carisinyal web banner retina

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 11 Pro

Infinix kembali melakukan perilisan seri Note berikutnya yang ditujukan untuk penggiat mobile game, yakni Infinix Note 11 dan Infinix Note 11 Pro. Kedua HP ini berada pada rentang HP murah, umumnya memiliki harga antara 2 hingga 3 jutaan tergantung varian mana yang dipilih.

Jika kita berkaca pada Infinix Note 10 Pro yang jadi predesornya, ponsel tersebut 'kan punya layar yang super besar, ya, yakni 6,95 inci. Alhasil, wajar saja jika tidak sedikit yang penasaran apakah Infinix Note 11 Pro akan dibekali dengan layar yang sama besarnya.

Mengingat sudah selang enam bulan sejak Infinix Note 10 Pro hadir di pasaran, seharusnya sih Infinix Note 11 Pro membawakan beberapa peningkatan. Ya tidak perlu drastis-drastis amat, sih, karena keduanya masih dirilis pada tahun yang sama juga.

Nah, maka dari itu, Anda harus tahu kelebihan dan kekurangan Infinix Note 11 Pro, terutama jika Anda berniat hijrah dari Note 10 Pro ke Note 11 Pro. Apakah fitur dan spek HP ini cukup mampu memberikan perasaan worth it?

Spesifikasi Infinix Note 11 Pro

Infinix Note 11 Pro
Layar IPS LCD 6.95 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 13 MP (telephoto) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.969.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Infinix Note 11 Pro

Yuk, simak poin-poin kelebihan Infinix Note 11 Pro berikut ini! Siapa tahu, ia bisa jadi daily driver yang selama ini Anda idam-idamkan.

1. Bentang Layar 6,95 Inci yang Luar Biasa Besar

layar jumbo infinix note 11 pro

Infinix kembali membubuhkan trademark-nya pada HP yang satu ini, yakni layar yang berukuran lega di atas rata-rata. Bayangkan saja, Infinix Note 11 Pro ini memiliki ukuran layar 6,95 inci. Dan tentunya, resolusi yang diusungnya juga mendukung, yakni Full HD Plus alias 1080 x 2460 piksel.

Kendati begitu, kami agak menyayangkan panel yang digunakannya kembali ke IPS LCD, setelah sebelumnya Infinix menyediakan panel AMOLED pada Infinix Note 11 varian reguler.

Infinix pun tampaknya berusaha mengompensasikan hal ini dengan menambahkan refresh rate tinggi 120 Hz untuk membuat pergeseran layar jadi dua kali lebih mulus saat scrolling dan bermain game, serta touch sampling rate 180 Hz yang hadirkan responsivitas lebih tinggi ketika menyentuh layar.

Sebuah pengulasan dari GSM Arena mengungkapkan bahwa tingkat kecerahan layar HP ini tergolong biasa-biasa saja. Ini wajar, bagaimana pun kita tidak dapat mengharapkan kualitas AMOLED pada ponsel yang gunakan IPS LCD, bukan?

Tercatat, layar memiliki kecerahan maksimal sebesar 470 nit, lebih tinggi dibandingkan generasi pendahulunya (Infinix Note 10) yang meraih 447 nit. Sedangkan pada kontras rasionya, ia mendapatkan perbandingan 1610:1.

Infinix Note 11 Pro juga dinilai cukup baik dalam implementasi refresh rate 120 Hz. Saat diujikan pada aplikasi dan game-game yang mendukung laju penyegaran tinggi, GSM Arena mencatat bahwa HP ini memang berjalan pada refresh rate tersebut.

Di sisi lain, ponsel ini juga diketahui memiliki handling terhadap auto refresh rate yang perlu disempurnakan, karena ia kadang mengaktifkan mode 60 Hz pada browser dan game tertentu. Padahal idealnya, mode 60 Hz hanya perlu aktif saat layar menampilkan gambar tidak bergerak untuk menghemat daya. Semoga ini jadi sebuah hal yang akan diperbaiki Infinix melalui update OTA.

2. Hadir dengan SoC Helio G96, Punya Performa Buas

helio g96Sumber: realme

Infinix Note 11 Pro dibekali dengan SoC gaming di kelas harga mid-range yakni MediaTek Helio G96 yang membawakan sedikit peningkatan dibanding Helio G95. Pemilihan SoC ini sedikit mengingatkan kami akan Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro. Keduanya juga hadir dengan Helio G88 dan Helio G96, sama seperti Infinix Note 11 dan Infinix Note 11 Pro.

Helio G96 hadir dengan konfigurasi octa core yang terdiri atas dua klaster. Klaster pertama yaitu dua unit berperforma tinggi ARM Cortex A76 berkekuatan 2.05 GHz, sedangkan klaster kedua mencakup enam inti hemat daya berupa ARM Cortex A55 berkekuatan 2.0 GHz.

SoC yang hadir pada kuartal ketiga tahun 2021 ini juga ditopang dengan GPU (Graphical Processing Unit) berupa Mali G57 MC2 yang berlari pada frekuensi 850 MHz. Penurunan dari Helio G95 yang GPU-nya memiliki clock speed 900 MHz. Helio G96 juga dibuat dengan proses fabrikasi 12 nanometer.

Tidak diketahui berapa daya TDP (Thermal Design Power) yang dimiliki chipset ini, namun jika tidak berbeda dengan predesornya, nampaknya ia punya TDP sebesar 5 W.

Infinix melakukan keputusan yang bijak dengan memilih chipset Helio G96 ketimbang Helio G95. Pasalnya, Helio G96 memungkinkan ponsel ini untuk memiliki layar dengan laju penyegaran 120 Hz, karena Helio G95 hanya mendukung hingga 90 Hz saja.

Secara perbandingan benchmark, Infinix Note 11 Pro bahkan lebih unggul ketimbang realme 8i yang gunakan chipset sama, seperti yang dilaporkan oleh GSM Arena. Pada pengujian benchmark AnTuTu 9, Infinix Note 11 Pro meraih skor 343.527 sedangkan realme 8i memiliki skor 308.544 poin.

Adapun benchmark Geekbench 5 yang turut mengamini keunggulan performa HP ini. Tercatat bahwa Infinix Note 11 Pro mendapatkan skor 520 pada pengujian single core dan 1800 pada multi-core.

Infinix Note 11 Pro mendapatkan dukungan dari RAM LPDDR4x yang cukup besar yakni 8 GB serta memori internal berjenis UFS 2.2 berkapasitas 128 GB. Seolah tidak cukup, tersedia fitur Extended RAM yang dapat memberikan tambahan RAM sebanyak 3 GB, sehingga total RAM-nya menjadi 11 GB.

3. 64 MP Triple Camera, Ada Lensa Telefoto!

kamera infinix note 11 pro

Helio G96 memiliki dukungan kamera hingga resolusi 108 MP, namun tampaknya Infinix memutuskan untuk tidak go all out pada spesifikasi kamera utamanya yang "hanya" beresolusi 64 MP Quad Bayer (f/1.4) pada fungsi wide-angle. Secara default, hasil outputnya adalah foto beresolusi 16 MP, namun Anda pun diberi opsi mengambil foto dengan resolusi 64 MP.

Yang mencengangkan, Anda disuguhkan lensa pendamping berupa satu kamera telefoto 13 MP (f/2.5) dengan ukuran sensor 1/3.1 inci. Kini konsumen tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk memiliki ponsel dengan lensa jarak jauh.

Sementara untuk lensa ketiganya, terdapat kamera depth 2 MP (f/2.4) yang berfungsi untuk memberikan efek bokeh (background blur) yang dapat memberikan penekanan visual pada subjek dengan cara menghilangkan fokus pada latar belakangnya.

Kehadiran lensa telefoto di HP 3 jutaan seperti Infinix Note 11 Pro adalah sebuah fenomena yang nyaris tidak pernah terjadi. Karena memang sensor telefoto umumnya hadir pada HP 5 jutaan ke atas. Untuk kemampuan zoom-nya sendiri, Infinix mengklaim kalau Note 11 Pro dapat di-zoom hingga sebanyak 30 kali.

Fitur-fitur kameranya terbilang cukup lengkap dengan mode malam, panorama, mode Pro, dan lain sebagainya. Bahkan tenaga AI di HP ini akan berusaha mengarahkan pengguna untuk mengusung mode yang tepat sesuai kondisi. Berikut adalah beberapa hasil fotonya yang dilansir dari GSM Arena.

hasil foto zoom 10x infinix note 11 proSumber: GSM Arena
10x zoom (kamera telefoto 13 MP)
main camera 64 mp default 16 mp infinix note 11 proSumber: GSM Arena
Main Camera 64 MP, output default 16 MP
super night mode infinix note 11 proSumber: GSM Arena
Super Night Mode, 16 MP

4. Kualitas Stereo Speaker yang Bagus

speaker infinix note 11 pro

Mencari ponsel murah dengan kualitas speaker yang mantap untuk aktivitas menonton di malam minggu? Infinix Note 11 Pro sudah pasti jagonya. Ia disuguhi dengan dua speaker yang terletak di atas dan bawah bodinya (dalam posisi vertikal).

Speaker ganda tersebut sungguh dapat memberikan kualitas suara stereo yang menyenangkan, ditenagai oleh teknologi DTS Sound dan menawarkan empat opsi mode suara yang dapat dipilih, serta fitur equalizer untuk mengatur kualitas suara yang Anda perlukan.

Walau begitu, sebenarnya speaker atas HP ini bukan speaker yang terdedikasi. Ia hanyalah sebuah earpiece yang turut difungsikan sebagai speaker kedua, atau yang dinamakan sebagai stereo speaker hibrida.

Namun hal ini rupanya tidak membuat kualitasnya buruk. GSM Arena sendiri menyebutkan kalau hasil suara yang dikeluarkannya tetap seimbang untuk sebuah ponsel murah. Adapun tingkat kelantangan suaranya mencapai -23.0 LUFS pada predikat Excellent. Sebuah kemajuan dibandingkan Infinix Note 10 pro dengan skor -25.3 LUFS (Very Good).

5. Kemampuan Baterai 5.000 mAh yang Awet

baterai infinix note 11 pro

SoC Helio G96 yang mengotaki Infinix Note 11 Pro merupakan salah satu yang paling hemat daya di kelasnya. Ditambah lagi, Infinix Note 11 Pro juga ditopang dengan baterai berukuran besar 5.000 mAh yang sangat andil dalam membuat ponsel menyala seharian penuh.

Sebuah hal yang cukup mengejutkan (meskipun wajar), ketahanan baterai Infinix Note 11 Pro kurang lebih tidak berubah dibanding Infinix Note 10 Pro yang juga berkapasitas 5.000 mAh.

Dinilai dari GSM Arena, kedua ponsel ini sama-sama meraih endurance rating sebesar 128 jam. Infinix Note 11 Pro sanggup bertahan saat melakukan panggilan telepon selama 32 jam, web browsing selama 17 jam setengah, dan pemutaran video playback selama 14 jam 25 menit.

Perangkat yang dibekali dengan USB Type-C 2.0 ini bisa diisi dengan daya pengisian 33W yang GSM Arena sebut dapat memenuhi baterai hingga penuh dalam waktu 2 jam 7 menit.

6. Fitur Software yang Melimpah

xos 10

Infinix Note 11 Pro tentunya sudah hadir dengan Android 11 yang merupakan versi terbaru saat HP ini dirilis, diselimuti dengan antarmuka XOS 10 yang kaya akan fitur-fitur berguna.

Seperti ROM kebanyakan, tentunya XOS 10 hadir dengan beberapa bloatware yang mungkin tidak akan Anda gunakan sama sekali. Akan tetapi, bagaikan dua sisi di koin yang sama, ini justru memberikan fitur melimpah yang sangat berguna bagi keseharian pengguna.

Mulai dari tema dan kustomasi, antarmukanya sungguh terasa begitu unik dengan visual yang cantik. Di HP ini, tersedia fitur Lightning Multi-window yang dapat mengecilkan jendela aplikasi menjadi picture-in-picture.

Kemudian, ada Smart Panel yang dapat memunculkan berbagai shortcut yang Anda butuhkan, bisa dikustomasi sesuka hati. Mirip dengan AssistiveTouch yang ada di iPhone, kendati dengan tampilan yang berbeda.

Apakah Anda seorang penggila medsos? Ada fitur Social Turbo yang akan membuat pengalaman Anda semakin menyenangkan, seperti kemampuan mengubah suara, pembuatan stiker, pengoptimasian file di WhatsApp, serta opsi untuk menonaktifkan trafik data pada seluruh aplikasi kecuali WhatsApp.

Ada juga fitur MOL yang berguna sebagai penerjemah, baik itu saat mengetik di chat ataupun face-to-face translation yang dapat menerjemahkan suara percakapan secara realtime.

Tentu saja, XOS 10 juga hadir dengan fitur penghemat daya bernama Power Marathon serta Dar-Link yang dapat mengoptimalkan pengalaman gaming seperti menonaktifkan notifikasi sementara dan penanganan daya CPU dan GPU.

Dengan Infinix Note 10 Pro, tampaknya Anda tidak perlu lagi repot menginstal beragam aplikasi pihak ketiga karena semuanya sudah tersedia secara out-of-the-box.

Kekurangan Infinix Note 11 Pro

Layar besar, SoC mumpuni, baterai awet, apa coba yang kurang dari HP ini? Eits, jangan terlalu dini menyimpulkan begitu. Sebaiknya baca juga poin-poin kekurangan berikut ini yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli.

1. Tanpa Gorilla Glass dan IP Rating

tanpa-gorilla-glass

Infinix Note 11 Pro rupanya tidak menyediakan Corning Gorilla Glass apapun sebagai pelindung layar. Itu mengapa, Infinix menyertakan lapisan kaca antigores yang bisa Anda pasangkan pada layar. Namun tetap saja akan lebih bagus jika ia sudah dilindungi Gorilla Glass dari pabrikannya seperti beberapa rivalnya.

Selain itu, Infinix Note 11 Pro juga kalah saing dalam hal ketersediaan Ingress Protection yang dapat melindungi bodi dari kerusakan akibat tersusupi debu dan air. Jadi, hati-hati jangan sampai menjatuhkan ponsel ke dalam bak mandi, ya.

2. Hanya Kantongi Sertifikasi Widevine L3

infinix note 11 pro featured image

Betul, Infinix Note 11 Pro memang menawarkan ukuran layar yang sangat besar, bisa jadi ukuran terbesar yang ada di smartphone rentang harga murah. Meskipun begitu, rupanya ponsel ini hanya mendapatkan sertifikasi Widevine L3 yang membatasi dirinya pada resolusi 480p saja saat menonton konten-konten OTT (over-the-top) seperti Netflix dan Amazon Prime.

Sehingga, meskipun Anda sudah berlangganan akun Netflix yang mendukung resolusi HD, tetap saja perangkat hanya akan menampilkan film atau series pada resolusi seadanya. Barangkali ini adalah sebuah hal yang akan diperbaiki Infinix pada update OTA.

3. Tanpa NFC dan 5G

Kebutuhan akan NFC (Near Field Communication) di Indonesia rasanya semakin luas. Kini setelah pandemi berangsur-angsur mulai membaik berkat digembor-gemborkannya vaksin, semakin banyak orang yang mulai berpergian menggunakan jalan tol.

Oleh karena itu, NFC pun semakin dibutuhkan karena fitur tersebut memungkinkan penggunanya untuk mengecek saldo kartu eToll secara praktis dan cepat. Sayang sekali, Anda harus bersiap-siap kecewa karena Infinix Note 11 Pro memang tidak menyediakan NFC. Padahal, NFC sendiri sudah banyak tersedia pada rival di harga entry-level.

Bukan hanya itu saja. Infinix Note 11 Pro juga masih menggunakan SoC Helio G96 yang belum mendukung jaringan seluler 5G, di saat Indonesia sudah mulai memasuki tahap awal percobaan 5G. Bahkan, jaringan 5G sudah tersedia di beberapa penjuru kota di Tanah Air, contohnya Jabodetabek, Bandung, dan Batam.

Untung saja masih ada beberapa alternatif yang bisa Anda pilih, dan harganya pun tidak beda jauh dengan HP ini. Contohnya saja Redmi Note 10 5G, POCO M4 Pro 5G, ataupun Samsung Galaxy A22 5G.

4. Tidak Mendukung Perekaman 4K

tanpa 4k infinix note 11 pro

Apabila anda seorang kreator konten yang sering terlibat dalam pembuatan video, fitur perekaman 4K akan memberikan fleksibilitas yang lebih luwes pada proses pengeditan. Dalam hal ini, Infinix Note 11 Pro bukanlah pilihan terbaik karena hanya mendukung up to 2K alias 1440p pada perekaman videonya.

Keterbatasan ini disebabkan oleh salah satu faktor, yakni pemilihan chipsetnya. Entah mengapa, Helio G96 memang hanya menyediakan dukungan maksimal pada resolusi 2K. Selain itu, Infinix Note 11 Pro juga kekurangan satu lensa belakang yang dinilai penting, yakni lensa ultrawide.

Simpulan

Kita tidak selamanya bisa mendapatkan apa yang kita inginkan, terutama jika hal itu berkenaan dengan ponsel budget. Namun dalam hal ini, Infinix Note 11 Pro setidaknya telah menawarkan banyak hal yang dibutuhkan oleh target pemirsanya.

Layar yang besar, chipset yang tangguh, dan baterai tahan lama. Ketiga hal ini akan sungguh menggiurkan jika dilihat dari sudut pandang gamer. Keberadaan sensor telefoto juga membuatnya sungguh beda dari yang lain, semakin menambah daya tarik pada ponsel besutan perusahaan asal Hong Kong ini.

Jadi, apakah bagi Anda kelebihan Infinix Note 11 Pro ini dapat mengompensasikan kekurangannya? Hal-hal apa yang ingin Anda ketahui dari HP ini? Jangan sungkan share di kolom komentar, ya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram