carisinyal web banner retina

Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 6 HD

Infinix merilis dua HP kelas entri pada April 2022. Dua HP itu adalah Infinix Hot 12i dan Infinix Smart 6 HD. Keduanya masuk dalam kategori HP 1 jutaan. Namun, yang bakal dibahas dalam artikel ini, yaitu Infinix Smart 6 HD. Pembahasan soal Infinix Hot 12i sudah dibahas pada artikel "Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 12i".

Bila ditinjau dalam sekilas, sepertinya Infinix Smart 6 HD merupakan versi lite dari Smart 6, mengingat fitur pemindai sidik jari dihilangkan. SoC yang disematkan juga tidak sama. Infinix Smart 6 memakai SoC dengan CPU delapan core, sedangkan Smart 6 HD memakai SoC dengan CPU empat core.

Yang jadi pertanyaan, semenarik apa Infinix Smart 6 HD? Apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya? Silakan duduk manis di tempat dan temukan jawabannya dalam artikel ini.

Spesifikasi Infinix Smart 6 HD

infinix smart 6 hd
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Helio A22
RAM 2 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 8 MP (wide) 0.8 MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.149.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan Infinix Smart 6 HD

HP kelas entri seperti Infinix Smart 6 HD ditujukan untuk pengguna simpel. HP di kelas ini setidaknya harus bisa menyelesaikan tugas-tugas dasar dari sebuah smartphone. Berikut kelebihan yang membuat HP ini menarik untuk kelas entri.

1. Desain

infinix smart 6 hd

Infinix coba membuat desain yang simpel tanpa aksen neko-neko pada Infinix Smart 6 HD. Desain simpel umumnya bisa diterima oleh berbagai khalayak, baik tua maupun muda. Seluruh bodi ponsel ini memakai bahan plastik polikarbonat.

Meskipun begitu, Infinix memberikan sentuhan yang apik pada penutup belakangnya. Sentuhan itu adalah dua tekstur yang berbeda. Tekstur lembut (doff) tercetak pada bagian bawah modul kamera. Sementara tekstur kasar dengan garis-garis berada di sebelahnya (kanan).

Menurut Infinix, desain ini terinspirasi dari batu alam. Mereka pun menyebutnya dengan pola Aura Waves.

Hal menarik lagi mengenai desain HP ini adalah pilihan warna yang diberikan. Dari ketiga opsi tersedia, Aqua Sky, Force Black, dan Origin Blue, dipoles dengan finishing yang mampu menangkal noda sidik jari.

Lebih lanjut, modul kamera Infinix Smart 6 HD memiliki penataan lensa seperti dadu. Modul tersebut memiliki kelir yang menyesuaikan dengan warna penutup belakang. Balik ke depan, layar HP ini masih mengadopsi gaya ala tetesan air. Tentu Itu bukan masalah dan hanya masalah selera.

Adapun menurut keterangan yang tercetak pada boks penjualan, HP ini memiliki dimensi 165.64 x 76.4 x 9.05 mm. Infinix tidak mengungkap data bobot Smart 6 HD. Namun, menurut kimovil, HP ini memiliki bobot 228 gram.

2. Layar

infinix smart 6 hd

Infinix Smart 6 HD dibekali layar IPS LCD berukuran 6,6 inci. Ukuran layar ini masuk kategori lebar, cukup mampu memanjakan pengguna untuk berbagai aktivitas. Resolusi yang disematkan buat layar si ponsel adalah HD+ (720 x 1600 piksel).

Memang bukan resolusi terbaik, tetapi konten yang ditampilkan sudah cukup tajam. Resolusi HD+ bahkan bisa mengurangi beban kerja SoC, sehingga berimbas pada konsumsi daya yang irit.

Infinix mengeklaim, tingkat kecerahan maksimal yang bisa diraih layar Smart 6 HD adalah 500 nit. Mereka pun menjamin seluruh konten yang ditampilkan dari layar si ponsel tetap jelas. Sehingga pengguna akan tetap merasa nyaman saat menggunakan HP ini baik di dalam maupun di luar ruangan.

3. Kamera

infinix smart 6 hd

Memang benar ada empat lingkaran yang masuk dalam modul kamera belakang Infinix Smart 6 HD. Namun, hanya ada satu kamera sejati, sedangkan satu lainnya adalah lampu flash. Jelasnya, ada kamera utama 8 MP (autofokus), sensor kedalaman (QVGA), dan lampu flash yang jumlahnya dua biji.

Sementara itu, pada bagian depan terdapat kamera selfie dengan resolusi 5 MP. Kamera selfie ini menarik karena dilengkapi dengan lampu flash khas HP-HP Infinix. Lampu flash akan berguna saat Anda melakukan video call di dalam ruangan atau sedang foto selfie pada malam hari.

Adapun kamera utama HP ini bisa merekam video hingga resolusi Full HD, sedangkan rekaman video kamera depannya sampai resolusi HD. Berdasarkan foto tangkapan kanal YouTube Official Complete Selular, jepretan kamera Infinix Smart 6 HD tergolong baik di kelas harganya.

Detailnya cukup dan tone warnanya tidak lebay. Rentang dinamis bahkan masih oke ketika kamera memotret adegan dengan objek bangunan dan langit. Sementara itu, kamera selfie-nya dapat menghasilkan foto dengan warna kulit yang alami.

4. Slot SIM dan Memori

infinix smart 6 hd

Slot SIM Infinix Smart 6 HD berada di sisi kiri rangka ponsel. Slot tersebut dapat menampung dua kartu SIM sekaligus satu kartu microSD. Artinya, HP ini memiliki triple slot.

Pengguna dua kartu SIM akan senang dengan keberadaan tiga slot. Mereka tidak perlu mengorbankan salah satu kartu SIM jika hendak menambah ruang simpan di HP ini melalui kartu microSD.

Ngomong-ngomong soal ruang simpan, memori Infinix Smart 6 HD memang tidak besar-besar amat. HP ini memiliki konfigurasi memori RAM 2 GB dengan penyimpanan internal 32 GB.

Untungnya Infinix menyematkan fitur AppSqueeze. Fitur ini diklaim mampu mengompres ukuran dokumen, sehingga ruang simpan jadi 15% lebih besar. Kecanggihan fitur ini mungkin masih kurang jika Anda adalah tipe orang yang suka menumpuk file dan meng-install beragam aplikasi.

Ada baiknya Anda memasang kartu microSD karena ukuran maksimal microSD yang bisa dipasang adalah 512 GB. Ukuran itu sudah luar biasa besar untuk menyimpan file seperti foto dan video. Sementara itu, memori internal HP ini bisa Anda dedikasikan sebagai tempat pemasangan aplikasi dan gim.

5. Baterai

infinix smart 6 hd

Baterai 5000 mAh terkandung di dalam bodi Infinix Smart 6 HD. Kapasitas tersebut sudah besar, tetapi tanpa manajemen daya yang baik, mustahil ponsel bisa menyala lama. Untungnya HP ini memiliki teknologi manajemen daya yang disebut Power Marathon.

Infinix mengeklaim, teknologi tersebut mampu membuat HP ini bekerja selama 135 menit untuk skenario menelepon. Sementara itu, untuk pemutaran video lokal, HP ini bisa bertahan hingga 26 jam.

Yang menarik, saat kapasitas baterai tinggal 5%, Infinix Smart 6 HD masih bisa dipakai untuk menelepon selama 90 menit. Syaratnya, pengguna mesti mengaktifkan mode Ultra Power yang ada pada teknologi Power Marathon.

6. Fitur Ekstra

infinix smart 6 hd

Infinix Smart 6 HD hadir dengan antarmuka XOS 7.6 yang berbasis Android 11 edisi Go. Di dalam antarmuka ini terdapat berbagai fitur-fitur menarik. Beberapa di antaranya adalah X-proof, App Lock, Xclone, Xvocal, Kids Mode, dan DTS Audio Processing+Bess 2.0.

Seluruh fitur tersebut menarik, tetapi hanya empat fitur pertama yang mungkin bakal lebih sering Anda pakai. Untuk X-proof, fitur ini singkatnya berguna meminimalkan keterbacaan konten pada layar. Fitur ini penting agar orang asing di sekeliling Anda, khususnya di tempat umum, tidak dapat mengintip HP Anda.

Lanjut ke App Lock, sebagaimana namanya, fitur ini berguna untuk mengunci beberapa aplikasi tertentu. Hanya yang mengetahui passowrd-nya yang bisa membuka aplikasi tersebut.

Lalu Xclone adalah fitur yang umumnya dikenal dengan dual-apps. Melalui fitur ini, Anda bisa menjalankan beberapa akun pada aplikasi yang sama. Misalnya, aplikasi WhatsApp, Snapchat, dan Instagram. Fitur ini cocok bagi Anda yang ingin memisahkan antara akun pribadi dan akun kerja.

Terakhir yakni Xvocal, fitur ini unik. Pasalnya, fitur ini mampu mengubah suara Anda. Fitur ini bisa diaktifkan pada aplikasi chatting atau aplikasi game.

Kekurangan Infinix Smart 6 HD

Enam hal yang dipaparkan di atas merupakan kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika meminang Infinix Smart 6 HD. Namun, Anda juga perlu memperhatikan beberapa poin di bawah ini. Poin-poin di bawah ini mungkin saja menjadi kekurangan si ponsel.

1. Port USB

infinix smart 6 hd

Ponsel keluaran 2022 mayoritas sudah memakai port USB C yang fleksibel. Port USB C bisa dibolak-balik tanpa khawatir mengalami insiden salah colok. Sayangnya, Infinix Smart 6 HD belum mengadopsi jenis port yang satu ini.

HP ini masing memakai port microUSB yang tergolong jadul. Saat mengetahui hal itu, Anda wajib berhati-hati dan memperhatikan dengan betul posisi kabel sebelum Anda mencolokkan ke port-nya. Jika posisi kabel salah dan Anda ngotot mencoloknya, kerusakan tentu saja tak bisa dihindarkan.

Satu lagi yang menjadi catatan penting mengenai port microUSB HP ini. Catatan itu adalah tidak adanya dukungan USB OTG, sebagaimana diungkapkan kanal YouTube Review Gadget. Dengan begitu, Anda tidak bisa mencolokkan flash disk ke HP ini.

2. Pengisian Daya

infinix smart 6 hd

Bukan cuma jenis port yang tergolong jadul dari HP ini, tapi juga Teknologi pengisian dayanya. Infinix memang tidak mengungkap berapa daya maksimal yang bisa diterima Smart 6 HD. Namun, jika berpatokan pada charger-nya, daya yang bisa diterima adalah 5W (5V, 1A).

Maka bisa dipastikan bahwa proses pengisian daya HP ini memakan waktu yang lama. Hal ini sudah jelas, mengingat kapasitas baterai yang besar tidak didukung pengisian daya yang mumpuni.

Kalau sudah tahu begitu, jangan mengeluh ketika menyadari baterai HP ini tak kunjung penuh saat dicas. Ada baiknya Anda mengecas HP ini pada malam hari menjelang tidur.

3. Kelengkapan Sensor

infinix smart 6 hd

Hanya ada tiga jenis sensor yang dikandung Infinix Smart 6 HD. Tiga sensor itu adalah akselerometer, proksimitas, dan cahaya. Tidak ada sensor kompas, apalagi giroskop. Ketiadaan sensor giroskop mungkin masih bisa ditoleransi, tapi rasanya tidak untuk kompas.

Pasalnya, peran sensor kompas cukup penting dalam hal navigasi. Saat membuka aplikasi peta, sensor inilah yang memberi tahu arah mata angin dan orientasi pengguna. Arah mata ingin tetap bisa ditunjukkan oleh sensor kompas, sekalipun HP tidak terhubung ke internet.

4. Performa

infinix smart 6 hd

Infinix Smart 6 HD memakai SoC atau chipset dengan empat core CPU. SoC tersebut adalah MediaTek Helio A22. SoC ini berbeda dari yang digunakan Infinix Smart 6, yakni UNISOC SC9863A. Kedua SoC memang sama-sama chipset kelas entri.

Namun, Helio A22 lebih inferior karena jumlah core-nya lebih sedikit. Mikroarsitekturnya pun lebih jadul. Bukan Cortex A55 seperti UNISOC SC9863A, melainkan Cortex A53 yang seluruhnya disetel pada frekuensi maksimal 2,0 Ghz.

Lantas apa imbasnya SoC dengan core yang lebih sedikit? Tak lain dan tak bukan adalah performanya, baik untuk memproses suatu perintah ataupun membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu (multitasking).

Oleh sebab itu, Infinix Smart 6 HD tidak diperuntukkan buat pemakaian berat, apalagi RAM-nya juga cuma 2 GB. HP ini khusus untuk penggunaan biasa-biasa saja.

Multitasking masih oke, tapi jangan buka aplikasi banyak-banyak agar HP tetap lancar. Sebagai informasi tambahan, skor AnTuTu yang dapat diraih Helio A22 adalah 87.978 menurut nanoreview.

Simpulan

Infinix Smart 6 HD dirilis dengan harga Rp1.149.000 pada April 2022. Harga itu sepadan dengan apa yang ditawarkan si ponsel. Mulai dari layar besar hingga baterai tahan lama. Bahkan, desain HP ini juga oke, begitu juga dengan tangkapan kameranya.

Namun, patut Anda sadari bahwa HP ini adalah basic smartphone. Pemakaian yang tidak neko-neko adalah peruntukannya. Maka jenis pengguna seperti pelajar, driver ojek online, admin online shop, dan orang tua, layak memakai HP ini. Bagaimana menurut Anda, apakah Infinix Smart 6 HD cukup menarik?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram