carisinyal web banner retina

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 11s

Di akhir 2021, Infinix Indonesia hadirkan Infinix Note 11 series yang jadi penerus Note 10 series. Jaka keduanya hadir terpaut 6 bulan lebih. Infinix Note 11 series yang hadir di Indonesia hadir dengan 4 varian. Keempat varian tersebut adalah Infinix Note 11, Infinix Note 11 NFC, Infinix Note 11s, dan Infinix Note 11 Pro.

Keempatnya memiliki ciri khas masing-masing beserta keunggulannya. Infinix Note 11 dan varian NFC dengan AMOLED dan Infinix Note 11 Pro dengan kamera telefoto. Lalu, bagaimana dengan Infinix Note 10s? 

Dijual dengan harga Rp2,8 jutaan, Infinix Note 11s seperti jadi penengah dari varian reguler dan varian Pro. Dengan harga tersebut, apakah ponsel ini menarik? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak pembahasan kelebihan dan kekurangannya berikut ini. 

Spesifikasi Infinix Note 11s

infinix note 11s_
Layar IPS LCD 6.95 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.899.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Infinix Note 11s

Yuk, simak poin-poin kelebihan Infinix Note 11s berikut ini! Siapa tahu, ponsel ini merupakan ponsel yang memang Anda idamkan. 

1. Bentang Layar 6,95 Inci 120 Hz

Infinix Note 11s

Infinix tetap mempertahankan image mereka sebagai brand yang hadirkan ponsel layar besar, yakni layar yang berukuran lega di atas rata-rata. Bayangkan saja, Infinix Note 11s ini memiliki ukuran layar 6,95 inci. Dan tentunya, resolusi yang diusungnya juga mendukung, yakni Full HD Plus alias 1080 x 2460 piksel.

Sayangnya, ponsel yang digunakan ponsel ini adalah LCD, sama seperti versi Pro. Padahal varian reguler justru hadirkan versi AMOLED. 

Meski demikian, ponsel ini punya layar yang menarik karena hadirnya  refresh rate tinggi 120 Hz. Berkat dukungan ini, layar bisa jadi dua kali lebih mulus saat scrolling dan bermain game, serta touch sampling rate 180 Hz yang hadirkan responsivitas lebih tinggi ketika menyentuh layar.

Berdasarkan 91mobiles, dalam hal tampilan, Infinix telah menyediakan LCD FHD+ IPS 6,95 inci yang menawarkan kecepatan refresh 120Hz untuk pengalaman yang lebih lancar.

Tentu hal ini membuat Infinix Note 11s cukup menarik. Sayangnya, sama seperti versi Pro, tingkat kecerahan layar HP ini tergolong biasa-biasa saja. Ini wajar, Tentu kita tidak dapat mengharapkan kualitas AMOLED pada ponsel yang gunakan IPS LCD

Untuk data layarnya, ponsel ini hadir dengan kecerahan maksimal sebesar 470 nit, Sedangkan pada kontras rasionya, ia mendapatkan perbandingan 1.500:1. Kontras yang cukup standar.  Namun, ponsel ini punya dukungan TUV Rheinland yang membuat pengalaman menonton film menjadi lebih nyaman.

2. Hadir dengan SoC Helio G96 yang Tergolong Oke 

helio g96Sumber: realme

Infinix Note 11s hadir dengan MediaTek Helio G96. Chipset ini merupakan penerus dari  Helio G95. Meskipun jadi penerus, chipset ini hanya punya sedikit peningkatan dibandingkan Helio G95. 

Helio G96 datang dengan konfigurasi octa core yang terdiri atas dua klaster. Klaster pertama yaitu dua unit berperforma tinggi ARM Cortex A76 berkekuatan 2.05 GHz, sedangkan klaster kedua mencakup enam inti hemat daya berupa ARM Cortex A55 berkekuatan 2.0 GHz.

SoC yang dibuat dengan proses fabrikasi 12 nanometer.ini juga sudah dibekali dengan GPU (Graphical Processing Unit) berupa Mali G57 MC2 yang berlari pada frekuensi 850 MHz. Penurunan dari Helio G95 yang GPU-nya memiliki clock speed 900 MHz. 

Hadirnya laju layar 120 Hz berkat chipset Helio G96 yang memang pada dasarnya sudah mendukung teknologi layar tersebut. Sebagai informasi,Helio G96 memungkinkan ponsel ini untuk memiliki layar dengan laju penyegaran 120 Hz, karena Helio G95 hanya mendukung hingga 90 Hz saja.

Untuk benchmark, berdasarkan data 91mobiles, Infinix Note 11s punya nilai Antutu 9 dengan skor 329.043. Sementara untuk Geekbench, nilainya adalah 506 untuk single core dan 1.628 untuk multi-core. 

Yang menarik, Infinix Note 11s, hadir dengan mendapatkan dukungan dari RAM LPDDR4x yang cukup besar yakni 8 GB serta memori internal berjenis UFS 2.2 berkapasitas 128 GB. 

Dengan kemampuan tersebut, jelas membuat performa Infinix Note 11s cukup oke. Menurut 91mobiles, Helio G96 di ponsel ini dapat menghasilkan kinerja yang memuaskan. 

Pada tes CPU Throttle yang dilakukan 91mobiles, ponsel ini mempertahankan hingga 90 persen kinerja sampai 30 menit. Hasil tersebut tergolong cukup bagus. Sejauh kinerja GPU berjalan, tes Wild Life 3DMark di ponsel ini hadirkan  skor 1,099 yang rata-rata. 

3. 50 MP Triple Camera

Infinix Note 11s

Infinix Note 11s hadir dengan kamera 50 MP dengan bukaan f/1.6. Selain kamera utama tersebut, ada juga dua kamera belakang yang sebenarnya hanya jadi pelengkap yakni kamera depth dan kamera makro yang sama-sama 2 MP. Sementara bagian depan, ada kamera 16 MP. 

Jangan berharap dengan kualitas kamera depth dan makro yang punya kemampuan terbatas. Kamera utama justru jadi primadona karena hadirkan rentang dinamis yang baik tetapi tingkat saturasi warna sangat bervariasi dalam kondisi pencahayaan yang berbeda.

Selain itu, detail di sekitar tepi bingkai foto tampak  terlihat lembut dalam beberapa kali tembakan. Setidaknya, menurut 91mobiles. Selain itu,  HDR otomatis dan pengenalan pemandangan ckup bekerja keras tetapi hanya untuk memompa warna. Pemotretan mode potret memiliki pemisahan latar belakang yang baik dan keburaman lembut yang mudah dilihat

4. Kualitas Stereo Speaker yang Bagus

Infinix Note 11s

Infinix Note 11s hadir dengan ponsel yang punya stereo speaker.. Ia disuguhi dengan dua speaker yang terletak di atas dan bawah bodinya (dalam posisi vertikal).

Speaker ganda tersebut sungguh dapat memberikan kualitas suara stereo yang menyenangkan, ditenagai oleh teknologi DTS Sound dan menawarkan empat opsi mode suara yang dapat dipilih, serta fitur equalizer untuk mengatur kualitas suara yang Anda perlukan.

Kehadiran speaker ini membuat Infinix Note 11s hadirkan pengalaman multimedia yang menyenangkan. Memang belum sebagus stereo speaker ponsel kelas atas, tetapi setidaknya Infinix mencobanya. 

5. Kemampuan Baterai 5.000 mAh yang Awet

infinix note 11s ufs_

SoC Helio G96 yang mengotaki Infinix Note 11s merupakan salah satu yang paling hemat daya di kelasnya. Ditambah lagi, Infinix Note 11s juga ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang sangat andil dalam membuat ponsel menyala seharian penuh.

Sebuah hal yang cukup mengejutkan (meskipun wajar), ketahanan baterai Infinix Note 11s bisa sampai seharian. Bahkan, berdasarkan pengalaman 91mobiles, baterainya bisa terisa 35 persen di akhir hari. Itupun dengan penggunaan menonton YouTube dan bermain gim PUBG New State. 

Perangkat yang dibekali dengan USB Type-C 2.0 ini juga punya keunggulan dari pengisian cepat. Pasarlnya, Infinis Note 11s bisa diisi dengan daya pengisian 33W. Dengan kemampuan tersebut, Note 11s dapat terisi hanya dalam waktu satu jam. 

6. Fitur XOS

Infinix Note 11s

Infinix Note 11stentunya sudah hadir dengan Android 11 yang merupakan versi terbaru saat HP ini dirilis, diselimuti dengan antarmuka XOS 10 yang kaya akan fitur-fitur berguna.

Seperti ROM kebanyakan, tentunya XOS 10 hadir dengan beberapa bloatware yang mungkin tidak akan Anda gunakan sama sekali. Akan tetapi, bagaikan dua sisi di koin yang sama, ini justru memberikan fitur melimpah yang sangat berguna bagi keseharian pengguna.

Mulai dari tema dan kustomasi, antarmukanya sungguh terasa begitu unik dengan visual yang cantik. Di HP ini, tersedia fitur Lightning Multi-window yang dapat mengecilkan jendela aplikasi menjadi picture-in-picture.

Kemudian, ada Smart Panel yang dapat memunculkan berbagai shortcut yang Anda butuhkan, bisa dikustomasi sesuka hati. Mirip dengan AssistiveTouch yang ada di iPhone, kendati dengan tampilan yang berbeda.

Apakah Anda seorang penggila medsos? Ada fitur Social Turbo yang akan membuat pengalaman Anda semakin menyenangkan, seperti kemampuan mengubah suara, pembuatan stiker, pengoptimasian file di WhatsApp, serta opsi untuk menonaktifkan trafik data pada seluruh aplikasi kecuali WhatsApp.

Ada juga fitur MOL yang berguna sebagai penerjemah, baik itu saat mengetik di chat ataupun face-to-face translation yang dapat menerjemahkan suara percakapan secara realtime.

Tentu saja, XOS 10 juga hadir dengan fitur penghemat daya bernama Power Marathon serta Dar-Link yang dapat mengoptimalkan pengalaman gaming seperti menonaktifkan notifikasi sementara dan penanganan daya CPU dan GPU.

Dengan Infinix Note 10 Pro, tampaknya Anda tidak perlu lagi repot menginstal beragam aplikasi pihak ketiga karena semuanya sudah tersedia secara out-of-the-box.

7. Kantongi Sertifikasi Widevine L1

Infinix Note 11s

Infinix Note 11s menawarkan ukuran layar yang sangat besar dan layar 120 Hz. Menariknya lagi, layar ini bisa dimaksimalkan untuk menonton konten multimedia. Pasalnya, Infinix Note 11 telah mengantongi  Widevine L1Dengan Widevine L1, ponsel ini bisa diajak untuk menonton konten-konten OTT (over-the-top) seperti Netflix dan Amazon Prime di kualitas Full HD. 

Kekurangan Infinix Note 11s

Pembahasan soal kelebihan sudah dibahas. Selanjutnya, mari bahas soal kekurangan ponsel ini. 

1. Tanpa Gorilla Glass dan AMOLED

Infinix Note 11s

Infinix Note 11s  rupanya tidak menyediakan Corning Gorilla Glass apapun sebagai pelindung layar. Padahal Infinix Note 11 sudah dilengkapi Corning Gorilla Glass 3.  Itu mengapa, Infinix menyertakan lapisan kaca antigores yang bisa Anda pasangkan pada layar.

Selain itu, Infinix Note 11s kalah saing berkat tidak hadirnya AMOLED. Sesuatu yang seharusnya hadir di semua seri Infinix Note 11. Hal yang cukup disayangkan memang. 

2. Tanpa NFC dan 5G

NFCSumber: 99designs.com

Kebutuhan akan NFC (Near Field Communication) di Indonesia rasanya semakin luas. Kini setelah pandemi berangsur-angsur mulai membaik berkat digembor-gemborkannya vaksin, semakin banyak orang yang mulai berpergian menggunakan jalan tol.

Oleh karena itu, NFC pun semakin dibutuhkan karena fitur tersebut memungkinkan penggunanya untuk mengecek saldo kartu eToll secara praktis dan cepat. Sayang sekali, Anda harus bersiap-siap kecewa karena Infinix Note 11s memang tidak menyediakan NFC. Padahal, NFC sendiri sudah banyak tersedia pada rival di harga entry-level.

Tidak hanya itu,  Infinix Note 11s juga masih menggunakan SoC Helio G96 yang belum mendukung jaringan seluler 5G, di saat Indonesia sudah mulai memasuki tahap awal percobaan 5G. Bahkan, jaringan 5G sudah tersedia di beberapa penjuru kota di Tanah Air, contohnya Jabodetabek, Bandung, dan Batam.

Untung saja masih ada beberapa alternatif yang bisa Anda pilih, dan harganya pun tidak beda jauh dengan HP ini. Contohnya saja Redmi Note 10 5G, POCO M4 Pro 5G, ataupun Samsung Galaxy A22 5G.

3. Tidak Mendukung Perekaman 4K

Infinix Note 11s

Hal yang disayangkan lainnya adalah tidak adanya dukungan perekaman 4K. Dengan rekaman tersebut jelas akan memberikan fleksibilitas yang lebih luwes pada proses pengeditan. Dalam hal ini, Infinix Note 11s bukanlah pilihan terbaik karena hanya mendukung up to 2K alias 1440p pada perekaman videonya.

Keterbatasan ini disebabkan oleh salah satu faktor, yakni pemilihan chipsetnya. Entah mengapa, Helio G96 memang hanya menyediakan dukungan maksimal pada resolusi 2K. Selain itu, Infinix Note 11s juga kekurangan satu lensa belakang yang dinilai penting, yakni lensa ultrawide.

Simpulan

Infinix Note 11s adalah ponsel yang bisa dibilang setengah-setengah. Setengah mengambil dari seri bawah dan setengah mengambil dari atas. Tapi tidak semuanya dibawa. Keunikannya jelas tetap ada. Contohnya adalah sertifikasi widevine L1. 

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan tersebut, apakah Anda tertarik meminang Infinix Note 11s ini? Berikan pendapat Anda! Tidak uisah sungkan share di kolom komentar, ya. 

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram