Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 11 Pro

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Infinix kembali melakukan perilisan seri Note berikutnya yang ditujukan untuk penggiat mobile game, yakni Infinix Note 11 dan Infinix Note 11 Pro. Kedua HP ini berada pada rentang HP murah, umumnya memiliki harga antara 2 hingga 3 jutaan tergantung varian mana yang dipilih.

Jika kita berkaca pada Infinix Note 10 Pro yang jadi predesornya, ponsel tersebut 'kan punya layar yang super besar, ya, yakni 6,95 inci. Alhasil, wajar saja jika tidak sedikit yang penasaran apakah Infinix Note 11 Pro akan dibekali dengan layar yang sama besarnya.

Mengingat sudah selang enam bulan sejak Infinix Note 10 Pro hadir di pasaran, seharusnya sih Infinix Note 11 Pro membawakan beberapa peningkatan. Ya tidak perlu drastis-drastis amat, sih, karena keduanya masih dirilis pada tahun yang sama juga.

Nah, maka dari itu, Anda harus tahu kelebihan dan kekurangan Infinix Note 11 Pro, terutama jika Anda berniat hijrah dari Note 10 Pro ke Note 11 Pro. Apakah fitur dan spek HP ini cukup mampu memberikan perasaan worth it?

Spesifikasi Infinix Note 11 Pro

Infinix Note 11 Pro
Layar IPS LCD 6.95 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 13 MP (telephoto) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Infinix Note 11 Pro

Yuk, simak poin-poin kelebihan Infinix Note 11 Pro berikut ini! Siapa tahu, ia bisa jadi daily driver yang selama ini Anda idam-idamkan.

1. Bentang Layar 6,95 Inci yang Luar Biasa Besar

layar jumbo infinix note 11 pro

Infinix kembali membubuhkan trademark-nya pada HP yang satu ini, yakni layar yang berukuran lega di atas rata-rata. Bayangkan saja, Infinix Note 11 Pro ini memiliki ukuran layar 6,95 inci. Dan tentunya, resolusi yang diusungnya juga mendukung, yakni Full HD Plus alias 1080 x 2460 piksel.

Kendati begitu, kami agak menyayangkan panel yang digunakannya kembali ke IPS LCD, setelah sebelumnya Infinix menyediakan panel AMOLED pada Infinix Note 11 varian reguler.

Infinix pun tampaknya berusaha mengompensasikan hal ini dengan menambahkan refresh rate tinggi 120 Hz untuk membuat pergeseran layar jadi dua kali lebih mulus saat scrolling dan bermain game, serta touch sampling rate 180 Hz yang hadirkan responsivitas lebih tinggi ketika menyentuh layar.

Sebuah pengulasan dari GSM Arena mengungkapkan bahwa tingkat kecerahan layar HP ini tergolong biasa-biasa saja. Ini wajar, bagaimana pun kita tidak dapat mengharapkan kualitas AMOLED pada ponsel yang gunakan IPS LCD, bukan?

Tercatat, layar memiliki kecerahan maksimal sebesar 470 nit, lebih tinggi dibandingkan generasi pendahulunya (Infinix Note 10) yang meraih 447 nit. Sedangkan pada kontras rasionya, ia mendapatkan perbandingan 1610:1.

Infinix Note 11 Pro juga dinilai cukup baik dalam implementasi refresh rate 120 Hz. Saat diujikan pada aplikasi dan game-game yang mendukung laju penyegaran tinggi, GSM Arena mencatat bahwa HP ini memang berjalan pada refresh rate tersebut.

Di sisi lain, ponsel ini juga diketahui memiliki handling terhadap auto refresh rate yang perlu disempurnakan, karena ia kadang mengaktifkan mode 60 Hz pada browser dan game tertentu. Padahal idealnya, mode 60 Hz hanya perlu aktif saat layar menampilkan gambar tidak bergerak untuk menghemat daya. Semoga ini jadi sebuah hal yang akan diperbaiki Infinix melalui update OTA.

2. Hadir dengan SoC Helio G96, Punya Performa Buas

helio g96Sumber: realme

Infinix Note 11 Pro dibekali dengan SoC gaming di kelas harga mid-range yakni MediaTek Helio G96 yang membawakan sedikit peningkatan dibanding Helio G95. Pemilihan SoC ini sedikit mengingatkan kami akan Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro. Keduanya juga hadir dengan Helio G88 dan Helio G96, sama seperti Infinix Note 11 dan Infinix Note 11 Pro.

Helio G96 hadir dengan konfigurasi octa core yang terdiri atas dua klaster. Klaster pertama yaitu dua unit berperforma tinggi ARM Cortex A76 berkekuatan 2.05 GHz, sedangkan klaster kedua mencakup enam inti hemat daya berupa ARM Cortex A55 berkekuatan 2.0 GHz.

SoC yang hadir pada kuartal ketiga tahun 2021 ini juga ditopang dengan GPU (Graphical Processing Unit) berupa Mali G57 MC2 yang berlari pada frekuensi 850 MHz. Penurunan dari Helio G95 yang GPU-nya memiliki clock speed 900 MHz. Helio G96 juga dibuat dengan proses fabrikasi 12 nanometer.

Tidak diketahui berapa daya TDP (Thermal Design Power) yang dimiliki chipset ini, namun jika tidak berbeda dengan predesornya, nampaknya ia punya TDP sebesar 5 W.

Infinix melakukan keputusan yang bijak dengan memilih chipset Helio G96 ketimbang Helio G95. Pasalnya, Helio G96 memungkinkan ponsel ini untuk memiliki layar dengan laju penyegaran 120 Hz, karena Helio G95 hanya mendukung hingga 90 Hz saja.

Secara perbandingan benchmark, Infinix Note 11 Pro bahkan lebih unggul ketimbang realme 8i yang gunakan chipset sama, seperti yang dilaporkan oleh GSM Arena. Pada pengujian benchmark AnTuTu 9, Infinix Note 11 Pro meraih skor 343.527 sedangkan realme 8i memiliki skor 308.544 poin.

Adapun benchmark Geekbench 5 yang turut mengamini keunggulan performa HP ini. Tercatat bahwa Infinix Note 11 Pro mendapatkan skor 520 pada pengujian single core dan 1800 pada multi-core.

Infinix Note 11 Pro mendapatkan dukungan dari RAM LPDDR4x yang cukup besar yakni 8 GB serta memori internal berjenis UFS 2.2 berkapasitas 128 GB. Seolah tidak cukup, tersedia fitur Extended RAM yang dapat memberikan tambahan RAM sebanyak 3 GB, sehingga total RAM-nya menjadi 11 GB.

3. 64 MP Triple Camera, Ada Lensa Telefoto!

kamera infinix note 11 pro

Helio G96 memiliki dukungan kamera hingga resolusi 108 MP, namun tampaknya Infinix memutuskan untuk tidak go all out pada spesifikasi kamera utamanya yang "hanya" beresolusi 64 MP Quad Bayer (f/1.4) pada fungsi wide-angle. Secara default, hasil outputnya adalah foto beresolusi 16 MP, namun Anda pun diberi opsi mengambil foto dengan resolusi 64 MP.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram