segar dibanding seri sebelumnya. Hal ini nampak dari sisi bodi belakang yang kini tampak mewah dan berkelas. Sekilas kalau diperhatikan, desain bodi belakang ini mirip dengan seri Note 12.

Desain yang mencolok muncul di modul kamera si ponsel yang berbentuk persegi panjang vertikal. Sekilas, modul ini tampak sama dengan seri Note 12 reguler. Dalam modul ini terdapat kamera utama serta kamera AI dan LED.

Yang agak berbeda, di samping modul ini, terdapat bagian bodi yang matte berbentuk persegi yang membentang dari ujung bodi HP ke ujung bodi yang lain. Hal ini membuat HP menjadi terkesan memiliki modul kamera yang besar atau memiliki dua bagian bodi, yakni atas matte dan bagian bawah glossy bertekstur.

Menariknya, untuk membedakan HP ini dengan seri Note. Ada tulisan 5G di bagian ujung bodi matte ini.

Sedikit membahas area depan, HP ini menggunakan layar yang mengusung desain kamera waterdrop. Layar ini hadir dengan bezel yang cukup tipis di semua sisi. Ini membuat kesan layar lebih luas dan mewah. Bodi HP ini juga sangat nyaman digenggam meski memiliki dimensi besar 166,3 x 76,5 x 8,9 mm dengan berat 204 gram. Pasalnya, HP ini lebih tipis dan lebih ringan dari seri sebelumnya. Anda pun bisa bermain game dengan satu tangan.

2. Layar dengan Refresh Rate 120Hz

Infinix Hot 20 5G layar_

Sebagai sebuah HP gaming, Infinix memakai layar berukuran 6,6 inci pada seri Hot 20 ini. Pemilihan ukuran ini dirasa pas karena mampu menampilkan gambar dan video dengan lebih jelas. Selain itu, layar yang luas membuat pergerakan jari jemari Anda kala bermain juga lebih nyaman.

Resolusi layar yang digunakan cukup mumpuni di kelas HP entry-level, yakni FHD+, sehingga tampilan bisa lebih detail dan jelas. Tentu resolusi layar yang tinggi ini akan memberikan pengalaman visual yang lebih baik untuk nonton video, browsing, hingga bermain game

Layar HP ini juga sudah dibekali fitur Full Screen Sunlight Display dan Reading Mode terbaru. Fitur ini membuat layar akan tetap mudah dilihat meski di bawah sinar matahari sekalipun. Meskipun kecerahan layarnya mentok hingga 500 nits, layar ini tetap nyaman dipakai di dalam maupun luar ruangan.

Sebagai HP gaming, infinix Hot 20 5G sudah menggunakan refresh rate tinggi 120 Hz dan touch sampling 240 Hz. Selain itu, ada ultra touch mode yang membuat layar kian nyaman dan kian responsive digunakan bermain game.

Tidak lupa, layar ponsel ini masih didukung sejumlah teknologi yang sama seperti seri Note, dimana mampu menampilkan warna 10 bit dengan 100% DCI-P3.

3. Hadirnya RAM Virtual, Multitasking Jadi Enak

fitur Infinix Hot 20 5G

Sebagai HP gaming, Infinix menghadirkan RAM besar di seri Hot 20 5G, yakni 4 GB. Agar performa ponsel Infinix ini tidak lemot, Infinix menambahkan fitur extended RAM

Dengan fitur ini Anda bisa menambahkan RAM virtual sebesar 1,2 atau 3 GB pada HP ini, yang diambil dari memori internal. Dengan fitur ini, RAM HP ini menjadi lebih besar dan memberikan performa yang lebih kencang.   

Sementara itu sebagai otak dapur pacu, Infinix menggunakan chipset MediaTek Dimensity 810. SoC ini mampu menghasilkan kinerja tinggi sambil memaksimalkan umur baterai tanpa mengurangi pengalaman bermain game yang luar biasa.

MediaTek Dimensity 810 merupakan SoC yang dirilis pada kuartal ketiga 2021. SoC ini memiliki delapan inti CPU yang terdiri dari dua core Cortex A76 (2.0 GHz) dan enam core Cortex A55 (2.0GHz). CPU ini mengandung komponen GPU Mali G57 MC2, APU, ISP dan modem 5G. Seluruh komponen disatukan via proses manufaktur 6 nm.

Saatnya membahas performa. Menurut akun YouTube TeknoLoGue, Infinix Hot 20 5G mencetak skor AnTuTu 304.641. Dari data tersebut, tampak performa Infinix Hot 5G ini memang lancar dan kencang untuk gaming kelas menengah ke bawah. Ketika digunakan bermain game Mobile Legends, HP ini dapat menjajalnya dengan cukup lancar dan tanpa kendala. Sayangnya, untuk pengaturan ultra masih terkunci.

4. XOS 10.6 Berbasis Sistem Android 12 

Infinix Hot 20 5G

Infinix menghadirkan cukup banyak fitur menarik dalam ponsel terbarunya. Meski dipasarkan di harga Rp2 jutaan, performanya cukup baik dalam menjalankan berbagai aplikasi dan game. Hal ini disebabkan HP Infinix ini menggunakan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka XOS 10.6.

5. NFC dan HP 5G Murah

Dimensity 810

Infinix tampak serius untuk menghadirkan ponsel gaming murah yang berkualitas. Maka dari itu, HP Android ini dibekali konektivitas 5G berkat penggunaan chipset MediaTek seri Dimensity. 

Dengan konektivitas 5G, Anda bisa berkomunikasi dan bermain game lebih lancar. Sementara itu sebagai perangkat game online, adanya fitur 5G membuat Anda bisa bermain tanpa takut adanya lag akibat koneksi yang lambat.

Dengan harga di Rp2.5 juta, membuat Infinix Hot 20 5G jadi salah satu HP 5G termurah. Setidaknya, saat artikel ini dibuat.

Bila itu belum cukup, Infinix ternyata sudah membekali seri ini dengan NFC.

Fitur NFC sendiri bisa membantu pengguna smartphone untuk melakukan pembayaran non tunai, serta mentransfer data ke perangkat lain dengan lebih mudah dan cepat serta fungsi lainnya.

6. Sensor Keamanan yang Cepat

Seri Infinix Hot awalnya memang hadir dengan fitur yang ala kadarnya sebagai sebuah HP gaming murah. Namun, untuk seri Hot terbaru ini, Infinix mencoba menghadirkan fitur yang lebih baik, termasuk adanya sistem keamanan yang lengkap.

Maka dari itu, dalam Infinix Hot 20 5G, di bagian bodi samping terdapat sensor sidik jari yang terbilang mudah digunakan. Sensor ini menyatu dengan tombol power, sehingga mudah ditemukan dan dioperasikan.

Menariknya, sensor ini dapat membuka dan mengunci layar HP dengan cepat dan mudah. Anda pun bisa menggunakan sensor sidik jari yang lebih akurat dan lebih bisa diandalkan dalam situasi apa pun.

Kekurangan Infinix Hot 20 5G

Di samping enam kelebihan di atas, ada empat hal lain yang mesti Anda perhatikan terhadap HP Infinix Hot ini. Empat hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi Anda dalam melihat ponsel ini.

1. Bodi Mudah Kotor

bodi Infinix Hot 20 5G

Sebagai ponsel entry-level, Infinix Hot 20 5G memang hadir dengan desain bodi yang terkesan mewah. Padahal kalau diperhatikan, bodi belakangnya masih menggunakan bodi berbahan plastik.

Nah, dibalik desainnya yang segar ternyata menyimpan sedikit kekurangan. Pasalnya, bodi plastik yang digunakan ternyata mudah kotor dan mudah tertempel sidik jari. 

Bodi plastiknya juga terasa licin ketika tangan berkeringat. Ini bisa menjadi perhatian khusus bagi Anda yang hendak membeli HP ini. Ada baiknya, Anda langsung membungkus bodi HP infinix ini dengan casing, sehingga bodi HP bisa lebih nyaman digenggam.

2. Tanpa Kamera Makro dan Kamera Ultra-wide

Infinix Hot 20 5G kamera_

Sebagai HP 5G murah, Infinix memang tidak menghadirkan sektor kamera yang berkualitas di seri ini. Ponsel entry-level ini hanya memakai dua kamera belakang dan sebuah kamera depan, dengan penggunaan teknologi Ultra Night Camera di kamera utamanya.

Nah, mari kita bahas secara rinci spesifikasi satu per satu kamera HP ini. Untuk kamera utama, Infinix memasang sensor 50 MP dengan ukuran 1/2,8 inci. Kamera tersebut memiliki bukaan f/1.6, dilengkapi autofokus PDAF dan Dual LED flash.

Lalu kamera kedua memiliki resolusi 0,3 MP memiliki fungsi sebagai kamera AI. Untuk kamera depan, hanya ada kamera 8 MP dengan Single LED Flash. Menariknya, kamera depan ini memiliki shutter speed yang cepat.

Kamera Infinix Hot 20 5G ini memang terbilang minimalis hanya ada kamera utama dan kamera AI. Hal ini cukup disayangkan. Pasalnya, di rentang harga yang sama, beberapa produsen masih bisa menghadirkan tiga kamera belakang dengan tambahan kamera ultra-wide atau kamera makro.

Selain itu, sistem stabilisasi kamera ini juga masih standar. Padahal kamera yang stabil dibutuhkan terutama dalam menghasilkan foto low-light serta meminimalkan efek guncangan pada perekaman video beresolusi tinggi.

Terlepas dari jumlah kamera belakang yang sedikit dan minimnya fitur serta mode dalam aplikasi kamera bawaan, rupanya hasil kamera Infinix ini cukup memuaskan dan tidak terlalu jelek, masih bisa di-posting di media sosial Anda.

Perihal perekaman video, resolusi Full HD 30 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi Full HD 30 fps. Anda memang tidak bisa berharap banyak di sektor ini mengingat ponsel ini fokus di sektor gaming, bukan videografi maupun fotografi.

3. Bukan Panel Layar AMOLED

Infinix Hot 20 5G

Kekurangan Infinix Hot 20 5G selanjutnya adalah penggunaan panel layar yang masih IPS. Memang, hal ini sedikit mengecewakan karena di kelas harga yang sama beberapa produsen bisa menghadirkan ponsel dengan panel AMOLED.

Panel AMOLED tampak lebih mewah dan lebih berkualitas. Panel ini mampu menampilkan warna yang lebih jelas dan lebih cerah dibanding IPS.

4. Pengisian Cepat Masih 18 W

Meski memiliki harga yang ekonomis, Infinix Hot 20 5G sudah dibekali dengan baterai dengan kapasitas 5000 mAh yang sudah umum digunakan untuk standar ponsel masa kini. Kapasita baterai ini sudah cukup baik untuk menunjang berbagai kegiatan mulai browsing harian hingga main game.

Agar lebih tahan lama digunakan main game, Infinix menyematkan teknologi penghemat baterai bernama Power Marathon. Fitur ini akan mengaktifkan ultra power mode saat baterai HP tersisa 5% saja. Dengan menyalanya mode ultra, Anda akan mendapatkan tambahan baterai yang dapat digunakan hingga 15 jam.

Sayangnya, produsen hanya menghadirkan sistem pengisian cepat 18W saja. Tentu, ini sedikit membuat pengisian baterai HP lebih lama dibanding ponsel iain yang sudah menggunakan pengisian 25W maupun 33W. Dengan pengisian 18W, Anda butuh waktu 2-3 jam untuk mengisi baterai dari 0 hingga penuh.

Simpulan

Infinix mendobrak pasar ponsel entry-level dengan memperkenalkan Infinix Hot 20 5G. Sesuai namanya, ini merupakan ponsel HP gaming infinix seri Hot pertama yang dibekali konektivitas 5G.

Keunggulan HP ini muncul dari chipset MediaTek Dimensity 810 yang memiliki performa cukup baik kala main game maupun multitasking. Dengan hadirnya chipset ini, ponsel pun bisa memiliki konektivitas 5G yang cukup baik.

Sayangnya, meski ponsel ini sudah memiliki layar dengan resolusi tinggi, panel yang digunakan masih panel IPS. Selain itu, sektor kamera dan baterai HP ini terbilang standar. Sektor kameranya juga biasa saja, namun masih baik untuk membuat video harian maupun foto di media sosial.

Tampak sekali, HP infinix ini hadir dengan kelebihan 5G dan performa dapur pacunya. Bagaimana menurut Anda, apakah ponsel ini cukup menarik untuk dimiliki?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram